Transfer dari Bank Lain Sudah Masuk tapi Status Reversal, CS Bank Mandiri dan Bank Neo Saling Pingpong

Dear Media Konsumen,

Terima kasih telah mengizinkan saya memuat keluhan dalam situs. Di sini saya mau menyampaikan ke pihak Bank Mandiri (penerima) dan Bank Neo Commerce (pengirim). Pada hari Senin, 14 Agustus 2023, saya menerima transfer dari rekening ibu saya sebesar Rp100.132 dari Bank Neo Commerce ke Bank Mandiri atas nama saya.

Notifikasi melalui aplikasi Livin’ menyatakan bahwa dana telah diterima detik itu juga, dan ter-reversal detik itu juga. Kemudian saya menginformasikan kepada ibu saya bahwa uang di rekening saya telah di-reversal dan ibu saya mengecek mutasi rekening di Bank Neo Commerce, tapi tidak ada pengembalian.

Saya pun menghubungi pihak Bank Mandiri selaku penerima, dan CS memberikan informasi:

“Halo Bapak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Apabila Bapak mengalami transaksi reversal, maka kami persilakan Bapak agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengirim dana (bank pengirim) dikarenakan transaksi reversal merupakan transaksi yang kembali ke pihak pengirim dana ya.”

Kemudian ibu saya menghubungi CS Bank Neo Commerce untuk mengkonfirmasi transaksi tersebut. CS menginformasikan bahwa dari sisi transaksi di Bank Neo, transaksi telah berhasil dan disarankan untuk menghubungi bank penerima dana, yaitu Bank Mandiri.

Ke mana sebenarnya uang tersebut? Dan ke mana sebenarnya harus mengajukan komplain? Antara pihak Bank Neo Commerce dan Bank Mandiri saling lempar tanpa memberikan solusi jelas. Terima kasih.

Tubagus Handali
Bekasi, Jawa Barat


Update (16 Agustus 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Neo Commerce dan Bank Mandiri sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Transfer dari Bank Lain Sudah Masuk tapi Status Reversal, CS Bank Mandiri dan Bank Neo Saling Pingpong

    • 16 Agustus 2023 - (14:11 WIB)
      Permalink

      Saya pernah diberitahu oleh teman yang bekerja sebagai IT di salah satu bank bumn bahwa sistem komputer bank biasanya melakukan refresh atau maintenance jaringan mereka pada jam 01.00 – 04.00 pagi. Dia sarankan agar tidak melakukan transaksi bank secara online atau ATM pada jam segitu Krn takut nya ada failure atau gagal transaksi. Jadi saya fikir anda mengalami hal itu juga krn transaksi anda di sekitar jam 01 pagi.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Transfer dari Bank Lain Sudah Masuk tapi Status Reversal, CS Bank Mand…

oleh TUBAGUS HANDALI dibaca dalam: 1 menit
2