Apakah Proses Cek Tagihan Tunggakan Tidak Bisa Langsung?

Saya sebelumnya sudah melayangkan surat pembaca mengenai pengajuan kartu kredit OCBC NISP saya yang ditolak, padahal saya sudah melakukan pembukaan rekening premier dan sudah menyetor dana saya di Bank OCBC NISP. Setelah surat tersebut ditayangkan, saya diberikan informasi oleh pihak customer service Bank OCBC NISP, bahwa alasan penolakan adalah karena saya memiliki tunggakan di Maybank (sebelumnya BII).

Di sini saya ingin meluruskan bahwa benar bahwa beberapa tahun yang lalu saya mengalami masalah dengan kartu kredit BII atau Maybank. Masalahnya bermula dari tagihan iuran tahunan. Awalnya saya sudah melakukan panggilan telepon untuk menghapus iuran tersebut. Namun ternyata bulan berikutnya tagihan iuran tersebut beserta bunganya kembali datang.

Tentunya saya keberatan untuk melakukan pembayaran tersebut dan meminta agar ditutup saja. Seingat saya, saya juga sudah mendatangi bank cabang BII dan sudah disuruh menandatangani surat keberatan. Saya pikir masalah sudah selesai di sana. Namun ternyata saya baru tahu bahwa mereka belum menyelesaikannya setelah terjadi penolakan kartu kredit saya di Bank OCBC NISP tersebut.

Karena saya baru sadar betapa repotnya jika saya biarkan hal ini tidak terselesaikan, saya melakukan komunikasi ke CS Maybank melalui call center dan diminta nomor KTP, yang sudah saya berikan melalui email. Saya juga sudah langsung mendatangi bank Maybank, tetapi mereka tidak bisa membantu dan saya diarahkan untuk menghubungi call center. Menurut saya ini sangat mengecewakan, setidaknya saya bisa dibantu untuk membuat laporan atau follow-up atas masalah saya.

Setelah dari bank cabang, saya follow-up email saya lagi ke customer service Maybank, tetapi saya diminta menunggu sampai 1 minggu. Jika memang ada tunggakan, apakah tidak bisa langsung dicek ke sistem mereka? Kenapa harus sampai berminggu-minggu?

Dengan surat ini, saya meminta bantuan segera dilakukan penyelesaian karena ini sangat merugikan saya. Nomor laporan Maybank: R03WAQ5.

Hendrik
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Maybank Indonesia atas Surat Bapak Hendrik

Dengan hormat, Menanggapi pertanyaan yang disampaikan oleh Bapak Hendrik melalui mediakonsumen.com pada tanggal 30 Mei 2023 berjudul “Apakah Proses Cek...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Apakah Proses Cek Tagihan Tunggakan Tidak Bisa Langsung?

  • 30 Mei 2023 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Sepengetahuan saya klo kolek 2 atau 3 bisa langsung ketauan tagihannya cukup dibayarkan dulu tagihan bulan sebelumnya (meskipun iuran tahunan) dan seharusnya bulan berikutnya jadi lancar lagi koleknya (baru pengajian hapus iuran/tutup kartu). kalau udah kolek 4 ato 5 memang agak susah dan lama gak bisa langsung dibayarin dan memang jdi panjang urusannya.

  • 30 Mei 2023 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Berarti sdh ketahuan alasan penolakan. Lebih baik jd nasabah biasa walau gak bnyak duit simpanan tapi gak pernah nunggak pembayaran. Daripada seperti anda yg punya simpanan ratusan bahkan miliaran ,nasabah prioritas tapi punya utang yg gak dibayar2. Malu memposting hal seperti ini.

    • 30 Mei 2023 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Tunggakan dari biaya iuran tahunan pak..mohon maaf kalau ga nyaman dgn keluhan saya ya

      • 3 Juni 2023 - (14:59 WIB)
        Permalink

        Sudahlah pak ikuti saja prosesnya, lagian bapak sdh bukan nasabah prioritas mereka, maunya semua hari ini selesai, walaupun uang bapak miliaran mending cari KK lain, ini maksa terus ke situ, sy heran anda duit miliaran tapi mindset kayak duit umr, yg nyari2 point miles dsb.

    • 30 Mei 2023 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Kalau memang tagihan berupa pemakaian belanja atau tarik tunai menggunakan kartu kredit pasti saya akan malu besar pak ..tapi ini merupakan tagihan iuran fee yg memang saya sudah request untuk hapuskan atau tutup kalau memang tidak bisa dihapuskan ..🙏

      • 30 Mei 2023 - (18:51 WIB)
        Permalink

        buat pembelajaran juga pak, untuk kartu kredit \jika memang mau ditutup (karena mungkin annual fee tidak bisa dihapus) harus tuntas sampe mendapatkan surat penutupan dari bank. begitu juga sering terjadi pengguna kartu kredit mendapatkan kartu baru tetapi dianggap jika tidak diaktifkan maka sudah akan tertutup otomatis padahal tidak semua bank seperti itu. di kemudian hari baru repot saat ingin mendapatkan kredit lainnya baru ketahuan .

        • 30 Mei 2023 - (19:03 WIB)
          Permalink

          Iya pak….minim sekali informasi begituan dulu pak…sosmed jg hanya ada friendster zaman itu,haha…susah dapat informasi zaman itu…

  • 6 Juni 2023 - (16:00 WIB)
    Permalink

    UPDATE 6 JUNI 2023 :
    Sudah terselesaikan dengan baik

    Terima kasih atas bantuan pihak maybank dan Admin Media Konsumen 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai Maybank Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Apakah Proses Cek Tagihan Tunggakan Tidak Bisa Langsung?

oleh Hendrik dibaca dalam: 1 menit
13