Hati-hati dengan Tagihan Siluman Pascabayar XL Axiata

Melalui surat pembaca Media Konsumen ini, saya pengguna XL Prioritas (Layanan pascabayar XL) ingin menagih kembali biaya sebesar Rp50.000+PPN 11% yang ditagihkan oleh XL Axiata, untuk layanan yang tidak saya gunakan. XL menagih biaya ini pada billing bulan Februari 2023 untuk biaya roaming internet 80 KB. Padahal saya memiliki paket roaming PrioPass yang masih aktif pada saat pemakaian dan kuota juga tersedia, serta pemakaian roaming lainnya sudah masuk dalam Prio Pass.

Terlampir bukti tagihan, dan bukti Prio Pass saya yang masih aktif:

Dikarenakan layanan pascabayar ini mengharuskan penagihan auto debit kartu kredit, saya cukup jarang mengecek tagihan biasanya. Namun kali ini kebetulan saya cek dan ternyata ada biaya yang tidak sesuai. Saya segera melaporkan ke CS 818, (karena live chat ataupun twitter XL sangat tidak membantu) dan dibuatkan laporan dengan nomor: C27618672, pada Sabtu 4 Maret 2023, dengan SLA 3 hari kalender.

Alangkah kagetnya saya ketika tanggal 8 Maret ini saya mengecek ke CS 818 dan dinyatakan bahwa biaya tersebut sudah sesuai. Padahal pada saat pelaporan, saya sudah menjelaskan dengan detail bahwa saya memiliki paket roaming yang aktif, dan pada hari-hari lain penggunaan saya tidak muncul pada rincian biaya siluman ini. Kenapa bisa muncul 80Kb yang tidak termasuk paket roaming yang aktif? Namun CS tidak bisa memberikan jawaban.

Saya tidak tahu apakah bulan-bulan sebelumnya ada biaya-biaya siluman lagi atau tidak yang diambil secara sepihak oleh XL Axiata. Karena itu, saya harap pengguna XL Axiata harap berhati-hati, sering-seringlah mengecek tagihan ataupun pemakaian pulsa Anda. Saya berharap melalui surat pembaca ini, XL bisa mengembalikan apa yang bukan haknya.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang berkenan memuat surat pembaca ini.

Peter Alimin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:8    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Peter Alimin

Jakarta, 17 Maret 2023 Ref.CM/CU/E/001/0313/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Peter Alimin melalui...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Hati-hati dengan Tagihan Siluman Pascabayar XL Axiata

  • 10 Maret 2023 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Celah cuan gede dari layanan roaming. Bayangkan cuma pakai 80 kBā€”nonton TikTok belum ketahuan jagoannya itu, sudah kena tarif Rp. 55.500.

    Kalau tidak salah bang @Kata juga pernah punya pengalaman tidak mengenakkan dengan provider yang satu ini. Perlu TS evaluasi lagi karena menggunakan layanan pasca bayar, dimana kebocoran bisa tak disadari.

  • 13 Maret 2023 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya pake XL Prioritas nyaman ya, cuma emang kadang bikin kesel, apalagi aplikasi nya lelet kali.

    Saya juga baru memuat keluhan di Media Konsumen tentang XL.

    Oh, ya. Saran saya migrasi aja dari sistem tagihan ke sistem upfront. Jadi ga kaget sama tagihan bulanan. Sistemnya kayak prabayar, bayar di awal.

    Bagusnya paket-paket yang ditawarkan sama persis dengan paket Pascabayar. Dan tentunya tidak kena PPN 11/%.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Tagihan Siluman Pascabayar XL Axiata

oleh peter alimin dibaca dalam: 1 menit
6