Pemotongan Deposit Secara Sepihak oleh Travelio, dengan Alasan “Noda Tembok”

Yth. Travelio,

Berawal dari sebuah email, yang berisikan informasi tagihan ketika check-out dari pihak Travelio, dengan deskripsi: “Tembok banyak kotoran dan ceplakan tangan dan goresan bekas furniture“, senilai Rp700.000.

Pada hari yang sama ketika saya mendapatkan email tagihan dari pihak Travelio, saya langsung menghubungi CS melalui Live Chat di aplikasi Travelio, untuk meminta bukti dan kejelasan dari tagihan tersebut (gambar 1.1). Saya meminta perbandingan awal dan akhir dari apartemen yang saya sewa. Lalu pihak Travelio menjelaskan bahwa fotonya dapat dilihat di halaman “Detail Apartemen” yang saya sewa dan meminta saya mengirimkan foto unit ketika saya check-in. Saya menjelaskan bahwa saya tidak memiliki foto ketika awal check-in dan untuk apa saya foto kalau ada petugas dari pihak Travelio?

Kemudian saya menyangkal tuduhan dan sanksi tersebut, karena tidak merasa dan sangat yakin itu bukan perbuatan saya. Karena di unit apartemen tersebut, saya menemukan dan membersihkan noda kotor di bawah indoor pendingin ruangan. Saya menduga noda tersebut akibat dari pemasangan pendingin ruangan oleh pihak Travelio dan meminta apakah pihak Travelio memiliki foto setelah proses pemasangan pendingin ruangan atau tidak (Gambar 1.2).

Tanggal 9 Maret 2023, saya mendapatkan email bahwa deposit saya telah diproses dan dikembalikan ke rekening yang telah saya berikan (Gambar 1.3). Namun nominal uang yang dikembalikan tidak sesuai dengan deposit awal yang telah disetorkan.

Gambar 1.3
Gambar 1.3

Saya mengonfirmasi kembali perihal email pengembalian deposit ke Live Chat di aplikasi Travelio dan dijawab bahwa pengurangan tersebut dari biaya air dan tagihan tembok kotor. Saya menanyakan kembali kenapa bisa langsung memotong deposit saya padahal laporannya saya belum diselesaikan? Berulang kali ditanyakan oleh pihak Travelio apakah saya memiliki foto ketika check-in dan berulang kali saya menjawab bahwa saya tidak memilikinya.

Saya sangat menyesalkan kejadian ini terjadi, yang mana status laporan saya pada tagihan tersebut masih dalam status menunggu konfirmasi namun telah dilakukan melalui pemotongan deposit secara sepihak. Untuk teman-teman lainnya, ketika kalian bertransaksi di platform Travelio, jangan lupa untuk melakukan foto semua sudut unit atau hal apa pun untuk menghindari kejadian ini.

Yudi Hertanto
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Pemotongan Deposit Secara Sepihak oleh Travelio, dengan Alasan “Noda Tembok”

 Apa Komentar Anda mengenai Travelio?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pemotongan Deposit Secara Sepihak oleh Travelio, dengan Alasan “…

oleh Yudi Hertanto dibaca dalam: 1 menit
9