Sistem Penanganan Masalah Setor Tunai ATM BRI yang Merugikan Nasabah

Nama saya Asep Khaerul Akbar. Saya nasabah Bank BRI, dengan nomor rekening: 4399010205***37. Awal mula muncul masalah ini ketika saya melakukan setor tunai di ATM di KCP BRI Baros, menggunakan aplikasi BRImo, pada tanggal 28 Juni 2023 sekitar pukul 9:00. Waktu itu saya bermaksud untuk melakukan setor tunai sejumlah Rp5.000.000.

Saat penyetoran pertama, uang yang terbaca adalah Rp3.050.000. Lalu saya proses setor ke rekening saya. Namun tidak seperti biasanya, mesin ATM sangat lama untuk memproses. Kurang lebih sekitar 2-3 menit saya menunggu, selang beberapa lama kemudian layar mesin ATM menunjukkan pemberitahuan tidak biasa. Yang mana diberitahukan sedang terjadi gangguan.

Waktu itu saya heran, karena uang saya sudah masuk ke mesin ATM sejumlah Rp3.050.000, tapi saldo saya tidak bertambah sama sekali. Lalu saya memanggil sekuriti yang sedang bertugas. Saat itu saya diarahkan dan dipandu untuk membuat laporan lewat aplikasi BRImo, dan dibuatlah laporan pengaduan dengan nomor: TTB000046612868.

Yang membuat saya kaget, setelah membuat laporan aduan tersebut, saya diberitahukan oleh sekuriti tersebut bahwa proses laporannya akan memakan waktu 3 sampai 7 hari untuk uang bisa kembali. Duar! betapa terkejutnya saya mendengar hal itu. Gila saya pikir, itu uang saya gunakan untuk usaha, ketika uangnya tertahan selama itu bagaimana nasib usaha saya? Seketika saya pusing, tapi saya tetap butuh saldo tetap saya di rekening saya.

Lalu saya tanya sekuriti itu lagi, bagaimana uang sisa saya yang Rp1.950.000 ini jika coba disetorkan lagi, apakah akan sukses masuk ke rekening saya? Satpam pun bingung, terkesan tidak tahu pasti apa yang akan terjadi dan menyarankan untuk mencoba saja.

Tidak lama dari situ, orang yang tadi antre di belakang saya pun mengalami hal yang sama, dengan nominal 2juta lebih. Terlihat orang itu sangat kesal, karena uang yang dia setor itu uang yang sangat dibutuhkan sekali. Terlebih saat itu orang tersebut bilang kakaknya juga pernah mengalami hal yang sama, dengan nominal lebih besar sekitar Rp7 juta, yang memakan proses sangat lama katanya. Orang itu pun marah dan pergi, sementara saya memilih untuk diam, karena percuma juga saya marahi sekuriti.

Banyak sekali pertanyaan di kepala ini:

  1. Kenapa ada masalah seperti ini?
  2. Kenapa penanganannya lambat sekali?
  3. Kenapa tidak ada tindak lanjut atau kebijakan untuk menyetop masalah ini terjadi dan ada antisipasi agar tidak memakan waktu yang lama?
  4. Kenapa sekelas BUMN besar tidak bisa membuat sistem yang bisa dengan cepat menyelesaikan masalah ini?
  5. Apakah agar uang nasabah lama mengendap? Bisa dibayangkan, jika dibuat sekitar 1.000 masalah yang sama di seluruh cabang BRI se-Indonesia dalam satu hari. Contoh rata-rata Rp3.000.000 saja uang nasabah tertahan, maka akan ada 3 M dalam sehari yang bisa diputarkan oleh bank. Karena faktanya, tidak memakan waktu satu hari, mesin ATM tersebut sudah kembali berfungsi. Ingat, uang saya ada di situ, yang dapat dengan mudah ditarik dan digunakan oleh orang lain. Sementara saldo saya hingga detik ini belum bertambah. Sudah berapa putaran uang saya berputar di sana? Entahlah.
  6. Bagaimana jika uang itu akan nasabah gunakan untuk biaya melahirkan, yang kalau tidak segera ditransfer maka proses melahirkan tidak akan berlanjut? Padalah uang yang disetor bisa saja dapat pinjaman dari tetangga dan hanya itu saja uangnya?
  7. Bagaimana jika uang itu untuk biaya operasi yang perlu tindakan saat itu juga, jika tidak ada uang itu operasi tidak berjalan??
  8. Bagaimana jika uang itu akan digunakan membayar angsuran yang jika terlambat kena denda?
  9. Urusan potong memotong kalian jagonya, ada biaya ATM, biaya bulanan,  auto debit, dll, tidak ada istilah gangguan jaringan. Selalu tepat.

Masih banyak lagi. Coba kalian pikir! Di sini saya hanya meminta uang saya segera dikembalikan. Jangan kita koar-koar dulu, baru gerak cepat. Coba kaji ulang apakah masih layak sistem seperti ini kalian terapkan? Apakah masih relevan dengan jaman sekarang yang membutuhkan kecepatan di setiap geraknya. Sudah hampir genap 10 hari masalah saya belum juga selesai. Bukan lagi 3 hingga 7 hari.

Saya harap orang yang mempunyai kewenangan dan kebijakan Bank BRI agar serius menanggapi masalah ini dan segera melakukan pembenahan dan perbaikan pelayanan. Ingat, uang Rp3 juta tersebut jika saya putar bisa memberi makan anak dan istri saya!

Asep Khaerul Akbar
Kota Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Asep Khairul Akbar

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

38 komentar untuk “Sistem Penanganan Masalah Setor Tunai ATM BRI yang Merugikan Nasabah

  • 9 Juli 2023 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Aku pengguna bri juga nih Pak, dan Alhamdulilah selama ini aku transaksi selalu aman, pernah dulu buat laporan cepat selesainya kok. Kendala kayak gini aku rasa setiap bank pasti ada sih ya, dan semoga cepat selesai Pak

    8
    13
    • 9 Juli 2023 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Yg jadi masalah sampai sekarang belum ada penyelesaian sama sekali, saya sudah coba hubungi cs lewat sabrina tanggapannya sama gitu2 aja tapi tidak ada solusi.

      10
      1
      • 10 Juli 2023 - (14:12 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah seperti itu lgsg tanya curity trus TLP cs diblg 2minggu plg lama uang sdh masuk…dan blm sampe 2 Minggu dpt SMS suruh cek rek.. untungnya duitnya emang utk ditabung kalo posisi utk kebutuhan mendesak mah saya juga bkl kesel

      • 10 Juli 2023 - (18:34 WIB)
        Permalink

        Kalo bisa ganti bank saja pak. Keamanan BRI emang sangat rendah dibanding bank lain. Kasus2 BRI sangat banyak. Googling aja..Uang saya juga hilang gara2 phising. Klik undangan, duit langsung raib tinggal 54 rb. Dilaporkan juga cuma bisa nyalahin nasabah. Padahal kesalahan pada keamanan sistem perbankan yg rendah..Terbaru adalah kasus Surabaya, malah hilang 1.4 milyar. Lihat aja penanganannya seperti apa..

        • 12 Juli 2023 - (17:04 WIB)
          Permalink

          Ya memang begitu estimasi penyelesaian masalah kalo ada masalah di perbankan, OJK yang ngasih aturan kalon maksimal penyelesaian masalah itu 7 hari. Yah mau gimana lagi musti ditunggu, kalo lebih batu hubungi bank lagi. Saya dulu kasusnya mirip bukan setor sih tapi tarik tunai, tarik 500rb lalu muncul ATM eror. Akhirnya ya lapor ke bank, nunggu 3 hari kerja baru balik uang. Pengalaman juga pernah setor bca masalahnya sama persis, dan apesnya kejadiannya hati jumat malam(bukan hari kerja sampai minggu) akhirnya laporan saya baru diproses hati senin, dan hari rabu atau kamis baru balik ke saldo

      • 10 Juli 2023 - (20:04 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah ngalami,setor 450rb,uang masuk tapi saldo ga tambah,buat laporan dibantu satpam,tunggu 8 hari kerja ,dikembalikan 200rb,terpaksa hubungi cs via telepon,dibuat tiket laporan baru nunggu lagi 8 hari kerja di kembaliin cuma 150,jadi yg di kembaliin cuma 350rb,sampe sekarang sisanya yg kembali2

      • 10 Juli 2023 - (23:58 WIB)
        Permalink

        atm error itu hmpir dialami smua mesin atm pak. entah tarik tunai maupun setor tunai. solusinya klo mngalami kjdian sprti itu ckp tlp cs banknya, nnti dijamin uang yg disetor pasti msk rekening. klo mintanya diselesaikan hari itu ya gak bakalan bisa krn semua ada prosedurnya. biasanya 1 minggu selesai. mslhnya sya sering mngalaminya sndiri, enth itu wkt setor tunai maupun tarik tunai

    • 9 Juli 2023 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Kenapa penanganannya lambat jk ada masalah di ATM? Karena yg mengurus ATM itu bukan Bank yg bersangkutan. Yg mengurus ATM mulai dr penyediaan mesin, isi-ambil uang, pengecekan dll seputar mesin ATM itu pihak ke 3, yi : Perusahaan penyedia jasa ATM.
      Jd kl ada trouble pd mesin ATM, prosedurnya adlh :
      – Lapor ke Bank yg besangkutan dgn menyertakan bukti2 transaksi & no mesin ATMnya.
      – Nanti laporan nasabah tsb diteruskan kpd Perusahaan Pengelola ATM tsb.
      – Perusahaan Pengelola ATM akan mengecek mesinnya dgn melihat data transaksi & selisih uang yg ada di mesin.
      – Jika ada kesalahan di mesinnya, Perusahaan tsb akan buat laporan ke Bank.
      – Barulah Bank mengupdate saldo nasabah.
      Hal ini tentu saja akan memakan waktu bbrp hari, krn pengecekan mesin tidak langsung saat itu jg begitu ada laporan, bukan?
      Semua ada prosedurnya, bukan masalah pelayanan Banknya BUMN atau Swasta yg lelet. Kl memang ada kesalahan mesin, pasti balik kok uang nasabah, kuncinya ya sabar aja.

      8
      7
      • 9 Juli 2023 - (16:26 WIB)
        Permalink

        Saya kira tidak seperti itu juga, buktinya setelah masalah ini terbit. Tidakberapa lama masalah selesai. Artinya bisa di percepat.

        9
        2
        • 9 Juli 2023 - (18:33 WIB)
          Permalink

          nulis ngalor ngidul gk jelas, pertanyaan yg cuman berdasarkan asumsi pribadi, toh pd akhirnya selesai juga. Klo gk mau repot ya simpan uang di celengan ayam aja

          3
          13
          • 9 Juli 2023 - (21:14 WIB)
            Permalink

            Mungkin bagi anda saja tidak jelas, yang terpenting adalah pesan moral dari sudut pandang saya tersampaikan dan membuahkan hasil.

            10
            2
          • 10 Juli 2023 - (13:18 WIB)
            Permalink

            klo setor duit ke atm mending bca la jrg masalah, atau tahan 1 hari bsk ke cab bank langsung (repot tp bebas masalah)

        • 10 Juli 2023 - (02:50 WIB)
          Permalink

          Intinya anda kudu sabar boss… nasabah BRI bukan anda aja, yg bermasalah bukan anda aja. Semua ada prosesnya, butuh waktu… Apalg saat anda transaksi kan sedang masa long weekend. Jangankan anda yg di daerah, di jakarta aja kadang teekendala jaringan internet bermasalah kok.

          3
          9
        • 10 Juli 2023 - (16:29 WIB)
          Permalink

          Ooo saya cuma salah satu nasabah BRI, yg sejauh ini cukup puas dgn penanganan masalah BRI, pakai logika sih, bukan pakai tuduhan tidak berdasar, kalau saya berkomentar itu….

          • 11 Juli 2023 - (13:23 WIB)
            Permalink

            aq kok sudah malas urusan sama bank satu ini dari segi pelayanan cs teller sampai keamanan sistem meragukan sering bobol antrian pelayanan cs numpuk teller juga numpuk gak kayak si biru gercep teller cepat cs cepat estimasasi kasus 7 hari kerja eh 1 x 24 jam case close . best lah BC*

  • 9 Juli 2023 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Pernah mengalami hal yg sama cuma nominal sedikit 50rb aja, waktu itu nyetor di atm dalam kantor cabang sekitar jam² 9 malam gagal setor yg keluar emergency receipt, cs masih ada di tempatnya, disuruh lapor melalui brimo, saya udah lapor tapi masih was² aja, akhirnya langsung saya telfon contact bri 14017, gak cukup 1 jam langsung masuk ke saldo kok. Saran saya masnya coba bisa telfon langsung call center resmi BRI atau kekantor cabang sekalian untuk menanyakan status laporannya gimana, desak terus sampai saldonya balik.

    9
    1
    • 9 Juli 2023 - (13:57 WIB)
      Permalink

      Sampai sekarang belum ada penyelesaian, sungguh sangat merugikan.

  • 9 Juli 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Kepada pihak terkait segera dilakukan penyelesaian masalah ini sesegera mungkin.

    5
    1
      • 9 Juli 2023 - (18:18 WIB)
        Permalink

        Beberapa saat setelah tulisan ini terbit masalah sudah selesai uangnya sudah masuk rekening, yang artinya sebetulnya tidak membutuhkan waktu lama untuk hal seperti ini hanya saja, yabegitulah.

        6
        1
      • 10 Juli 2023 - (07:00 WIB)
        Permalink

        Kalau mau aman bikin rekening BCA, untuk transfer pake metode top up shopee terus pilih transfer bank pilih bank BRI, aman dan free admin

  • 9 Juli 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Keluhan bank bri apalagi menggunakan aplikasi brimo di MK kayaknya tiap hari ada, kasian yg masih pakai BRI walau sudah punya satelit sendiri tapi kayat bank masih di era 70an

    12
    1
    • 9 Juli 2023 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Betul Jauh2 datang ke mesin atm mau narik tunai, pas sampai mesin eror, dan aneh satu kecamatan ada 3 atm tapi eror semua ga bisa di gunakan dan itu bisa berhari²

    • 9 Juli 2023 - (18:23 WIB)
      Permalink

      Nah itu yang seharusnya dibenahi, saya berharap masalah ini tidak terulang kembali.

  • 9 Juli 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah sekali, akhirnya kapok saya tidak gunakan lagi BRI , saya memilih bank swasta yg sistemnya lebih canggih dan penyelesaiannya juga cepat ga sampe.1×24 jam kalau ada kendala

    10
  • 9 Juli 2023 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Hmmm parah, sekelas BUMN aja begini, poko nya apapun yg aplikasi atau sistem yg di buat pemerintah, selalu sering eror, wedun lah, untung saya pakai BCA.. Jarang sekali ada masalah.. Saran saya kalau punya duit puluhan juta jangan simpen di bank, simpen aja di brangkas, gali tanah di ruangan rumah yang rahasia, taro di sana brangkas nya..

    • 9 Juli 2023 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Saya juga sebetulnya terpaksa karna pekerjaan dan usaha saya bergantung pada jasa perbankan,

      • 11 Juli 2023 - (05:13 WIB)
        Permalink

        Simple, besok2 kalo setor gede LEWAT TELLER, antre lama capek berdiri tapi pasti masuk, paling ribetnya kudu nyari kantor bank terdekat.

        Bank pemerentah yg jarang trouble cdm ya bni or mandiri, apa bikin bca sekalian tuh swasta tapi. Kan bilangnya pekerjaan & usaha sampeyan bergantung jasa bank iya jasa bank bukan jasa BRI,

  • 9 Juli 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Baru kemarin sy mengalami hal serupa, tapi anehnya saya setor 1jt yang terbaca di struk cuman 600rb

    2
    1
    • 9 Juli 2023 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Coba buat tulisan disini kak, saya juga terbantu setelah penantian dan proses yang melelahkan akhirnya di tindaklanjuti setelah terbitnya tulisan ini.

  • 9 Juli 2023 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Penyelesaian masalah di perbankan ini tergantung dari sistem dan SDM yg menjalankan sistem …. Kalo salah satu eror pasti masalah jadi ruwet dan berlarut… Namun sebenarnya SDM nyalah yg lebih dominan dan pro aktif dalam upaya menyelesaikan masalah …..

    • 11 Juli 2023 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Sy malah ikut program gojek kerja sama BRI.. masa iya bank segede ini bisa input salah nama.. nama di aplikasi driver beda nama direkening atas nama orang lain sehingga buku rekening gak bisa diterbitkan..yg lucunya itu memakan waktu yang sangat lama 6 bulan selama 6bulan uang ditahan bank BRI padahal kan kesalahan pihak BRI.. yg lucu lg udah dipotong administrasi bulanan selama 6 bulan.. padahal kan buku rekening aja blm bisa di cetak karena perbedaan nama.. HARUSNYA PIHAK BANK BRI PAHAM KITA NASABAH tau semua butuh proses TAPI HARUS DI GARIS BAWAHI KELALAIAN/KESALAHAN SIAPA?.. kesalahan pihak bank nasabah yg dirugikan

  • 10 Juli 2023 - (05:27 WIB)
    Permalink

    nama saya choirul anam
    mimang urusan nya agak sulit kita datang ke kantor cabang surulaporan melalui aplikasi brimo nunggu sampek 2 minggu balasan nya laporan sudah di proses tapi duit belum masuk ke rekening yang setor tunai aq kirim ke lgi laporqn melalui imail harus disuruh bikin rekening koran kata nya pusing jadi nya 😇😇😇

  • 10 Juli 2023 - (17:46 WIB)
    Permalink

    Buat ts masalah seperti ini sudah biasa terjadi di semua bank, apakah anda baru pertama kali mengalami nya?, memang butuh waktu untuk proses nya,

  • 11 Juli 2023 - (06:29 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami ini bang..persis dengan anda kronologi nya… allhmdulilah nya memamg uang kembali..tapi jangan harap 7 hari bang..dulu saja sy masuk kembali ke ATM sy dengan jangka kurang lebih 2 bulanan..semoga abang tidak selama itu.

 Apa Komentar Anda mengenai Setor tunai Bank BRI?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Sistem Penanganan Masalah Setor Tunai ATM BRI yang Merugikan Nasabah

oleh Asep Khaerul Akbar dibaca dalam: 3 menit
38