Annual Fee BRI JCB Tertagih, Kartu Minta Ditutup tapi Annual Fee Harus Dibayar

Saya adalah pemilik kartu kredit BRI No. 3565-****-****-8807. Pada tanggal 18 Agustus 2023, saya menerima tagihan tanggal cetak 15 Agustus 2023, yang mana muncul Annual Fee sebesar Rp300.000. Sore harinya, saya menelepon call center BRI 14017 dan diterima oleh Bapak Gavin. Namun annual fee tersebut tidak dapat dihapuskan, karena tidak memenuhi syarat.

CS tersebut menyebutkan bahwa kartu tersebut jarang dipakai dan saya harus mendaftar tagihan rutin. Saya meminta untuk kartu tersebut ditutup karena jarang dipakai, tetapi CS bilang harus dibayarkan dulu annual fee-nya.

Apakah memang BRI berbeda dengan kartu kreditnya lainnya, yang mana tagihan annual fee yang sudah tercetak harus dibayarkan meskipun sudah tidak mau digunakan lagi? Kejadian ini sama seperti tahun sebelumnya, yang mana pada akhirnya annual fee tersebut dihapuskan dan diminta untuk tidak menutup kartu tersebut.

Melalui surat ini, saya minta kartu tersebut ditutup permanen dan annual fee tersebut dihapuskan, karena tidak dipakai. Hati-hati dengan  pemaksaan dan iming-iming agar kartu jangan ditutup. Ternyata itu adalah trik marketing, yang mana nanti harus bayar annual fee dan tidak bisa di-waive, untuk tahun selanjutnya.

Andi Kieputera
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Annual Fee BRI JCB Tertagih, Kartu Minta Ditutup tapi Annual Fee Harus Dibayar”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Annual Fee BRI JCB Tertagih, Kartu Minta Ditutup tapi Annual Fee Harus Dibayar

  • 20 Agustus 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    aku juga pake CC BRI 3 taun 2 kali dihapus tanpa syarat, dan tahun terakhir dengan transaksi, menurutku sih fine aja yah karena sekali lagi ini kan FASILITAS PINJAMAN, untung” an ada bank mw pinjamin kita dengan fee tahunan yah bukan fee bulanan, wajar sih menurutku, kalopun gak ada transaksi yng bisa ngewave, harusnya tau dari awal kalo gak aktif trx ya gak bisa ajuin Hapus Annual fee Tanpa Syarat, gitu kak hehe

    7
    1
    • 20 Agustus 2023 - (09:44 WIB)
      Permalink

      Lho sy aja Minta Penghapusan dengan alasan jarang dipakai Permohonan ditolak karna memang Volume Trxnya kurang, malah kartu Word Acces disetujui karna memang Volum trxnya memenuhi syarat. Dimana2 kalo mau nutup kartu di Nolkan dulu tagihannya, jangan mau Nikmatin Fasilitasnya aja..

  • 20 Agustus 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Bayar dan tutup.
    Kalau ga mau pake dari awal, jangan punya kartu kredit atau terima tawaran dari Marketingnya Bank. Giliran ada iuran tahunan malah riweh.

    ***Apakah memang BRI berbeda dengan kartu kreditnya lainnya, yang mana tagihan annual fee yang sudah tercetak harus dibayarkan meskipun sudah tidak mau digunakan lagi? ***
    ====>>>> masing2 bank punya beda kebijakan asalkan tidak melanggar UU Perbankan. Dan hal yg dikeluhkan TS tidak melanggar UU Perbankan.

  • 20 Agustus 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    BRI dari dulu memang begitu aturannya. Dan ngga ada yang salah kok. Selama beberapa tahun pakai cc BRI ga pernah sampai bayar iuran tahunan karena total transaksi di cc mencukupi untuk permintaan waive iuran tahunannya.

    Kalau merasa ga banyak transaksi dgn cc, ngapain nggak ditutup aja jauh hari sebelum iuran tahunan ditagih?
    Tiap bank punya S&K sendiri2 soal hapus iuran tahunan.

  • 20 Agustus 2023 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Apakah memang BRI berbeda dengan kartu kreditnya lainnya, yang mana tagihan annual fee yang sudah tercetak harus dibayarkan meskipun sudah tidak mau digunakan lagi?

    —-> Iya BRI memang begitu

  • 20 Agustus 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Itu sama dengan biaya perawatan system. Dipake atau tidak kartu yang aktif alias akunnya masih ON walaupun pemegangnya pasif alias tidak digunakan tetap otomatis ada Annual Fee.
    Seharusnya ajukan penutupan kalau memang tidak dipakai sebelum tagihan Annual Fee masuk dalam billing statement.
    Kalau sekarang sudah ada tagihan nya dan anda mengajukan penutupan, anda tetap harus bayar.

  • 20 Agustus 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya untuk AF itu akan di hapuskan apabila kita sudah ada transaksi dlm nilai tertentu yang sudah di tentukan oleh bank Penerbit , kalo jarang pakai dan gak sesuai pemakaian yang bank Penerbit tentukan itu biasanya akan kena , sebenernya CC itu kalo kita disiplin keuangan dlm membayar tagihan Full , itu malah menguntungkan pihak pemakai, Salam

  • 20 Agustus 2023 - (16:21 WIB)
    Permalink

    kalo mau pake makanya di perhatikan pak dengan syarat dan ketentuannya. apa ga bisa baca ya pak? dibiasain membaca ya pak.

  • 20 Agustus 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Udah tau kalau JCB itu ada annual fee nya… Giliran ditagih ga mau..ada syarat penghapusan juga ga mau

  • 21 Agustus 2023 - (01:51 WIB)
    Permalink

    Kan memang begitu. Kartu dipakai ataupun tidak, pasti akan kena anual fe. Makanya kartu ditutup jauh2 hari sebelum af nya keluar. Disemua bank juga peraturannya juga begitu

  • 21 Agustus 2023 - (10:47 WIB)
    Permalink

    OJK agar mewajibkan semua penerbit kartu kredit utk memberitahukan ke pemegang kartu SEBULAN DI MUKA bhw akan ada biaya annual fee di tagihan bulan berikutnya, jadi yg tidak berkenan bisa langsung minta tutup dan tidak terjadi drama jebakan spt ini

  • 21 Agustus 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Tutup saja ngak usah bayar, kalau memang tidak pernah pakai, sekalian kartu2 lain kalau ada, biasanya mereka mau hapus kalau di ancam tutup semua kk

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Annual Fee BRI JCB Tertagih, Kartu Minta Ditutup tapi Annual Fee Harus…

oleh Andi K dibaca dalam: 1 menit
15