Jebakan Bank BCA Melalui Pengiriman Kartu Kredit JCB Black

Saya merupakan nasabah Bank BCA yang memiliki produk kartu kredit jenis Master Card. Kepemilikan kartu kredit BCA tersebut sepertinya sudah lebih dari 5 tahun. Tahun lalu saya ditelepon oleh CS Bank BCA bahwa akan dikirimkan kartu kredit jenis JCB Black. Saya sudah menolak, dengan alasan tidak mengajukan produk tersebut. Namun CS menyatakan bahwa kartu kredit tersebut dikirimkan kepada para pemegang kartu kredit BCA yang terdaftar. CS menginfokan bila tidak mau dipakai, konsumen dapat tidak mengaktifkan produk kartu kredit jenis JCB Black tersebut.

Singkat cerita, setelah kartu sampai di rumah dan mengingat informasi yang diberikan CS sebelumnya, saya pun tidak mengaktifkan produk kartu kredit jenis JCB Black tersebut. Namun pada bulan Juni tahun 2023 ini, saya mendapatkan e-statement kartu kredit BCA jenis JCB Black tersebut. Merasa sedikit bingung karena kartu tidak diaktifkan dan tidak dipakai, saya mencoba melihat isi tagihan tersebut dan ternyata saya dikenakan iuran tahunan sebesar Rp450.000.

Per hari ini Selasa, 13 Juni 2023 saya telah melakukan permohonan penghapusan iuran dan penutupan permanen kartu kredit BCA jenis JCB Black tersebut. Permohonan tidak dapat dilakukan sekaligus, saya harus memilih salah satu dan menunggu proses sekitar 3 hari kerja dan dilanjutkan untuk melakukan permohonan berikutnya (bila sudah disetujui).

Proses ini memang mudah dan dana iuran yang tidak terlalu besar, serta tidak memerlukan saldo untuk menelepon karena sudah difasilitasi oleh aplikasi Halo BCA. Namun fokus saya adalah, pihak BCA yang mengirim kartu tanpa permintaan, dan konsumen yang direpotkan dengan prosedur yang mereka buat.

Mohon kepada pihak BCA ke depannya agar tidak mengirimkan apa pun itu tanpa konfirmasi dari konsumen. Apabila hal tersebut dikemudian hari menimbulkan suatu kerugian baik finansial, waktu ataupun hal lainnya, sebaiknya pihak Bank BCA tidak banyak prosedur, mengingat pihak BCA-lah yang menjadi penyebabnya.

Terima kasih. Salam,

Gomgom Rajagukguk
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Gomgom

Menanggapi keluhan Bapak Gomgom Rajagukguk di Media Konsumen tanggal 15 Juni 2023 dengan judul “Jebakan Bank BCA Melalui Pengiriman Kartu...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Jebakan Bank BCA Melalui Pengiriman Kartu Kredit JCB Black

  • 15 Juni 2023 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran kedepan kalo gak mau ya tolak dengan tegas atau langsung tutup telpon nya. Jangan mau disuruh “iya iya aja”.

    • 16 Juni 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      sudah ditolak mas, tapi emang mereka infoin melakukan pengiriman. makanya saya state disitu untuk tidak mengirimkan sesuatu tanpa konfirmasi customer.

  • 15 Juni 2023 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Trik menghadapi telemarketing kalo Anda memang tydack tertarik sama produk yang mereka jual / tawarkan:

    Pada saat terima telpon tanya darimana, mau cari siapa, ada apa nyari Anda..??

    Kalo dia jawab mau menawarkan produk langsung tutup telepon kalo Anda benar2 tydack tertarik.. Sudah selesai gitu ajah, jangan diladenin.. Paling juga bentar lagi dia telepon lagi, sudah jangan diangkat lagi.. Pasti telemarketing nya nanti bosan sendiri..

    • 16 Juni 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      terkadang kita zoom via hp mba, nelp terus malah ngerusak zoom hehe. sering sih ngotot tuh telemarketing, tak jawab “ngerti bahasa manusia gak” langsung diem.

  • 15 Juni 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    kok ngeri sekali ya sekelas BCA melakukan jebakan ke nasabah setianya via marketing gitu 🙁 bikin hilang kepercayaan saja.

    • 16 Juni 2023 - (10:51 WIB)
      Permalink

      lagi nyari jumlah pemakai mungkin kemarin kemarin biar achive divisinya hehe

  • 15 Juni 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Sering sekali ada telp dr bca penawaran kartu kredit dr nomor 021292*** yg katanya akan dikirim ke alamt rumah saya. Bisa tidak diaktifkan katanya. Tp saya meminta utk jgn dikirimkan. Mrk tanya knp, saya jawab lbh suka bayat/beli dgn tunai.

    Saya jg jaga2, setiap ada telp masuk ke gsm saya selalu setting mode otomatis merekam percakapan. Bukan hny tawaran kk, tawaran asuransi jg byk horor, Jaga2 sebagai bukti klo nanti kita dirugikan.

    • 16 Juni 2023 - (04:01 WIB)
      Permalink

      Hari gini masih pake iuran.? Saya juga pada mau tutup semua kartu kredit dr BCA yang jelas gratisan iuran dan banyak cashback dr CIMB NIAGA.

      3
      2
      • 17 Juni 2023 - (05:54 WIB)
        Permalink

        Saya juga tutup semua kartu kredit BCA, karena banyak yg nawarin asuransi. Akhirnya sekarang bebas. Biasanya nge ganggu di jam kerja dan tidak punya etika. Entah mereka dididiknya bagaimana.

  • 16 Juni 2023 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Terlepas dari persoalan jebakan…
    Kalau menerima kiriman kartu kredit, sebaiknya segera dipelajari kemungkinan risiko dan biaya yang muncul, bila tidak mau atau tidak sanggup bayar /memenuhi persyaratan transaksi atau tidak mau direpotkan di kemudian hari, amannya tutup saja kartu, tidak perlu diaktifkan sama sekali.

    Jangan pernah percaya kalimat “tidak diaktifkan tidak apa2” dan sejenisnya

  • 16 Juni 2023 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya masalah yang sama di Permata Bank. Tapi saat saya telp CS dan minta dihapus, langsung di hapuskan Annual Fee nya. Nggak pake basa basi. Kartu nya sudah aku gunting soalnya.
    Dan kartu sebelumnya ini juga karena pandemi, tidak pernah di pakai saya minta Annual Fee nya dihapus. Dan tanpa basa basi dihapus.
    Coba ditelpon dulu dan dijelaskan, jangan jangan CS nya belum paham.

    • 17 Juni 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      kalo belum ditutup jangan digunting dulum udh tutup dengan benar dan dpt surat keternagan penutupan/lunas baru lah digunting

    • 21 Juni 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Sudah sih, saya sudah dikonfirmasi dengan email tertanggal 19 Juni 2023. Menyatakan pengajuan saya ter tanggal 16 sudah di proses dan Statusnya Selesai. Sama seperti pengajuan saya sebelumnya karena tidak dipakai selama Pandemi.

    • 16 Juni 2023 - (16:13 WIB)
      Permalink

      Kalau bank lain bisa segercep itu kenapa dia nggak bisa. Makanya sengaja aku menyebutkan nama Bank. Biar sekalian diapresiasi

  • 16 Juni 2023 - (18:18 WIB)
    Permalink

    Saran aja, mnding bayar dulu annual fee nya trus minta penghapusan fee, kalo udh beneran dihapus nti saldo kartu jadi minus, kartu dipke blanja non cicilan, habis itu baru tutup kartu bulan depannya (itu kalo disetujuin ya penghapusannya)

    kalau ditutup ga bisa kyaknya karena masih ada hutang dikartunya, brujung ke SLIK klo diabaikan.

  • 17 Juni 2023 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Iyah, dulu juga saya digituin sama BCA. Ga pernah minta, tetap dikirim dan nggak diaktifin tetap ditagih iuran tahunan. Sayang sekali BCA yang bereputasi ko main colong duit orang begini yah? Apapun dilakukan untuk menambab kekayaan. Padahal bank itu menjual kepercayaan loh. Semoga pihak BCA ada yang baca komen says.
    Buat yang bilang tolak, tolak. Itu kartu emang akan dikirim dan ditagih iurannya apapun yang kita bilang. Yang bisa dilakukan adalah datang langsung ke BCA dan kembalikan kartunya.

  • 18 Juni 2023 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Kartu Kredit BCA walau kita ngga di Aktifin, akan aktif sendiri selama 100 hari, dan untuk JCB Black itu limit mulai dari 20jt, biasanya Annual Fee tahun Pertama gratis, tapi knapa ya om itu bisa keluar biaya tahunannya, Itu Adminnya aja yg kerjaannya g jujur pak. Klo dulu ada mobile servicenya ke rumah bawa form setelah di telpon telemarketing, tapi g tau sekarang konsepnya gimana apa by telpon doank sama kayak bank lain..

  • 19 Juni 2023 - (17:56 WIB)
    Permalink

    pada bermasalah dgn KK BCA untungnya saya ngajuin 5x di tolak terus padahal ada rek BCA mungkin mereka tau kl sy kere

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Jebakan Bank BCA Melalui Pengiriman Kartu Kredit JCB Black

oleh Gomgom dibaca dalam: 1 menit
27