Sudah Melunasi KTA DBS Namun Status Masih Menunggak

Kepada Yth. Bank DBS,

Sebelumnya saya pernah menunggak KTA Bank DBS dengan nomor 7800313004. Lalu pada bulan Agustus 2021, saya mendapatkan keringanan pembayaran, asal langsung bayar lunas sebesar Rp4.500.000. Tidak lama setelah diberikan penawaran, saya langsung bayarkan sesuai nominal yang dimaksudkan, pada tanggal 30 Agustus 2022 sebesar Rp4.500.000.

Sebelumnya saya reconfirm kembali ke bank melalui telepon, apakah benar sesuai kata collector saya hanya tinggal membayarkan Rp4.500.000? Dan dibenarkan oleh pihak bank.

Setelah itu saya kejar collector yang menghubungi saya untuk meminta surat lunas dan juga telepon ke bank untuk mendapatkan surat lunas, tapi belum juga dikirimkan. Karena saya pikir saya sudah menyelesaikan tunggakan saya, maka tidak saya follow up kembali dan hp saya yang sebelumnya sudah tidak ada, jadi saya tidak bisa menghubungi collector tersebut

Namun saat kemarin saya cek di SLIK OJK, ternyata status saya masih tertera 5-Kredit macet. Ketika saya menelepon Bank DBS, malah diputar ke sana ke mari dan dikatakan memang saya masih memiliki tunggakan? Loh kok bisa? Padahal ketika saya sudah membayar saya sudah memastikan kembali bahwa tunggakan saya sudah dilunasi. Dan masih ada tagihan berjalan dengan denda, yang seharusnya sudah ditutup oleh Bank DBS ketika saya melunasi pada tanggal 30 Agustus 2022.

Sampai telepon tertutup, bahkan bilang bagian terkait (yang saya tidak tahu bagian terkait ini siapa) tidak mengangkat telepon/tidak ada di tempat.

Mohon bantuan dari Bank DBS, karena ini salah saya adalah saya tidak terus mengejar setiap bulan ke Bank DBS untuk memberikan saya surat lunas dan menutup tagihan saya. Saya berpikir seharusnya Bank DBS tanpa perlu dikejar pun memberikan hak nasabahnya yang sudah membayar lunas tagihan.

Yang saya khawatirkan adalah takutnya ini berlarut-larut, ternyata saya harus membayar denda dari periode Agustus 2022 s.d. hari ini secara tiba-tiba atau nanti ada tagihan dengan nominal besar, padahal sampai saat ini saya terus yang menelepon Bank DBS. Jadi saya mohon sekali ini untuk cepat diselesaikan.

Terima kasih.

Marta Alvionita
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan PT Bank DBS Indonesia atas Surat Sdri. Marta Alvionita

Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MediaKonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Sudah Melunasi KTA DBS Namun Status Masih Menunggak

  • 3 Mei 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Diberi keringanan pada agustus 2021, tapi baru dibayar pada agustus 2022? Itu keringanannya jika dibayarkan saat itu juga pada agustus 2021, bukan nunggu 1 tahun baru dibayar. Tentu ini berhubungan dgn covid dan pandemi.

    2
    1
  • 4 Mei 2023 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Keliatannya anda di prank collector.. Lagipula setelah dibayar tidak ada bukti surat pelunasan bagaimana anda membuktikan argumen anda bahwa telah disepakati pelunasan tanpa bukti tertulis..

    • 4 Mei 2023 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Mungkin pak, tapi saya setelah itu reconfirm ke cs via telp dan benar nominal saya untuk bayarkan segitu. dan setelah saya bayarkan saya telp kembali dan sempat fu beberapa kali untuk surat pelunasan sampai saya akhirnya lupa dan baru fu kembali setelah cek slik saya

  • 4 Mei 2023 - (05:35 WIB)
    Permalink

    Biasanya jika mau pelunasan cepat dan nominal kesepakatan biasa nya pihak bank collectornya akan mengeluarkan surat pernyataan untuk pembayaran nominal kesepakatan dan harus ditandatangan. Apa ada surat itu atau asal bayar aja. Kalau asal bayar mereka menganggap itu membayar tagihan yg terjadi + bunga bunganya makanya nilainya ga akan lunas

  • 5 Mei 2023 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Saat ini saya juga mempunyai tunggakan KTA DBS sebesar 17juta Dan sudah bertahun-tahun. Pada saat bulan puasa kemarin ada DC yang datang kerumah menawarkan untuk program diskon. Apabila langsung membayar 1x diskon 60% apabila cicil diskon 40%. Karena saya hanya mampu mencicil. Jadi saya ambil penawaran cicilan sebesar 1jt/bulan Selama 10x. Saya menulis surat permohonan keringanan yang ditanda tangan diatas materai, dengan melampirkan FC KTP, FC KK, Dan surat keterangan miskin Dari Kelurahan. Setelah itu saya mendapatkan email resmi Dari Bank DBS bahwa program keringanan cicilan saya di approve. Lalu saya mulai membayar cicilan pertama sebesar 1jt. Apa Ibu menulis surat permohonan keringanan juga ke Bank DBS? Lalu mendapatkan email resmi bahwa tagihan menjadi 4.5jt? Yang dikhawatirkan tidak ada pernyataan tertulis. Sehingga dianggap hanya membayar tagihan+bunga tapi tidak dianggap lunas. Semoga cepet selesai masalah nya ya Bu. Mudah-mudahan saya juga nanti ketika udah cicil 10x bisa langsung mendapatkan surat lunas.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank DBS Indonesia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sudah Melunasi KTA DBS Namun Status Masih Menunggak

oleh ganies23 dibaca dalam: 1 menit
8