Tokopedia Card Diblokir Sepihak, Tagihan Tidak Sesuai dan Ada “Late Charges”, Padahal Tidak Pernah Telat

Saya pengguna Tokopedia Card hampir 1 tahun. Setiap bulan selalu lancar dan tidak ada masalah. Sampai pada tanggal 15 Februari 2023 kemarin, saya berniat merakit PC dan saya beli menggunakan Tokopedia Card. Namun tagihan bulan 16 Januari – Februari 2023 (yang jatuh tempo awal Maret) di kartu kredit saya tidak sesuai dan kartu diblokir sementara.

Seharusnya tagihan sekitar Rp1 juta 300 ribuan, tapi hanya tertagih Rp393 ribu, entah dari transaksi mana nominal itu. Dan juga ada late charges, yang saya tidak mengerti apa itu. Saya yakin, selama hampir setahun saya tidak pernah telat bayar sehari pun.

Bagaimana bisa? Kartu saya selalu bayar sebelum jatuh tempo dan sekarang pun bahkan belum jatuh tempo. Kenapa kartu saya diblokir sementara, padahal tidak pernah telat bayar? Lalu late charges itu dari transaksi yang mana?

Ade Murdiana
Majalengka, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Ade Murdiana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Tokopedia Card Diblokir Sepihak, Tagihan Tidak Sesuai dan Ada “Late Charges”, Padahal Tidak Pernah Telat

    • 20 Februari 2023 - (22:04 WIB)
      Permalink

      Aduhh… Liat judulnya udah ngeri² aja ni. Krn saya pengguna baru tokopedia card. Smoga ga ngalamin yg aneh² deh…

  • 19 Februari 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    udah tanya ke call center apa belum? Setau gw late charges itu denda karna telat bayar tagihan cc nya. Saran sih hub call centernya biar bisa dijelasin kenapa kena denda.

    • 19 Februari 2023 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Sudah telp call center , ternyata gara2 kecepetan bayar, saya sebelum tanggal cetak sdh bayar, jadi tidak terdeteksi saya pernah bayar tagihan itu.

    • 19 Februari 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Kebiasaan jaman now koar2 di medsos dulu pdhal Yang Salah Siri sendiri wkwkwkwkwkwk, semua system kartu kredit Sama mana ada Salah system late charges. Ente Yang kagak bayar Kali bang

      1
      5
      • 3 Desember 2023 - (22:01 WIB)
        Permalink

        Saya sudah bayar kartu kredit tokopedia saya sesuai jatuh tempo (tertulis tgl 2 Desember 2023). Dan sesuai jumlah tertera ditagihkan. Pas saya cek kartu saya terblokir. Ini gimana maksudnya sih. Jatuh temponya kapan sebenarnya dan berapa jumlahnya ???

  • 19 Februari 2023 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Kurang paham juga mas bro, kalo saya syukur masih aman” aja skrg cicil” di Tokopedia Card nya semoga tetep aman deh kedepannya ngeri kalo ke blok takut BC nama saya ?

    • 19 Februari 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah sudah clear, blokir kebuka.
      Sdh telpon call center.
      Td jg sdh d telpon dr bri

  • 19 Februari 2023 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Udah telepon call center belum? Biasanya ada bagian fraud yang telepon untuk konfirmasi transaksi benr dari Anda atau tidak karena anda juga tidak tahu 393.140 dari mana artinya ada yang menyalahgunakan kartu dan terlambat bayar otomoatis kartu diblokir sementara

    Tokopedia card ini kartu paling beriaik kok kalau ada transaksi selalu ada notifikasi di aplikasi dan bisa dilihat setiap saat jadi bisa memantau dan mengontrol aktifitas transaksinya realtime

    • 19 Februari 2023 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Kata bri Ternyata masalah nya gara2 saya pernah cancel orderan yang senilai 2.9 jt . Kemudian refun ke limit. Tp kebaca saya kelebihan bayar 393rb.
      Sudah clear masalah nya trims

  • 20 Februari 2023 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Sistem di Tokopedia card memang agak aneh menurutku. Aku juga pernah batalkan transaksi dan limit dikembalikan double. Dan anehnya proses cicilan tetap berjalan. Jadi seolah-olah ada pembayaran cicilan dari limit yang dikembalikan. Mungkin karena ini juga TS ada transaksi senilai 393ribu itu. Bisa jadi itu cicilan yang udah terproses sebelum limit dikembalikan. Dan karena tidak ada transaksi apapun TS dianggap sistem kelebihan bayar karena ada pengembalian limit. Bisa dilihat dengan kode 0/06. Itu ada kelebihan pengembalian limit. Agak aneh dan bikin bingung. Kenapa mereka gak revoke/void transaksi aja tapi pake sistem begitu.

    • 20 Februari 2023 - (02:59 WIB)
      Permalink

      Semua kartu kredit juga begitu. Jika kamu nyicil dan transaksinya dibatalkan, limit kamu akan kembali tapi cicilannya akan tetap berjalan.

      Di beberapa bank hal itu akan dianggap fraud, apalagi kalau nominalnya agak besar.

      • 20 Februari 2023 - (10:29 WIB)
        Permalink

        terimakasih info nya. saya baru tau kalau batalin transaksi bakal seribet ini,
        Apakah cicilan berjalan harus kita bayar ya? Apa tdk perlu ya. Soalnya kan limit sdh kembali.

        • 20 Februari 2023 - (10:50 WIB)
          Permalink

          Bayarnya tinggal mengikuti tagihan yang tercetak saja. Kalau tagihannya masih minus berarti tidak perlu bayar. Kalau kartunya kamu pakai lagi dan di tagihan tercetak bulan berikutnya sudah tidak minus, kamu bayar sesuai nominal itu.

      • 20 Februari 2023 - (12:13 WIB)
        Permalink

        Kalau yang BRI Touch dan Traveloka tidak. Akan direvisi. Dan proses cicilan dibatalkan. Cuma Tokopedia card aja. Karena refund nya ada dua. Pertama dari Tokopedia. Kedua dari bank. Makanya bank menganggap cicilan tetap berjalan dan tidak dibatalkan. Saya sudah sering transaksi pembatalan atau void kok.

    • 20 Februari 2023 - (10:31 WIB)
      Permalink

      Betul di anggap kelebihan bayar, dari refund limit..
      harus nya di hapus aja catatan transaksi yg di batalkan.
      Jd bingung masa bulan ini gak ada tagihan.

      • 20 Februari 2023 - (12:14 WIB)
        Permalink

        Cuma Tokopedia card aja. Udah saya tanyakan ke CS. Rupanya refund nya ada dua. Yang pertama dari Tokopedia. Kedua dari bank. Karena refund ke limit dua kali maka bank tetap proses cicilan berjalan biar gak minus.

  • 17 Juni 2023 - (00:40 WIB)
    Permalink

    gimana cara melihat tagihan saya saat ini mas jika muncul tanda + di halaman tagihan tokopediacard saya ??
    apa saya harus bayar dengan nominal + tsb ??

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Card?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Card Diblokir Sepihak, Tagihan Tidak Sesuai dan Ada “L…

oleh Dunia-Laptop dibaca dalam: 1 menit
25