Kecewa dengan Kebijakan Garansi LG Indonesia

Permisi, saya baru pertama kali membuat surat pembaca, jadi mohon maaf jika ada salah kata. Saya ingin menceritakan pengalaman saya membeli produk Ultra Gear Monitor LG 27GL850 B. Saya membeli produk tersebut di Tokopedia seharga Rp4,6 juta termasuk packing kayu dan ongkos kirim. Pembelian dilakukan tanggal 27 Oktober 2021.

Kemudian masalah muncul, yaitu vertical lines/garis lurus setelah penggunaan selama 1 tahun 7 bulan, tepatnya pada tanggal 06 Juli 2023. Lalu saya chat lewat WhatsApp yang tertera pada hasil pencarian Google, kemudian saya menceritakan keluhan saya kepada customer service tersebut.

Saya diberitahu bahwa per tanggal 24 Oktober 2022, ada perubahan kebijakan mengenai Garansi LG, yaitu dari 3 tahun (1 tahun spare part, 2 tahun servis) menjadi full 3 tahun (panel, spare part, servis, dll). Saya sempat senang dengan berita tersebut. Namun saya tanya kembali, apakah garansi juga berlaku untuk pembelian sebelum 24 Oktober 2022? Customer service mengecek ulang nomor seri dan tahun pembuatan produk saya, dan hasilnya saya tidak mendapatkan perubahan kebijakan garansi 3 tahun full, dan saya harus membeli spare part jika memang harus diganti.

Setelah mendengar kabar tersebut, saya masih berpikir positif bahwa mungkin saya bisa dibantu oleh teknisi pihak LG Service Center Surabaya Tegalsari. Setelah saya mengunjungi sana, saya berbicara dengan teknisi sekaligus customer service, dan hasilnya BAM! Saya disuruh mengganti panel dikarenakan teknisi tersebut takut untuk membuka monitornya dan melakukan servis. Dengan alasan nanti vertical lines/garis lurus akan semakin parah, dan sebagainya.

Saya dalam hati bertanya, apa gunanya setelah 1 tahun masa garansi habis? Apa maksud dari 2 tahun servis? Lalu teknisi menyarankan agar saya mengganti panel dan teknisi tersebut mengatakan bahwa panel tersebut tidak murah, tapi saya ingin mengetahui harga yang ditawarkan dan hasilnya? Saya disuruh membayar Rp5,3 juta termasuk PPN 11%.

Logikanya di mana itu? Apakah mengganti panel lebih mahal daripada membeli monitor tersebut? Mengapa kebijakan garansi yang baru tidak diberlakukan untuk semua produk yang terjual kepada konsumen tanpa pandang bulu? Saya berasumsi bahwa produk saya ini cacat dikarenakan tidak tercover oleh garansi full 3 tahun per tanggal 24 Oktober 2022?

Dengan mengirimkan surat ini, saya berharap agar menjadi pertimbangan bagi LG Indonesia bahwa kebijakan garansi full 3 tahun seharusnya diberlakukan untuk semua produk Ultra Gear yang sudah terdistribusi maupun terjual kepada konsumen.

Ivan Jati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Kecewa dengan Kebijakan Garansi LG Indonesia

  • 8 Juli 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Garansi service itu anda dibebaskan dari segala biaya untuk jasa perbaikan diluar sparepart.
    5.3jt? mending beli baru.
    Kalau masalah display itu bisa dibeli sendiri sih, asal part number nya tau. (harus dibongkar dulu untuk mengetahui part number-nya) kemudian cari di google part number tersebut. kalau di aliexpres itu rata-rata display 27″ dibawah 2,5jt blm termasuk bea masuk dll.

    Di surabaya banyak tukang service monitor, coba keliling2 dulu konsultasikan dengan mereka siapa tau bisa menghilangkan garis vertikalnya. Biasanya ada yang ditutup pakai lakban salah satu pin fleksibel kabel dari LCD mengarah ke mainboardnya. Biasanya loh ya, bisa jadi beda-beda teori setiap teknisi monitor. Tapi emang penyakit monitor/tv LG begitu kalau enggak vertikal, ya horizontal .

    8
    3
    • 14 Juli 2023 - (17:00 WIB)
      Permalink

      Setujuh…. Mengenai kebijakan yg ga berlaku utk produk penulis wajarlah, kebijakan baru ga berlaku utk produk lama. Mengenai garansi service memang kita cuma digratiskan biaya service aja, dan service center resmi itu jg dikejar target penjualan spare parts. Lagi pula panel LED emangnya mau di service apanya? Penulis ada2 aja ye….

  • 8 Juli 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Terima kasih gan kasi solusi alternatif, saya jujur kecewanya dengan monitor ini sebenarnya
    1. Umur pemakaian, masa cmn 1 tahun 7 bulan an sudah mulai ada masalah? Segitu jelek kah atau segitu apes nya saya kedapatan QC barang yg jelek
    2. Kebijakan Garansi yg diperbaharui namun pilih2, kenapa kebijakan itu dilakukan per tanggal 24 Okt 2022 ? Kenapa kok tidak semua produk yang sudah ter registrasi dengan sistem LG? ( Saya melakukan registrasi produk di website resmi LG) , kok kebijakan tebang pilih ? Sama2 di produksi indonesia kok dibedakan? Wajar dong saya berasumsi bahwa QC keluaran sebelum 24 Okt 2022 ini ada masalah? Bayangkan kalau yg beli per tanggal 24 Okt 2022 teknisi bilang bahwa GRATIS, apa saya ga miris sekali dengan perkataan itu? Sama2 produk LG Ultra Gear tapi begitu hasilnya.
    3. Oke saya beli harga memang promo, tapi kalau begini tau gt ga usah ada2in promo ujung2nya belum sampe 2 tahun sudah keluar masalah produk nya

    Masalah saran agan saya sempat kepikiran seperti begitu tapi saya coba tanya ke teknisi service center nya ” pak ini kalau socket yg menghubungkan panel ribbon cable nya di bersihin pakai alcohol 99% isopropyl disikat gosok gigi apakah tidak bisa pak?” , Teknisi ga berani coba karena takut nanti merembet kemana2 malahan vertical linesnya, dijawab gt saya sudah lemes pak.

    2
    3
    • 14 Juli 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Masalah awet nggaknya suatu produk tergantung pemakainya juga. Utk perangkat elektronik, tergantung arus listrik di rmh, stabil ga? Jd ga bs disalahlan produknya jhga. Saya dulu pakai monitor LG, TV LG, awet2 aja, yg TV LG dr 2014 saya beli sampai skr msh bagus2 aja blm pernah service, soalnya listrik di apartemen cukup stabil.

  • 8 Juli 2023 - (16:58 WIB)
    Permalink

    Biasanya bukan panelnya yg rusak, dicoba aja ganti² warna apakah kadang hilang/brubah warna, kalo iya brarti cmn kabel felxible nya tpi memang buka casingnya bisa resiko besar kena panelnnya.

    Jgn tergiur sama garansi 1+2 dll, yg free itu cuman jasanya aja, jadi kalau jasanya 300rb, part 4jt, yg digratisin cmn 300rb nya doang.

    Soal kebijakan garansi, ga tau deh musti ikut yg lama apa baru

    • 8 Juli 2023 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas solusinya pak, kebetulan saya jg sudah coba test pakai di google search Monitor Test (Red Green Blue White Black) yg menonjol sekali di background putih vertical lines nya menjadi kuning, kalau di background biru jadi hitam. Saya kurang tau masalah hardware monitor pak, saya pun jg ga brani otak atik karena saya berharap masi dalam masa garansi, saya berharap LG Service Centernya yg inisiatif benerin seperti begitu, tapi yah mereka alasan takut merembet dll. Besar harapan saya dengan menulis surat pembaca ini pihak LG Service Center yg berwenang bisa mencari win win solution ke saya. Teknisi nya bilang bisa pengajuan diskon cmn maksimal 20% yang dihitung dari 5.3jt an termasuk PPn 11% menjadi 4.3jt an termasuk PPn 11%, yg jelas masi tinggi biayanya yang saya tentu keberatan.

      Untuk kebijakan, sangat diskriminatif pak kalau hanya pembelian sejak per tgl 24 Okt 2022 , kalau barangnya beda gt saya bisa maklumi, ini barang dan tipe sama persis dapat perlakuan segitu bedanya, kemudian masa pemakaian cmn 1 tahun 7 bulan an sudah gt.

      Bahasa jawa nya “getun tuku monitor e pak, bandingke gratis mbe membayar 5.3jtan sopo seng ga getun pak”.

  • 9 April 2024 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak reviewer monitor seperti GTID yang SANGAT tidak menyarankan beli monitor LG, bukan karna produknya jelek tp karna garansinya yang super busuk.
    Semua merek monitor besar punya garansi panel 3 tahun, cuma LG ini yg sok2an.
    Kalo produsen sendiri cm berani garansi 1 tahun, berarti emang dia sendiri ga yakin juga produknya aman ketika dipake lebih dr 1 tahun…

 Apa Komentar Anda mengenai Gaming monitor LG?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kebijakan Garansi LG Indonesia

oleh Ivan dibaca dalam: 1 menit
10