Pihak Travelio Tidak Bertanggung Jawab

Dear Media Konsumen,

Pada tanggal 21 Juni, saya melakukan reservasi untuk Apartment dengan Kode Pesanan: EF08AB97A untuk masa sewa selama satu tahun, dengan tanggal check-in pada 31 Juli. Saya telah membayar pembayaran penuh termasuk biaya kebersihan sebesar 510,000 dan deposit.

Pada tanggal 31 Juli, saya melakukan check-in melalui aplikasi dan membayar deposit. Namun, ketika saya tiba di unit, keadaannya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Unit tersebut tidak layak untuk ditempati, dengan sampah berserakan di seluruh area unit.

Kamar mandi dalam keadaan kotor, AC bocor, peralatan dapur yang sudah rusak, rice cooker dan alat masak sudah rusak, keran air bocor, hanya ada satu kunci cadangan pintu utama. Engsel kitchen set berkarat, dan ada serangga kecil bertebaran di dalam laci dapur. Tirai kotor dan berdebu, tiga tempat tidur kotor, sofa di ruang tamu kotor dan berdebu dengan noda di mana-mana. Unit tersebut juga berbau tidak sedap, dan ada bagian plafon di balkon yang hampir jatuh. Keadaannya sangat buruk.

Saya telah membayar jasa pembersihan sejak satu bulan sebelum check-in, namun mengapa unit ini tidak dibersihkan? Jika unit belum siap untuk check-in, seharusnya pihak Travelio memberi tahu saya melalui telepon atau email. Informasi kontak saya sudah tertera di aplikasi. Uang pembayaran untuk pembersihan ke mana?

Saat saya check-in, saya dibantu oleh staf yang tidak berpengalaman dan baru bekerja selama tiga hari. Dia hanya membawa alat pembersih yang tidak memadai, bahkan tidak membawa alat vakum, sapu, atau peralatan pembersih yang memadai.

Saya sudah beberapa kali mengajukan keluhan melalui aplikasi dan telepon, namun tidak ada respon. Mereka hanya memberi alasan bahwa karena saya sudah berhasil check-in melalui aplikasi, masalah dianggap selesai. Padahal, sampai saat saya menulis ini, perbaikan belum selesai dilakukan.

Pihak Travelio menawarkan re-check in, padahal rencana saya telah terganggu selama hampir dua bulan. Saya sudah memberikan waktu dari tanggal 31 Juli hingga 8 Agustus untuk perbaikan, namun belum ada tindakan yang nyata. Saya menunggu di unit dengan sia-sia.

Saat saya check-in, bahkan ada perbaikan pada lampu dan exhaust kitchen. Hari berikutnya, saya menunggu untuk perbaikan AC, yang pada akhirnya hanya memindahkan AC dari kamar utama ke ruang tamu. Meskipun demikian, AC tersebut masih tidak dingin, hanya mengeluarkan angin biasa. Biaya total untuk perbaikan sudah mencapai lebih dari 3 juta, belum termasuk biaya pembersihan tirai per meter di laundry yang mencapai Rp26.000 per meter. Terdapat 7 tirai + vertikal yang rusak dan tidak layak digunakan.

Semua keluhan ini sudah saya sampaikan melalui chat, namun diabaikan. Saya juga memberi tahu melalui chat tentang kunci di kotak surat jika ingin membersihkan ulang, dan ini saya sampaikan pada tanggal 1 Agustus beserta dengan foto bukti.

Saya berharap bahwa saat saya kembali check pada hari Rabu, unit tersebut sudah bersih. Namun, keadaannya masih sama dan semuanya masih kacau. Permintaan untuk perubahan inventory juga diabaikan, dan semua keluhan saya diabaikan. Pihak Travelio hanya menjawab telepon satu kali sebelum langsung dimatikan. Komunikasi dari telepon beralih ke chat dan tidak memberikan solusi yang memadai.

Selama dua hari, banyak orang yang keluar masuk unit dan tidak dapat menuduh siapa yang mengambil. Baru menyadari pada hari Rabu pagi bahwa perhiasan saya sudah tidak ada di dalam dompet. Ketika saya ingin menyimpannya di safety box di bank, saya menyadari bahwa perhiasan tersebut sudah tidak ada di dalam dompet. Kehilangan ini terjadi akibat kelalaian pihak Travelio yang tidak bertanggung jawab atau memperbaiki masalah dan kelalaian yang terjadi.

Jika Travelio menerapkan SOP dengan baik, kejadian seperti yang saya alami ini tidak akan terjadi. Saya ingin mengingatkan kepada semua orang, jangan meletakkan tas sembarangan meskipun berada di dalam unit. Saya tidak meletakkan tas saya di dalam kamar karena tidak ada satu kamar pun yang memiliki kunci.

Saya pernah bekerja selama hampir 2 tahun di Singapura sebagai agen real estate. Di sana, SOP selalu jelas dan keluhan dari penyewa minimal. Untuk kebersihan unit, agen tidak membebankan biaya pembersihan kepada penyewa saat check-in. Namun, setelah masa sewa selesai, unit harus bersih seperti semula. Selalu diberikan invoice asli untuk biaya pembersihan jika masa sewa berakhir. Tidak ada biaya tambahan atau perubahan biaya yang sudah ditetapkan oleh vendor kebersihan.

Hal ini berbeda dengan Travelio, yang telah saya bayar dengan harga yang cukup mahal namun pelayanan yang buruk. Vendor dari luar hanya meminta biaya 300 ribu untuk membersihkan semua lemari.

Sampai hari ini, saya telah mengajukan permohonan pengembalian dana kepada Travelio dengan bukti yang akurat dan valid, namun tidak direspons atau diabaikan. Sebagai penyewa yang baru saja ingin masuk ke unit, saya dihadapkan dengan biaya perbaikan yang seharusnya ditanggung oleh Travelio. Padahal, saya hanya meminta pengembalian 50% dari semua biaya yang saya keluarkan. Semoga kejadian ini tidak akan terjadi kepada pengguna lain.

Terima Kasih.

Natalia
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Pihak Travelio Tidak Bertanggung Jawab

  • 31 Agustus 2023 - (16:34 WIB)
    Permalink

    sebelum bayar apa ga bisa lihat dulu property nya seperti apa. ini ibarat beli kucing dalam karung. kalo memang tidak bisa, mending cari sewa yg msh bisa melayani lihat langsung. dan menurut sy, jauh lebih enak rumah biasa ketimbang apartment. padahal harga tergolong mahal juga.

    2
    1
    • 31 Agustus 2023 - (20:08 WIB)
      Permalink

      Sebelum bayar saya view unit nya, waktu saya view bagus & bersih. Tetapi Ada 4 tenant sebelum saya. Semua kerusakan di bebankan ke saya. Bahkan uang yang sudah bayar kan sebesar 510,000 hanya scam alias penipuan. Pas check in apartment kotor & berantakan. Semua saya ada bukti foto2 unit tersebut tidak asal menuduh satu pihak. Uang yang sudah masuk ke pihak Travelio is dreaming kalo bisa di refund. Itu cara kerja mereka untuk getting money from renting unit.

      2
      1
      • 31 Agustus 2023 - (20:48 WIB)
        Permalink

        Pengalaman yang mengesalkan ya. Kirain tingkah laku si Travelio ini udah berubah, ternyata masih aja bandel, amatiran… Coba Anda search dengan key ‘Travelio’ di search Media konsumen, akan muncul lebih dari 10 keluhan ke Travelio dengan berbagai macam tingkah lakunya yang dialami konsumennya. Sudah banyak keluhan dipublikasikan, masih aja nggak ada perubahan. Ikut prihatin ya mbak.

        4
        1
        • 31 Agustus 2023 - (22:20 WIB)
          Permalink

          Seperti nya mereka tidak ada SOP nya, Now saya di tagih harus bayar perbaikan AC. jika AC nya saya merusak tentu kewajiban saya yang harus membayar. sampe perintilan kecil-kecil kaya kecoa saya di suruh bayar tapi saya menolak, mereka ga punya bukti yang valid tgl 31 July unit dalam keadaan baik & Layak di huni. useless banget. masa ganti kunci pintu aja ga bisa. ganti kran air ga bisa juga. saya cewe lho ganti kran. ganti kunci, ganti regulator gas, semua sendiri. Semua perbaikan itu hanya butuh waktu 30 menit selesai. Semoga tidak ada yang kena seperti aku Guys…. hati-hati karna kelalain orang lain kita kena imbass nya.

          2
          1
          • 2 Desember 2023 - (14:55 WIB)
            Permalink

            Saya setuju sekali bahwa travelio memang aplikasi yang sangat parah dan tidak profesional, saat ini saya juga salah satu penyewa yang mengunakan jasa aplikasi travelio, dan komplain hanya ditanggapi via live chat dengan tidak ada solusi apapun, cenderung hanya mengulur waktu sampai konsumen males terhadap komplainnya sendiri.
            Ini aplikasi yang sangat merugikan konsumen, dimana konsumen wajib mentransfer uang terlebih dahulu.
            Aplikasi ini membahayakan konsumen, tolong kepada pihak berwenang agar dapat melakukan peninjauan terhadap aplikasi Travelio ini.

  • 31 Agustus 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Aduh smoga dana bisa kembali. Gila banget klo usaha bgitu yak. Ini kemungkinan pemilik kaya pihak ke 2 ya? Jadi travelio cuma penyedia aplikasinya. Kayanya pernah baca emang rating aplikasinya untuk ngehubungi cs jelek..makanya ragu mau pakai

    3
    1
    • 31 Agustus 2023 - (22:30 WIB)
      Permalink

      iya kak hanya penyedia pihak ke2, jika berhasil check in by aplikasi masalah di anggap selesai. Semoga para pembaca lebih hati-hati dalam menyewa apartment.

      3
      1
  • 31 Agustus 2023 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Segitu mah mending cari kosan exclusive.Itu pemerasan namanya,unit rusak biaya perbaikan ditanggung penyewa.Saran aja kalo nanti sudah habis masa sewanya,rusakin aja lagi yang sudah anda perbaiki seperti sedia kala.

    • 31 Agustus 2023 - (22:52 WIB)
      Permalink

      agak aneh rules nya, ketika saya kerja sebagai real estate agent biar hanya part time on weekend unit wajib bersih sebelum tenant baru masuk, tidak di kenakan biaya, tetapi pas check out harus di kembalikan seperti semula. make sense sih karna udah di gunaka baru kita perbaiki, bukan sebelum di gunakan kita perbaiki. optional juga, bisa di bersihkan help dari agent atau tenant. NO hidden cost untuk biaya-biaya perbaikan atau kebersihan seperti yang saya lampirkan. invoice asli di kasih ke tenant, sedangkan agent hanya keep copy. Seperti nya unit tidak check pas tenant sebelum saya check in, keliatan ceroboh nya, so buat apa ada deposit jika semua kerusakan di bebankan ke tenant baru. aneh kan? I give up sih complaint sama mereka bertele-tele, pura pura tidak baca.

      1
      1
  • 31 Agustus 2023 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Saran saya anda pasti ada kenal pengacara, tinggal konsultasikan saja dan Somasi karena sudah sangat merugikan anda sebagai konsumen. Laksanakan!

    2
    1
  • 31 Agustus 2023 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Akibat terlalu percaya gambar iklan, gak properti gak mknan iklan pasti lbh wah biar menarik kalo sdh melibatkan uang besar apalagi dibayar duluan harus lbh teliti agar tdk masuk perangkap

    • 31 Agustus 2023 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Saya view unit nya kak bulan Mei, unit dalam keadaan baik & bersih. Tidak ada info dari mereka jika unit belum ready. Saya view ada 5 unit sebelum sewa yang ini. Yang lain kotor & bau nya seperti tidak pernah di cleaning, apalagi lihat bekas susu bayi tumpah di sofa jijik liat nya, belum lagi jarum pentul berantakan di lantai bekas hijab. Sampah yang tidak di buang berakibat jadi sarang kecoa. Sedang kan saya lebih banyak kerja di luar, ga ada waktu buat ngotorin unit. Semoga sharing ini bisa membantu sesama user agar tidak ada yang kena seperti saya

      1
      1
      • 1 September 2023 - (10:47 WIB)
        Permalink

        Saya punya apartment di Pacific Garden sebrang mall alam sutera. Kali kaka” Disni ad yg minat. Type studio. Full furnished.

        2
        1
        • 1 September 2023 - (15:54 WIB)
          Permalink

          Thank You kak atas offer nya, saat ini kesibukan saya masih di area selatan. Semoga segera mendapatkan tenant yang baik.

  • 1 September 2023 - (04:28 WIB)
    Permalink

    Emmm sist tahun lalu juga saya pernah menggunakan jasanya tra****o kapok gk ada tanggung jwb nya

    3
    1
  • 1 September 2023 - (05:08 WIB)
    Permalink

    Mendingan pilih penginapan atau hotel lebih nyaman. Pelayanannya bagus. Travelio hanya penyedia jasa aplikasi. Mestinya keluhan disampaikan ke pemilik apartmen.

    • 1 September 2023 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Saya 3x menggunakan jasa travelio untuk menyewa unit secara harian dalam waktu yang berbeda2. Setiap kali mau check in selalu deg deg an mengingat banyaknya penilaian buruk ttg unit yang disewakan travelio. Dari ketiganya penilaian saya 1 unit bagus, 1 unit cukup bagus, 1 unit biasa saja. Kl unit yang disewa ibu Putri ini memang parah banget. Semestinya Travelio harus bertanggung jawab

      2
      1
      • 1 September 2023 - (22:03 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf kakak aku salah balas comment. Thank You for sharing your experience, please accept my sincere apology.

      • 22 September 2023 - (15:00 WIB)
        Permalink

        mau tanya kak , waktu kaka pas cek in harian .. yg antar kuncinya itu tepat waktu ga ya .. aku jd deg2an baca comment2nya soalnya aku br aja book Travelio

    • 1 September 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Please read properly kak di keluhan nya, rules pihak travelio harus responsible karna sudah di kelola mereka. Jika ada contact owner saya juga tidak akan menulis disini. ini untuk long term bukan untuk 1 atau bulan. term hotel bulalan tidak ada kecuali guest VVIP.

    • 2 September 2023 - (09:41 WIB)
      Permalink

      Thank You kak atas comment nya, emang hotel ada yang di sewakan tahunan? jika ada contact owner saya juga tidak akan wasting my time complaint, jika anda bisa bisa helping solve this issue please let me know. Thank You

  • 1 September 2023 - (05:53 WIB)
    Permalink

    Menurut saya kalau mau pakai aplikasi kontrak dulu 1 bulan nanti perpanjang, jika kontrak panjang gini habis energi juga komplain2 terus2an

    • 2 September 2023 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Thank You for Your comment. I am ex real estate agent in Singapore, tau banget cara sewa sebelum bayar tahunan. Kelalaian bukan dari pihak saya, anyway korban nya bukan saya saja, banyak di luar sana juga korban mereka. this how they make profit from tenant & property owner. cunning & lack of service itu sudah seperti logo company mereka. jika tidak seperti itu then mereka tidak ada profit sedangkan investor per investor USD 18 juta. hutang yang harus mereka bayar juga, kalo tidak mencari profit dari orang seperti saya. How they gonna pay for it.

  • 1 September 2023 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Saya punya apartment di Pacific Garden sebrang mall alam sutera. Kali kaka” Disni ad yg minat. Type studio. Full furnished. CP :0822608718**

  • 1 September 2023 - (11:58 WIB)
    Permalink

    turut prihatin, bu. asli parah banget kl kondisi baru checkin saja spt itu.
    buat pengalaman berharga, nextnya jangan pake lg. mending sewa 1 bulan dl lalu kl ada waktu luang tanya2 utk yg sewain langsung. kl sewa panjang, pengalaman sy lebih enak dgn pemilik langsung krn lebih di maintain, toh pemilik berharap penyewa akan terus disitu. semoga masalah TS di apt cepat selesai

    2
    1
    • 1 September 2023 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Thank You kak atas support nya, ke jebak kak when I view dalam keadaan baik & clean. Padahal saya juga membayar biaya cleaning lebih dari 1 bulan sebelum check in. murni kesengjaan mereka & lalai juga dalam solving segala complaint. great experience yang akan di ingat selama nya. anyway, yang complaint juga bukan hanya saya, saya sudah mengiriman email juga agar mereka cooperative tapi di ignore. malah jawaban nya berbelit2. ya sudah lah nasib sudah di fooled & scam mau di lanjutin datangin kantor mereka not worth my time.

  • 1 September 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Hati2 tar pas cek out kena jebakan batman, karna barang2 yg tadinya sdh rusak anda yg disuruh ganti. Sdh banyak yg komplen hal tersebut. Deposit melayang

    • 2 September 2023 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Thank you udah reminder, sudah berkali-kali update inventory tetapi tidak di gubris. nekad aja mau ke owner nya langsung minta update

  • 1 September 2023 - (23:22 WIB)
    Permalink

    @TS
    Semoga cepat selesai urusannya.
    Pusing sy baca nya, asli. Lain kali ngetiknya pakai BI EYD, mbak

    • 2 September 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      So sorry/ mohon maaf jika tulisan saya kacau, karna galau banget kak akibat kejadian ini, harus ngurus KTP yang hilang antara tgl 31 July to 1 Agustus, Kunci serep mobil juga hilang, Perhiasan yang nilai nya di atas 300 juta +++ juga hilang dari dalam pocket tas yang ada zipper, baru kali ini kehilangan & imagine ketika orang lain kehilangan sesuatu mungkin lebih parah dari saya. sudah biasa di simpan di situ karena rencana tgl 1 Agustus mau di simpan di mailbox bank. akibat dari kejadian ini saya dropped bangettttt. this crazy! berdoa & accept it. semoga tidak ada orang lain yang di rugikan begitu besar seperti saya. Sampe saat tidak ada satu pun admin Travelio yang bisa solving this, hanya me-refund uang cleaning cleaning half 255,000. itu pun saya harus bulak balik ngotot ke mereka. Waktu & Tenaga terkuras habis sia2. Thank You udah reminder, mengoreksi mengenai tulisan saya di atas. Wish You besk luck in everything. Regard, Putri

  • 3 September 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin dengan kejadian yg Ibu alami. Ingin berbagi cerita juga, saya juga sedang mengalami hal serupa, ketika masuk, unita dalam kondisi yang sangat tidak layak, masih ada sampah. Ketika minta di refund berbelit belit, awalnya minta re check in dari mereka, saya tidak mau karena sudah terlanjur kecewa. Akhirnya setelah debat yg gajelas karena CS nya juga sangat tidak membantu, mereka info “akan dibantu refund” selama 14 hari kerja per tanggal 18 Agustus. Saya iseng nanya status refund hari ini tanggal 3 Sept, respond CS tunggu “14 hari kerja” lagi, CS nya gapunya rasa empati dan bener bener kaya robot, berbelit belit dan gabaca chat history, saya harus mengulang apa masalah saya

    sangat kecewa dengan Travelio

    • 5 September 2023 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Thank You for sharing Your experience, Sama kak saya juga di minta re-check in tapi saya menolak & demand untuk cleaning agar unit bisa di tempatin, udah share loc + nitip kunci di mailbox sia2 semua. CS always pretending tidak baca or tidak paham, parah kan. setelah perdebatan sengit & forced them to take the issue seriously, di refund kak. itu pun kita harus gencar. Aku sent invoice secara details pun CS masih bertanya jumlah uang yang sekian itu dari mana hahahahahahaha….. padahal di tulis di bagi 50/50 untuk perbaikan. dia ga tau amount yg di input dr invoice yg sudah di tulis details. ngitung aja ga bisa hahaha….. mendingan balik lg ke SD belajar lagi deh. I was working for charity in remote country, anak2 disana aja kaya ginian paham betul, ini sekelas Travelio masa ga bisa paham.

      Maybe 14 wroking day mereka nunggu unit yang lain tersewa baru di refund. You know this company was funding my Pavilion Capital around USD 18 juta tapi cara mengelola nya semerawut ga jelas. I am ex banker working for than 15 year in Credit Suisse, Studying in Suisse & was appointed working for other country, traveling around lebih dari 30 negara then balik ke Indo kena ginian kesel nya sampe ke ubun2. Aku ngotot minta refund because ini bukan perusahaan charity, lebih baik uang nya aku donasikan ke panti asuhan lebih jelas dari pada buat mereka. lebih parah nya lagi ketika communicate dengan CS instead of solving mereka muter2 tidak ke inti complaint. Cara handle issued aja kalah sama aku yang hanya kerja part time real estate agent. Pada ga bisa buat folder kali ya mana yang sewa tahunan. bulanan, harian. Apalg jaman nya di gital semua tersimpan di server mudah sekali untuk organize nya. I pray & wish You cepat di refund semua. Terlalu underestimate para penyewa jadi nya banyak bad review. Jika mereke willing memperbaiki system & SOP akan minim sekali kesalahan.

    • 4 September 2023 - (01:19 WIB)
      Permalink

      Thank You kak udah mampir comment. iklan nya yang free IPL kan, itu BS semua. jangan kena perangkap jebakan mereka. please bantu comment2 di iklan mereka agar no more victim. insta ads, youtube ads, semua ads di blast sama mereka untuk promosi. tapi jika system SOP nya tidak di perbaiki mau pasang iklan jutaan tiap hari juga tetap tidak akan merubah reputasi mereka. Iklan dengan iming2 harga murah, tapi pas check in di kenakan biaya cleaning sekitar 190k, jadi kalo sewa harian 300k + biaya cleaning 190K jadi 490k. Kalo harian harga segitu mendingan hotel aja. Lokasi strategis, then ga kena biaya printilan juga. Karna sudah terlanjur bayar sewa setahun jadi aku ke jebak disini. Ga tau banyak agent2 juga di area ini bahkan unit seperti ini hanya 60 juta udah included IPL. Mau hemat tadi nya karna rumah lagi renovasi eh malah kena jebakan iklan. sekarang hanya 1 step menyelesaikan complaint di atas. Semoga para pembaca lebih hati-hati dalam memilih tempat tinggal, untuk sewa atau’pun beli.

  • 11 September 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Masih banyak juga yg ketipu sama travelio ya, pdhal banyak bgt review jelek tentang travelio

    • 21 September 2023 - (00:38 WIB)
      Permalink

      Aku salah satunya kakak, I admit cause there is nothing I can do about the past bad experience. Sure… one day someone will shout at them, wait & see.

  • 12 September 2023 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Same bad experience with Travelio. Saya reserve an apartment for 1bulan di daerah BSD di bulan Feb’23.
    Sewaktu check in, check-in staff telat 15mins. Lantai unit masih kotor, furniture berdebu dan masih ada sarang laba2. Saya minta di reclean jadinya. But well, shouldn’t Travelio ensure unit is in absolute top notch condition for move in?

    Masuk minggu ke 2, tiba2 AC in living room keluar air. Saya lapor donk minta di check, tapi saya di minta bayar uang check dan uang perbaikan. Apa policy ini benar? Alasannya cuman karena sudah lebih dari 24jam. Saya tanya donk kapan AC di service, tapi tidak di response dengan bukti service. Jadi kalau tidak di service, ada kerusakan, masa yg baru check in di minta bayar? Sial banget kan…

    Saya di charge biaya listrik air dr Travelio, tapi total biaya beda dengan yg di kasih BM, beda 100K. Sewaktu saya tanya kenapa beda, bagian Travelio (baik CS/ finance) tidak pernah jawab. Dengan berat hati saya hibahkan.

    Saya kasih review sesuai fact, tapi review saya ngak pernah di publish Travelio. Sewaktu saya check di apps, semua review pasti stars 5, mana ya review saya yg 1 star?

    So, I can completely comprehend the bad and painful experience above. Apa di Indonesia tidak ada consumer protection untuk hal2 begini? How can we have our voice heard, apa jalan satu2nya cuman lawyer and sue them?

  • 21 September 2023 - (00:36 WIB)
    Permalink

    So sorry to hear You had experienced as mine, Kalo sewa monthly & Yearly is not their priority clean or not. they dont give a sh*t that what I hear from someone as long as they got money from cleaning + they keep Your deposit as long as they want. All they term they’ve said on contract will be refund at max 14 working days is total BS.

    Semua harga di marked up se’enak nya. masa engsel harga 10k di marked up jadi 50k. As I said is complete scam di siang bolong terang menderang. I keep pushing them instead of fixing the issue they keep asking for 5* feedback. 5* my *SS!

    The only way to report in Indonesia is socmed, viral baru mereka bangun from their sweet sleepin. Lawyer or Police will be useless. I even lost ID CARD, Spare kunci mobil & Jewelry, I dont know how much is worth. Yang pasti ada bangle berat around 30gr kalo di jual langsung laku tuh 20jutaan. Belum lagi necklace from Mondial with Jade & Diamond. Diamond earrings yang mau di simpan di safety bank hilang semua. Padahal udah di hide in my LV OTG pocket with zipper on. Kalo di count ratusan juta, ya udah lah di iklhasin saja, one day they gonna swallow their Karma. Our life doesnt stuck in one place pasti ada imabalan nya for them. I am hoping & Praying someone they shout at them not just us. Hope You get more good thing & good luck come to You after this terrible experience.

  • 16 Januari 2024 - (17:18 WIB)
    Permalink

    ikut bersimpati mba putri, ini bikin frustasi sekali pasti-nya….btw, maaf banget, poor customer service seperti ini bisa gak sih di viralkan di medsos seperti twitter/’X’? karena sepertinya ketika viral di medsos dimana exposure-nya jauh lebih besar dan bikin ‘ngeh” semua masyarakat, jadi dari segi bisnis juga nih travelio bisa bebenah menjadi lebih baik.
    Yang saya tidak suka adalah layanan chat service-nya, mengulang-ngulang seperti bicara dengan (maaf) batu…hehehe, saya tidak sabar karena bagi saya customer service itu yah harus tahu cara melayani customer.

 Apa Komentar Anda mengenai Travelio?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Pihak Travelio Tidak Bertanggung Jawab

oleh Putri dibaca dalam: 3 menit
41