Bank BNI Tidak Meneruskan Transfer Dana dari Luar Negeri

Pada tanggal 13 Juni 2022, saya mentransfer sejumlah uang EUR 11.543 ke Coracle, untuk keperluan pembukaan Blocked Account di Jerman melalui BNI cabang UGM Yogyakarta, dengan kode reference: S10UGM00061722. Transaksi tersebut berhasil, untuk selanjutnya saya pergunakan sebagai syarat pengajuan Visa Jerman anak saya.

Coracle merupakan salah satu institusi keuangan non bank di Jerman, yang memberikan jasa seputar pembukaan dan mengoperasikan Blocked Account. Blocked Account diperlukan saat orang asing akan apply visa nasional Jerman. Biasanya isinya adalah biaya hidup selama satu tahun, ditambah biaya handling fee oleh institusi keuangan yang dipakai.

Bukti transfer ke Coracle

Dikarenakan kami melakukan withdraw permohonan Visa Jerman tersebut, maka kami mengajukan proses refund Blocked Account kepada Coracle. Coracle memproses refund tersebut dan melakukan transfer sebesar EUR 11.444 pada tanggal 21 Desember 2022, dengan kode reference PB-REFERENZ: 20221221-90000 1456764.

Bukti transfer dari Coracle

Menurut informasi yang saya dapat dari Helpdesk Divisi Internasional BNI di nomor telepon 021-29946099, uang tersebut diterima BNI pada tanggal 23 Desember 2022 dan dikembalikan ke pengirim pada tanggal 9 Januari 2023, dengan kode reference: S06ITR033590912S.

Bukti pengembalian dana oleh BNI

Sampai surat ini saya buat tanggal 19 Januari 2023, Coracle masih belum menerima dana pengembalian tersebut dan BNI seperti berlepas tangan terhadap nasib uang tersebut. Helpdesk Divisi Internasional BNI mengatakan tugas mereka mengembalikan uang ke pengirim sudah selesai, tidak ada yang bisa mereka lakukan lagi.

Saya amat kecewa dengan BNI, tugas mereka seharusnya melanjutkan pengiriman uang ke penerima, bukan malah mengembalikan uang ke pengirim. Sekarang saya tidak tahu uang tersebut ada di mana dan bagaimana caranya supaya uang itu kembali ke saya.

Melalui surat ini, saya mohon BNI bertanggung jawab terhadap kesalahan yang mereka perbuat, yang mengakibatkan uang saya belum kembali sampai saat ini. Uang tersebut adalah uang sekolah anak saya, yang saya kumpulkan sedikit demi sedikit dan sangat berarti bagi kami.

Budhi Nugroho Juliati
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:35    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Bank BNI Tidak Meneruskan Transfer Dana dari Luar Negeri

    • 24 Januari 2023 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Alasan yg saya dapat dari Helpdesk Divisi Internasional BNI karena rekening saya baru pertama kali menerima dana >€10.000 jd mrk perlu verifikasi lagi dari sender, dan sender tdk ada response sampai tgl 6 Jan 2023, makanya dananya dikembalikan ke sender 😢. Padahal itu uang saya, bkn uang sender 😭😭. Sender cmn me refund uang saya.

  • 24 Januari 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Mungkin bni mengembalikan dana karena bni tudk tahu yang itu untuk siapa.
    Maaf kalau salah nangkap
    Ini TS transfer ke luar negeri mungkin dengan transfer Cash dan saat refubd ke luar negeri tidak menyebutkan ke rek mana uang itu ditransfer

    Jadi ketika bni Menerima transferan dari luar sistem tidak tahu itu untuk siapa sehingga di kembalikan ke asal transfer tadi

    Mungkin lho

    • 24 Januari 2023 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Norek saya ada, kode swift/iban jg ada. Jd scr informasi seharusnya tdk ada masalah

      • 24 Januari 2023 - (22:50 WIB)
        Permalink

        Seharusnya pihak BNI bisa meneruskan ke penerima sebagai refund dr coracle. Karena kan awalnya transfer ke LN nya via BNI UGM ke coracle.

        Uanehhh harusnya pihak divisi LN BNI nya kontak ke penerima terlebih dahulu. Jangan asal main tolakan, tunggu klarifikasi penerima.

        • 25 Januari 2023 - (07:05 WIB)
          Permalink

          Sebelum mereka mengembalikan uang itu ke sender, saya sdh telpon Helpdesk Divisi Internasional BNI menanyakan apakah ada incoming transfer ke rekening saya. Dijawabnya tidak ada. padahal saat itu uang sdh sampai di BNI. Sptnya dia cmn melihat ke rekening saya saja, itu jg saya bisa.

          Tanggal 9 Jan 2023 saya telpon lagi ke Helpdesk Divisi Internasional BNI menanyakan lagi mengenai incoming transfer setelah saya dapat kode transfer dari Coracle, dijawab sudah dikembalikan ;(. Berulang kali saya telpon minta tolong untuk bisa nge track uang itu dimana karena Coracle belum juga menerima uangnya, tapi dijawabnya tugas BNI mengembalikan uang tersebut sudah selesai, tdk ada lagi yg bisa dia lakukan.

          Saya bingung dan marah karena seharusnya tugas BNI melanjutkan transferan ke rekening saya, bukan mengembalikan ke sender. Dan saya setuju, seharusnya BNI menelpon saya sbg penerima menanyakan apakah saya menunggu uang tersebut. saya sudah nelpon, dia tdk menelpon saya, tiba2 uang dikembalikan dan mrk bilang tugas mrk selesai ;(

  • 25 Januari 2023 - (13:14 WIB)
    Permalink

    BNI Bisa minta tolong ke nostro euro dia, untuk menanyakan dana sudah sampai mana, apakah tertahan di nostro bni atau nostro bank penerima. Apabila tertahan d nostro penerima maka minta follow up agar diteruskan ke penerima.

    Setau saya dana dikembalikan apabila rekening atau nama nasabah ada kesalahan penulisan sehingga tidak bisa dikredit ke rekening penerima atau negara pengirim maupun penerima masuk ke dalam daftar OFAC. Bisa juga transaksi tersebut dianggap mencurigakan karena tidak sesuai dengan profil nasabah seperti jumlah pendapatan maupun sumber penghasilan sehingga dianggap transaksi pencucian uang.

    Semoga saja uangnya bisa segera kembali

    • 25 Januari 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Yang saya rasa tuh keinginan BNI untuk membantu mempermudah kesulitan nasabahnya sangat kurang. Cara menjawab helpdesk Divisi International sangat tdk berempati dengan kesusahan nasabah. Padahal saya percaya mrk punya resources yang dibutuhkan untuk membantu.

      Jumat kemaren kami phone Deutsch bank (sebagai bank intermediary) dan email mrk menjelaskan kronologi masalah serta melampirkan semua doc yang kami punya untuk melacak uang tersebut. Semalam kami dapat jawaban dari Deutsch bank mengatakan kalau saya seharunya meminta bank (yg mengirim dana tsb) untuk menginvestigasi.

      Mungkin Deutsche bank melakukan sesuatu di balik itu, td siang alhamdulillah kami dapat email dari Coracle menginformasikan kalau dana sudah mereka terima.

      Next proses transfer balik lagi nih, smg kali ini lancar sampai rekening saya aamiin…..

      • 25 Januari 2023 - (19:21 WIB)
        Permalink

        Di Kembalikan Alpa di Gelapkan ya?
        Lumayan tuh 180 juta rupiah.
        Lumayan bisa beli mobil baruh.
        Udah konfirm pihak Coracle ngga??
        Atau minta bukti konfirmasi dari Bank Terkait pengembalian dana. Kan setiap transaksi ada catatan.
        Harusnya ada kah, Apalagi Bank BNI merupakan BANK BUMN

        • 25 Januari 2023 - (20:13 WIB)
          Permalink

          Ada bukti pengembaliannya dari BNI, tp (katanya) mrk tdk bisa mengetahui lebih lanjut uang itu sampa dimana. Jadi begitu uang tdk di mrk, (yg saya rasakan) bkn lg urusan mrk 😥. Silahkan nasabah berjuang sendiri.

          Ini saya copas cuplikan email mengenai aturan internal BNI (saat saya tanya spy kejadian ini tdk terulang lagi) :

          …rekening Ibu Juliati yang ada di BNI belum pernah menerima transaksi remittance diatas equivalen 10,000 USD dan sesuai kebijakan BNI apabila nasabah baru pertama kali akan menerima transaksi diatas nominal tersebut, maka BNI akan meminta bank pengirim untuk memberikan penegasan tujuan transaksi.Sehubungan dengan hal ini, untuk mempermudah agar dana tersebut dapat diterima langsung tanpa dimintai permintaan konfirmasi tujuan transaksi, Ibu Juliati dapat meminta pihak pengirim untuk mengirimkan sebanyakan 2 kali transaksi. Namun cara tersebut akan dikenakan biaya pengiriman untuk setiap transaksinya….

    • 25 Januari 2023 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Sedihnya banyak complaint tdk ditanggapi. Saya lihat review di google, web review, medsos sptnya tdk dibaca. Alhamdulillah di Media Konsumen ini lgs diresponse.

      Mungkin karena BNI BUMN, mereka pe-de tidak akan kekurangan nasabah. Jadi merasa gak perlu repot baca dan selesaikan complaint2 itu 🙁

  • 26 Januari 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya kalau transfer antar negara lewat bank manapun usahakan jangan lewat 10.000 USD..biar langsung masuk..tapi kalau diatas itu pasti akan lebih ribet… sebenarnya kalau bank luar negri paham aturan internasional mereka tinggal menambahkan keterangan tujuan dan asal uang .. selesai.
    Utk buk Juliati pesan saya pecah lah nilai transfer ..jgn sekali kirim besar …

    • 26 Januari 2023 - (11:24 WIB)
      Permalink

      Saya tdk tahu sebelumnya kl BNI ada aturan spt itu karena sebelumnya saya menerima refund (dana lain) ke CIMB lancar lgs masuk ke rekening.

      Info yang saya dapat dari CIMB, aturan di internal mrk kl ada dana masuk yg mrk kurang jelas itu dana apa, mrk akan telpon nasabah. itu yg tdk dilakukan oleh BNI

      Saya inginnya transfer balik yg skr mau lewat CIMB, tp ternyata aturan Coracle tdk memperbolehkan transfer balik ke rekening berbeda dg waktu kirim :(. Jadi terpaksa dibagi 2, tapi ya itu biaya jd 2x (plus biaya transfer gagal yg sblnya). Mahal euy transaksi LN dg BNI…

        • 27 Januari 2023 - (17:49 WIB)
          Permalink

          Iya setuju… Kerugian material msh acceptable, yg immaterial ini yg kalau bisa jangan terulang lagi. Sdh sebulan emosi terganggu gara2 kejadian ini 🙁

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Bank BNI Tidak Meneruskan Transfer Dana dari Luar Negeri

oleh bn juliati dibaca dalam: 1 menit
16