Pengiriman Terlambat dan Tersasar, AnterAja dan Tokopedia Lambat Menangani Komplain

Saya salah satu pengguna dari Aplikasi Tokopedia dan Jasa AnterAja. Rabu 8 Maret 2023 sekitar pukul 09:54 waktu setempat, saya membeli salah satu produk di salah satu seller di tokopedia dengan pengiriman “Same Day” menggunakan AnterAja.

Saya membeli produk tersebut sebelum pukul 12.00 siang, yang jika menggunakan Same Day harus sudah diterima dengan estimasi di hari yang sama. Kenyataannya, Kamis 9 Maret 2023 barang pun belum sampai juga. Saya masih toleran dan bersabar untuk menunggu, walaupun barang itu dibutuhkan di tempat kerja saya di bidang FnB.

Jumat 10 Maret 2023, pesanan belum datang juga dan saya mengira bahwa sore atau sebelum toko tutup akan datang karena di fitur lacak pesanan bahwa pesanan sudah dalam perjalanan oleh KURIR AnterAja.

Sekitar pukul 21.15, saya dapat notifikasi bahwa pesanan sudah diterima. Saya konfirmasi ke bawahan saya yang shift pagi maupun siang, apakah datang paket atau tidak. Respon mereka bilang “Pagi tidak ada paket untuk Bapak. Siang ada paket untuk Bapak”. Saya suruh mereka untuk foto ternyata yang datang casing HP dari Shopee.

Histori Pengiriman di Aplikasi Tokopedia

Saya bingung dong, paket yang saya pesan melalui tokopedia itu jumlahnya banyak. Saya cek gambar penerima di aplikasi Tokopedia, ternyata bukan ke tenant saya, dan tidak tahu kurir menitipkan ke tenant mana.

Kurir memberikan paket pada tenant lain

Jujur ini adalah kejadian 2x yang bobrok saat menggunakan AnterAja untuk pengiriman di Tokopedia. Tidak ada sama sekali kurir menghubungi saya. Seharusnya jika toko sudah lewat operasional, kurir membawa kembali paketnya bukan dititipkan ke tenant lain. Ini tenant loh, bukan rumah yang bisa dititipkan paket dan saling kenal.

Saat mengajukan via phone dan wa ke layanan komplain AntarAja, mereka hanya bilang sedang diinvestigasi dan dikasih waktu 3×24 jam sesuai SLG mereka. Jujur saya kecewa, saya gak butuh nominalnya tapi barang dan kuantiti barang yang dibeli lumayan banyak untuk toko.

Respon Komplain dari Layanan Whatsapp CS AnterAja

Saya kecewa dengan didikan atau training SOP kurir dari AnterAja dan Tokopedia juga lambat merespon komplain saya. Saya berharap AnterAja bisa pecat atau kasih punishment kepada kurir tersebut.

Ragil Putra
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:9    Rata-Rata: 4.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Pengiriman Terlambat dan Tersasar, AnterAja dan Tokopedia Lambat Menangani Komplain

    • 12 Maret 2023 - (14:19 WIB)
      Permalink

      ga harus masuk penjara sih, karena ga fatal2 bgt sampe bikin rugi perusahaan secara materil. Mungkin kurir bisa di coaching dengan dikasih SP juga.

      • 17 Maret 2023 - (11:24 WIB)
        Permalink

        Bikin SP juga pake SOP. Melebihi berapa komplain ke si AA, maka bisa di tangguhkan kemitraaannya oleh ToPed. Tapi Usulan beginian ga di tenggepin sama ToPed. Toped ga mau berubah mind set nya, yah begini terus, gajiin karyawan buat ngurusin yang beginian, masalh kurir maslah kurir lagi, terus terusan. Si AA si AA lagi. Saya aja kalo lihat cuma pilihannya Si AA dan si Cepot, ga jadi di beli tuh barang. Mending pilih kurir ijo ijo atau setingkat lagi yang lebih baik.

  • 12 Maret 2023 - (05:16 WIB)
    Permalink

    “Jujur ini adalah kejadian 2x yang bobrok saat menggunakan AnterAja”

    Lu jg lucu pak, kan sebelomnya udah ngerti kerja kurirnya ngga becus, eh dipake lagi, kirain sekali pengalaman cukup eh taunya malah pengen coba lagi, wkwkwk

    1
    4
    • 12 Maret 2023 - (14:13 WIB)
      Permalink

      Kalau gua bisa milih expedisi lain, gua ga akan milih AnterAja. Gua segitu pake yang same day, tp dari tokped nya malah dapat AnterAja. Beda sama Shopee, yang bisa ganti expedisi setelah Check Out.

      • 12 Maret 2023 - (18:02 WIB)
        Permalink

        Antareja dan secepat utk sameday emang kurang bos… Sameday tetep grab dan gojek yg best….

        Sicepat sameday itu 2 hari malah jkt to jkt šŸ¤£.
        Anteraja sameday jg sama bukan spt sameday nya gojek/grab yg hari itu sampe.

        JNE yes juga jabodetabek bisa 2 hari.

        Jadi kalo makanan sih uda ok gojek dan grab only sih

        2
        1
        • 13 Maret 2023 - (11:20 WIB)
          Permalink

          Nah pernah juga pake sicepat, ajib deh 2 expedisi itu. Selalu diluar estimasi, udh gitu bobroknya Tokped kalau pilih sameday, ga dikasih pilihan pengen pake jasa pengirimannya. Jadi auto gitu.

          2
          1
          • 13 Maret 2023 - (11:24 WIB)
            Permalink

            @putra coba beri kasih masukan tuh ke TokopediaCare nya supaya bisa pilih. Soalnya sameday dan yg instant yg ok cm grab dan gojek sih. Atau karena program free ongkir jadi random???

            Kalo di Shopee, Shopee express instant lumayan jg konsisten. Selain gojek dan grab.

          • 13 Maret 2023 - (12:13 WIB)
            Permalink

            Ga bisa milih tapi bisa dilihat pakai kurir apa di halaman produknya. Itu kan ada ongkir yang dicoret jadi 0. Misalkan yang dicoret 18.000 ya dilihat aja di pilihan kurir yang sesuai nominal tersebut. Ya itu kurir yang dipakai. Pilihan kurir pas dibawah ongkir yang dicoret. Itu sih triknya, moga bermanfaat.

          • 17 Maret 2023 - (11:28 WIB)
            Permalink

            “Tokped kalau pilih sameday, ga dikasih pilihan pengen pake jasa pengirimannya. Jadi auto gitu.”. Nah itu Toped punya kerjaan yang jelek. Sering dikasih masukan, ga diperbaiki. Toped sih udah kerja dengan baik, tapi cuma sebatas di dengkul.

  • 12 Maret 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Catatan untuk kalian yang belanja online. Tulis alamat lengkap, atur posisi koordinat map yang tepat. Dan nomor rumah dipasang di tempat yang mudah dilihat. Satu lagi… Pastikan saat dihubungi kurir langsung direspon secepatnya. Kurir itu gak cuma bawa barang sampean.

    4
    2
    • 12 Maret 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Alamat sudah lengkap, bahkan patokan pun sudah jelas. Nama toko pun disitu sudah jelas, tapi emang kurir nya ga ada hubungi ke pelanggan, padahal saya kerjanya standby HP loh.

      1
      1
    • 17 Maret 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      “Kurir itu gak cuma bawa barang sampean”. Ya benar. tapi otak juga musti di bawa yah.

    • 12 Maret 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Kalau ada instant juga, saya pilih instant. Tapi saat pilih pengiriman, instant tidak tersedia.

  • 12 Maret 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kejadian begini, tapi pakai xpedisi j*e.
    Disini saya sebagai seller, dan buyer langsung ajukan komplain ke tokopedia, jadi saya langsung hubungi cs xpedisi tersebut. Dan responnya cepet banget, ga pake lama paket sudah sampai.

    Sekarang saya kejadian begitu lagi, tapi kali ini saya sebagai buyer dan xpedisinya pakai ant*ra*a. Saya tdk protes lgsg ke seller si…tapi saya langsung hubungi ke cs ant*er*ja. Dan blm ada tanggapan. Semoga kali ini paket saya segera sampai.

    Dan untuk penulis semoga segera terselesaikan masalahnya paketnya segera sampai ya.

  • 12 Maret 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Tinggal minta ke tenant yang di kirimkan, apa susahnya sih, ya kecuali nyasarnya beda mall. Baru lah bisa complaint, selagi satu mall, kenapa nggak minta langsung. Gini nih kalo manusia g mau bersosialisasi. Mati jalan sendiri kali. Nggak butuh org2 buat ngubur.

    3
    1
    • 12 Maret 2023 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Bukannya gamau bersosialisasi ya, semua tenant tuh punya pelanggan dan kesibukan melayani pelanggan. Kalau yang nerima posisi nya malam, dan tidak ada koordinasi dengan crew lain di tenant tersebut, terus disamperin dan pada bilang gatau gimana?. Wasting time dong maupun crew toko saya yang samperin tenant tersebut.

    • 13 Maret 2023 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Sama pernah order dari Surabaya ke jakarta estimasi sampe 2-3 hari ga tau nya sampe hampir 11 hari itu pun call ke cs dulu akhirnya ada response sejak dari itu ga pake lagi anteraja

  • 12 Maret 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Di media konsumen ini pihak anter aja dan aplikasi biasa biasa saja menanggapi keluhan .karena komplain kurang extreem bagi mereka. Ada cara mari buat aku YouTube kita sebarin ke bobrokan mereka

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Terlambat dan Tersasar, AnterAja dan Tokopedia Lambat Menanā€¦

oleh Putra dibaca dalam: 1 menit
22