Jadwal “English Academy by Ruangguru” Tidak Jelas, Membuat Peserta Beberapa Kali Ketinggalan

Saya adalah salah satu peserta kursus bahasa Inggris yang diadakan Ruangguru, dalam programnya yang disebut English Academy. Setelah menjalani beberapa prosedur, seperti test dan melakukan pembayaran, saya menerima arahan awal dari konsultan pendidikan tentang kursus ini.

Awalnya tidak ada masalah. Saya sudah membayar, ada link untuk akses kelasnya, ada CS untuk menangani kendala. Namun setelah pembayaran lunas, mulai terjadi beberapa hal yang kurang nyaman. Salah satunya, CS mendadak lebih sulit dihubungi. Dari yang balasannya menjadi lama, bahkan sampai tidak dibalas sama sekali.

Ketika di-follow up ke konsultan pendidikan yang tadi, hal sama terjadi. Ketika saya tanya bagaimana membuat password untuk login, karena sebelumnya tidak pernah buat, tidak kunjung ada balasan. Begitu pun ketika halaman profil masih kosong melompong, tidak ada sama sekali keterangan ada di level apa dan lain-lain. Contohnya chat ini, ditulis tanggal 26 Juli 2023, sampai 29 Juli 2023 saya chat lagi, CS-nya diam saja.

Setelah beres masalah tadi, konsultan pendidikan mengatakan kelas akan dimulai 31 Juli, dan ada pre class sebelumnya. Sayangnya, sepertinya konsultan pendidikan tidak begitu paham fitur-fitur Ruangguru. Pre class dan English Club dikatakan sama, dan kemudian hari baru saya tahu kalau itu 2 yang berbeda.

Bahkan soal mulai kelas pun, tidak jelas juga. Konsultan bilang 31 Juli 2023, CS bilang 8 Agustus 2023, itu pun setelah ditanya, bukan pemberitahuan kalau kelasnya ditunda. Saya jadi bingung apa memang kelas ditunda, atau konsultan sengaja menulis tanggal lebih cepat supaya cepat-cepat lunas.

Pada 29 Juli, tiba-tiba muncul kelas di website pukul 15.00, tanpa pemberitahuan baik di email ataupun diberitahu konsultan pendidikan di awal tadi. Karena kebetulan buka website, terlihat. Namun tepat ketika jam kelas dimulai, menghilanglah kelasnya. Jadi saya lapor ke customer service. Lalu diberi solusi standar seperti gonta-ganti browser dll, sampai kelasnya selesai, dan dengan gampangnya cs bilang kelas itu tidak pernah ada.

Seperti bisa dilihat di atas, CS bilang untuk mengabaikan saja kelasnya. Iya, diabaikan saja. Eh ternyata, kelasnya aslinya ada, dan paling penting, kelas tentang teknis pelaksanaan English Academy.

Jadi kami tidak mendapat kesempatan untuk bertanya tanya tentang teknis pelaksanaan, karena kelasnya hilang, dan CS pun tidak tahu kalau ada kelas itu. Cukup lucu. Sebagai alternatif, kami diarahkan untuk ikut pre class tanggal 5 Agustus 2023, yang ternyata berbeda dengan itu. Pre class untuk perkenalan, dan kelas yang hilang ini adalah penjelasan teknis English Academy dan tanya jawab tentang itu.

Selain itu, tiba-tiba saja ada perubahan tanpa pemberitahuan. Ada welcoming session, yang tidak pernah diberitahukan sebelumnya, jadi saya terlewat, dan pre class yang tiba-tiba berubah. Dari konsultan pendidikan bilang pukul 14.00,  tapi di website tidak ada/kosong melompong sampai hari H-nya. Jadi kalau hari itu saya baru buka website pukul 14.00 sesuai arahan konsultan pendidikan, maka saya akan kelewatan 2 kelas sekaligus. Akhirnya hari itu saya terlewat 2.

Setelah protes bahwa saya kelewat, barulah saya diberitahu ada grup WhatsApp. Jadi ketika awal bergabung, saya tidak sama sekali diberitahu ada grup WhatsApp. Ketika ditanya soal program EACH pun, CS butuh 24 jam untuk menjawab bahwa akan dikabarkan di grup WhatsApp, yang tidak pernah terjadi. Konsultan pendidikan malah tidak menjawab.

Sementara di grup WhatsApp, postingan pertama baru pada 3 Agustus 2023. Sebelumnya tidak ada posting apa pun, yang ternyata tanggal 2 Agustus sudah ada program EACH tersebut. Jadi lagi-lagi saya terlewat. Sebenarnya mau saya post screenshot grup WhatsApp tersebut. Namun karena mengandung privasi berupa nama orang dan nomor hp, bagian ini tidak saya post fotonya.

Jadi dari awal saya bergabung 2 minggu ini, terjadi beberapa masalah:

  • Seperti yang sudah dijelaskan di atas, program programnya sering tidak jelas. Tiba-tiba berubah, tiba-tiba muncul tanpa pemberitahuan, tiba-tiba hilang
  • Mendapat bantuan dari CS terkadang sulit dan dijawab seadanya.
  • Terkadang dikatakan akan dibuatkan tiket, tapi kelanjutan dari tiket itu tidak jelas,
  • Walau sudah dikomplain bahwa beberapa kali tertinggal, dengan gampang bilang lihat histori saja.

Ya gimana ya, kami membayar dengan harga yang sama, masa dikasih hak yang berbeda gitu? Ada yang tidak bisa ikut kelas karena sistem, hanya bisa akses histori. Iya kalau memang kami yang gak bisa ikut, masuk akal. Lah kalau kami bisa ikut, tapi dibikin gak bisa ikut begitu, kan merugikan peserta!

Melalui surat ini saya berharap pihak English Academy lebih jelas untuk jadwal-jadwalnya. Terutama pengarahan di awal, jangan cuma seadanya. Pelayanan CS juga harus ditingkatkan, masa fitur fiturnya sendiri tidak tahu, jawabannya asal-asalan. Peserta membayar penuh, tapi hak yang diterima tidak penuh, kan merugikan sekali.

Abraham Dharmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Jadwal “English Academy by Ruangguru” Tidak Jelas, Membuat Peserta Beberapa Kali Ketinggalan

  • 8 Agustus 2023 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Parah, Iklan besar-besaran sampai menggunakan Seleb terkenal tapi ZONK .. malah mungkin lebih bagus lembaga belajar rumahan atau Ruko biasa

    • 15 Agustus 2023 - (06:52 WIB)
      Permalink

      Ini sih namanya “Habis manis sepah di buang”. Mereka hanya cari untungnya saja.
      Sewaktu covid anak saya juga ikut pembelajaran ruangguru, tapi setelah off line kembali di buka, saya sarankan pada anak untuk tidak ikut pembelajaran online, lebih baik kursus langsung di lembaga-lembaga kursus terdekat.

  • 9 Agustus 2023 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya tidak sembarang Consultant yang kamu pilih, pilih lah yang benar benar jelas.
    Saya juga menggunakan English Academy dan mencari Consultan yang terbaik, Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Ruangguru?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Jadwal “English Academy by Ruangguru” Tidak Jelas, Membuat…

oleh Abraham dibaca dalam: 3 menit
3