Masalah Upgrade SIM Card Kartu Halo Telkomsel

Kepada Telkomsel,

Pada tanggal 7 Maret 2023 pukul 15:59, saya ke GraPARI Cibinong untuk upgrade kartu SIM dengan nomor 081111***87, karena kartu saya masih SIM ukuran lama yang teknologi NFC TCash. Saya sudah bayar tagihan dengan bukti saya lampirkan.

Kartu Halo saya adalah Halo Hybrid, invoice date/cetak tagihan setiap tanggal 19, tidak ada abonemen, dengan minimal tagihan Rp35.000 (ada tidak ada pemakaian di Kartu Halo saya, tetap ditagihkan setiap invoice date minimal tagihan Rp35.000 ditambah pajak, dll), dengan periode pembayaran 20 Februari 2023 – 10 Maret 2023.


Saya dilayani oleh CS Ivan. Saya bilang saya mau masukan uang ke Kartu Halo saya dan ganti upgrade SIM card. Lalu CS Ivan menerima uang saya dan pergi ke box merah untuk proses pembayaran Kartu Halo saya. Di dekat pintu masuk dan di box merah sudah ada wanita menunggu, yang sebelumnya wanita itu melewati belakang kursi saya. Saya rasa itu SPV, tapi saya tidak tahu, karena selama saya komplain di GraPARI Cibinong tidak ada SPV yang mendatangi saya.

Saya lihat CS Ivan dan wanita itu mengobrol, saya tidak tahu obrolan mereka. CS  Ivan info untuk ganti kartu harus pengkinian data, karena nomor KTP saya beda dengan di sistem. Ya saya bilang pengkinian data saja. Dijawab CS Ivan untuk pengkinian data tagihan harus dibayar yang belum invoice date/berjalan dan ganti paket ke Halo 100 ribu, karena paket saya Halo Hybrid sudah tidak ada. Saya bilang ke CS Ivan, saya tidak mau pindah paket. Proses pengkinian data saya dan upgrade kartu saya tanpa ganti paket ke Halo 100 ribu, karena saya sudah bayar tagihan saya.

Saya tidak mau bayar tagihan berjalan, karena belum waktunya untuk dibayar dan saya tidak mau dipaksa secara sepihak oleh Telkomsel untuk ganti paket ke Halo 100 ribu. CS Ivan tidak mau proses ganti kartu saya, saya bilang ke CS Ivan saya komplain ya, dijawab CS Ivan silakan komplain saja pak (sangat hebat).

Karena saya cek di web Telkomsel untuk ganti kartu syaratnya pelanggan HALO billing sudah terlunasi. Tidak ada tulisan billing yang belum invoice date/berjalan dibayar untuk proses ganti kartu.

Kalau Halo Hybrid tidak ada, kenapa masih ada di lembar tagihan saya info tulisan mengenai informasi penggunaan Halo Hybrid? Berikut saya lampirkan:

Hak saya sebagai konsumen untuk tetap di paket Halo Hybrid yang saya pilih. Karena paket masih tersedia di nomor Halo saya dan saya masih ditagihkan sesuai paket Halo Hybrid sampai saat ini.

Telkomsel, kamu tidak punya hak secara sepihak untuk memaksa konsumen pindah paket dengan alasan apa pun. Telkomsel memaksa saya untuk membayar tagihan yang belum cetak invoice date dan memaksa saya untuk pindah ganti paket ke Halo 100 ribu secara sepihak, yang saya tidak mau dengan info kepada saya untuk proses upgrade ganti kartu.

Telkomsel, jangan memaksakan secara sepihak kepada konsumen untuk pindah paket yang konsumen tidak mau. Karena itu merugikan konsumen dengan alasan proses upgrade ganti kartu. menyuruh konsumen secara paksa untuk pindah paket yang konsumen tidak mau.

Saya sudah email ke cs@telkomsel.com dijawab Kairul Customer Care Officer, tetap pemaksaan kepada saya, tanpa memberikan solusi untuk permintaan upgrade kartu SIM saya.

Telkomsel, saya minta upgrade kartu saya. Hormat saya,

Agustinus Doli
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Agustinus Doli

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 10 Maret 2023 oleh Bapak Agustinus Doli mengenai masalah upgrade Sim Card...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Masalah Upgrade SIM Card Kartu Halo Telkomsel

  • 10 Maret 2023 - (20:02 WIB)
    Permalink

    saya juga pelanggan Halo Hybrid, penggunaan minimum 35rb perbulan (blm termasuk PPN 11%).
    dapet kuota internet 3,5GB per bulan
    30 menit telp ke sesama Telkomsel
    100 sms free ke sesama Telkomsel.

    bisa beli paket nelpon 150 menit ke semua operator hanya dengan 15 ribu perak.

    kalo sampe dipaksa migrasi ke paketan yg lebih mahal, mending tutup saja lah.

    13
    1
    • 16 Maret 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Jika saya tidak dihargai disana, Lebih baik Tutup saja kartu nya. ganti kartu dr provider lain yg bisa lebih menghargai kita sebagai customer.

      • 17 Maret 2023 - (11:46 WIB)
        Permalink

        Ya begitulah provider yang udah ada nama dan terbesar, seenak udelnya saja, Ga ada SOP. Apa yang dkierjakan selalu betul. Orang orang yang bekerja tidak tersentuh oleh kritikan, saran, karena one way service, dari satu ke satu lagi, tidak ada service balik dari operator ke aplikator nya. Ga ada SOP buat bagian IT nya. IT nya kerja salah pu ga ada yang tau, ga ada yang mantau. Semuanya di gitu in oleh pemilih saham terbesarnya.

  • 11 Maret 2023 - (02:05 WIB)
    Permalink

    Buat penulis sekedar saran. Memang saya juga pernah mengalami. Dan pilihan tergantung pada Anda. Jika nomor itu penting dan harus on berarti memang harus mengikuti kebijakan Telkomsel di paket terbaru saat ini. Kalau gak salah paket Gold 100k paling rendah. Dan jika tidak bisa menerima kebijakan tenbaru bisa tutup atau berhenti berlangganan Telkomsel karena sudah tidak nyaman/ tidak sesuai dengan budget.
    Saya pernah mengalami dan saya memilih paket Gold 100K, dikarenakan nomor penting banget saat itu. Namun dengan berjalannya waktu saya lebih memilih ke kartu Telkomsel prabayar yang menurut saya lebih hemat dan fleksibel karena bisa tanpa kuota penting masa aktif masih panjang.
    Mohon maaf jika tidak sependapat dengan saya.
    Terima kasih.

    11
  • 11 Maret 2023 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Lebihnya kartuhalo itu cuma privelege nomor 11 ato 10 digit dgn awalan 0811, itu doang. Kalo bukan tanggungan kantor rugi amat pake pascabayar.. Kalo di billing masih ada tulisan halo hybrid jg kan paketnya udah ngga tercantum di web telkomsel, ujungnya paling tetep harus ganti paket kalo emang masih butuh nomornya..

  • 11 Maret 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Kartu halo memang payah.
    Saya pakai sudah 20 tahun dan sekarang juga dipaksa pindah ke paket internet 10GB dengan harga 100rb.
    Harga yg cukup mahal dibanding dg paket internet prabayar. Dan kuota ini jarang saya pakai, sebulan paling habis 2GB saja, sebuah kesia-siaan
    Pingin pindah ke paket bebas abonemen 35rb sudah gak bisa.
    Benar² pemaksaan kapitalis sejati.

    Mau ganti nmr, sudah banyak relasi di nmr ini apalagi sdh dipakai 20 tahun.

  • 11 Maret 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    Dulu aku pernah pake Simpati PD mulai tahun 2009 dan tahun 2020 ada tawaran paket promo pindah ke halo 100k dapat 25 GB berjalannya waktu tidak enak pake pasca bayar akhirnya setelah setahun saya bisa pindah lagi ke prabayar,enak pake prabayar menurutku dari hitungan biaya bulanan,Skg aku pake XL prabayar yg banyak pilihan paket,Prabayar Telkomsel buat telpon keluarga di dikampung

  • 11 Maret 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Dear pelanggan yang terhormat Bpk Agustinus Doli.
    untuk penyelesaiian masalah ini kami mohon bantuannya untuk bisa kembali ke grapari cibinong, kami akan berikan solusi terbaik untuk bapak. kami coba hubungi nomor bapak saat ini tidak aktif.

    terima kasih

    4
    8
    • 11 Maret 2023 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Dear Grapari

      Saya harus kembali ketempat saya komplain dimana satu ruangan itu saya komplain semua bisa dengar komplain saya dan dijawab dengan servis yang sangat hebat. Pusing otak saya Cape tenaga saya harus mengeluarkan biaya untuk datang kembali ketempat servis yang sangat hebat. Grapari apabila mau upgrade mini sim card saya bisa kontak ke email saya untuk alamat pengiriman. karena ini sudah masuk ke media konsumen, kontak saya bisa cek ke media konsumen atau cek email saya melalui komplain yang saya layangkan ke ke cs@telkomsel.com dijawab Kairul Customer Care Office. karena saya sudah sangat trauma dengan layanan sangat hebat Telkomsel yang diberikan kepada saya. Batre hp saya yang suport ukuran kartu lama sudah rusak/mati tidak bisa dihubungi, makanya saya mau upgrade ke mini sim. Hormat saya

      3
      1
  • 12 Maret 2023 - (05:16 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang kurang ajar, paket pasca bayar saya di paksa upgrade ke paket 80rb dari sebelumnya paket 50rb, kalo ngak diterima di telpon terus sama marketing

    Bukan soal nominal nya, tapi isi paketnya, dulu setiap bulan dapat 300 menit nelpon sekarang cuma 50 menit doang jauh banget kan, sementara kebutuhan nelpon saya lebih besar, dan sekarang Telkomsel juga ngak menyediakan paket nelpon dengan kuota yang banyak cuma fokus ke data doang

    Jauhilah marketing nya, kalo nelpon bilang ?

    Kapok pake plat merah satu ini

  • 12 Maret 2023 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Ibu sy juga mengalami hal yang sama. Dari prabayar disuru upgrade ke pasca bayar. Buruknya si CS bilang migrasi bisa dibatalkan maksimal 7hari. Namun saat ingin dibatalkan, CS digerai nya bilang tidak bisa lagi. Kami dibohongi pihak Telkomsel.

    Saya sendiri juga pakai Halo sejak 2015-2021. Dengan harga 100rb (10GB) yang menurut saya harganya sangat tidak worthed. Mreka sering mengarahkan konsumen untuk meng-upgrade kartu karena profit nya besar. Dan konsumen yg butuh mau tidak mau tetap pakai kartu itu.

    Namun saya dan ibu saya memutuskan untuk tetap tidak menggunakan Halo lagi karena lebih nyaman dan fleksibel dengan kartu prabayar biasa. Sebagai perbandingan harga paket prabayar telkomsel biasa: 12GB 50rb . Halo: 10GB 110ribu. Pakai tidak pakai harga tetap. Sangat tidak worthed.

    • 12 Maret 2023 - (15:15 WIB)
      Permalink

      Berkali-kali marketing Telkomsel menawarkan upgrade dengan nada meremehkan seolah halo corporate kok cuma pakai langganan yang bebas abonemen 35000/bulan. Saya jawab, keperluan cuma segitu, kebutuhan internet dan lain-lain sudah terpenuhi prabayar lain maupun Wi-Fi. Eh, malah sering ditelpon. Akhirnya saya blokir nomor 188. Kalaupun dipaksa, lebih baik ganti ke prabayar lain, meski nomor halo ini sudah 20 tahunan. Suplai pilihan data dan telepon di pasar sudah berlebih. Mau di mahalin? Jadi ga kompetitif, di Singapura yang pendapatan per kapita nya 10x Indonesia aja ada paket 100 ribu dapat 100 GB di Singtel, Starhub, M1.

  • 12 Maret 2023 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Berkali-kali marketing Telkomsel menawarkan upgrade dengan nada meremehkan seolah halo corporate kok cuma pakai langganan yang bebas abonemen 35000/bulan. Saya jawab, keperluan cuma segitu, kebutuhan internet dan lain-lain sudah terpenuhi prabayar lain maupun Wi-Fi. Eh, malah sering ditelpon. Akhirnya saya blokir nomor 188. Kalaupun dipaksa, lebih baik ganti ke prabayar lain, meski nomor halo ini sudah 20 tahunan. Suplai pilihan data dan telepon di pasar sudah berlebih. Mau di mahalin? Jadi ga kompetitif, di Singapura yang pendapatan per kapita nya 10x Indonesia aja ada paket 100 ribu dapat 100 GB di Singtel, Starhub, M1.

  • 13 Maret 2023 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna paket halo 60rb per bulan, kemudian di kirimin sms kalau paket tsb sudah tidak ada dan harus wajib kudu pindah ke halo+ dengan minimal 80rb perbulan belum ppn, saya biarkan, awal bulan ini, paket saya berubah otomatis tanpa persetujuan saya ke halo+ tersebut. Hehehe…

    ya karena nomer saya penting, dan dapet langganan disneyhotstar gratis serta telpon semua provider 80 menit, ya sudahlah, terpaksa saya ikut aturan. Walau kuota nya ga pernah habis 50% dari total.

    Memang kita sebagai konsumen mau ga mau ikut aturan, kalau memang sudah ga nyaman dan ga merasa worth, lebih baik tutup saja. Masih banyak provider lain, dengan paket yg lebih terjangkau. Lama lama kalau semua out dari telkomsel, pasti kena efeknya sih.

  • 13 Maret 2023 - (21:50 WIB)
    Permalink

    Telkomsel Halo lagi gencar promosi paket Halo+ dengan minimal harga paket 80k dengan benefit yang menurut saya sangat sedikit (kuota internet 8GB, telepon 80 menit semua operator dan 80 SMS).

    Dan per April 2023, semua akan otomatis terupdate ke Halo+ apapun paket nya saat ini. Mau nyalahin ya gimana ya, karena mereka yang buat aturan.

    Mudah-mudahan operator plat merah ini memperbaiki kebijakannya.

    • 17 Maret 2023 - (11:51 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah provider yang udah ada nama dan terbesar, seenak udelnya saja, Ga ada SOP. Apa yang dkierjakan selalu betul. Orang orang yang bekerja tidak tersentuh oleh kritikan, saran, karena one way service, dari satu ke satu lagi, tidak ada service balik dari operator ke aplikator nya. Ga ada SOP buat bagian IT nya. IT nya kerja salah pu ga ada yang tau, ga ada yang mantau. Semuanya di gitu in oleh pemilih saham terbesarnya.

  • 14 Maret 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Sebenernya bisa dan berhak, cuma ga etis telkomsel kalo begitu. Karena di dalam syarat dan ketentuan penggunaan kartu ada tulisan seperti ini kira kira “pengguna kartu dan layanan telkomsel bersedia tunduk dan patuh pada aturan dan kebijakan PT telkomsel tbk, pt telkomsel tbk berhak sewaktu waktu merubah kebijakan baik program harga dll”
    Tapiiiiiii… Konsumen berhak ga pake telkomsel lagi.
    Intinya klo ga cocok, tinggalkan.. Ga akan dipaksa..
    Yg sulit itu klo nomernya dipakai usaha, karena sudah tersebar..
    Menurut sy begitu

    • 17 Maret 2023 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah provider yang udah ada nama dan terbesar, seenak udelnya saja, Ga ada SOP. Apa yang dkierjakan selalu betul. Orang orang yang bekerja tidak tersentuh oleh kritikan, saran, karena one way service, dari satu ke satu lagi, tidak ada service balik dari operator ke aplikator nya. Ga ada SOP buat bagian IT nya. IT nya kerja salah pu ga ada yang tau, ga ada yang mantau. Semuanya di gitu in oleh pemilih saham terbesarnya.

  • 14 Maret 2023 - (12:23 WIB)
    Permalink

    dulu bgt sempet punya halo yg tagihannya 150rb, unlimited internet tp tetap dgn FUP. kalo lwt FUP, ga akan bs dipake. akhirnya tutup, dan pake prabayar tri, beuh berasa sultan kuota. dgn 150rb bs dpt buanyaakkkk..

  • 29 Maret 2023 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Kalau memang per bulan April paket Halo pindah ke Halo+ tanpa persetujuan, siap-siap saja untuk ditinggal pelanggan

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Masalah Upgrade SIM Card Kartu Halo Telkomsel

oleh Agustinus Doli dibaca dalam: 2 menit
22