Keberatan dengan Pemblokiran Dana di Rekening Bank Mandiri

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah bersedia memuat keluhan saya. Saya adalah nasabah Bank Mandiri dengan nomor rekening 152-00992***** atas nama Deasy, sekaligus payroll di Bank Mandiri.

Pada tahun 2018, saya memiliki pinjaman KSM dengan jangka waktu 10 tahun dan angsuran per bulan Rp6.979.000. Pada tahun-tahun terakhir ini, saya mempermasalahkan Bank Mandiri yang selalu memblokir dana untuk angsuran sebesar 2 bulan sekaligus (Rp13.958.000). Apalagi jika ada penghasilan lain selain gaji yang masuk dari perusahaan (bonus, uang cuti, dll).

Saya tidak masalah apabila saldo di rekening saya didebit oleh pihak Bank Mandiri, jika memiliki tunggakan dan denda, karena memang itu kewajiban saya. Namun pada bulan ini saya kaget, karena ternyata Mandiri kembali memblokir rekening saya sebesar 2 bulan angsuran, padahal saya tidak memiliki tunggakan apa pun.

Kepada Bank Mandiri, saya mohon untuk mengembalikan 1 bulan angsuran saya tersebut, karena saat ini saya sangat membutuhkannya untuk membayar uang sekolah anak-anak saya. Satu lagi masalahnya, pada saat gaji masuk ke rekening Mandiri, saya langsung transfer ke rekening saya yang lain dan menyisakan saldo minimum, tapi setiap menjelang jatuh tempo pembayaran, sisa saldo langsung 0. Ke mana larinya sisa saldo tersebut? Padahal saya cek tidak mengurangi angsuran saya yang di-hold.

Sedianya Bank Mandiri tidak perlu mengkhawatirkan kemampuan bayar saya, selama masih bekerja sebagai karyawan aktif di perusahaan saya saat ini. Jika nanti ada rezeki, saya berencana untuk segera melunasi pinjaman di Bank Mandiri.

Saya sudah melaporkan masalah ini kepada Bank Mandiri cabang Tonasa, tapi belum ada solusinya sampai dengan sekarang, dengan penjelasan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan Bank Mandiri pusat. Saya tunggu kabar baik atas permasalahan tersebut. Terima kasih.

Deasy Pragawati
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Keberatan dengan Pemblokiran Dana di Rekening Bank Mandiri

  • 29 April 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Setahu saya bank tidak akan memblokir / menahan dana nasabah selama nasabah tidak memiliki tunggakan, selama bayar hutang tidak telat dan selalu on-time / tepat waktu saya rasa aman2 saja dari pemblokiran dana..

    Dari statement kakak — saya baca2 ulang, dan saya tangkap kak Deasy diduga tidak ada tunggakan / tidak pernah telat dari statement yang ini:

    “….. Namun pada bulan ini saya kaget, karena ternyata Mandiri kembali memblokir rekening saya sebesar 2 bulan angsuran, padahal saya tidak memiliki tunggakan apa pun.”

    Hmm masa sekelas M*ndiri main blokar-blokir dana nasabah..?? Saran saja buat nasabah lain yang baca ini.. Sebaiknya jangan menyimpan dana tabungan dimana Anda sendiri juga mengajukan / punya hutang — KPR / Kartu Kredit / KTA (Personal Loan) di bank tersebut..

    Pindah dana tabungan ke bank lain yang Anda tidak punya tanggungan..

    34
    6
    • 29 April 2023 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Ya simpelnya jgn kredit di mandiri, mau apply kartu kredit mandiri aja wajib direct debit rek mandiri, palagi kredit mandiri yg lain. Itu ksm nya kemungkinan jalur payroll yg approval gampang, ya amsyong dah

      3
      5
      • 29 April 2023 - (20:53 WIB)
        Permalink

        Sama tabunganku juga diblokir
        Mungkin harus ada saldo mengendap.

        Yo wis rapopo gak pakai MANDIRI JUGA GAK MATii..

        9
        2
      • 30 April 2023 - (18:14 WIB)
        Permalink

        Hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari mandiri care atas surat pembaca di media konsumen ini padahal sy sdh publish di twitter jg. Sementara pelaku usaha lain gercep menanggapi keluhan, mandiri kesannya cuek tdk peduli terhadap nasabahnya. Mgkn karena nasabah spt kita tdk ada artinya bagi mandiri sebagai bank besar.

        • 1 Mei 2023 - (00:13 WIB)
          Permalink

          Hai kak bantu jelasin ya. Untuk saldo tertahan itu di beberapa jenis produk kredit di Bank Mandiri, memang ada disisakan 1x angsuran terakhir. Berdasarkan bukti ss transaksi rekening, untuk angsuran yg bln april kk sdh terpotong di tgl 25 ya, nah yg jumlah saldo masih tertahan adalah sisa blokiran 1x angsuran akhir yg sdh di blokir dari awal pencairan. Lebih mudahnya bisa cek detail transaksi yang setiap bulan dikirim ke email ya kak. Atau bisa hubungi Sales Generalis Konsumtifnya.

          2
          1
        • 1 Mei 2023 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Saya juga mengalaminya mba, yang saya lalukan adalah saya datangi bagian kredit di kantor cabang penerbit pinjaman saya. Saya keras dan tegaskan bahwa saya ingin saldo tertahan saya dilepas kembali,dan akhirnya mereka mau lepas.

          Saldo tertahan itu dikontrol oleh cabang penerbit pinjaman rupanya. Jadi cabang yg “setting” ada saldo tertahan ato engga. Pas komplain pertama, petugas pinjamannya seperti tidak open, dan cenderung seperti membuat kita berpersepsi bahwa itu kewenangan mandiri pusat. Namun pas komplain kedua dimana saya agak mengeras, barulah petugas pinjamannya menawarkan apakah saldo tertahannya mau dilepas atau tetap ditahan, ya tegas saya bilang lah kalau saya mau saldo tertahan itu dilepas.

        • 1 Mei 2023 - (12:08 WIB)
          Permalink

          Memang, kurang solutif. Sy jg sedang berusaha lepas dari KPR nya yg bunganya sampai 13.25%, walau lancar byr tp kita uda sulit bayar, minta solusi supaya ringankan bunga ga dikasi, minta topup dan perpanjang jg ga dikasi.
          Kapok pakai mandiri

    • 30 April 2023 - (00:41 WIB)
      Permalink

      Saya jg KTA payroll mandiri,dan bnr kok emang semena2 saat motong dana,dan terkadang main hold sebelum tggal waktu gajian,jd gbs transaksi sm sekali..mau lapor ke cs dan ke KSM nya lgsg pun uda kek ngmng sm tembok..ga fungsi

      6
      1
      • 30 April 2023 - (20:20 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yang sama,,padahal di perjanjian kredit nya tidak ada penahanan saldo eh pas di angsuran ke 3 tiba2 saldo saya masuk ke saldo tertahan,padahal setau saya kalo bank bisa autodebit kalo kita telat bayar,saya sudah kirim email sudah tlp 14000 jawaban nya katanya nanti di cek dulu kalo emng tidak ada tunggakan akan di kembalikan saldo nya tapi sampai sekarang belum di kembalikan juga,repot saya nya kalo mau pindah ke atm lain gaji saya payroll nya ke bank mandiri.

    • 30 April 2023 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga kena blokir 2x / 2 bulan langsung, udah lapor ke cabang terdekat, eh malah di suruh ke pusat,males ah jauh, untung cicilannya gk terlalu besar

      2
      1
    • 1 Mei 2023 - (00:19 WIB)
      Permalink

      Pihak bank melakukan pemblokiran pasti ada alasannya kak. Salah satunya adalah memiliki angsuran kredit. Dan berdasarkan mutasi rekening mbak deasy ini, jumlah saldo tertahannya hanya 1x angsuran akhir bukan 2x. Sepaham saya untuk kredit di bank mandiri memang ada blokir minimal 1x angsuran akhir.

      3
      1
    • 1 Mei 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf sblmnya, saya jg nasabah mandiri yg punya angsuran/kredit sprti ibu diatas, saya udah 3x ngerasain dipotong 2x angsuran, case yg sama, fyi aja saya jg gk prnh telat bayar angsuran krna mmg pembayarannya auto debet, di tanggal gajian. Mandiri kdg mmg suka eror masalah pemotongan angsuran ini,, perlu confirm via telf baru dikembalikan dananya.

    • 1 Mei 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Berarti gak tau mandiri aja kamu bilang *setau saya*
      Mandiri memang gitu. Belum waktunya bayar tagihan saldo sudah di nol kan+di hold 1x angsuran.

      Kayaknya bulan lebaran ini memang mandiri hold 2* angsuran deh. Salesnya banyak tuh yang koar koar d status wa

    • 1 Mei 2023 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Di Mandiri memang ada mba.
      Saya ajukan KUR mandiri, memang sudah ada ketentuan dana diblokir 1x cicilan, sampai cicilan terakhir baru dilepas.

      Utk KPR nya juga ada pemblokiran, tapi kalau sudah berjalan lama, biasa bisa dikompromi

    • 2 Mei 2023 - (10:55 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal serupa, payment saya terhambat sedikit (hanya telat beberapa hari, saya paham telat ya nunggak, udah saya infokan ke kolektornya minta waktu 1 minggu, ga bisa, kayak saya minjem uang sama kolektornya aja!! Saya info telat bayar karna kondisi lagi sakit dan tdk bisa akses mvanking, atm saya nomernya kabur, ga bisa input kr livin, tidak ada dispensasi ataupun solusi dari collectornya, macam orang kampung nagih hutang pake acara marah marah. Nb: apabila ada pihak yg tersinggung silakan hub saya, saya jelaskan kronologinya. Tunggakan ga sampe 500rb kayak ngutang 50jt. Kondisi masih sakit sampai hari ini, syukur tagihan sudah saya lunasi. Anggap ini sebagai sebuah kritik yang membangun bukan menjatuhkan. Kenyataannya seperti itu.

    • 29 April 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      Yang namanya payrol udah di tunjuk sama perusahaan banknya..gak mungkin juga minta ganti ke perusahaan hanya untuk satu orang saja?

  • 29 April 2023 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Coba cek lagi klausul di kontrak KSM, ada tidak poin tentang dana wajib mengendap. Atau langsung call 14000 tanya apa ada perubahan kontrak KSM.

    8
    1
    • 29 April 2023 - (16:02 WIB)
      Permalink

      memang seperti itu sekarang ksm jtp tgl 26 dari tgl 19 kemaren sudah di hold ammount tgl 26 di hold lagi hadeuhh ketakutan habis buat lebaran seperti nya

      3
      2
  • 29 April 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Dih komen masih santun netral, ngga ada hujat2x masi di downvote. Woles napa jan kek petugas partai yg gampang salty ih.

    3
    1
  • 29 April 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal seperti ini dan mengajukan komplain akhirnya dikembalikan dana saya yang terhold. Namun prosesnya berbelit-belit dan lama. Kali ini saya juga sudah komplain tapi tidak ditanggapi sedikitpun oleh mandiri.

    1
    1
    • 29 April 2023 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Iya,sama mbak,tmen2 saya jga gitu katanya 2x angsuran potongan nya,padahal pas gaji msuk rekening sblm di ambil karyawan udah duluan di potong angsuran otomatis gk nunggak.

      2
      1
    • 30 April 2023 - (08:54 WIB)
      Permalink

      @Deasy
      Saya jamin anda kena dikerjai anak2 divisi kartu kredit BM. Saya doain mereka pengkor tangannya ?

      2
      2
  • 29 April 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Plat merah, bukannya bijaksana, tapi menyulitkan masyarakat.

    Saya himbau seluruh masyarakat Indonesia, jangan lagi ada pinjam ke Bank Legal atau pun ilegal, semua prakteknya sama Lintah Darat, itulah yg diharamkan Agama manapun.
    Mulai saat usaha perkreditan sedang menunjukan keborokannya.
    Debitur Cooperatif gak dihargai, beraninya main belakang. Menghisap darah masyarakat adalah perbuatan tercela. Tidak bayar hutang juga sama.
    Tidak bayar hutang dgn bayar tapi ringan itu beda, tapi disamakan statusnya, alangkah biadabnya cari uang.
    Banyak masyarakat terlilit aturan bukan terlilit hutang lagi.

    6
    6
  • 30 April 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi.
    Sebaiknya ibu kembali dtg k mandiri, lalu bicara dengan BM atau MBM terkait hal ini,
    Dengan bersama secara lgsg kembali melihat history pembayaran dan melihat perjanjian kreditnya. Apakah ada tunggakan atau ada pemblokiran 2 x angsuran.

    2
    1
  • 30 April 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Sdh sy konfirmasi dengan cabang tapi alasannya masalah blokir ini kewenangan bank mandiri pusat, dihubungi call mandiri susah gak mau tersambung telp. nya seolah-olah kl akhir bulan sengaja nutup aksesnya. Sy tdk memiliki tunggakan dan kejadian blokir 2x ini bukan yg pertama kalinya apabila ada penghasilan lebih selain gaji yg masuk. Malah dari jauh hari sebelum jatuh tempo auto debit sdh di hold rekening sehingga kalaupun msh ada sisa saldo kita tdk bisa ambil.

    1
    1
  • 30 April 2023 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Mana tuh gerombolan yg selalu bilang bank berhak blokir rekening nasabah secara sepihak. Ayo koar2 donk

    2
    2
  • 30 April 2023 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman sy pernah kerja di bank. Kalau di blokir 1 atau 2x angsuran di infokan bahkan tertuang dalam PK, Pada saat penandatanganan PK. Hold 1 atau 2x angsuran biasanya di gunakan bila suatu waktu saldo di rekening kurang untuk pembayaran angsuran, kekurangannya diambil dari hold tersebut. Dan bila hold terpakai, apabila ada dana masuk makan akan di hold sebesar yg terpakai tsb. Maaf klo salah ?

  • 1 Mei 2023 - (00:24 WIB)
    Permalink

    Halo kak berdasarkan cerita kakak dan history rekening yg dilampirkan dpt sy simpulkan bahwa jumlah saldo tertahan itu hanya 1x angsuran. Dan memang untuk KSM dari awal pencairan disisakan 1x angsuran akhir. Untuk angsuran kakak yg bln april, sudah terdebet di tgl 25 april. Cb kk cek detail mutasi rekeningnya ya atau wa SGK nya

    1
    1
    • 1 Mei 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Sdh sekitar 3 tahunan ini tdk ada lg blokir 1x angsuran krn sy mengajukan keberatan, pada saat pencairan kita sdh dibebani biaya macam² (administrasi, provisi, asuransi, dll) yg jmlnya cukup besar smtr angsuran 1x tsb adalah hak kita yg bisa digunakan apabila ada keperluan urgent. Bulan² lalu msh normal koq memblokir 1x angsuran makanya sy tdk menyangka bulan april ini diblokir 2x angsuran. Mungkin krn bulan april ini sy terima agak byk ada jaspro perusahaan tapi dari jauh² hari dana ini sdh direncanakan utk membyr kuliah dan sekolah anak yg jmlnya cukup besar. Dan kejadian seperti ini selalu berulang di moment yg sama malah dulu pernah memblokir sampai 3x angsuran, sy komplain dan akhirnya dikembalikan stlh melalui proses yg panjang dan alot. Sy jg mempertanyakan sisa saldo sy yg setiap menjelang auto debit selalu hilang mjd 0, kemana larinya sisa saldo tsb ? Pdhl sy cek tdk mengurangi angsuran sy. Jmlnya mmg kecil tapi sy tdk ikhlas menyumbang sama bank. Ma’af sy menunggu tanggapan resmi dari bank mandiri terhadap permasalahan ini. Tks

  • 1 Mei 2023 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami pemblokiran spt itu, karena mmg saat itu jaman pandemi sdg ada gejolak pemasukan yg tdk menentu, saat rekening saya di hold, saya langsung complain kebagian marketing pinjaman, ke petugas yg waktu itu mengurusi peminjaman, mngurusi berkas² punya saya sampai pencairannya.
    Alhasil setelah konfirmasi selang beberapa jam langsung dibuka pemblokirannya..

  • 1 Mei 2023 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami, tinggal contact sales KSM yang dulu ngurusin. Untung nya dia koperatif dan membantu.. Alhamdulillah aman bulan selanjut nya

  • 2 Mei 2023 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Kalo saya simak dari atas ke bawah, terutama yg di awal potongan gono gini saldo di tahan, Debitur betapa relanya diperlakukan seperti itu, tapi ketika ada masalah keuangan, sedikitpun tidak ada respon malah mengirim DC yg notebene nagih tanpa melihat situasi dan kondisi.

    Kasihan kalo lihat Debitur, sudah ngasih makan mereka tp ketika bermasalah diperlakukan seperti sampah, bukannya solusi yg tepat namun serasa dipermainkan.

    Berkurangnya kepercayaan kepada Bank karena ulah yg tidak baik terhadap Debitur.

    Alangkah baiknya perlakukan Debitur seperti Raja karena merekalah yg ngasih makan walau mungkin ada yg nyicil tidak sesuai, tapi masih menguntungkan buat Bank itu sendiri.

  • 2 Mei 2023 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Bersama dengan ini sy menyatakan bahwa masalah sy dengan bank Mandiri telah selesai dengan baik. Per hari ini sy telah dihubungi oleh pihak Mandiri bahwa telah dibuka blokiran rekening sy dan dana sy telah dikembalikan. Terima Kasih.

  • 6 Juni 2023 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Sama kejadiannya.
    Pertama pihak marketing tidak menjelaskan dana akan diblokir 1x angsuran. Kedua mulai diblokir pas udah 10 bulan sama 12 bulan angsuran. Jadi pas 10 bulan bisa dibuka lagi. Eh sekarang diblokir lg. Ketiga telepon ke pegawai yg menangani pinjaman saya dia bilang “kalo bapak berkenan kita blokir 1 angsuran” saya jawab saya ga berkenan dan tetap diblokir.
    Kalo dari awal dijelaskan ada dana yg diblokir sejumlah 1x angsuran saya mending potong langsung dari pencairan bukan pas sudah berjalan, kita lg ada kebutuhan tiba2 main tahan saldo aja.

    • 30 Juni 2023 - (07:42 WIB)
      Permalink

      Saya pernah 1x angsuran pada bulan lalu dan uang yang tertahan masih ada 2.500 jt lima ratus ribu, pada tahun ini tiba² di 2x angsuran lagi pada uang saya cukup bayar tapi malah uang yang tertahan di pakai, ehh tiba² uang untuk bayaran di tahan dan 2x angsuran di kambali kembali di rekening tertahan dan nominal nya ada 5 jt , baru bukti pembayaran uang di bank sudah terpotong tapi sampai sekarang belum ada tanda² berkurang hutang saya, saldo saya 2jt lima ratus ribu 93 ribu tapi di kasih masuk di saldo tertahan tapi saya heran koh uang nya yg di tahan hanya 5 jt kemana larinya uang saya 93 ribu

  • 30 Juni 2023 - (07:50 WIB)
    Permalink

    2x angsuran di potong melalui uang tertahan, udah terbaca angsuran atas ini sudah bayar, tpi kenapa tiba² uang yang di sudah di bayar di kasih masuk lagi di saldo tertahan dengan uang saya sebesar 2jt 500 ribu rupiah, 93ribu malahan di kasih masuk di uang yang tertahan menjadi 5 jt , baru di suruh bayar lagi di mau ambil uang sedangkan untuk yang tertahan di kembali ka lagi untuk untuk di bayar juga di masukka ke saldo tertahan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Keberatan dengan Pemblokiran Dana di Rekening Bank Mandiri

oleh Deasy dibaca dalam: 1 menit
42