Pihak J&T Mempersulit Proses Klaim Paket Retur yang Rusak

Saya ingin menyampaikan keluhan untuk paket dengan menggunakan jasa pengiriman J&T Express melalui Shopee sebagai marketplace dengan metode pembayaran COD dan pada tanggal 22 Mei 2023, paket dengan nomor resi JP5368539796 dikembalikan ke seller tanpa alasan yang jelas.

Setelah kami terima paket retur tersebut, kami lakukan video unboxing sebelum isi paket kami buka seperti biasanya. Setelah kami buka paket tersebut, disertakan video proses pembukaan paket tersebut. Ternyata dus luar sudah terlipat dan ketika kami buka isinya, sudah terlihat lipatan juga pada produk tersebut. Kami sertakan foto detail kerusakan produknya secara jelas.

Kerusakan Produk

Kami sudah mengajukan komplain kepada agen kurir J&T Express yang biasa mengambil paket kami serta menghubungi J&T Express melalui WhatsApp, namun hanya disuruh untuk menunggu tanpa ada informasi lebih lanjut. Kami bertanya kepada agen kurir dan malah mendapatkan informasi bahwa kerusakan isi paket sudah menjadi tanggung jawab dari seller dengan alasan bahwa bungkusan bubble wrap di luar aman-aman saja.

Namun, benar bahwa kami memberikan tiga lapis bubble wrap karena produk tersebut sangat sensitif jika terlipat atau tertekuk, dan kami juga menulis agar jangan dilipat atau ditekuk. Posisi kurir hanya memperhatikan kemasan luar produk tanpa melihat isi produk yang ada di dalam dan kemasan dus di luar isi produk tersebut.

Kami akan menyertakan bukti foto maupun video unboxing paket yang kami dokumentasikan. Kami juga berharap agar proses klaim kerusakan produk untuk resi ini dapat diterima karena kerusakan terjadi di kurir, bukan di seller. Kami meminta kerjasamanya dari J&T Express. Kami sebagai seller juga tidak ingin terjadi hal seperti ini, dan kami harap dibantu dalam proses terkait kendala ini. Terima kasih.

William Lim
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Pihak J&T Mempersulit Proses Klaim Paket Retur yang Rusak

  • 16 Juni 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Sama bos, J&T melepas tanggung jawab, barang ku tiang pemetik buah, menggunakan buble 50cm lebih dari 3 lapis, asalan mereka tidak standard harus ditambah karton di ujung ujungnya, padahal yg bengkong bukan ujungnya, alasan mereka banyak sekali, tujuan melepas tanggung jawab, ya solusi kami off kan JT masih banyak kurir yg lain

  • 16 Juni 2023 - (22:43 WIB)
    Permalink

    Ya sudah non aktifkan aja J&T. Gw kalau ada pilihan ekspedisi lain di tiktok pilih yg lain. J&T SOP nya mereka barang masuk dalam karung di timpa2 selalu rusak.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pihak J&T Mempersulit Proses Klaim Paket Retur yang Rusak

oleh Limz dibaca dalam: 1 menit
2