Komplain Transaksi Gagal di Mesin Setor Tunai BRI, Uang yang Masuk Rekening Tidak Sesuai dengan yang Disetorkan

Pada tanggal 02 April 2023 sekitar pukul 18.25 WITA, saya melakukan setor tunai menggunakan kartu ATM tunangan saya (atas nama Lianda Gasperz) sebanyak dua kali, di mesin CDM BRI Kantor Unit Tarus Kec. Kupang Tengah, Kab. Kupang, NTT, dengan nomor mesin TID 260320. Saat transaksi kedua, saya menyetor sebanyak Rp4.000.000.

Namun mesin mengalami eror dan keluar emergency receipt, yang hanya senilai Rp3.200.000.  Sedangkan Rp800.000nya tidak terdeteksi. Padahal sebelum menyetor saya sudah menghitung dan memastikan nominal uang tersebut sebanyak Rp4.000.000.

Saya lalu bersama tunangan saya melaporkan ke pihak satpam di Bank Kantor Unit Tarus tersebut. Lalu satpam meminta kami untuk bisa langsung melaporkan ke nomor 14017 dan juga bisa datang ke kantor unit tersebut keesokan harinya. Karena uang tersebut akan kami gunakan untuk kebutuhan mendadak, maka kami pun langsung menelepon ke 14017 dan melaporkan peristiwa yang terjadi.

Keesokan harinya juga kami tetap datang ke kantor untuk melaporkan kejadian tersebut. Setelah melakukan komplain, kami hanya diminta oleh CS bank untuk terus mengecek saldo dan mutasi rekening. Kemudian pada tanggal 04 April 2023, saat kami mengecek saldo dana yang masuk baru hanya Rp3.200.000, sedangkan sisanya Rp.800.000 belum masuk.

Kami lalu kembali ke kantor unit Tarus keesokan harinya, untuk melakukan komplain kembali. Namun yang menjadi kekecewaan kami, CS kantor unit Tarus tidak memberikan informasi secara jelas, melainkan hanya menyuruh kami untuk melakukan komplain yang sama seperti sebelumnya di aplikasi BRIMO. Saat kami bertanya mengenai tenggat waktunya, lagi-lagi kami hanya disuruh untuk terus mengecek saldo secara rutin dan jika dalam 2 hari belum masuk bisa melakukan komplain lewat aplikasi lagi.

Akhirnya kami putuskan untuk mengirim surat ini lewat mediakonsumen.com, agar sekiranya pihak BRI dapat melakukan tindakan cepat, karena kami sangat butuh uang itu untuk keperluan terdesak. Sekian dari kami, terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menjadi perantara bagi kami, sekiranya masalah kami dapat teratasi. Untuk semua dokumentasi yang diperlukan saya lampirkan.

Marianus Oktavian Dalung / Lianda Gasperz
Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Lianda Gasperzs

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu Lianda...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Komplain Transaksi Gagal di Mesin Setor Tunai BRI, Uang yang Masuk Rekening Tidak Sesuai dengan yang Disetorkan

  • 10 April 2023 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Terima kasih media konsumen, terima kasih BRI, selisih saldo yang kurang sudah masuk ke rekening.. baru saja masuk beberapa menit kemudian setelah surat ini diposting.. terima kasih, salam sehat dan sukses untuk mediakonsumen dan BRI..

    • 11 April 2023 - (10:01 WIB)
      Permalink

      Ajaib ya,dah masuk MK ngga lama uangnya masuk.bener2 org indonesia sejati yg hrs nunggu viral dulu br gercep?

  • 11 April 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Memang agak lama prosesnya jk ada problem setor / tarik tunai via ATM, krn yg mengurus / menangani mesin ATM itu bukan dr Bank’nya melainkan pihak ke 2 yg bekerja sama dgn Bank ybs. Jd kl ada problem maka prosedurnya lapor ke Bank, pihak Bank menghubungi rekanan pengelola mesin ATM yg nanti akan mengecek laporan mesin & uang yg ada di mesin. Kl ada selisih uang dr transaksi mesin, petugas lapangan membuat laporan ke pusat & nanti dr pusat memberitahukan ke Bank yg nanti akan mengupdate saldo nasabah. Makanya butuh proses maksimal 7 hari utk laporan problem setor / tarik tunai ATM krn prosedurnya memang spt itu.

    • 12 April 2023 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Kasus seperti ini kan perlu waktu investigasi, tidak bisa simsalabim langsung selesai. Makanya CS pasti menyampaikan proses nya sekian hari kerja, misal maksimal 7 hari kerja, jadi ya bisa 1 2 3 hari dst..
      Tapi kadang kita nya yang kurang sabar.

  • 12 April 2023 - (05:29 WIB)
    Permalink

    Bongkar deh tuh mesin, pasti di dalamnya piara anak tuyul 2 biji… Heran saya.. Demen banget sama hak orang ya, ga si ini ga si itu, punya org maen Telen aja. Kaga takut siksa kubur lu-lu pade! Eh mesin ATM bakal kena siksa kubur ga sih?

  • 14 April 2023 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Bukannya mesin atm juga bertanya apakah nilai yg di masukkan sudah benar, jika benar maka kita tekan sendiri “benar”. Baru atm melanjutkan transaksi

 Apa Komentar Anda mengenai Setor Tunai BRI?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Komplain Transaksi Gagal di Mesin Setor Tunai BRI, Uang yang Masuk Rek…

oleh Marianus dibaca dalam: 1 menit
10