Keluhan Surat Pembaca Downgrade Paket XL Prioritas Sesuai Saran CS, Tagihan Malah Hampir Dua Kali Lipat dari Biasanya 4 September 2026 Cyndi Beri komentar Akun Pengguna, Billing System, Customer complaint handling, Customer Service, Downgrade layanan, Downgrade paket, kenaikan tagihan, Kondisi layanan tidak sesuai informasi, Lonjakan tagihan, Migrasi paket, myPRIO XL, myXL, Operator telepon seluler, Paket Berlangganan, Paket Data, Paket data internet, Paket Prio, Pascabayar, pro rata, Rincian Tagihan, Sistem bermasalah, Tagihan, tagihan membengkak, Transparansi Informasi, XL Center, XL Center Online, XL Prioritas, XLSMART Ikuti di Google Berita Sumber Pilihan di Google Kepada Yth. CS XL Prioritas di tempat Halo, Saya melakukan downgrade paket untuk kartu XL Prioritas saya, yang awalnya paket Platinum menjadi Paket Prio 80k (untuk bill periode 16-15/bulan) yang dilakukan secara langsung melalui CS XL Center pada tanggal 15 Agustus, karena tidak bisa dilakukan mandiri melalui aplikasi myXL ataupun CS online. Jauh hari sebelum melakukan downgrade, saya sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan CS Virtual MAYA melalui WhatsApp. Pihak XL mengonfirmasi bahwa “jika saya downgrade sebelum periode tagihan habis, maka tagihan bulan depan hanya akan dihitung pro rata untuk paket yang baru saja, dan paket yang lama tidak akan masuk tagihan, meskipun kuota sudah dipakai sebagian” (terlampir pada bukti chat). Namun ketika tagihan keluar sekitar tanggal 20-an untuk periode pemakaian 16 Juli–15 Agustus 2026, tagihan untuk Paket Platinum (sebelum downgrade) tetap muncul, bahkan jauh lebih besar dari biasanya. Tagihan bulanan saya biasanya hanya sekitar Rp177.600 (sudah termasuk PPN), tetapi di bulan ini ditagihkan hampir dua kali lipatnya, sebesar Rp270.381. Padahal sekalipun ada pemakaian seperti SMS banking yang tertagih, estimasi tagihan saya tidak pernah melebihi Rp200.000. Saya mohon pada pihak XL Prioritas untuk memberikan tanggapan, penjelasan, dan penyelesaiannya: 1. Saya ingin tahu, kenapa tagihan pemakaian pada periode (16 Juli–15 Agustus) bisa besar sekali? Melebihi tagihan bulan-bulan biasanya. Bukti pembayaran beberapa bulan terakhir Tagihan Periode Juli–Agustus 2. Kenapa penjelasan CS Anda berbeda dan tidak sesuai dengan kenyataan? Kenapa bill periode tagihan saya tetap dihitung untuk paket sebelum downgrade, padahal saya downgrade sebelum periode bill berganti bulan dan sebelum bill muncul (tertagih)? Harap selesaikan, lebih baik tagihan ini dihapuskan agar sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh CS Anda by WA, atau mungkin saya sebagai konsumen akan memilih berhenti berlangganan XL Prioritas ini. Bukti Penjelasan CS, Downgrade bisa dilakukan mandiri by aplikasi dan Pembayaran Tagihan hanya tertagih untuk paket yang baru. 3. Untuk downgrade paket, harusnya bisa dilakukan mandiri di aplikasi myXL atau CS Online. Mengingat XL Center Anda juga tidak tersedia merata ada di setiap kota, ini jelas menyusahkan. Jangan curang, upgrade bisa mandiri, tapi downgrade harus langsung ke CS. Jelas rugi waktu dan uang! 4. Tim marketing kadang merayu untuk upgrade sampai telepon-telepon mengganggu, tapi sering kali memberikan informasi yang tidak akurat, terkait harga dan lainnya. Harap tidak mengecewakan dan menyepelekan, mengingat saya konsumen lama bertahun-tahun atas layanan Prioritas ini. Harap pelayanan disesuaikan dengan namanya “Prioritas”. Terima kasih. Cyndi Kab. Cirebon, Jawa Barat Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.