Kecewa dengan Amar Bank yang Tidak Bisa Bernegosiasi, Malah Menghubungi Kantor dan Klien Saya

Saya Novia. Saya mempunyai tunggakan pembayaran di akun Tunaiku Amar Bank, dengan nomor kontrak: 101049973 dan jumlah pinjaman Rp20 juta. Saya sudah ada tunggakan 17 kali pembayaran lagi, yang mana total tunggakan di aplikasi Rp26.962.580.

Tanggal 15 Maret 2023, pihak DC Tunaiku menelepon ke kantor saya dan email ke pihak klien saya terkait tunggakan pinjaman ini. Sehingga saya mendapat teguran keras dari pihak kantor, karena tindakan DC Amar Bank sudah sampai ke ranah klien saya, yang tidak tahu apa-apa terkait utang piutang saya. Hal ini sangat mengganggu.

Saya coba melakukan negosiasi via WA dengan pihak DC. Mereka menawarkan pembayaran DP dulu sebesar Rp6.962.580, yang mana saat itu saya tidak punya uang segitu.

Pada tanggal 15 Maret 2023, saya telepon ke call center Amar Bank. Saya minta untuk pengajuan cicilan, tapi CS info harus datang ke kantor Amar Bank di Jl. Thamrin. Saya datang ke sana tanggal 20 Maret 2023. Saya dibantu oleh seorang ibu-ibu, yang mana saya ceritakan bahwa saya ada musibah saat itu pandemi dan usaha saya hancur sehingga saya gagal bayar. Saat ini saya berniat mencicil kembali, karena sudah bekerja.

Namun ibu itu sombong sekali dan minta pembayaran DP Rp7 juta. Saya menyanggupi untuk bayar 4 juta, tapi tetap saya tidak diperbolehkan. Hingga saat ini kantor dan klien saya tetap mereka email. Saya sampai memperlihatkan surat rujukan dokter anak saya, yang mana saat itu saya terkena musibah juga.

Saya benar-benar niat baik untuk menyelesaikan hutang piutang ini. Namun jika mereka terus email ke klien saya, maka ujungnya saya akan diberhentikan dan membuat saya susah kembali bayar ke Amar Bank. Bukankah saya sudah berkunjung ke kantor Amar Bank, apa harus tetap email ke klien dan kantor? Saya tidak kabur sama sekali.

Saya minta dengan kerendahan hati ke Bank Amar bank untuk bisa memberi keringanan kepada saya. Saya lapor OJK pun rasanya tetap tidak ada gunanya, mereka menyuruh saya ke Amar Bank. Saya benar-benar seperti tidak tahu lagi harus bagaimana. Saat ini hanya bisa pasrah kalaupun saya diberhentikan kantor.

Sebegitu keras dan kaku sekali saya berurusan dengan amar bank ini, saya sudah tidak tahu harus bagaimana. Semoga Media Konsumen bisa menjadi wadah dalam menyuarakan keluh kesah saya.

Novia Amanda
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Novia Mandasari

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Novia Mandasari sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Novia Mandasari...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Kecewa dengan Amar Bank yang Tidak Bisa Bernegosiasi, Malah Menghubungi Kantor dan Klien Saya

    • 4 April 2023 - (19:25 WIB)
      Permalink

      Saya juga sama kemaren pihak DC amar bank sampe ke kantor saya padahal dia sudah berkali kerumah saya . Buat apa ke kantor saya sampe foto foto lobi kantor saya dan mengirim surat tanggihan yg titipkan ke OB kantor saya buat malu saya padahal saya sudah wa ke DC nya kalo saya blom bisa bayar . Dan aneh nya lagi cicilan yg sudah saya bayar ga masuk ke sistem ke tabel pembayaran amar bank bner bner sangat kecewa tolong ya amar bank bilang ke pihak lapangan

  • 3 April 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    ya pantes kak, nunggak 17 kali baru bayar tepat waktu satu kali.

    saya kalo jadi pihak amar bank juga pasti bakal lakuin itu ya minimal ada pemasukan dari tunggakan tersebut. 17 x menunggak itu gimana tadinya kak, apapun alasannya. musibah, pandemi, dll.

    semoga ada rezeki lebih agar bisa bayar tepat waktu kedepannya kak. Ammiin.

    3
    9
  • 3 April 2023 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Adakah yng bisa dijual? Motor, mobil, atau emas kawin?
    Kalau saya jadi anda lebih baik saya tutup segera hutangnya daripada saya kehilangan pekerjaan lagi dan memiliki reputasi buruk di klien saya.

    10
    2
    • 3 April 2023 - (16:32 WIB)
      Permalink

      Saya pernah pinjam amar bank. 3 tahun belum bayar. Dan baru bayar tahun ini. Ga ada yang dtg ke kntor kok. Malah dlu sistem pinjol amar masih pakai kurir

  • 3 April 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Cicilan 20x, tepat bayar 1x, nunggak 17x.
    Mana nih pembela ngutangers @lawansecarahukum dan akun2nya yg lain.

    9
    5
    • 3 April 2023 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Hmm… kangen ya sama tulisan saya. Uda malas komen disebut2. Ntar kalau saya komen byk yg kelojotan. Kontra dikit dibilang tukang hutang, jgn playing victim deh wkwkwkw. ???

      Utk ts, semoga mslh nya cpt selesai, semoga anak nya cpt sembuh. Mslh apapun pst akan berlalu, mslh yg sudah tdk bisa diselesaikan, anggap saja sudah tdk ada mslh. Urusan dc urusan sepele yg tdk ada artinya, mereka hanya berisik doank. Semangat ya bu….

      Oh ya. Ada artikel nih. Mgkn blm byk yg update apalagi dc beserta fans nya. Abis baca jgn guling2 kelojotan ya dc2 dan fans nya yg unyu2..

      https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2023/03/30/131200026/menteri-teten-minta-penghapusan-kredit-macet-untuk-umkm

      Tapi saya tetap sarankan hutang wajib di byr ya. hanya kalau blm mampu, tunda bayar. Pelan2 bangun kembali fondasi ekonomi. Kalau sudah mampu baru beresin satu2. Nga usah dengerin org yg ngmng jual laptop, jual hp, jual apalah…

      Sekian Pak @Muhammad yg kangen dgn tulisan saya. Mohon maaf lahir bathin.

      20
      6
        • 3 April 2023 - (12:59 WIB)
          Permalink

          Kalimat itu hanya digunakan utk menakut2i org yg tdk paham. Tapi ya spt biasanya, org yg tdk paham diberi informasi yg benar selalu aja menolak, bukannya mencari tau dulu tapi malah sibuk beropini dgn logika liar nya.

          Kredit yg sudah macat, bunga dan denda tdk dihitung lg. Kalau pun dihitung itu hanya karena sistem di bank saja, ketika mau melakukan pelunasan, denda dan bunga bisa dihapus. Utk bank swasta malah pokok bisa di nego, utk bank plat merah, denda dan bunga bisa dihapus, pokok nya sulit di nego.

          Nanti saya nulis gini, ada lagi yg blg memanfaatkan celah hukum lah, sok ngmng aturan la. Payah…
          Mestinya yg benar itu kalau tdk paham ya cari tau, hitung2 buat nambah pengetahuan. Ini malah ada bbrp akun yg sudah tak paham ngajak debat maksa menang lagi ???

          18
          3
          • 3 April 2023 - (23:42 WIB)
            Permalink

            wahhhh baru tau loh, terima kasih ilmu nya bang

          • 4 April 2023 - (08:28 WIB)
            Permalink

            Makasih info nya pak. Saya mau tanya di sistem saya ditagihkan 11jtan tapi ketika saya mengajukan keringanan untuk pelunasan mereka kasih nominal sama persis dengan yg disistem, yg mana itu sudah termasuk angsuran pokok+bunga nya .
            Nah seharusnya ketika saya meminta keringanan untuk pelunasan seharusnya bubga sudah tidak dihitungkan lagi kan pak?

          • 4 April 2023 - (09:29 WIB)
            Permalink

            @Eka29.
            Kakak sudah macet blm ? Kalau blm macet ya ga dikasi. Tapi kalau sudah macet, ajukan saja permohonan utk hapus bunga dan denda, 100% dikasi. Lakukan pembayaran ketika sudah mendapat persetujuan tertulis yg resmi ya kak.

            Coba aja cari2 info di youtube, mesti nya byk yg ngulas, di mk ini pun byk kan komentar2 org yg dpt hapus bunga denda plus diskon pokok

      • 3 April 2023 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Bos, berita yg ga jelas kepastiannya jgn jd pegangan. Pemerintah blg A, blm pasti akan A. Yg pasti2 aj. Bayar dulu hutang dgn jual apa yg krg penting untuk di gunakan. Kumpulin duit, tar bs beli lg.

        6
        3
        • 3 April 2023 - (13:01 WIB)
          Permalink

          Lha yg blg berita nya sudah ada kepastian siapa. Kan saya hanya bagi2 info.

          Btw kalau jadi dilaksanakan bukannya dc jgn diuntungkan, secara dc jg byk hutang nya

          6
          3
          • 3 April 2023 - (13:05 WIB)
            Permalink

            Dgn anda ngeshare link tsbt dsni dan berpegang pada link tsbt, itu tandanya anda sdh memberikan kepastian ke teman2 anda. Gt aj msh ngelak. Wkwkwkwkwk

            6
            2
          • 3 April 2023 - (13:10 WIB)
            Permalink

            Hmm. Bagi2 info aja disalahkan. Dituduh kasi kepastian lah, dituduh berpegang pada link lah. Padahal saya hanya meneruskan berita. Yg ngeshare kan kompas. Gimana sih… sensi amat

            9
            4
          • 3 April 2023 - (13:12 WIB)
            Permalink

            Makanya lain kali jgn sebut2 akun ane. Gini deh… jadi kelojotan kan wkwkwkw???

            2
            4
      • 3 April 2023 - (13:23 WIB)
        Permalink

        Kok bisa ya anda bilang DC urusan sepele?? Suru biarin aja. Lah itu DC sampe email2 ke klien, ke atasan yg mengancam ts kehilangan pekerjaan. Itu bukan masalah sepele loh. Coba kasi solusi yg makesense yah. Menjual aset lebih masuk akal sih. Setidaknya tdk dipecat. Dan bisa beli lagi klo mmg uang udh ada kan dari gaji. Kamu ini cuma pinter copas artikle2 dr google. panjang lebar tulisan kamu ini kosong tanpa ada solusi apa2. Cuma kasih angin sorga. Seoalh tutup mata bahwa di real life menjalaninya gak semudah yg ada di artikel2 yg beredar di google

        11
        1
        • 3 April 2023 - (13:30 WIB)
          Permalink

          Solusi hadapi dc yg melanggar hukum adlh : Lawan oknum dc secara hukum. Makensense kan.

          Saya tdk perlu mengajari org bgmn cara membayar hutang, krn saya tdk paham kondisi kehidupannya, apa yg sedang dia hadapi, apa yg sedang dia butuhkan, apa kesulitannya. Tdk perlu menjadi polisi moral bagi org lain. Tdk ada manusia yg berhak menghakimi manusia lainnya. Udah ye, malas debat

          11
          7
          • 3 April 2023 - (17:44 WIB)
            Permalink

            Lawan oknum dc secara hukum, bagaimana caranya? yg ada dc akan lebih semangat bang. bisa2 kantor langsung pecat kalo dc nya makin banyak & makin intens

            1
            1
          • 3 April 2023 - (18:55 WIB)
            Permalink

            pak masih semangat aja meladeni manusia2 suci disini ya?
            mereka bs liat amal dan dosa org loh pak.
            bs lgsg judge penulis artikel itu manusia gak niat byr utang.
            bpk berani ya. sy sih ga kuat pak.
            ga kuat nahan tawa liat nalar dan logika mereka ?

            4
            2
          • 3 April 2023 - (20:17 WIB)
            Permalink

            @pinjol lakna. Sebenarnya uda malas pak. Cuma mereka kangen, selalu nyebut nama gue. Ada lg satu akun yg pengen banget gua tanggepin, tapi gua malas lah haha.

            @pinjol lakna. Anda jgn pensiun dulu pak. Anggap aja dc2 dan penjila*nya yg unyu2 lucu sbg hiburan.

            Ayo tukang bully, muncul lah kalian semua. Ayo kalian semua kelojotan berjamaah ?

            4
            1
      • 6 April 2023 - (16:05 WIB)
        Permalink

        Betul nih, lawan secara hukum, saya pernah mengalami di pinjamduit. Belum jatuh tempo sdh koar² , SMS pake ngancam segala, mau MAMPUSIN saya dan keluarga, semua SMS dan WA di sebar ke kontak darurat. Saya di maki² di hina diancam, tp tetap saya lunasin akhirnya karena saya punya itikad baik, setelah saya lunasin DC nya tidak punya niat baik, minta maaf kek, WA dan ancamannya Masih aku simpan, utk bukti di laporkan ke Polisi,.. menyebarkan data pribadi di sertai ancaman Bisa kena pasal 48 ayat 2 Jo 33 ayat 2, UU ITE, pidana kurungan 9 tahun Denda 3 M

  • 3 April 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Waduh…ngutangnya gede banget…jangka waktu 20 bulan, nunggak 17 kali, siapapun yg diutangin klo seperti itu cara bayarnya juga mikir 2 kali… Btw koq berani ngutang gede² ya…trus blm BS bayar kok di up ke MK, apa gak tambah beban….semoga TS dpt rejeki

  • 3 April 2023 - (13:51 WIB)
    Permalink

    Kasihan TSnya Nulis di MK biar dapat support, Eh ternyata dan Ternyata….
    Selamat ya,,,, uda dibuatin topik hujatan

    2
    1
  • 3 April 2023 - (16:28 WIB)
    Permalink

    saya pernah apply Tunaiku, dengan angsuran sebesar X selama 12 bulan, pd saat pembayaran bulan ke-4 saya dapat rejeki dan berniat melunasi. Seharusnya pelunasan di percepat hanya dikenakan denda penalty … tetapi saya tetap harus membayar sebesar sisa angsuran, alias saya harus membayar keseluruhan angsuran saya.
    Jadi tidak ada bedanya mengangsur sampai selesai, dengan pelunasan dipercepat.

  • 3 April 2023 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Menurut saya jangan dibayar, percuma, lebih baik uangnya buat kebutuhan keluarga, anda aja, jangan pedulikan omongan org, nanti puding sendiri,
    Tips y
    Jika ada dc telpon, atau datang kerumah, gak usah panik,
    Jika ia datang videoin aja kalau di mengancam,
    Tapi jika ia nelpon, angkat aja, bilangnya blm ada dana, jangan perna bilang saya akan
    usahakan, ok
    Jika dia SMS atau whatsapp ke rekan, minta screenshot nya, buat bukti,
    Sekarang gampang bgt ciduk DC yg penting kita ada bukti, y

    Saya aja punya utang di amar bank, pinjam 12 jt 2019 sekarang udah 20 jt lebih, 2023
    Slow aja, jangan perna di cicil atau nego, biarin aja, gak akan pernah lunas, sulit, jaman sekarang ma

    6
    8
    • 3 April 2023 - (19:58 WIB)
      Permalink

      emang gak dibaca ya tulisan TS? itu DC nya ke tempat kerja dan bisa email ke klien juga.. aneh bagaimana DC bisa sampe tahu email klien

      • 3 April 2023 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Mgkn ts upload foto di medsos, trus tag lokasi sedang di perusahaan A. Dc tinggal cek di google info kontak perusahaan A.

        Setuju dgn Pak Junaedi di alenia pertama. Kalau sedang kesulitan, utamakan kebutuhan keluarga dulu, ga usah peduli omongan org. Realistis aja.

        2
        1
  • 3 April 2023 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Dulu ada akun namanya Muhammad, tiap artikel pasti komen. Dan komennya itu macam nulis skripsi, ngalor ngidul jungkir balik tulisannya. Tapi jujur saja komennnya jauh lebih menghibur ,daripada yang sekarang². Walaupun ngawur tapi menghibur. Dimana ya itu orang, jangan² ketangkep satpol pp disekolahin di Grogol ?

    1
    1
        • 3 April 2023 - (21:18 WIB)
          Permalink

          Semua hampir sama program diskon atau keringanan itu kalo sudah macet total bertahun tahun. Udah santai aja mbak. Kalo baru2 kudu kuat hati dan telinga. Macetkan saja nanti muncul keringanan baru mulai bayar. Udah byk yg macam ini kok

          2
          2
      • 4 April 2023 - (16:59 WIB)
        Permalink

        Anda beda donk. @Muhammad yg dulu kalau komen panjang. Anda kan komen nya sebaris dua baris, singkat, tdk padat dan tdk jelas. @Muhammad yg dulu kalau komen soal riba, kalau anda kan komen nya jual aset . Wkwkwk

  • 3 April 2023 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Sy juga pernah galbay di amarbank hampir 2 tahun dikarenakan memang musibah rumah dan berkas perjanjian serta semua akses komunikasi hancur terendam banjir

    Suatu hari setelah kejadian dua tahun banjir ada pihak DC yang menelpon ke kantor alhamdulillah saat itu kondisi sy sudah tenang karena memang sudah sy perhitungkan akan ada DC yang menelpon suatu saat nanti atau suatu hari nanti

    Pertama sy meminta maaf kepada DC dan sy sampaikan kronologi kejadian yang menimpa saya dan DC memahami kemudian sy diberi waktu untuk melakukan pembayaran untuk beberapa interval pembayaran kalau tidak salah hutang waktu itu hanya baru dibayar 3 x sy tidak lari dan memang nomor tlp berganti karena banjir hp dan kartu dalam kondisi rusak

    Selama masa tenggang atau waktu menuju interval pembayaran sy harus memacu pemikiran sy bahwa hutang harus di bayar dan saat itu sy benar benar terdesak seiring semakin dekat waktu pembayaran yg dikasih hanya seminggu dan harus membayar sekitar 5 juta dr semua tagihan sekitar 13 juta

    Perbanyak sholawat dan bertaubat serta yakin alloh akan kasih jalan, akhirnya sy menghadap pimpinan dan mengajukan pinjaman dengan jujur bahwa sy pernah terlibat hutang riba dan sy pasrah jika pun akan dipecat inilah jalan yg alloh berikan dan takdir terbaik

    Alloh maha baik dr meminjam hanya 5 juta pimpinan menyarankan dilunasi saja semua biar tenang kerjanya dan alhamdulillah dikasih pinjaman pelunasan dan masih pula di kasih diskon 500 ribu oleh DC nya karena melunasi tepat waktu

    Yakin alloh akan kasih jalan bagi yang bersungguh sungguh

    Intinya panik dan takut wajar tetapi bukankah sebaik baiknya mencari ketenangan adalah mengadu kepada yang maha kuasa dan rencana alloh pasti baik buat hambanya

    Semangat TS yang masih mencari solusi terkadang yg kita takutkan belum tentu terbukti ketakutanya asal tenang dan jernih pikiranya

    Mohon maaf hanya berbagi

    11
    1
  • 3 April 2023 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 3 April 2023 - (23:47 WIB)
    Permalink

    Kok bs di acc banyak bgt gitu pinjam pinjol. Trs suruh byr bunganya segede itu. Mending ke pegadaian bri minimal bpr sbnrnya jaminkan tenornya bs dipilih. Kl sdh ganggu kontak kantor dan klien laporkan sj ke polisi dan ojk. Bbrp pinjol yg thn 2022 legal skrng dicabut ijinnya gr2 laporan msyrkt. Brhasil g brhasil pasrah sj.

  • 4 April 2023 - (00:56 WIB)
    Permalink

    Yang sabar ya buk, semoga dilimpahkan rizkinya, jangan dengerin mereka yang komentar negatif yang penting ibuknya sudah berusaha

  • 4 April 2023 - (05:28 WIB)
    Permalink

    Dalam kasus ini pendapat saya apa yang dilakukan oleh Amar bank dalam hal ino tunaiku sudah menyalahi aturan yang diberikan ojk. Mereka menagih yang bukan debitur dan itu sangat salah. Terlepas apapun juga dimana kakaknya juga sudah mempunyai niatan baik untuk menyelesaikan hutangnya tetapi pihak amar bank mempersulit, sebagai pembaca yang baik harusnya berkomentar itu lebih mendahulukan isi otak daripada tangan untuk mengetik komentar yang selalu anda maha benar dan maha suci. Siapa diantara kalian yangau di posisi kakaknya? Tiap orang punya permasalahannya masing2 dan jangan hanya bisa menghujat tp sharing kasih solusi.
    Saran saya yang sudah kakak lakukan sudah sangat benar dan kumpulkan bukti wa atau rekaman bila ada unsur ancaman itu sangat melanggar. Sebagai DC itu sekarang harus pintar dan bukan bar2 kayak zaman dulu, jangan hanya mengejar target tp hasilnya malah zonk semua. Tetap sabar kakaknya pasti bisa ada jalan keluarnya

  • 6 April 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Tgl 21 maret DC amar bank juga menelpon atasan saya, saya masukin juga ke media konsumen, saya telp call centernya, saya email, saya adukan ke ojk. Stlh itu saya dpt tlp dari Amar bank permintaan maaf, selanjutnya negoisasi dgn bagian collection. Disuruh isi form keringanan pelunasan pembayaran namun gak disetujui. Akhirnya solusinya saya mencicil kembali sisa angsuran cicilan saya. Nego saya mbak seberapa anda mampu untuk membayaran cicilan/bulannya. Kalau mau info lanjut Email saya ya mbak biar bisa sharing

    • 6 April 2023 - (06:48 WIB)
      Permalink

      Typo: nego saja ke amar bank berapa anda mampu bayar dan minta tenor. Kmarin saya ditawarin bayar sesuai kemampuan dan tenor sesuai kemampuan asalkan tiap bulan ada pembayaran. Bulan ini saya sdh mulai mencicil.

    • 14 Juni 2023 - (10:38 WIB)
      Permalink

      halo kak boleh minta info lebih lengkapnya lg untuk sharing masalah ini ke amaliadinar19**@gmail.com

      terimakasih sebelumnya

  • 25 Mei 2023 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru bgt di telfon dan saya sudah memulai pengajuan kesnaggupan tiap bulan saya bayar berapa, tp dengan syarat sayar bayar dp dulu. Dan alhamdulillah si orang nya baik yng ini. Ga kaya yg lainmarah2 maki juga.

    • 2 Februari 2024 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Sebaikny tidak hutang dibtunaiku. Pinjol berkedok bank. Saya coba pelunasan diawal . Suruh byar ksrluruan tagihan bulanan. Kocak

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku Amar Bank?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Amar Bank yang Tidak Bisa Bernegosiasi, Malah Menghubung…

oleh Novia Amanda dibaca dalam: 1 menit
60