Pemenang Game di Pasar Ramadan IM3, Orang Dalam Semua?

Pada bulan Ramadan 1444H tahun 2023, pihak Indosat IM3 menggelar acara offline yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Acara tersebut berlangsung hampir satu bulan penuh, dari Maret 202e hingga pertengahan April tahun 2023, tepatnya tanggal 15 atau 16 April 2023.

Dalam acara tersebut terdapat banyak acara, salah satunya adalah game “Bedug Master”, yang terdapat di salah satu booth yang tersedia. Hadiah game tersebut cukup fantastis, senilai puluhan juta rupiah dalam bentuk saldo e-wallet. Sayangnya acara sebagus itu dinodai dengan kecurangan yang dilakukan oleh pihak internal Indosat/IM3.

Pasar Ramadan IM3

Sekitar tanggal 12 April 2023, saya dan putri saya mengikuti kegiatan tersebut di kota saya Yogyakarta, yang diselenggarakan di halaman samping Ambarukmo Plaza. Sebelum mengikuti game tersebut, oleh SPG yang bertugas kami diwajibkan mengisi nama dan nomor Indosat yang digunakan pada kertas/list yang dipegang oleh SPG yang bertugas dan selanjutnya kami memainkan game tersebut. Syarat dan ketentuannya adalah satu nomor Indosat untuk sekali percobaan main.

Saya tambahkan prosedur untuk ikut dalam permainan game Bedug Master dari pihak panitia pasar Ramadhan Indosat 2023 di Yogyakarta:

  1. Pengunjung harus memiliki kartu Indosat untuk dapat berpartisipasi. Jika belum memiliki, bisa tetap ikut berpartisipasi dengan cara membeli kartu perdana Indosat di SPG/SPB yang bertugas atau di booth yang telah disediakan.
  2. Pengunjung melakukan registrasi dengan dipandu oleh SPG/SPB yang bertugas dalam booth, yaitu dengan mengisi nama, nomor Indosat yang digunakan dan email aktif.
  3. Setelah proses registrasi selesai, SPG akan membawa pengunjung ke depan layar game, kemudian SPG mengambil sebuah galat tablet, dan mulai memasukkan data nama peserta ke dalam game sebelum memulai permainan. Dan setelah itu tablet tersebut diserahkan ke pengunjung yang akan bermain (tablet terkoneksi dengan layar tampilan yang ada di dinding booth).
  4. Sebelum pengunjung memulai permainan, SPG menjelaskan secara lisan tentang cara bermain game.
  5. Saat pengunjung telah siap bermain game, maka pengunjung dapat menekan tombol START untuk memulai permainan.
  6. Setelah permainan selesai, pengunjung dapat melihat hasil akhir yang didapat serta melihat posisi peringat mereka di layar yang tersedia.
  7. Jika pengunjung hendak mengulangi permainan untuk mencapai skor yang lebih tinggi ,maka pengunjung harus kembali menggunakan nomor Indosat yang belum pernah digunakan untuk bermain atau berpartisipasi selama kurun waktu acara Pasar Ramadan Indosat 2023 berlangsung.

Saat itu anak saya menempati peringkat 3 dalam leaderboard dan jika bertahan hingga akhir periode, berhak memenangkan sejumlah hadiah yang ditentukan.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 15 April 2023 sekitar pukul 8 malam, kebetulan saya berkunjung ke Mal Ambarukmo Plaza yang ada di sebelahnya. Saya sempatkan untuk melihat leaderboard akhir, posisi anak saya tergeser ke peringkat 4.

Yang membuat saya takjub bukan karena hal tersebut, tapi karena beberapa SPG dan SPB-nya secara sembunyi-sembunyi memainkan sendiri game tersebut, dengan list nomor yang sudah mereka siapkan di kertas. Mereka terus bermain dan bermain untuk mengejar skor tertinggi yang ada di leaderboard. Kejadian tersebut sempat beberapa kali saya rekam secara sembunyi-sembunyi agar tidak terlihat mereka. Hasil akhirnya, merekalah juaranya!

Posisi anak saya adalah urutan ke-3 pada H-1 sebelum closing acara, yang dijadwalkan tanggal 16 April 2023. Namun kenyataannya saat anak saya ke sana lagi pada tanggal 16 April 2023 pukul 18.30, SPG-nya berkata bahwa game sudah ditutup semenjak tanggal 15 April 2023 pukul 17.00. SPG berkata bahwa masih bisa main, tapi sudah tidak bisa mengejar skor tertinggi, hanya bermain untuk kesenangan saja. Tidak sesuai seperti yang diutarakan di awal, bahwa game akan ditutup pada tanggal 16 April 2023, bersamaan dengan ditutupnya gelaran acara Pasar Ramadan Indosat 2023.

Sungguh sangat disayangkan, acara sebesar ini tidak dibarengi dengan Fair Play.

Andhika Adhidarma
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Pemenang Game di Pasar Ramadan IM3, Orang Dalam Semua?

    • 19 April 2023 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Saya siap di konfrontir dengan pihak Event Organizer mengenai pernyataan yang saya buat di media konsumen

      21
      1
      • 20 April 2023 - (15:40 WIB)
        Permalink

        haha baru tau ya? rata2 itu yang kerjain keluarga/temen anak2 IT yang curangin sistem, kaya flash sale, games , dll, pengakuan temen orang dalam suatu perusahaan ?

        2
        1
  • 20 April 2023 - (03:57 WIB)
    Permalink

    Namanya aja permainan. Pasti adalah curang curangnya. Dah usah kecewa gak dpt hadiah. Masih bnyak game lain yg dimainin contohnya lato2

    1
    12
  • 20 April 2023 - (08:29 WIB)
    Permalink

    Itulah gw paling males ikutan ktk2 gini.. pastilah itu mah kecuali diumumin saat itu juga dgn transparan. ??

  • 20 April 2023 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Potensi kecurangannya kalau game diumumkan bukan pada hari itu cukup tinggi. Banyak oknum yang bermain

  • 20 April 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    O indosat ya…kelihatan kaya tp kismin rupanya.sampe hadiah buat konsumen aja dicurang2in orang dalam…

    1
    1
  • 21 April 2023 - (07:47 WIB)
    Permalink

    Saya sudah dihubungi langsung oleh Pihak Indosat, dan pihak Indosat sudah melakukan investigasi internal terhadap masalah ini dan memiliki hasil akhir yang berbeda dengan yang saya lihat di lapangan. Oleh karena itu maka saya tidak akan mengubah apapun pernyataan yang saya buat di Media Konsumen.

    3
    1
  • 26 April 2023 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Update : Perwakilan Team Internal Indosat area Yogyakarta dan pihak EO sudah menemui secara langsung. Dalam pertemuan tesebut pihak Indosat mengakui bahwa SPG dari mereka memang memainkan game namun hanya untuk kepentingan input data pengunjung, maksud dan tujuan mereka melakukan itu saya tidak mengetahuinya dan memang tidak ingin mengetahui karena hal tersebut adalah memang urusan internal mereka, bukan hak saya untuk mencari tahu. Dan untuk hasil akhir pemenang event, pihak dari Indosat Jogja dan EO juga mengatakan bahwa pemenang adalah murni pemenang di luar anggota EO / panitia yang bertugas pada saat itu. Akhir kata pertemuan saya dengan perwakilan pihak Indosat Yogyakarta dan pihak EO berlangsung dengan sangat baik, dan penuh kekeluargaan. Dengan telah adanya jawaban langsung dari pihak Indoat Yogyakarta dan EO yang bertugas maka dengan ini saya menganggap masalah ini sudah selesai dan semoga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk pihak pihak yang terlibat dalam event yang akan diadakan ke depannya.Terima kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pemenang Game di Pasar Ramadan IM3, Orang Dalam Semua?

oleh Andhika Adhidarma dibaca dalam: 2 menit
24