Ganti Kartu ATM BCA Dipersulit

Pada tanggal 16 Februari 2023, saya datang ke kantor Cabang BCA di Cileungsi, Bogor, bermaksud ingin mengganti kartu debit BCA yang sudah habis masa berlakunya. Saya coba melalui ATM cetak kartu, akan tetapi gagal.

Akhirnya petugas sekuriti membantu dan mengarahkan ke CS. Dari antrean nomor 50 sampai 93, saya dengan sabar menunggu 3 jam dan akhirnya ketemu dengan CS BCA. Namun lama penantian tidak sebanding dengan layanan yang diberikan.

Maksud saya untuk dapat pengganti kartu, tapi malah langsung disuruh ke kantor cabang awal membuka rekening. Langsung hopeless deh, cuma dilayani kurang dari 5 menit. Sia-sia penantian 3 jam. Langsung negative thinking untuk tutup rekening dan ganti bank lain.

Saya kecewa banget sama BCA, tidak sebanding dengan biaya administrasi tiap bulannya.

Aris Hendratmoko
Kab. Bogor, Jawa Barat


Update (24 Februari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:55    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Ganti Kartu ATM BCA Dipersulit

  • 23 Februari 2023 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Wahhh parah itu CS nya.
    Kudu diinget itu nama CS nya.
    Saya ganti kartu (dlm hal ini kartu gesek ke chip) di BCA ndak harus ke BCA cabang dimana saya buka rekening. Seharusnya Satpam konfirmasi dLu ke bagian CS sebelum memberikan nomor antrian. Sehingga tdk merugikan nasabah seperti ini. Parahhhh ini CS sm Satpamnya.

    15
    2
    • 24 Februari 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum

      Setelah surat di terbitkan, tanggal 23 Feb jam 14.30 saya selaku penulis dipanggil pihak Customer Service BCA Cab. Cileungsi untuk dibantu penggantian kartu Debit ATM. Alhamdulilah dilayani dengan baik dan permasalahan data nasabah di selesaikan dikantor cabang tanpa harus ke kantor awal saat buka rekening. saya merasa sangat senang bisa terselesaikan dengan cepat dan Pihak CS BCA menjelaskan bahwa untuk data nasabah bisa di minta di kantor cabang lainnya akan tetapi saat kejadian terjadi gangguan listrik dan mengganggu sistem.
      Demikian atas kerjasama dan bantuannya terimakasih.

      Wasalam,

  • 23 Februari 2023 - (08:12 WIB)
    Permalink

    sempat dijelaskan tidak alasannya apa kok harus ke cabang pembuka ?

    setau saya semua bisa online dan misal butuh/perlu update datapun dicabang manapun bisa memprosesnya, di cimb, danamon, bri, dll kyk gitu, sy sendiri update foto krn ga bs verifikasi foto di app mybca jg dicabang beda kota tetap dilayanani dengan cara cabang tersebut yg konfirmasi ke cabang saya, bukan malah nasabahnya yg dilempar lempar.

    bca kok malah mundur dan jadi mempersulit nasabah gitu, padahal dulu pelayanannya paling bagus.

  • 23 Februari 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    gagal kenapa itu yg ganti kartu di mesin ATM?
    padahal mudah sekali, praktis dan cepat.

  • 23 Februari 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    saya pernah kerja di Bali, ATM saya hilang saya coba utk cetak ditolak oleh CS, harus d KCP yg saya buka rekening padahal saya bawa KTP asli.

    besok nya saya Coba lagi minta di cetak KCP lain yg sepi, ternyata bisa šŸ˜‘šŸ˜‘šŸ˜‘
    tanpa harus pulang kampung.

    • 23 Februari 2023 - (09:13 WIB)
      Permalink

      kalo dulu Buat rekeningnya Offline, ngurusnya ke KCP saat buka rekening,,, Itu sdh SOPnya, Jika kemudian ada yg bisa di proses di KCP lain brrti CSnya melanggar SOP dan siap dengan Resikonya,,,,
      Mesti TSnya tau diri lah,, dia ikut antri bukan pada tempatnya, giliran gak proses cuap cuap di Medkom,,
      lagian jaman sekarang sdh Cardless, ngapain masih ngurusi ATM

      5
      11
      • 23 Februari 2023 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Kalo lagi piknik hapenya tiba2 rusak atau hilang di jambret maling, gimana mau pake cardless..???

        • 23 Februari 2023 - (12:32 WIB)
          Permalink

          Hp di jambret, tas di curi, dompet di copet. Maka ambil uangnya ya manual pakai buku tabungan. šŸ˜€

      • 23 Februari 2023 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Ini kata siapa ya? Pengalaman pribadi atau cuma katanya saja?
        Aku di tahun 2010 buka rekening BCA offline di Pondok Indah Jakarta untuk kebutuhan payroll, sampai sekarang rekening rekening masih aktif dan skr tinggal di Karawang. Setiap kali ke KCP yang deket tempat kerja di Karawang tidak pernah tuh di tolak untuk disuruh ke Pondok Indah. Terakhir minta penggantian BCA key dilayanin dan langsung dapat tidak sampai 1 jam. Awal awal memang iya pernah tidak dilayani dan harus ke kantor cabang awal buka rekening, itu sebelum eKTP. Setelah eKTP tidak pernah tuh disuruh ke bank awal buka rekening.

        Terkait cardless, bukannya untuk login BCA Mobile itu perlu input nomor ATM, lah kalau nomor ATM expired ya tidak bisa login bukan? Coba saja situ uninstall apps nya terus install ulang, pasti diminta input nomor ATM deh?!?!?!

      • 23 Februari 2023 - (22:45 WIB)
        Permalink

        Kamu itu gimana sih. Ini jaman sdh canggih. Pikiranmu mundur kebelakang. Mobilitas warga RI sdh tinggi gmn kl yg sdng rantau nomaden atau pindah domisili. Semua sdh dibikin mudah kamu maunya yg sulit.

  • 23 Februari 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    Temen saya pernah gitu. Disuruh ke cabang asal. gataunya ada yg ngelaporin rekening temen saya jadi cuma cabang asal yg boleh info. gatau dah kenapa

      • 23 Februari 2023 - (19:06 WIB)
        Permalink

        Ya gimana, emang belum dapet pengalaman pahit aja sih, ganti kartu di bank lain, lebih ribet, pake segala minta laporan kehilangan, di BCA ganti kartu, modal ektp (yang walau buluk sekalipun KTPnya tetep bisa) udah beres, bisa self service pula. Jadi ya cuman bisa turut prihatin aja sih kalo ada kejadian gini

  • 23 Februari 2023 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Yang saya tau dan saya rasakan dicabang BCA Lampung khususnya cabang pasar tengah Bandarlampung,,pelayanan nya sangat baik dan memuaskan,SDM security maupun karyawan bank sangat berwawasan dan bersahabat kepada semua konsumen,apalagi cuma ganti kartu ATM butuh waktu 3 menit saja kartu ATM kita telah tergantikan yg baru..

  • 23 Februari 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Bulan lalu ganti atm mandiri tinggal buka web terus atm dikirim ke rumah, 2 hari lalu request atm permata dan baru saja atm nya sampai. Masa bca gak bisa ajuin online sih hmm

    • 23 Februari 2023 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Bank mandiri cabang UGM jogja ada mesinnya, tinggal masukin kartu atm lama, pencet2 data, 5 menit kartu baru keluar dr mesin..
      Canggih sekarang..

  • 23 Februari 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Berarti data anda ada note yg hanya bisa dilakukan oleh cabang awal , ganti kartu bca itu mudah sekali kok. Kalo via mesin ditolak data anda bermasalah.

  • 23 Februari 2023 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kejadian beberapa tahun lalu, posisi dompet hilang beserta kartu atm BCA, kondisi sedang di luar kota, saya berencana mau tarik uang di teller, saya bawa buku tabungan BCA dan KTP dan SIM, ketika di teller ternyata tarik tunai di teller harus bawa kartu ATM, alhasil gk jadi narik uang, dan bikin ATM baru harus pada cabang bikin rekening. Entah SOP nya masih seperti itu atau gk.

    • 24 Februari 2023 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan karena e ktp yg tdk terbaca dan kcp tsb tdk ada data nsbh tsb, sehingga sangt berhati hati dan antisipasi penggantian kartu atm dilakukan olh bukan orang yg sebenarnya (seperti kasus tukang becak yg narik uang tpi bukn pmilik rekening sebenarnya)….utk lbih prudent saja mnurut sya

  • 23 Februari 2023 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Pasti ada something wrong yg membuat cs tersebut menolak & suruh ke kcp asal.’
    BCA sejak kena bobol tukang becak, langsung sangat hati2 & taat banget sama SOP. ga ada 1 pun SOP yg boleh terlewati. kurang sedikit aja, ga dilayani. Penulis ga lengkap kronologinya kenapa ditolak. pasti ada alasannya

  • 23 Februari 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Klo kartu atm terlanjur expired memang harus ke kantor cabang tempat buka rekening

    Klo ga mau ke kantor cabang awal, ganti kartunya harus sebelum expired date

    Klo BRI ada kebijakan mengabaikan expired date karena pasokan kartu atm terbatas, jadi walo sudah expired tetap bisa digunakan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Ganti Kartu ATM BCA Dipersulit

oleh aris dibaca dalam: 1 menit
30