Kecewa dengan Pelayanan Samsung Service Center Mangga Dua Square dan Pihak Samsung Indonesia

Pada tanggal 31 Mei 2023, istri saya melakukan pembelian barang berupa Galaxy Watch 5 secara offline di toko Samsung Margonda City Depok dengan paket pembelian berikut Samsung Care+.

Barang digunakan dengan baik sampai tanggal 5 Juni 2023, dan tiba-tiba wireless charging yang ada dalam paket pembelian tidak dapat digunakan. Akhirnya, kami pergi ke service center pada tanggal 5 Juni 2023 pukul 16.37 oleh Bapak Rifaldi. Setelah dilakukan pengecekan, disampaikan bahwa barang yang rusak dapat dilakukan pergantian, namun karena ketersediaan barang kosong, barang bisa diambil setelah 3 hari kerja paling lama.

Pada tanggal 8 Juni, kami mendapat kabar bahwa barang berupa wireless charger dapat diambil di service center. Pukul 19.00, sepulang kerja, saya kembali ke service center, namun sesampainya di sana, diberitahukan bahwa unit Galaxy Watch saya harus ditinggalkan untuk quality control, dan disodorkan form tanda terima reparasi dengan informasi charger rusak.

Dengan berat hati, saya menyetujui penyerahan barang saya, namun tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan, karena saya merasa perangkat saya ini baru saya dapat atau baru saya gunakan selama 5 hari, dan saya tidak merasa ingin mereparasi perangkat saya.

Namun, pada tanggal 9 Juni pukul 10.42, saya mendapat telepon dari nomor +62156997777 bahwa barang saya sudah bisa diambil atau ingin dikirimkan ke kantor. Saya memilih opsi untuk dikirim ke kantor. Barang tiba pada tanggal 9 Juni pukul sekitar pukul 11.40 di kantor saya.

Kemudian saya melakukan pengecekan dan ternyata terdapat dent pada bagian baut, indikasi dari hal tersebut bahwa barang saya sudah dibongkar. Pukul 12.45, saya menghubungi kembali service center Samsung Mangga Dua Square, lalu mempertanyakan mengapa perangkat saya dibongkar. Alasannya adalah karena prosedur quality control.

Di sini saya jelaskan bahwa tidak ada pemberitahuan pembongkaran perangkat pada hari saya meninggalkan perangkat saya, dan saya juga tidak mau menyetujui klausul syarat dan kondisi reparasi yang diserahkan pada saya pada tanggal 8 Juni kemarin.

Akhirnya, pada tanggal 9 Juni pukul 02.00, saya pergi ke Samsung Service Center Mangga Dua Square dan bertemu dengan Bapak Rifaldi. Saya memohon izin untuk melakukan rekaman percakapan kami dengan isi pembicaraan bahwa saya tidak pernah menyetujui syarat dan kondisi reparasi, dan saya tidak pernah diberitahukan permasalahan bahwa unit saya akan dibongkar.

Kemudian dijelaskan bahwa mereka memerlukan waktu untuk membuat laporan follow-up ke manajemen Samsung atas kendala saya. Setelah mendapatkan rekaman audio tersebut dan dijanjikan akan ditelpon oleh pihak Samsung, saya kembali ke kantor saya.

Pada tanggal 9 Juni 2023 pukul 15.12, saya mendapat telepon kembali dari nomor +62156997777 dengan representatif Bapak Bram. Dia meminta kronologi kembali kepada saya, dan saya jelaskan seperti kronologi di atas. Kemudian ditawarkan opsi untuk pihak Samsung untuk dapat mengecek kembali perangkat saya dan akan dilakukan quality control kembali. Di mana pernyataan ini saya kurang berkenan karena saya diminta menyetujui bahwa barang saya akan ditinggalkan dan dibongkar kembali, dan belum tentu perangkat saya bisa ditukar.

Di sini saya sangat kecewa dengan pelayanan Samsung, di mana saya harus bolak-balik service center dengan prosedur yang tidak jelas.

Hary Susanto
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Samsung Service Center Mangga Dua Square dan Pihak Samsung Indonesia

  • 10 Juni 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Sekaliber Sumsum kok ya nggak ada policy tukar unit baru, padahal unit terhitung cuma 6 hari pemakaian sejak tanggal pembelian. Soal QC dan BS lainnya kan bisa dilakukan internal untuk kemudian di repack dan rebrand lagi sementara konsumen sudah memegang unit pengganti.

    • 10 Juni 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Suatu kekonyolan dr sebuah SC. Kalau device sekundernya rusak ya itu aja yg di fix. Knp device primernya dibongkar?

      Sy dl pelaku usaha dibidang SC brand S**y. Kalau adaptor laptopnya rusak ya hanya adaptorny doang yg diganti. Bukan laptop vaionya jg ikut dibongkar 🤣.

      10
      2
    • 9 Juli 2023 - (13:32 WIB)
      Permalink

      masalah telah diselesaikan dengan baik oleh pihak samsung dan samsung service center mangga dua square dengan ini saya anggap sudah selesai, terima kasih atas bantuanya dan waktu nya, salam hary susanto

  • 10 Juni 2023 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Demikian gan kemarin juga bingung kenapa main device nya juga di bongkar, padahal pada tanggal 5 juni 2023 itu saya coba dengan stand charger disana perangkat nya normal, dan pihak service center juga ngga ngasih tau seharusnnya bisa claim retur barang dengan cara ber email ke
    cs.care@samsung.com sesuai dengan state klausul disini

    https://www.samsung.com/id/shop-faq/returns-and-cancellations/bagaimana-cara-saya-mengajukan-pengembalian-bila-didapati-adanya-cacat-atau-permasalahan-pada-produk-yang-saya-beli/

    Toh juga dari awal saya diminta invoice juga kok pas mau klaim kan jelas perangkat saya itu baru beli di tanggal 31 Mei 2023, saya pikir kalo ke gerai service center kan harus nya lebih baik dari pada komunikasi via virtual dan barang ini kebetulan beli oflline di samsung store jadi unboxing nya tentu di samsung store nya juga

    Logika nya kalo ada dent sedikit aja di baut kalo kita bongkar sendiri aja garansi void lah ini barang saya di bongkar juga ngga izin ke saya

    Sepamahan saya harus nya kan bisa dari awal tanggal 5 saya diarahkan untuk melakukan permintaan retur bukan klaim waranty karena barang juga belum 7 hari semogga ada titik terang dari pihak samsung nya

  • 11 Juni 2023 - (00:27 WIB)
    Permalink

    pernah dulu banget ke sc samsung di solo grand mol.buat benerin galaxsi note yg sensor sidik jari nya ga bisa di gunakan.
    kaget dong saya setelah cs nya menyebut nominal 5jt buat sebuah fingerprint doang..
    akir nya ya udah balik badan ga jadi.

    • 11 Juni 2023 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Wah sama dunk pak, saya di SGM Solo benerin tab, coz layarnya agak renggang, malah ditakuti2 nanti kena LCD nya. Padahal LCD nya baik2 saja, cuma lem yg menghubungkan lcd dengan bodi itu renggang. Malah disodori perbaikan LCD dengan biaya 1juta waktu itu. Alhasil gak jd perbaiki disitu.

    • 12 Juni 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Kalo saya tak bawa ke Singosaren, kebetulan ada teman rekanan punya counter service.
      Nyervis samsung a80 kemasukan air, akhirnya udah bisa beroperasi, data ndak hilang, harga bersahabat

    • 11 Juni 2023 - (13:19 WIB)
      Permalink

      Jadi gini mas..
      Mereka juga cari untung..🤭🤭
      Jadi kerusakan kecil pun harus terlihat besar, supaya ongkos yg mereka klaim bisa turun banyak…
      Dulu saya pernah, cuma servis colokan ces yg rusak..
      Tapi yg di bongkar macam2 di tulisannya..
      Karna saya paham tujuan mereka, saya ga ambil pusing…yg penting hp saya beres

  • 11 Juni 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Dari pengalaman saya, selama ini dlm bidang service hp. Hampir semua service center gak bisa service.. Mereka hy bisa ganti spare park.
    Dulu layar tFT atau ips gak bisa tampil pihak service center bilang mesin rusak (padanal dalam pengecekkan saya ic lampu rusak)
    Dan ic ic lainnya…..
    Mereka hy tau ganti saja.
    Ganti camera, ganti lcd, ganti baterai, ganti colokan cas dan lain2

    • 11 Juni 2023 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Bener juga ya.
      Saya pemerhati orang yg pake hape xiaomi, juga begitu.
      Pihak SC maen vonis ganti mesin, yg harganya udah kaya hape bekas

  • 11 Juni 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Kurang lebih sih saya juga punya pengalaman yang kurang enak sama service center satu ini, dimana saya pengguna S9+ dan saya merasa baterai saya sudah kurang untuk penggunaan sehari2. Jadi suatu hari di tahun 2023 saya iseng aja coba tanya2 ke service center. Setelah sampai dan di cek dengan alat yang ada penunjuk voltase dan ampere nya oleh pihak service center nya dibilang kalo baterai masih belum perlu di ganti. Kemudian saya pulang. Beberapa hari kemudian saya dateng lagi ke service center tersebut dengan tekat ingin diganti saja baterai nya walaupun di bilang kondisi nya masih oke oleh pihak service center. Setelah datang, perangkat saya dicek lagi dengan alat yang sama lalu di simpulkan bahwa baterai saya memang sudah perlu di ganti (ini memang hasil yang sudah sepatutnya terjadi, lah wong hp aja umur udah hampir 5 tahun gimana cerita nya baterai nya masih oke). Lanjut cerita, oleh CS diberitahukan pengerjaan kurang lebih 3 hari namun untuk stok baterai pengganti sedang kosong dan harus menunggu lagi kiriman kurang lebih 1 minggu, awalnya saya mau menyetujui untuk pengerjaan tersebut akan tetapi kemudian saya berubah pikiran setelah saya diberitahu harus meninggalkan hp saya disana sampai selesai proses pengerjaan (proses pengiriman baterai kurang lebih 7 hari dan 3 hari pengerjaan service) tentu saya keberatan, gimana bisa kerja saya kalo hampir 2 minggu hp diam di service center. Saya kemudian bilang pada CS nya, baterai nya tolong di order dan saya akan bayar full termasuk biaya service baterai nya, nanti kalo baterai pengganti sudah tiba, tolong hubungi saya, nanti saya bawa hp saya kesini lagi untuk di tinggal selama 3 hari gak masalah. Dan CS bilang tidak bisa, prosedur nya hp harus ditinggal selama pengiriman juga yang mana ini sangat tidak masuk akal sekali, jadi saat itu ya saya bilang kalo gitu gak jadi deh. Setelah itu saya tidak akan mau lagi berurusan sama samsung

    • 11 Juni 2023 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Nah sama bro kyk gw, wkt itu di suru ninggal 2 mgg, lah trs saya ntr pake hp apa, hbs itu sy tolak dan lgsg ganti merk hp

  • 11 Juni 2023 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Kalau gw sih emang udah lama kecewa sm after sales-nya produknya Samsung. Bahkan hp2 mau yg flagship killernya pun sama aja. Kayaknya omongan Samsung care + itu cm omongan aja sih. Dl saya prnh punya fold3, ga pernah jatoh bahkan saya kasih pelindung case orinya samsung, dan kaget ketika dipake blm ada 6 bulan bagian cat sampingnya bs terkelupas sendiri. Pdhl itu hp paling mahal di Samsung. Wkt itu sy lgsg ke service center terdekat di kota sy dan wkt sy jelaskan, mrk malah bingung, lalu minta untuk unit sy dibawa untuk dikirimkan ke jakarta, itu pun untuk dilihat/dicek dulu dan blm bs kasih solusi, dengan wkt estimasi 2 mgg, dan diblg data dll bs hilang. Ya kaget aja, hp mahalnya Samsung loh, ttp saja susah di after sales-nya. Di wkt itu saya jadi malas, krn ya ga semua org pny hp lbh dr satu, kl hp itu di kirim trs sy pake hp apa dong buat kerja. Ya udah sejak saat itu sy lgsg pindah sih ke merk lainnya dan ga pake Samsung lg. Sbnrnya gw suka, produk2nya inovatif cm after sales-nya suka berbelit2.

  • 12 Juni 2023 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Oknum pegawai samsung ini mah,maksain banget yach,unit normal koq dibongkar.biar bs klaim fee ke perusahaan kayaknya…😓

      • 12 Juni 2023 - (11:24 WIB)
        Permalink

        saat ini sudah 2 kali di hubungi samsung pusat pak tgl 10/6/2023 kemarin di hubungi dan diminta kronologis saya buat kronologis sama seperti di media konsumen ini dan ditawarkan akan pengecekan device lagi disini saya merasa di kerjai kalo memang mau kronologis saya bilang monggo ditanya ke service center samsung mangga dua square nya karena disini tidak ada solusi, dari pihak samsung resmi malah minta saya untuk bersedia untuk barang saya di qc ulang sekitar satu minggu dan berarti saya harus menyetujui bahwa barang akan di bongkar lagi untuk kepentingan audit nya yang dimana menjadi berbelit belit hemat saya kalo pun mau audit bisa dicek rekaman cctv samsung service center nya bila ada dan juga di konfrontir pihak service center nya karena sedari awal laporan kronologis sudah saya jelaskan berkali” , kemudian hari ini tgl 12/6/2023 di hubungi lagi masih perlu di bicarakan di manajemen satu minggu waktu kerja kedepan dan bila pun ada pergantian barang ada di 4 minggu waktu kerja jadi atas kelalaian orang lain saya harus nuggu sebulan saya akan update terus bila update lagi dari pihak samsung nya dan pihak samsung sudah notif tentang laporan media konsumen saya

        sebelum nya terima kasih kepada redaksi mediakonsumen.com telah mengakomodir laporan saya

  • 13 Juni 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sekelas samsung hrs memperhatikan pelayanan purna jual, kasian konsumen. Misal itu terjadi kepada saya juga pasti menuntut pelayanan yg sempurna. Semoga manajemen samsung dpt memperhatikan hal2 seperti ini. Tks

  • 9 Juli 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    masalah telah diselesaikan dengan baik oleh pihak samsung dan samsung service center mangga dua square dengan ini saya anggap sudah selesai, terima kasih atas bantuanya dan waktu nya

  • 19 Januari 2024 - (03:18 WIB)
    Permalink

    saya barusan ke ssc mau benerin ghost touch, malah di reset doang, baru keluar pintu udah kumat lagi, alhasil saya tinggal hp nya… di cek d riwayat service ada pemesanan sparepart, heranya sore tadi di kabarin udah gak ada gejala lagi..

    enak nya langsung minta ganti sparepart aja atau gimana ya?

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Samsung Service Center Mangga Dua Square dan P…

oleh Hary dibaca dalam: 2 menit
21