Belanja di Gramedia.com, Barang Kosong Namun Tak Kunjung Dapat Refund Hingga 16 Hari

Saya berbelanja di Gramedia.com pada tanggal 31 Desember 2022 (no pesanan FL3022UKJXJ111) dan 3 Januari 2023 (no pesanan GA032306OX9O85). Saya kemudian mendapatkan notifikasi di email bahwa beberapa barang dari no pesanan FL3022UKJXJ111 tidak ada dan seluruh pesanan pada nomor GA032306OX9O85 tidak ada.

Saya diminta mengisi data rekening seperti biasanya untuk pengembalian dana. Saya sudah mengisinya di tanggal 4 Januari 2023 dan 7 Januari 2023, namun hingga saya menulis surat ini (21 Januari 2023) saya belum mendapatkan pengembalian dana.

Berbelanja buku sale di Gramedia adalah sesuatu yang serupa dengan bermain lotre menurut saya. Kalau rezeki ya dapat, kalau lagi apes akan seperti ini, menunggu refundnya super lama dan saya sebagai konsumen merasa tak memiliki daya apapun selain menunggu. Bayangkan, saya sudah lapor CS 3x dan jawabannya hanya permohonan maaf, membuatkan laporan atas keluhan saya dan diteruskan ke tim terkait. Tapi bukti nyatanya tidak ada! Perusahaan macem apa ini, konsumen dibuat menunggu hingga 16 hari, padahal uang segitu berharga buat saya.

Mohon itikad baik dari tim Gramedia. Kalian perusahaan besar yang berupaya mencerdaskan bangsa lewat bukunya, tapi mengapa kesannya membuat konsumen harus mengemis pengembalian dana. Jika di marketplace buyer bisa mendapatkan kembali dananya dengan cepat ketika barang kosong, Gramedia tidak demikian, konsumen harus menunggu lama tanpa estimasi jelas.

Mohon tim Gramedia segera lakukan pengembalian dana dan hubungi saya jika memang ada kendala.

Habibah Rahmah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Belanja di Gramedia.com, Barang Kosong Namun Tak Kunjung Dapat Refund Hingga 16 Hari

  • 22 Januari 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Resiko belanja online. Yang tidak bisa dimengerti, kenapa Gramedia tidak menggunakan sistem stok. Kalau buyer bayar dulu baru dicek stoknya, ya urusan ke belakang jadi aashiyaal.

  • 23 Januari 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Emg seurgent apa bukunya bu sampai blg uang segitu sangat berharga buat anda?
    Uang 50rb jg sangat berharga loh.

    • 23 Januari 2023 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Pak saya ga beli buku utk pemakaian pribadi. Saya beli utk jual lagi. Dan itu uang modal ga mudah didapatkannya. Bayangin kl tertahan 18 hari, yg harusnya bisa muter jadi ga muter.

      Tp per hari ini sekitar jam 11 dananya sudah masuk ke rekening sy setelah saya kejar terus CS nya

  • 23 Januari 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Resiko berbelanja online yang begini (salah satunya), karena jutaan orang dengan karakternya masing-masing, bertransaksi disini. Ya resikonya ya begini.

    Komplain setiap hari ada banyak, bahkan ribuan, sehingga karyawan kewalahan. Yang terjadi akhirnya individu yang melayangkan komplain merasa kecewa dan tidak puas sama pelayanannya.

    Ya kita harus bisa menerima resikonya juga, jangan pas enaknya saja. Heee

    • 23 Januari 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Betul pak, saya sadar resikonya. Tp Gramedia sendiri dulu pernah bilang kl masa pengembalian dana sekitar 10 hari kerja dan ini udah lebih. Makanya saya mengejar. Dan ini salah satu cara saya mengejar hak saya

  • 23 Januari 2023 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Per hari ini, 23 Januari, saya sudah menerima dana refund dari Gramedia setelah chat CS terus.

    Kasus ini selesai setelah 18 hari menunggu

    • 23 Januari 2023 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Harusnya tim gramed jg bales berita ini y buat konfirmasi, jangan setelah ada berita beginian langsunh cair aja dana tsb.

  • 23 Januari 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Gede jg ya brader 348rb Ama 1,5jt
    Kalau gagal atau biasanya auto cepet balik ini kok ngak ya

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Belanja di Gramedia.com, Barang Kosong Namun Tak Kunjung Dapat Refund …

oleh Buku dibaca dalam: 1 menit
11