Garuda Indonesia Mencetak Boarding Pass dengan Nomor Kursi Sama

Saya penumpang pesawat Garuda Indonesia, pada penerbangan rute Palembang – CGK, tanggal 28 Juli 2023. Saya sudah memiliki boarding pass melalui online check-in. Namun ketika duduk di kursi pesawat, saya diminta duduk di kursi lain, karena ada penumpang lain yang sama nomor kursinya dengan saya. Pihak ground staff mencoret nomor kursi pada boarding pass saya saat di pesawat, karena pramugari menanyakan adanya 2 boarding pass dengan nomor kursi yang sama kepada ground staff.

Hal ini aneh, masa sistem Garuda Indonesia bisa mencetak nomor kursi ganda? Hal ini membuat saya sangat tidak nyaman. Saya menduga ada oknum yang bisa membuat hal seperti ini terjadi. Kejadian tersebut mungkin dialami juga oleh penumpang lainnya .

Ke depannya saya harap pihak Garuda Indonesia pusat dapat menindak oknum di bandara setempat, yang mungkin memasukkan penumpang lain dengan tidak sesuai ketentuan yang ada. Sehingga kejadian seperti ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

Ganesha Wicaksana
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Garuda Indonesia Mencetak Boarding Pass dengan Nomor Kursi Sama

  • 30 Juli 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Ada banyak hal atau kasus yang membuat “seat” seorang penumpang bisa berubah, meskipun penumpang tsb sudah c/i online dan sudah punya “seat number”. Salah satunya, karena ada pergantian type pesawat, yang mana pasti konfigurasi pesawat berubah. Atau, harus memindahkan karena ada anak kecil yang harus duduk barengan dgn ortunya, atau banyak kasus lainnya. Biasanya jika penumpang sudah memiliki boarding pass dan ada perubahan posisi seat, boarding gate staff akan memberitahukan perubahan tsb ketika penumpang scan b/p ketika boarding time, termasuk alasannya. Jika setuju akan dirubah, jika tidak setuju akan ada perubahan lain.
    Sistem Airline manapun tidak akan pernah mencetak seat yang sama untuk 2 penumpang. Di boarding pas sudah di coret, kalau seatnya sudah berubah ke 30H, dan itu sesuai dgn manifest yang dicetak yang diserahkan dari ground handling staff ke cabin crew. Kecuali anda membeli seat tsb, yang mana anda berhak atas seat allocation tsb yang biasa terjadi di flight AirA***, maka perubahan seat sih wajar terjadi.

    11
    1
      • 31 Desember 2023 - (02:53 WIB)
        Permalink

        Anak saya usia 14 th, terbang sendiri naik Gia 1484 CGK – PDG jam 09 25 tgl 30 Desember 2023, secara paksa dipindah oleh crew karena ada seorang ibu yang Check in online ingin duduk disamping anaknya yang kebetulan duduk disamping anak saya seat 32K, sehingga anak saya dipindah ke seat 41C (seat paling belakang) membuat anak saya kecewa. Saya komplain, tapi Customer Service Garuda Di bandara Soeta hanya minta maaf atas ketidaknyamanan ini. Sungguh pelayan seperti ini tidak profesional dan sangat mengecewakan penumpang.

    • 31 Juli 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      sy udah cek via garuda call center setelah landibg. nomor kursi sy tetap 25J. terus yang nyoret dasarnya apa?

  • 30 Juli 2023 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Mungkin ada orang kuat yang ingin duduk satu deret dengan istri, anak atau keluarganya, tp sudah tidak ada kursi satu deret lagi yang tersedia pas mereka cek-in

    3
    3
    • 31 Desember 2023 - (03:04 WIB)
      Permalink

      Saat pesawat mendarat, saya telpon pramugari yang bernama Maya melalui hp anak saya, dia mengakui bahwa yang memindahkan anak saya tersebut adalah ground crew di bandara Soeta, sungguh perlakuan crew Garuda seperti ini merusak reputasi Garuda Indonesia yang baik selama ini.

  • 31 Juli 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Biasa saja..maka gak usah cek in online,..sekarang ini hampir semua cek in online,,ketika di bandara semua seat sudah ada yang punya,..dan ini sangat merugikan yang gak bisa cek in online,..sehingga ada anak kecil dapat seat di pintu darurat…seharusnya jatah cek in online cukup 50% saja

  • 1 Agustus 2023 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah 2x nomor kursi sama, air asia sm batik air, tp saya tidak terlalu peduli. Pesawatnya nggk penuh juga, paling isi 50an orang,, klo penuh mungkin saya akan protes, tp ya saya suka simpel. Kadang sistem juga bisa erorr

 Apa Komentar Anda mengenai Garuda Indonesia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Garuda Indonesia Mencetak Boarding Pass dengan Nomor Kursi Sama

oleh Afkar dibaca dalam: 1 menit
12