Paket Retur yang Dinyatakan Hilang Akhirnya Muncul Kembali Setelah 1 Bulan Lebih

Pada tanggal 08 April 2023, saya membeli sebuah HP untuk kebutuhan anak saya melalui toko online. Toko tersebut posisinya di Jakarta dan paket saya terima di Sukabumi pada tanggal 13 April 2023. Setelah dilakukan pengujian, ternyata terdapat kendala pada unitnya. Lalu saya kontak ke pihak penjual melalui chat mengenai masalahnya dan akhirnya sepakat barang tersebut dikembalikan untuk retur, karena ada masa garansi toko selama 2 (dua) minggu.

Posisi pada saat itu memang sedang akan menghadapi situasi hari raya Idul Fitri, di mana-mana terjadi overload pengiriman. Karena terbatasnya masa garansi, akhirnya HP tersebut saya kirimkan melalui jasa pengiriman J&T di Kota Sukabumi pada tanggal 14 April 2023, dengan membayar biaya kirim disertai biaya asuransi. Nomor resi pengiriman: JD0236126248.

Tanggal 17 April 2023, saya coba cek melalui tracking resi J&T dan hasilnya paket masih berada di transit center Sukabumi menuju Bandung.

Tanggal 25 April 2023, saya menghubungi chat online call center J&T melalui situs resminya, menanyakan status kiriman saya. Setelah dilakukan pengecekan dari call center, info yang saya dapat kondisi overload dan sedang proses untuk pengiriman, saya diminta untuk menunggu. Langsung saya menghubungi penjual terkait adanya keterlambatan proses pengiriman ini.

Tanggal 27 April 2023, karena saya bekerja di luar pulau dan harus kembali, akhirnya saya meminta anak saya untuk mendatangi pihak pengiriman J&T untuk menanyakan status update kiriman saya. Jawaban yang saya terima bahwa katanya paket sedang on progress menuju Bandung.

Tanggal 06 Mei 2023, saya coba menghubungi lagi call center J&T kali ini melalui chat WhatsApp. Info yang saya dapat ternyata paket saya telah diterima oleh yang bersangkutan (YBS). Sementara keluarga di rumah tidak ada yang merasa kalau ada kiriman paket dari kurir J&T yang datang. Saya sampaikan bahwa kami tidak ada satu pun yang menerima paket apa pun dari kurir J&T. Oleh pihak call center J&T akan dibantu pelacakan, dibuatkan pelaporan dan saya akan dihubungi kembali.

Selesai chat dengan call center saya tracking resi saya dan ternyata keterangannya kali ini paket diterima oleh YBS pada tanggal 04 Mei 2023. Akhirnya saya meminta anak saya untuk mendatangi sekali lagi ke pihak pengiriman J&T. Sekarang info yang saya dapat dari pihak pengiriman J&T, kemungkinan paket saya tersebut hilang dan saya diminta untuk menghubungi nomor telepon call center JT& di nomor 021-80661888 untuk proses klaim asuransinya.

Tanggal 09 Mei 2023, saya tidak mendapat informasi yang katanya dari pihak call center akan menghubungi saya. Saya coba hubungi nomor telepon call center J&T sesuai arahan dari bagian pengiriman. Saya sampaikan kondisi yang terjadi dari awal sampai akhir, dan saya diminta untuk tidak menutup sambungan telepon, karena akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Setelah menunggu akhirnya jawaban dari operator tersebut saya tidak bisa mengklaim asuransinya ke pusat, dikarenakan sudah melebih batas laporan 5 (lima) hari. Entah laporan yang mana dan apa isi laporannya, saya sendiri juga tahu sementara statement paket saya hilang baru saya terima di tanggal 06 Mei 2023.

Dari sang operator telepon lalu menyampaikan pada saya bahwa tanggung jawab ini sepenuhnya berada di bagian gudang J&T Kota Sukabumi dan proses klaim saya diarahkan untuk ke bagian gudang. Lalu saya diberikan nomor kontak telepon penanggung jawab bagian gudang di Sukabumi serta alamatnya. Selesai menghubungi operator di sambungan telepon, saya coba sekali lagi untuk hubungi call center melalui chat WhatsApp sekedar untuk memastikan apakah jawaban yang diberikan sama dengan apa yang disampaikan oleh operator call center via telepon. Hasilnya tetap saja hanya akan dibantu proses dan diminta menunggu.

Akhirnya saya coba hubungi nomor kontak bagian gudang yang diberikan operator telepon J&T pusat. Setelah beberapa kali di kontak nomor tersebut tidak aktif. Akhirnya saya minta anak saya untuk mendatangi gudang J&T. Sampai akhirnya saya bisa kontak bagian gudang J&T tersebut. Isi percakapan bahwa, oleh bagian gudang akan segera ditindak lanjuti. Namun sebelumnya mereka meminta waktu untuk proses pengecekan melalui CCTV. Katanya proses klaim pasti akan cair jika disertai asuransi dan dilengkapi bukti pendukung lainnya, dan tidak memakan waktu 14 hari kerja terhitung dari tanggal 09 Mei 2023. Malam harinya saya mendapat chat dari bagian gudang tersebut menanyakan bentuk paketnya dan meminta nomor rekening serta bukti resi pembelian.

Tanggal 26 Mei 2023, saya coba chat kembali bagian gudang J&T Sukabumi, karena sesuai perjanjian di tanggal 09 Mei 2023 sudah melebih batas 14 hari proses pencairan. Jawabannya seperti apa bisa dilihat di screenshot percakapan dan saya memberikan batas toleransi sampai dengan tanggal 31 Mei 2023 pihak gudang J&T Sukabumi untuk menyelesaikan proses klaim pencairan asuransi paket saya. Jika tidak, maka permasalahan ini akan saya teruskan ke YLKI, laporan ke pihak Kepolisian serta media online.

Tanggal 29 Mei 2023, kembali saya menanyakan hasil update terakhir mengenai status klaim asuransi paket saya. Saya kirimkan draft surat yang akan dikirimkan ke YLKI, jika tidak ada kelanjutannya sampai tanggal 31 Mei 2023. Singkat cerita, akhirnya saya dikabari bahwa paket saya tersebut ditemukan tercecer di pusat sortir Sukabumi dengan alasan segel alamat terlepas.

Lalu bagaimana dengan hasil proses pemeriksaan dari CCTV? Diperiksakah atau hanya sekedar pemanis dari bagian SOP?. Karena sudah terlalu berbelit-belitnya masalah ini dari awal, akhirnya saya putuskan untuk saya ambil kembali paket saya dan saya minta pihak J&T membuat berita acara kronologi paket saya dari awal hingga diketemukan dan kasus saya nyatakan selesai.


Sebagai konsumen saya tetap merasa dirugikan, walaupun pada akhirnya paket saya ditemukan dan kasus ini saya anggap selesai. Kerugian dari garansi yang hilang, serta biaya paket dan asuransi yang saya keluarkan untuk biaya pengiriman ini tidak seberapa nilainya dan saya anggap sedekah untuk pihak J&T.

Semoga dari kasus yang saya alami ini ada pelajaran yang bisa diambil. Memang setiap paket yang disertai asuransi akan ada penggantian, tetapi tidak semudah itu proses klaimnya ferguso!

Micky Prihadi
Kota Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Paket Retur yang Dinyatakan Hilang Akhirnya Muncul Kembali Setelah 1 Bulan Lebih

    • 7 Juni 2023 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Dah lagu lawas sinetron dari JNT, dengan segala akting dan drama penuh nangis2, seakan gak mau disalahkan!

  • 5 Juni 2023 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Gak usah pakai kurir ini gak logis jika label stiker bisa lepas dr paket nya Krn stiker itu pun nempel susah buat dilepas kalau dilepas pun pasti sobek ini malah alibi paket tercecernya Krn label lepas kocak jnt

  • 5 Juni 2023 - (22:44 WIB)
    Permalink

    J&t super buruk layananya dan banyak oknum sindikatnya,karena tidak ada yang bertanggung jawab penuh dalam mengatasi permasalahan,dan apabila ada aduan dan komplen main enak aja lempar sana lempar sini,yang endingnya menghabiskan wakt garansi dan lain lain

  • 6 Juni 2023 - (00:07 WIB)
    Permalink

    Loh, katanya paketnya di retur ke penjual? kok knpa ceritanya malah TS yg seolah olah akan menerima paket tsbt?

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Paket Retur yang Dinyatakan Hilang Akhirnya Muncul Kembali Setelah 1 B…

oleh Micky Prihadi dibaca dalam: 4 menit
5