Kecewa, Pengajuan Pasang Baru IndiHome Terkendala Alasan ODP Penuh

Yang saya hormati pimpinan/direksi PT Telkom,

Pada tanggal 7 Februari 2023, saya registrasi online untuk PSB IndiHome dengan kode order: MYID-2072302071220, paket 30 Mbps. Akan tetapi pada tanggal 11 Februari 2023, teknisi datang dan menginformasikan ternyata ODP penuh.

Tak patah arang, saya coba menanyakan ke sales IndiHome. Beliau datang ke rumah dan survey lokasi, kemudian beliau bilang bisa sambil menunjukkan titik koordinat box kabel yang berwarna hijau di handphone-nya. Saya pun sudah menginformasikan ke sales-nya bahwa saya sudah pernah daftar online, tapi teknisi bilang ODP penuh.

Bahkan saya berulang kali menanyakan apakah betul bisa daftar lagi. Sales-nya langsung bilang “BISA” dan menambahkan bahwa ada 4 slot kosong. Jika saya pasang berarti masih kosong 3 dan menyuruh kami, jika ada saudara yang ingin pasang masih bisa. Beliau menjelaskan promo ini itu dan akhirnya mendaftarkan pasang baru saya dan kali ini saya menggunakan identitas sepupu saya dengan nomor order: MYIR-10438448040001.

Tanggal 22 Februari 2023, teknisi kembali datang ke rumah dan betapa kecewanya saya, ternyata hasilnya sama, ODP penuh. Dia bilang akan membuat laporan pengajuan agar segera dipasang box baru. Mohon bantuannya agar bisa segera di-follow up tentang pemasangan box baru agar saya bisa segera tersambung dengan layanan internet IndiHome.

Terima kasih. ?

Desi Nur Rohmah
Kab. Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom Regional III Jawa Barat atas Surat Ibu Desi Nur Rohmah

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca dari Ibu Desi Nur Rohmah pada 26 Februari 2023...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Kecewa, Pengajuan Pasang Baru IndiHome Terkendala Alasan ODP Penuh

  • 26 Februari 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Jangan panggil teknisi. Suruh yang bilang “BISA” itu untuk pasang sendiri.

    Ini lagu lama di Media Konsumen. ODP penuh bisa benar bisa pula tidak. Sebaiknya untuk mulai berlangganan jangan melalui sales tapi langsung daftar lewat aplikasi myIndihome atau datang ke Plasa Telkom.

    5
    3
    • 27 Februari 2023 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Percu.a juga aku sudah alami..Odp penuh..lewat langsung lewat email..143.dan ke kantor telkom .bahkan menejer nya tak temui.tetap ngak bisa .solusi nya cuma 1.cari 4 pelangan sekitar jankauan..baru di pasang odp…tiap thn aku daftar online.dah kirim emaail foto ma ktp..selalu masih sama.odp penuh dan 2 thn berlalu..

      • 27 Februari 2023 - (18:20 WIB)
        Permalink

        Kalau mau cepet biasanya paling ampuh tuh daftar lewat sales langsung atau sales by wa , atau silahkan cari sales yg di sosmed , kenapa bisa cepet ? Karena salesnya dapet komisi makanya dibantu secepatnya biar mereka juga cepet dapet komisi , sudah saya coba sendiri & beberapa teman yg susah pasang indihome yg gagal lewat 147 atau datang langsung ke telkom ? ga sampe 3 hari udah dateng teknisinya padahal kemarinnya dibilang penuh odpnya

  • 27 Februari 2023 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Hampir Sama seperti yang saya alami. Saya pengajuan sudah 2 bulan lebih. Alasan rumah jaraknya terlalu jauh dr ODP 200meter lebih. Alasan kedua katanya belum ada jalur FO padahal nyata2 tiang FO nancap depan rumah. Untuk alasan pertama saya siap sediain biaya tambahan FO tapi tetap tidak bisa. Sekelas dan sebonafit telkom bisa begitu dan saya diarahkan untuk menggunakan orbit

    • 27 Februari 2023 - (06:14 WIB)
      Permalink

      Ditempat saya… Aman…. Pasang baru Mudah… Ditempat saya jaringan Indihome bisa dibilang baru masuk… Jadi banyak Slot ODP yg masih kosong. Saya tinggal di kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Nggak tahu ya kalau di daerah lain. Disini jarak tiap ODP berkisar puluhan meter saja.

      • 28 Februari 2023 - (22:25 WIB)
        Permalink

        ya emang gitu ada hitungannya krna bikin odp itu biayanya puluhan juta, ga bisa asal bikin kalau g ada yang jamin fix itu odp bakal terpakai, menghindari rungkad pelanggan nunggak , hitungannya 100m per pelanggan, jd misal dr odp ke rumah terjauh itu 1 km berarti butuh 10 orang yang daftar baru masuk antrian pengajuan

    • 27 Februari 2023 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Mungkin akal.2x lan mau jual alat orbit kali ( mau cari untung jual alat nya..
      Masalah aku sama..tapi aku tak mau karena orbit pakai kuota.gak efesien bagi ku

  • 27 Februari 2023 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya. Awalnya saya daftar via aplikasi myindihome, teknisi datang lalu bilang ODP penuh. Lalu saya ketemu sama marketingnya dan dia cek di aplikasi nya masih ada slot kosong, daftar lah saya. Setelah teknisi datang lalu bilang ODP penuh. Kebetulan ada marketingnya jg. Setelah mereka diskusi, pemasangan langsung dilaksanankan saat itu jg. Setelah saya tanya marketing ternyata kendalanya karena tiang menurut teknisi jauh padahal masih dalam jarak 140m.

  • 27 Februari 2023 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Ditempat saya… Aman…. Pasang baru Mudah… Ditempat saya jaringan Indihome bisa dibilang baru masuk… Jadi banyak Slot ODP yg masih kosong. Saya tinggal di kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Nggak tahu ya kalau di daerah lain. Disini jarak tiap ODP berkisar puluhan meter saja.

  • 27 Februari 2023 - (06:14 WIB)
    Permalink

    sales ya gitu bisa ga bisa bilang bisa dulu, kalau nanti kendala full si sales bisa kawal proses pengajuan pembuatan odp baru nya, kalo lewat web emang bisa masuk list pembuatan odp baru tapi ga se mantep kalo di pegang sales, sales bakal ngjar2 bawel2 ke tim pembangunan terus sampe kepasang karena dia ada target, tp tiap sales beda2 ya usahakan dpt sales yg udah sepuh biasanya lebih galak tuh ngejar2 orderan biar kepasang
    saya juga bekas sales IndiHome tp sudah resign karena dapet kerjaan lain

    1
    1
    • 27 Februari 2023 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Kalau saja seles di jepara seperti kata anda..yg ku alami marekting /seles di jepara .odp.oenuh ya harus 4 terdaftar pelangan di sekitar ku baru bisa kasih odp baru..dan 2 thn lebih .sampai daftar via 143 jg tak bisa kendala cuma odp.

      • 28 Februari 2023 - (22:22 WIB)
        Permalink

        ya emang gitu ada hitungannya krna bikin odp itu biayanya puluhan juta, ga bisa asal bikin kalau g ada yang jamin fix itu odp bakal terpakai, menghindari rungkad pelanggan nunggak , hitungannya 100m per pelanggan, jd misal dr odp ke rumah terjauh itu 1 km berarti butuh 10 orang yang daftar baru masuk antrian pengajuan

        • 3 Maret 2023 - (20:00 WIB)
          Permalink

          La dulu baru mulai fia juga asal pasang pal dan odp baru cari pelangan….dan kalau pelangan itu masuk perkampungan tahu sendiri lah rata 2x liat trus ikut 2x an…dan perlu tahu rata 2x di kampung banyak anak muda juga yg hobby nya game…sampai seperti zombi.. beli kuota ada batas nya..lagi asik main kuota habis ( anak muda pasti suka yg bebas unlimiyed
          seperti indihome .kalau dah gitu apa salah nya pasang opd buat pelangan yg sudah terdaftar dan terkendala odp…katanya benefit .dah paling maju..kok takut infes lagi seperti dulu awal 2x dia mulai pakai nama speddy….

  • 27 Februari 2023 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Wah ***** kirain gue doang. Sama dunk dibilang box nya penuh sama ga ada tiang, tiang ada pas disebrang rumah gue.
    Nah gue bingung tetangga samping rumah dipasang indihome. Tlg lah ini gimana bisa ditindak kaga pembodohan ini.
    Area saya bugel residence karawaci tangerang. Oknum² teknisi indihome lapangannya tlg ditindak yg biasa pake motor, makan gaji butak taekk. Akhirnya saya pasang firstmedia.

  • 27 Februari 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Alternatif ISP lain tidak ada? Gunakan alternatif jika ada. Balifiber, My Republic, Biznet ini lumayan bagus dan ga ada fair usage kek Telko*.

  • 27 Februari 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Kl teknisinya bilang odp penuh, itu fakta bukan alasan. Tp biasanya kl nulis disini bisa langsung dibuatkan atau diusahakan. Oh iya jangan lupa kl pasang indihome kontraknya min 1 tahun ya, putus sebelum 1 tahun denda 1 juta. Untuk info saja. Jangan sampai kedepannya nulis lagi disini 😀

  • 27 Februari 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    kalo petugas lapangan bilang penuh itu fakta karena petugas telkom berdasarkan data dan banyak petugas lapangan yang belum memberikan info valiid atau laporan jika sudah memasang baru jadi beda antara pusat dan lapangan, karena saya alamai dari promo desember, januari hingga februari, bahkan petugas langsung cek pakai alat utk memastikan ada slot atau tidak. jadi sabar aja atau benr kata diatas, harus sedia 4 orang utk bisa pasang baru.

  • 28 Februari 2023 - (03:16 WIB)
    Permalink

    ODP penuh itu sering sales ga tau. taunya ya bisa karena ada target penjualan tapi ga mau tau di lapangan gimana. Jika ada alternatif lain, cari yg lain aja.

  • 28 Februari 2023 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Memang ODP terdekat sudah penuh, itu betul. Lalu dikatakan kalau ada 4 orang bisa dipasangkan ODP baru. Ajukan 4 orang malah diminta 6, ajukan 6 malah diminta 10. Setiap beberapa minggu sekali daftar online setelah capek bolak-balik ke Plaza demi diperhatikan permintaan sambungan. Sampai manajer area ikut nengok langsung ke rumah. Saya bersikeras karena jalur kabel optik besar/tiang terdekat tidak sampai 20 meter dari rumah.

    3 tahun berlalu…

    Tiba-tiba suatu hari–menjelang malam istri menelepon dengan semangat mengatakan ada sales IndiHome menawarkan sambungan. Peduli setan dengan sales nggak guna, langsung daftar online (lagi) di My IndiHome.

    Dalam kurang dari 2 minggu ODP baru tersebut sudah penuh terpasang (termasuk untuk saya). Dan ditambahkan lagi satu ODP pada tiang sebelahnya (dan tidak laku).

    Tidak ada tarik kabel optik besar baru, tidak ada banjir permintaan, hanya 6 rumah seperti yang saya bantu ajukan 3 tahunan yang lalu.

    KESIMPULAN:
    1. Pasang ODP tidak perlu tarik kabel optik besar baru. Teori LAN internet, 1 sambungan bisa dicabangkan menjadi beberapa IP Address baru. Jadi, apa yang membuat pemasangan ODP baru sampai tertunda 2+ tahun???

    2. Perusahaan teknologi nomor 1 di Indonesia (Telkom) tidak memiliki database area serta jumlah peminat sambungan. Kalau memang ada database, pasti saya langsung dihubungi untuk pemasangan sebelum ODP terpasang sebagai bagian dari marketing management. Divisi marketing itu ngapain aja kalau mengumpulkan database saja tidak becus???

    3. Sales lapangan tidak ada gunanya karena baru berani keliaran nawarin pemasangan sewaktu ada ODP baru. Tidak ada follow up ke prospek maupun kantor perihal peminat serta areanya. DIVISI MARKETING ITU NGAPAIN AJA KALAU NGUMPULIN DATABASE SAJA TIDAK BECUS???

    • 28 Februari 2023 - (22:26 WIB)
      Permalink

      ya emang gitu ada hitungannya krna bikin odp itu biayanya puluhan juta, ga bisa asal bikin kalau g ada yang jamin fix itu odp bakal terpakai, menghindari rungkad pelanggan nunggak , hitungannya 100m per pelanggan, jd misal dr odp ke rumah terjauh itu 1 km berarti butuh 10 orang yang daftar baru masuk antrian pengajuan

      • 1 Maret 2023 - (22:13 WIB)
        Permalink

        Biaya pembangunan infrastruktur memang mencapai puluhan juta per kilometer, sedangkan harga kotak ODP itu sendiri berkisar 500 ~ 1 jutaan dengan sambungan tersedia antara 6 ~ 20 per kotak. Yang saya bahas ini infrastruktur sudah jadi yang jaraknya tidak sampai 20m dari rumah, tinggal nambah ODP saja kok sampai hampir 3 tahun.

        Di tempat kerja saya ini, Kutai Barat – Kaltim, berhamburan ODP dipasang di pinggir jalan penghubung antar Kecamatan/Kelurahan di mana tidak terdapat 1 rumahpun dalam rentang 100m dari ODP tersebut. Ini fakta yang membuat saya tambah geram melihatnya.

        Kenapa bisa begitu? Saya pernah tanya langsung sama yang sedang pasang ODP dan jawabannya adalah kantor cabang pembantu tidak punya hak menentukan titik pemasangan ODP, titik pemasangan ODP ditentukan dari kantor cabang utama di ibu kota provinsi (yang 300+ km jauhnya). Pantasan walau sudah ditengok oleh manajer area nggak ngaruh sampai bertahun-tahun. Kayaknya main tunjuk sembarangan aja titik ODP pada tempat yang bahkan tidak ada penduduk sama sekali, yang penting laporan target ODP terpasang tercapai–mungkin. JELAS SEKALI TIDAK ADA MARKETING PROFILING.

        Pengalaman saya lebih dari 20 tahun di dunia IT dan Internet Networking dan lebih dari 12 tahun dalam waktu tersebut di bagian marketing. Sangat paham bagaimana cara kerja jaringan internet serta cara memasarkan produk secepat/sebanyak mungkin. Di sini kelihatan betul buruknya marketing divisi IndiHome, pantas aja dibilang merugi dan bahkan mau dilepaskan ke Telkomsel untuk mengurusnya.

        Belum lagi tentang petugas pemasangan pungli terhadap orang yang tidak paham apa-apa yang meminta sambungan… atau betapa tidak handalnya My IndiHome web/app… Ah, sudahlah!

        Yang penting kerja yang baik, sebisa mungkin membantu. Toh kalau deal terima insentif. Kalau belum deal anggap aja ada pahalanya karena sudah niat baik walau nggak ada gunanya.

  • 3 Maret 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Urusan Indihome harus teknisi senior pasti bisa walau slot odp penuh bisa dicangkok ke fiber terdekat, asal redaman masih bagus bisa cincai.
    Tp klo udh masuk surat pembaca gini, dan plaza turun langsung kelapangan bakal susah, males masangnya juga itu teknisi.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Kecewa, Pengajuan Pasang Baru IndiHome Terkendala Alasan ODP Penuh

oleh Derren dibaca dalam: 1 menit
25