Tokopedia Tidak Konsisten dengan Informasinya

Saya salah satu pengguna Tokopedia yang cukup lama. Saat bertransaksi menggunakan Tokopedia untuk membeli sebuah HP baru yang pada nomor transaksi INV/20230329/MPL/313979892 saya mengalami kejadian tidak mengenakkan dikarenakan barang pesanan tidak sampai tapi status sudah diterima padahal tidak ada yang menerima pesanan saya. Ketika saya ajukan komplain membutuhkan waktu penyelesaian yang cukup lama ±2 minggu!

Meskipun komplain sudah disetujui ada 2 informasi berbeda yang saya dapatkan,

1. Melalui pusat notifikasi infonya refund akan kembali maksimal 19 April 2023 dan

2. Di halaman komplain infonya refund akan saya terima maksimal 20 April 2023.

Tapi hingga saat ini tanggal 27 April 2023 belum ada refund yang saya terima ke limit Kredivo yang digunakan!

Mohon tanggung jawabnya Tokopedia untuk proses refund saya karena pada tanggal 28 April 2023 tagihan saya akan jatuh tempo! Saya tidak ingin membayarkan tagihan atas barang yang tidak saya terima. Mohon pengertiannya dan itikad baiknya dari Tokopedia sebelum saya adukan ke YLKI!

Terima kasih.

Bayu Murti
Kulon Progro, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Tokopedia Tidak Konsisten dengan Informasinya

  • 28 April 2023 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Ini tahun 2020 sih, saya beli tiket di Toped pakai Kredivo. Refund nya ke Saldo Kredivo. Bisa ditelpon pihak Kredivo tanya sudah masuk belum refund dari Toped.
    Saldo refund bisa buat bayar tagihan atau bisa transfer ke rek kita. Intinya cicilan tetap jalan.

  • 28 April 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Apabila kamu menerima pengembalian dana atas transaksi cicilan kredivo dan lebih dari 30 hari sejak transaksi, maka kamu akan dikenakan bunga cicilan sesuai dengan ketentuan kredivo, hal tersebut yang membuat limit kamu belum kembali karena masih terdapat tagihan atas transaksi tersebut.

    Informasi selengkapnya mengenai pengembalian dana, kamu bisa menghubungi pihak Kredivo melalui email support@kredivo.com.

    Sumber: https://tokopedia.link/f0bhT1bdmzb

    Dibayarkan dulu 1x cicilan yg jatuh tempo hari ini, drpd kena denda. Nanti kan akan ada penyesuaian dana di akun kredivo nya saat limit transaksi batalnya kembali. Saya bukan pengguna Kredivo, namun di kartu kredit juga sistem nya seperti itu jika ada transaksi yg batal.

    1
    1
    • 28 April 2023 - (15:17 WIB)
      Permalink

      itukan bukan kesalahan pembeli, kenapa suruh bayar 1x cicilan,? apakah cicilan 1x itu dikembalikan nantinya? atau disikat kredivo?

      1
      5
      • 28 April 2023 - (18:00 WIB)
        Permalink

        Sudah kalo ngomong ama orang yg blm pernah berurusan dgn kredit, dah gitu sok pinter pula. Jd gini ya, lembaga kredit baik bank atau sejenis kredivo dan pinjol itu hanya memfasilitasi pembelian barang. Masalah barang nyasar, tidak diterima, dicolong walau baru 1 hari pake, dsbnya bukan urusan mereka (tapi pihak asuransi, jika ada). Jatuh tempo cicilan akan berjalan sesuai sistem, tidak mau kena denda (sebagaimana sudah saya lampirkan juga peraturan kredivo nya apabila 30 hari sejak tgl transaksi dana utk transaksi yg bermasalah belum direfund, dan tidak ada pembayaran maka akan timbul denda). Untuk menghindari denda, krn saldo belum masuk juga dan ini sudah 30 hari, ya dibayar dulu sesuai tagihan. Nanti kelebihan bayar akan masuk ke saldo kredit. Kalo logika orang kek kamu, jangan pernah nebeng duit teman utk belanja ya, kasian nanti si teman yg dirugikan dgn dalih: barangnya ngga sampe, kok saya harus bayar

    • 29 April 2023 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Share pengalaman juga terhadap toped
      Saya juga pernah beli tiket pesawat lewat toped… Karena ada perubahan jadwal oleh maskapai…. akhirnya tiket saya cancel… Yg jadi masalah adalah proses refund yg lama tercantum 90 hari…
      Ketika lebih 90 hari saya harus chat lagi ke topednya menanyakan dll agar refund segera saya terima.. Intinya lama…
      Dulu saya pilih toped untuk beli tiket karena ada cashbacknya.

      Akhirnya sekarang saya untuk tiket beralih ke yang lain, karena kalau ada cancel tiket proses refundnya cepat.

      Bagi saya sebenarnya layanan toped sudah sangat bagus… Seperti beli barang, bayar tagihan, bayar pajak dll… Tapi khusus tiket saja ketika dilakukan pembatalan dan proses refund yg bikin saya kecewa… Lama banget dan perlu di chat berkali kali untuk mengingatkan.

      Semoga ada perbaikan di toped

  • 28 April 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Halo kak, setau sy biasanya refund itu ke saldo tokopedia, nah nantinya kakak bs bayarin ke kredivo. Karna ini jatuhnya bukan pembatalan tapi pengembalian dana ke pembeli.

  • 28 April 2023 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Beli kentang digigit tapi pakai pengiriman REGULER? Barang beginian sih mending beli offline atau pakai pengiriman premium ketimbang terendus tikus dan kucing garong. Demi keamanan dan kenyamanan, jangan irit biaya pengiriman kalau barangnya berharga dan mengundang selera.

    1
    1
    • 28 April 2023 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Coba cek saldo refundnya jangan ke kredivo, biasanya tokped klo refund akan masuk ke saldo refund tokped.. Cek dah di saldo tokpednya

  • 28 April 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Inilah susahnya kalau beli barang dg sistem cicil/angsuran… Meskipun Dana direfund tapi angsuran akan tetap Jalan.

  • 29 April 2023 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Ini juga sama kala beli lewat kartu kredit, proses refund lama, karna mereka hitung hari kerja, 14 hari bisa 1 bulan kalender, anda tetap harus bayar cicilan pertama baru minta refund, walau mau lapor pun percuma abis energi, sy pernah kayak gini salah pesan laptop, ya terpaksa sy bayar cicilan daripada denda, makanya pikir2 matang kalau mau pakai cicilan apapun. Btw ini semua mau lazada, tokped, blibli shope, sama semua namanya kredit lama proses refund.

  • 1 Mei 2023 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Biasanya yg dirugikan pembeli karena harus bayar pertama kali terlebih dahulu cicilannya ya itu kalau ada duid talangi dahulu mau Tydac mau, untuk menghindari keterlambatan denda dan yg diberikan pihak pinjol, yg mau Refund mah ga ada urusan kan untuk keterlambatan denda jikalau tidak membayar 30 hari proses

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Konsisten dengan Informasinya

oleh Bayu dibaca dalam: 1 menit
14