Kapok Naik Maskapai Penerbangan Scoot

Scoot adalah maskapai penerbangan asal Singapura. Sepertinya keren dari Singapura, tapi kenyataannya sangat parah. Singkat cerita koper saya hilang ketika mendarat di bandara Changi. Sudah hampir 5 bulan, dari tanggal 6 Juli 2022 gak ada kabar dari Scoot.

Sampai saya sudah di Jakarta pun masih gak ada kabar sama sekali. Email gak dibalas, ditelepon call center mati semua, kalaupun nyala hanya ada nada panggilan mesin, gak ada yang angkat. Komplain ke bandara Changi dipingpong sana sini. Dari pihak Scoot Changi bilang mereka hanya agen, bukan perwakilan Scoot. How come? Operator Scoot yang ada di bandara ternyata hanya agen, jadi bukan petugas resmi Scoot? Mungkin kayanya outsourcing.

Mereka gak mau tanggung jawab, bahkan gak mau kasih surat keterangan hilang. Lost n found Changi pun demikian, 11-12 menanganinya, sangat parah. Padahal negeri Singapura bukannya negara paling maju di dunia? Kok bandaranya mirip terminal bus yang paling parah di Indonesia? Lihat di lost n found Changi, mungkin ada kali ratusan koper bergeletakan gak jelas, gak rapi, berantakan digelar kayak kaki lima di Jakarta aja. Yang pasti ini juga banyak orang kehilangan koper di bandara tercanggih dan terkeren di dunia.

Anehnya, lost n found sana suruh kita yang nyari sendiri keliling, cari apakah ada koper kita di antara ratusan koper. Jadi kalau baggage hilang sulit banget urusnya, sampai nyampe di Indonesia pun koper masih gak ketemu, bahkan gak ada klarifikasi pertanggungjawaban dari Scoot. Scoot maskapai tanpa ada perwakilan di bandara, gak bisa ditelepon, email gak dibalas, di bandara pun petugas Scoot ngakunya bukan petugas langsung mereka, jadi agen gitu.

Bisa dibayangkan jalan-jalan tanpa koper, harus beli koper baru, beli pakaian, underwear, towel dll, kembali menguras kantong. Belum lagi pakai acara recross check ke Changi tetap gak ada kabar. Lalu akhirnya lapor ke kepolisian bandara Changi dan dibuatkan laporan koper hilang (terlampir). So itu muter-muter naik taksi duitnya juga lumayan, bolak balik hotel bandara kantor polisi dan hotel.

Iseng-iseng browsing lalu ketemu ini:
https://m.facebook.com/groups/282412888544944?group_view_referrer=search

Ternyata banyak sekali orang komplain koper yang hilang pakai Scoot. Mereka gak sadar ya benda milik orang hilang terus diam-diam aja, dan orang akan kapok banget dan pasti testimoni ke teman-temannya.

Kalau dulu Scoot bagus, tapi setelah join dengan Tiger, sepertinya manajemen mereka amburadul. Meski bawa bendera SQ, but flight Scoot sekarang sangat-sangat parah sekali. Ogut pilih 0 kalau skala dari 0-10. Kalau ada minus kasih score minus pol.

Coba liat screenshot ini email bot. Secara otomatis robot Scoot balas ketika kita email mereka, dan mereka declare akui bahwa banyak kasus yang mereka hadapi termasuk bagasi hilang. Sampai segitunya email kita kirim minta pertanggungjawaban mereka, tapi mereka abaikan. Padahal berkali-kali diemail, tapi gak ada tanggapan. Gak ada permintaan maaf. Gak ada ganti rugi. So aku berpikir customer di sini dipikir sebagai sampah. Bisa diabaikan. So ini unek-unek testimoni sampai juga di medsos agar kalian bisa berpikir ketika mau booking mereka. Siapkah mental koper hilang. Kalau ogut sangat kapok, cukup deh, bye Scoot n SQ!

Sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, koper hilang yang tidak dapat ditemukan lebih dari 7 hari, dideklarasi sebagai item yang hilang dan harus dibayar kompensasi ke customer-nya. Mungkin Kemenhub bisa membantu cabut ijin maskapainya karena maskapai gak bertanggung jawab.

Ricky Sugiri
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Scoot:
[Total:56    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Kapok Naik Maskapai Penerbangan Scoot

  • 24 November 2022 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Besok2 naek garuda aja udah, maskapai karya anak bangsa, eh kebanggaan bangsa, awokwokwok

  • 24 November 2022 - (09:47 WIB)
    Permalink

    @Ricky

    Copy/salinan keluhan ini ke lapor.go.id , ditujukan ke kemenhub.

    Tadinya sy mau pake kargo maskapai ini karena lebih murah kiloannya dr garuda, setelah lihat komplenan anda jd jiper saya nya soalnya kiriman sy rata2 transit changi.

    1
    1
  • 24 November 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Risiko pakai maskapai low cost carrier.
    Apakah sudah dicoba klaim asuransi perjalanan pakai surat keterangan kehilangan dari kepolisian?

  • 25 November 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Saya travel agent
    Ada 7 orang pelanggan saya yang kehilangan koper sampai sekarang gak ketemu
    Koper hilang ketika penumpang mendarat di indonesia
    Lapor lost and found surabaya juanda sampai sekarang gak ada kabar lapor officescoot jakarta suruh balik lagi tlp ke airport juanda
    Bandara jakarta pun sama ketika menangani cabin bag yang ketukar eh udh 4 bulan tetep aja cabin bag gak di kirim balik ke changi pokoknya baggagr handling scoot yg paling parah
    Beda dengan cathay dan malaysia airlines
    Bagasi hilang di bantu cari sampai ketemu trus di paketin ke alamat rumah

  • 26 November 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    makanya naik maskapai milik negeri sendiri lebih jelas dan mudah dlm mengurus klau ada koper tertiinggal

 Apa Komentar Anda mengenai Scoot?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kapok Naik Maskapai Penerbangan Scoot

oleh Ricky Sugiri dibaca dalam: 2 menit
5