Tanggapan perihal “Investree Macet Hingga Lebih dari 400 Hari dan Asuransi Masih Belum Ada Kejelasan”

Yth. Bapak Hendra,

Terima kasih atas informasi yang Bapak sampaikan di atas, kami sangat mengapresiasinya. Melalui balasan ini, kami sampaikan bahwa untuk setiap keterlambatan pembayaran yang dialami oleh Lender, Investree selalu mengirimkan update status pendanaan Bapak melalui email. Informasi yang kami kirimkan juga bersifat real-time atau sesuai dengan progres yang saat ini sedang diupayakan oleh Tim Investree.

Melihat daftar pendanaan yang Bapak bagikan di atas, tim kami telah melakukan pengecekan ulang data dan hasilnya, mayoritas pendanaan yang Bapak ikuti statusnya sedang dalam proses penagihan di mana Borrower-Borrower tersebut tengah mengalami penurunan kinerja bisnis akibat banyak hal termasuk dampak pandemi. Meskipun demikian:

  1. Upaya penagihan dari Investree terus berjalan untuk menyelesaikan keterlambatan pembayaran pada sejumlah pinjaman di atas (PT DTIN, JTL, FDGS, dan DUQZ).
  2. Terkait status pencairan klaim asuransi, beberapa pinjaman di atas ada yang sudah memasuki tahap finalisasi dan ada yang masih dalam tahap validasi dokumen oleh pihak asuransi. Kami pastikan bahwa usaha ini terus berprogres.

Asuransi di Investree merupakan manfaat tambahan yang pembayaran preminya ditanggung oleh Investree dan pemegang polisnya atas nama Investree. Jika terjadi gagal bayar, maka tidak serta merta langsung dilakukan pengajuan klaim asuransi, melainkan terlebih dahulu akan dilakukan mekanisme penagihan dan upaya-upaya hukum lainnya. Sesuai dengan SOP dan PKS dengan mitra asuransi kami, ada syarat dan ketentuan dari pihak asuransi yang harus diikuti termasuk untuk pinjaman yang sudah masuk dalam kategori wanprestasi (seperti masuk dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), restrukturisasi, dan sudah ada kesepakatan untuk pembayaran parsial), belum dapat diajukan proses klaim, sehingga berdampak terhadap mundurnya proses penyelesaian pembayaran terhadap Lender.

Selain itu, periode mulai klaim adalah 91 hari kalender sejak pinjaman jatuh tempo. Yang di mana artinya, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari pihak asuransi, Investree baru dapat memulai mengurus kelengkapan dokumen dan hal-hal yang dibutuhkan untuk keperluan klaim asuransi di hari ke-91 sesudah pinjaman jatuh tempo sampai proses pencairan berhasil dieksekusi oleh pihak asuransi rekanan. Pengajuan akan dilakukan secara berkala disesuaikan dengan kecukupan asuransi yang bergerak sesuai dengan volume klaim pengajuan setiap bulannya.

Apabila Bapak bersedia, kami akan menghubungi Bapak secara pribadi melalui telepon untuk menjelaskan pembaruan status pendanaan Bapak dan agar lebih leluasa terhubung dengan kami. Sebagai platform fintech lending yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Investree terus mengedepankan transparansi sehubungan dengan status pendanaan setiap Lender serta memaksimalkan manfaat tambahan berupa asuransi dan pendampingan Lender.

Menambahkan informasi di atas, perolehan TKB90 terakhir yang dilaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga sebesar 96,83% (TKB90 Juni 2023). Selain itu, sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi, Investree juga menjalani proses audit dari (OJK) setiap tahunnya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi saluran resmi Customer Support Investree di 1500886 pada hari dan jam kerja atau email ke cs@investree.id.

Salam hangat,

Tim Investree

Update (9 Agustus 2023): Isi tanggapan di atas telah direvisi sesuai permintaan dari pelaku usaha terkait melalui email.
Investree Macet Hingga Lebih dari 400 Hari dan Asuransi Masih Belum Ada Kejelasan

Sebelumnya saya ikut investasi di P2P Lending Investree, karena lihat TKB-nya bagus, proses grading calon borrower cukup selektif dan adanya...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Tanggapan perihal “Investree Macet Hingga Lebih dari 400 Hari dan Asuransi Masih Belum Ada Kejelasan”

  • 8 Agustus 2023 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Jawaban dari pihak investree: Investree selalu mengirimkan update status pendanaan Bapak melalui email <<== HOAX, buktinya di akun saya u/ keterlambatan diatas 300 hari sudah ngga ada ada update lagi?

  • 13 Agustus 2023 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Pesimis saya sama bisnis p2p lending ini. Porto saya di Amartha, yg saya bayar premi asuransi gagal bayar aj, udh 2 tahun gak ada kejelasan kapan baliknya. Begitu pun di tanifund, gak jelas jg.

  • 24 Agustus 2023 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Sangaaaaaat besar harapan bagi saya untuk sisa yang ada segera untuk validasi dokumen segera sehingga dana yang tersisa dapat dicairkan kembali karena dana yang tersisa ini juga sudah mendekati 400 hari keterlambatan…

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Investree?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tanggapan perihal “Investree Macet Hingga Lebih dari 400 Hari da…

oleh Redaksi dibaca dalam: 2 menit
4