Apakah Peraturan Home Credit Lebih Tinggi dari Peraturan Pemerintah?

Saya adalah nasabah Home Credit. Saya sudah 2 kali meminjam di Home Credit. Semua pinjaman saya lunasi sebelum jatuh tempo, lebih tepatnya 2 bulan sebelum jatuh tempo. Setelah itu saya mengajukan penghapusan data kepada pihak Home Credit lewat email. Namun jawaban mereka adalah, berdasarkan aturan perusahaan data diri saya tidak dapat dihapus dan data diri saya akan disimpan dengan aman.

Setelah itu saya percaya saja dengan pihak Home Credit. Namun permasalahannya mulai muncul, setiap hari saya ditelepon oleh pihak Home Credit yang menawarkan produk mereka. Sekali dua kali, saya masih anggap biasa saja. Namun masalahnya mereka menelepon saya setiap hari dan dalam sehari mereka menelepon bisa sampai 5 kali!

Awalnya saya tidak ambil pusing, saya tinggal blok saja nomor-nomor tersebut dan berharap tidak ada lagi panggilan telepon dari pihak Home Credit. Namun saya salah. Sudah lebih setahun ini pihak Home Credit setiap hari dan bisa sampai 5 kali menelepon saya untuk menawarkan produk mereka.

Lama kelamaan menjadi risih dengan perlakuan mereka. Lalu saya mengajukan permintaan penghapusan data diri sekali lagi, tetapi tetap tidak di kabulkan oleh pihak Home Credit. Dalam email, saya memberi tahu ke pihak Home Credit bahwa saya memiliki hak untuk meminta pemusnahan data diri pribadi milik saya yang diatur dalam pasal 26 PM 20/2016. Namun pihak Home Credit tidak juga mau menghapus data diri milik saya.

Rozi Ardian Kusuma
Timika, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Home Credit atas Surat Bapak Rozi Ardian

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Rozi di MediaKonsumen.com pada 9 Juni 2023 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Apakah Peraturan Home Credit Lebih Tinggi dari Peraturan Pemerintah?

  • 9 Juni 2023 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami seperti ini
    Waktu itu saya ajukan penggantian nomor telpon yg bukan nomor utama dan disetujui
    Jadi mereka nelpon bukan ke nomor utama lagi

    • 9 Juni 2023 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah saya sangat bersyukur hampir 10Tahun terlepas dari jeratan sini, caranya sangat mudah anda ganti nomor saja. Mereka ini kerja tidak tahu waktu mulai jam 6 meneror menelpon tidak tahu waktu istirahat waktu makan waktu sholat, sangat berbahaya sekali, Semoga Allah membalas perlakuan mereka kepada orang yang terzalim .

      5
      1
  • 9 Juni 2023 - (23:19 WIB)
    Permalink

    Solusinya pakai aplikasi pihak ke 3 aja, dan blok nomer2 fraud… Disana akan tau jg siapa call kita nanti.

  • 10 Juni 2023 - (02:21 WIB)
    Permalink

    Sama, sudah 3 tahun ini berusaha untuk mengajukan penghapusan data saya di HomeCredit tapi tidak pernah dikabulkan. Kondisi saya sudah tidak ada kontrak sama sekali dgn HomeCredit sejak 2018.

    Beberapa waktu lalu saya mendapat gangguan lagi dari telemarketing HomeCredit menawarkan produk yang tidak ada hentinya.
    Saya ajukan komplain melalui email dan saya cc-kan email OJK, cyber Polri dan instansi terkait lainnya.

    Gangguan telemarketing berhenti. Tapi data saya tetap tidak disanggupi HomeCredit untuk penghapusannya.

    • 10 Juni 2023 - (02:26 WIB)
      Permalink

      Padahal itu hak kita kan untuk minta penghapusan data pribadi, padahal udah ada permen yg mengatur tentang itu, kok mereka hebat banget bisa mengabaikan permen

  • 10 Juni 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Aplikasi yg satu ini memang menyebalkan. Saya jg sering dikontak pihak mereka, padahal status pinjaman dah lunas lama. Waktu minta pengajuan hapus data pribadi dibalas dengan alasan macam-macam. Nyesel gtu

  • 10 Juni 2023 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Telemarketing home credit memang sangat tidak masuk akal,, hal yg sama saya alami, tiap hari minimal 3x sehari telp.
    Terakhir saya email ke homecredit minta jangan hubungi saya lagi tp balasan email nya malah meminta nama, nmr kontrak, nama ibu kandung. Lha wong PNY kontrak aja kaga malah minta nama ibu kandung pula. Buat apa coba???

  • 11 Juni 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama, Tolong Kominfo bertindak tegas terhadap Home Credit ini, saya sebagai nasabah konsumen terbantu memang dalam proses kredit dari perusahaan ini, tetapi menghubungi sampai 10x per hari ini namanya mengganggu, jika ini terus berlanjut saya memutuskan untuk tidak lagi memakai jasa HC dan akan memberi bintang 1 pada aplikasi mereka di play store.

  • 11 Juni 2023 - (14:23 WIB)
    Permalink

    Isi emailnya jangan meminta penghapusan data Bro.
    Gw pernah juga di kondisi yg sama lalu gua coba kirim email gak sampe 2 hari kelar ko.
    Jadi isi nya itu keluhan teror penawaran pinjaman dan dugaan penjualan data oleh Home Credit, lalu diaitu minta aja untuk dihapuskan dari daftar list penawaran baik secara email maupun lewat telfon.
    Dan satu lagi, emailnya di CC/BC ke Email Pengaduan OJK juga, biar cepet direspon.
    Alhamdulillah setelah kirim email itu, besoknya langsung direspon, sekarang hidup udah kembali tenang gak ada yg spam nelfon dari Home Credit.

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Apakah Peraturan Home Credit Lebih Tinggi dari Peraturan Pemerintah?

oleh Rozi dibaca dalam: 1 menit
10