Penggantian Kartu Kredit BNI Sejak Bulan Maret Tidak Kunjung Berhasil

Kepada Yth.
PT. Bank Negara Indonesia
Divisi Kartu Kredit

Saya Erwin Prasetyo, nasabah kartu kredit BNI co-brand JD.ID dengan nomor kartu 4390********0740, dan nomor laporan terakhir: 200016140334. Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa JD.ID berhenti beroperasi di Indonesia sejak bulan Februari 2023, sehingga kerja sama kartu kredit BNI-JD.ID ikut berakhir. BNI sendiri juga telah memberitahukan melalui situs webnya bahwa kartu kredit JD.ID sudah tidak dapat digunakan lagi per tanggal 31 Maret 2023.

Pada pertengahan bulan Maret 2023 (lupa tanggalnya), saya sudah menelepon BNI Call terkait status kartu kredit co-brand JD.ID tersebut. Kemudian diinfokan oleh CS bahwa kartu akan diubah menjadi co-brand Garuda. Saya menerima pergantian tersebut. Saya juga mendapat konfirmasi terkait perubahan kartu melalui media WhatsApp dari BNI pada tanggal 30 Maret 2023, juga sudah saya balas setuju.

Pada tanggal 5 April 2023, saya mendapatkan pesan WhatsApp resmi dari BNI bahwa kartu kredit co-brand saya sudah dalam proses dan akan jadi dalam 10 hari kerja.

Namun demikian, hingga tanggal 28 Mei 2023, kartu kredit co-brand Garuda pengganti kartu kredit JD.ID saya belum kunjung diterima. Saya pun kembali menelepon BNI Call, diinfokan bahwa kartu belum diproses dan diminta menunggu 14 hari kerja.

Hingga akhir bulan Juni 2023, kartu kredit yang dijanjikan belum kunjung saya terima. Saya kemudian kembali menelepon BNI Call kembali. Oleh CS BNI Call diinfokan bahwa pengajuan kartu kredit saya ditolak oleh bagian analis kartu kredit, karena adanya mis-komunikasi. Yang mana pihak analis menganggap bahwa saya mengajukan permintaan pembuatan kartu kredit baru dan bukan kartu pengganti JD.ID. Saya kemudian diminta menunggu 14 hari kerja lagi.

Pada tanggal 13 Juli 2023, kartu kredit pengganti saya masih belum muncul, kemudian saya kembali menelepon BNI Call dengan nomor laporan: 200016140334. Oleh CS BNI Call diinfokan bahwa kartu kredit saya statusnya masih belum diproses juga. Kali ini CS tidak berani menginfokan waktu tunggu, karena saya sudah berkali-kali telepon dan tidak kunjung solved masalahnya.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan divisi kartu kredit BNI. Saya mohon dengan sangat kepada divisi kartu kredit BNI agar memprioritaskan penggantian kartu kredit BNI JD saya menjadi kartu co-brand Garuda, agar segera dapat saya gunakan. Apabila masih begini terus dengan terpaksa saya akan mengajukan penutupan kartu kredit tersebut.

Terima kasih.

Erwin Prasetyo Ardy
Kab. Demak, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal “Penggantian Kartu Kredit BNI Sejak Bulan Maret Tidak Kunjung Berhasil”

Menanggapi surat Bapak Erwin Prasetyo Ardy di www.mediakonsumen.com pada tanggal 15 Juli 2023 berjudul “Penggantian Kartu Kredit BNI Sejak Bulan...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Penggantian Kartu Kredit BNI Sejak Bulan Maret Tidak Kunjung Berhasil

  • 15 Juli 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Anda sudah punya nomor frequent flyer Garuda Indonesia atau belum?
    Kalau belum punya, gak akan bisa diproses kartu kredit BNI co-brand Garuda.
    Kalau sudah punya no frequent flyer Garuda, kemungkinan tidak bisanya terkait hasil analis (Slik, aksetasi penghasilan, dll).

    • 17 Juli 2023 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf sebelumnya kak. Setahu saya bila nasabah belum ada keanggotaan garuda miles maka dari bank akan mendaftarkan bila acc kartu cobrand garuda, dan kebetulan saya saat ini statusnya sudah punya id garuda miles dari bank lain.

      Untuk terkait analis, seharusnya tidak ada kendala ya mengingat saya bukan mengajukan kartu baru tetapi melakukan penggantian jenis kartu karena yg cobrand jd id sudah tidak dipasarkan dan memang dari BNI sendiri yang menawarkan untuk penggantian kartu tersebut bukan saya yang minta. Budayakan membaca dulu ya kak sebelum berkomentar. Terima kasih

    • 17 Juli 2023 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi karena staf marketingnya saat memberikan penawaran tidak mengetahui informasi bahwa anda memiliki nomor GarudaMiles yang sudah terdaftar di bank lain.

  • 17 Juli 2023 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah terdaftar GarudaMiles dari kartu (kredit/debit) bank manapun, akan ketolak di sistemnya Garuda Indonesia kalau diproses kartu co-brand baru di bank yang sama maupun di bank lain.
    1 nomor GarudaMiles hanya bisa terdaftar di 1 kartu/1 bank.
    Saya pernah mengalaminya.

    • 18 Juli 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Maaf komentar anda kontradiktif.

      Komentar pertama bilang “Anda sudah punya nomor frequent flyer Garuda Indonesia atau belum? Kalau belum punya, gak akan bisa diproses kartu kredit BNI co-brand Garuda.” lalu komentar kedua bilang “Kalau sudah terdaftar GarudaMiles dari kartu (kredit/debit) bank manapun, akan ketolak di sistemnya Garuda Indonesia kalau diproses kartu co-brand baru di bank yang sama maupun di bank lain. 1 nomor GarudaMiles hanya bisa terdaftar di 1 kartu/1 bank.”

      Pernyataan pertama mengatakan kalau belum punya GM tidak bisa di proses pengajuan cobrand, pernyataan kedua kalau punya GM dari bank lain tidak bisa dibuatkan dari BNI. Coba anda pikir dari kedua pernyataan tersebut bagaimana caranya saya punya ID GM asal dari bank BNI kalau syarat pengajuan cobrand garuda dari BNI harus sudah punya nomor GM dari BNI?

      Saya kasih tau ya kak biar tidak asbun. Keduanya pernyataan tersebut salah. Bisa kok 1 garudamiles untuk banyak bank kecuali citibank. Kalau khusus citibank, ID garuda milesnya akan dibuatkan nomor baru jadi terpisah gitu. Untuk bank lain bisa 1 GM untuk multibank nanti pengumpulan milesnya jadi 1. Teman saya banyak kok yg 1 ID GM multibank

      • 25 Juli 2023 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Untuk Garuda Credit Card Cobrand di Indonesia bank penerbit hanya ada 2 saja..Citibank Garuda limit awal 12 Juta dan BNI Garuda Visa Platinum yang mana limit awal 20 Juta dan Visa Signature limit awal 25Juta..Alangkah baiknya anda menanyakan ke pihak call centre BNI apakah bisa digunakan untuk 2 cobrand ? Karena memang setahu saya bakal di reject otomatis oleh sistem sehingga anda pilih salah satu saja bank mana yang mau anda apply..kecuali anda mempunyai CC yang mana transfer partner ke 3 maskapai Garuda, SQ, Cathay tidak jadi masalah cukup menggunakan 1 nomor bisa untuk di semua kartu..karena sistem cobrand dengan transfer partner ke 3 maskapai berbeda..Saya juga pernah menanyakan hal serupa ke BNI dan Citibank jawaban mereka sama yaitu harus pilih salah satu saja. Sebagai contoh saya menggunakan BCA SQ VISA INFINITE. Nah untuk no krisflyer saya bisa saya gunakan untuk CC semua yang lainnya selama bank tersebut menerima opsi penukaran point kartu kredit menjadi Miles..

 Apa Komentar Anda mengenai kartu kredit Bank BNI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Penggantian Kartu Kredit BNI Sejak Bulan Maret Tidak Kunjung Berhasil…

oleh Erwin dibaca dalam: 1 menit
6