Downgrade Paket XL Prioritas Sesuai Saran CS, Tagihan Malah Hampir Dua Kali Lipat dari Biasanya

Kepada
Yth. CS XL Prioritas
di tempat

Halo,

Saya melakukan downgrade paket untuk kartu XL Prioritas saya, yang awalnya paket Platinum menjadi Paket Prio 80k (untuk bill periode 16-15/bulan) yang dilakukan secara langsung melalui CS XL Center pada tanggal 15 Agustus, karena tidak bisa dilakukan mandiri melalui aplikasi myXL ataupun CS online.

Jauh hari sebelum melakukan downgrade, saya sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan CS Virtual MAYA melalui WhatsApp. Pihak XL mengonfirmasi bahwa “jika saya downgrade sebelum periode tagihan habis, maka tagihan bulan depan hanya akan dihitung pro rata untuk paket yang baru saja, dan paket yang lama tidak akan masuk tagihan, meskipun kuota sudah dipakai sebagian” (terlampir pada bukti chat).

Namun ketika tagihan keluar sekitar tanggal 20-an untuk periode pemakaian 16 Juli–15 Agustus 2026, tagihan untuk Paket Platinum (sebelum downgrade) tetap muncul, bahkan jauh lebih besar dari biasanya. Tagihan bulanan saya biasanya hanya sekitar Rp177.600 (sudah termasuk PPN), tetapi di bulan ini ditagihkan hampir dua kali lipatnya, sebesar Rp270.381. Padahal sekalipun ada pemakaian seperti SMS banking yang tertagih, estimasi tagihan saya tidak pernah melebihi Rp200.000.

Saya mohon pada pihak XL Prioritas untuk memberikan tanggapan, penjelasan, dan penyelesaiannya:

1. Saya ingin tahu, kenapa tagihan pemakaian pada periode (16 Juli–15 Agustus) bisa besar sekali? Melebihi tagihan bulan-bulan biasanya.

2. Kenapa penjelasan CS Anda berbeda dan tidak sesuai dengan kenyataan? Kenapa bill periode tagihan saya tetap dihitung untuk paket sebelum downgrade, padahal saya downgrade sebelum periode bill berganti bulan dan sebelum bill muncul (tertagih)? Harap selesaikan, lebih baik tagihan ini dihapuskan agar sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh CS Anda by WA, atau mungkin saya sebagai konsumen akan memilih berhenti berlangganan XL Prioritas ini.

3. Untuk downgrade paket, harusnya bisa dilakukan mandiri di aplikasi myXL atau CS Online. Mengingat XL Center Anda juga tidak tersedia merata ada di setiap kota, ini jelas menyusahkan. Jangan curang, upgrade bisa mandiri, tapi downgrade harus langsung ke CS. Jelas rugi waktu dan uang!

4. Tim marketing kadang merayu untuk upgrade sampai telepon-telepon mengganggu, tapi sering kali memberikan informasi yang tidak akurat, terkait harga dan lainnya.

Harap tidak mengecewakan dan menyepelekan, mengingat saya konsumen lama bertahun-tahun atas layanan Prioritas ini. Harap pelayanan disesuaikan dengan namanya “Prioritas”.

Terima kasih.

Cyndi
Kab. Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Downgrade Paket XL Prioritas Sesuai Saran CS, Tagihan Malah Hampir Dua…

oleh Cyndi ⏱ waktu baca: 1 menit
0