Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Syariah Digunakan oleh Orang Tidak Dikenal

Sebelumnya saya berterima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memberikan kesempatan untuk berbagi keluh kesah saya dan kecewa saya terhadap Bank CIMB Niaga Syariah.

Singkat saja, saya pengguna Kartu Kredit CIMB Niaga Syariah, dengan nomor 5336-****-****-**60. Pada hari Senin, 18 September 2023 sekitar pukul 23.04 saya dikejutkan dengan adanya email masuk pemberitahuan pemakaian kartu kredit saya.

Saya heran karena transaksi tersebut tidak ada SMS, WhatsApp, OTP atau pemberitahuan keamanan lainnya. Saat itu saya berada di rumah, Kartu Kredit ada di saya dan kartu kredit saya sudah ada PIN. Pada saat itu juga saya hubungi Service Center CIMB Niaga dan dilakukan pemblokiran kartu.

Besok harinya saya hubungi lagi Service Center CIMB Niaga untuk menanyakan kelanjutan. Lalu saya diminta untuk mengisi formulir sanggahan dan dikirim melalui email dengan nomor referensi: 00014aJG3NGABVRN. Di sini lagi-lagi saya dikejutkan dengan adanya info oleh CIMB Niaga, bahwa ada lagi transaksi lainnya dan itu terjadi lebih dari dua kali.

Lebih saya heran lagi semua transaksi tersebut tanpa adanya OTP, SMS, WhatsApp atau pemberitahuan keamanan lainnya. Saya ulangi lagi, tanpa adanya OTP, SMS WhatsApp, dan pemberitahuan lainnya. Bagaimana bisa terjadi transaksi begitu mudah tanpa adanya fitur verifikasi untuk keamanan?

Yang membuat saya heran lagi, transaksi lainnya tersebut tidak ada pemberitahuan melalui email, bahwa telah adanya terjadi transaksi, bahkan saya tahu melalui info dari Bank CIMB Niaga Syariah. Syariah atau Konvensional, nomor Service Center-nya sama.

Solusi yang diberikan hanya menunggu sampai maksimal tanggal 05 Januari 2024 dengan nomor laporan: CBDIS190923000314 dan saya tetap harus membayarkan tagihan tersebut. Waktu tersebut merupakan waktu yang menurut saya lama, di sini kita hanya pasrah dan terpaksa harus mengikuti kebijakan dari pihak Bank.

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran buat saya, dan semoga para pembaca di sini tidak mengalami seperti yang saya alami. Terima kasih.

Dwi Hartanto
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Syariah Digunakan oleh Orang Tidak Dikenal”

No. 058/CCG/MBCX/X/2023 16 Oktober 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Dwi Hartanto...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Syariah Digunakan oleh Orang Tidak Dikenal

  • 7 Oktober 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin ya Pak. Semoga masalahnya dapat segera terselesaikan dengan baik.

    Btw, ada yg tahu nggak ya kalau kejadian seperti ini ada nggak perlindungan bagi konsumen? Maksudnya disini kan kartu kredit konsumen benar-benar mengalami fraud, masak iya konsumen tetap harus bayar? Sebagai pengguna kartu kredit saya jadi khawatir juga jadinya

    2
    1
    • 7 Oktober 2023 - (14:08 WIB)
      Permalink

      CIMB emang langganan ke bobol. Cc yg rawan ke bobol , BNI JCB , Mandiri JCB , CIMB all jaringan , BRI all jaringan

    • 7 Oktober 2023 - (17:24 WIB)
      Permalink

      Ada langkah sanggah transaksi, namun saya jg tdk tau sampai mana penyelesaiannya. Sy pribadi pernah mengalami, namun krn transaksinya hny sebesar $1 waktu itu kurs 9.000 akhirnya tdk dilakukan sanggahan, dibayar saja. Selanjutnya dikirim kartu baru dgn nomor baru

  • 7 Oktober 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Pernah mengalami hal yang sama di bank lain, kartu cc saya di gunakan untuk subscribe di suatu web.
    Dari bank tidak bisa membantu cuman disuruh menunggu, akhirnya saya kontak web tersebut dan menceritakan kronologis ya. Hasil akhirnya subscribe pemakai cc di batalkan dan kredit di refund ke saya

  • 7 Oktober 2023 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Biasanya kl pembobolan kk seperti ini banyak yg komen “lagi-lagi bank bumn” 😀

  • 7 Oktober 2023 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi transaksinya di Amerika …. sama dengan kasus-kasus sebelumnya yang tayang di media konsumen. Transaksi dari luar negeri.

    Yang jadi pertanyaannya… apakah para pemilik kartu kredit yang mengalami pembobolan ini rata-rata pernah transaksi di marketplace luar negeri seperti Amazon ?? Kalo iya … jangan diulangi…

  • 7 Oktober 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Kalo menurut saya, lebih baik kartu kredit dengan no tersebut ditutup permanen, tagihan yang terjadipun, bukan merupakan kesalahan Dari pemegang kartu kredit, karena tidak dilakukan melalui sop yang benar (tidak ada OTP, tidak input PIN).
    Dan minta kebank untuk menerbitkan kartu kredit yang baru dengan no yang lain Dari yang dulu.
    Dulu saya pernah kejadian seperti ini, waktu itu belum ada OTP Dan PIN.
    Semoga cepat selesai case nya.

    • 8 Oktober 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Jangan bayar tagihan fraud nya, kalau ada tagihan yg bapak pakai ya di bayar. Itukan bukan salah nasabah hingga datanya bocor

  • 7 Oktober 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin, namun langkahnya sudah benar. Tlp cs utk pemblokiran kartu dan ajukan sanggahan transaksi. Semoga segera terselesaikan.

    • 8 Oktober 2023 - (04:58 WIB)
      Permalink

      Dulu 3th yg lalu kalau ga salah, bulan Februari. Saya pernah mengalami CIMB MasterCard, ada transaksi di Singapura. Kurang lebih Rp 1 jt. Waktu itu ada SMS masuk, kalau sudah ada transaksi.

      Kaget dan panik, akhirnya email ke CS. Saya melakukan sanggahan bla bla bla.. Dibalas sama CS nya, dikasih Form Dispute. Langsung Saya isi, scan dan kirim kembali ke email CS. Dengan Lampiran KTP dan Kartu Kredit.

      Jawaban CSnya waktu itu, akan diinvestigasi maksimal sampai bulan September. Untuk Kartu Kredit diblokir dan ganti dengan yang baru. Tagihannya tetap muncul, tapi dikreditkan kembali.

      Bulan Mei, ada SMS dari CIMB Niaga. Yg mengatakan bahwa Investigasi selesai, dan tagihan tidak dibebankan kepada Nasabah.

  • 8 Oktober 2023 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Segera lakukan sanggahan atas transaksi yang tidak dilakukan. Jangan bayar dulu tagihan ini, udah bocor itu data kartu, blokir permanen, minta ganti kartu. Transaksi online di merchant luar negeri memang tidak selalu menggunakan pengaman OTP. Next time untuk transaksi online pakai kartu virtual aja atau yang tipe disposable card yang hanya bisa dipakai sekali. Kelebihan pakai CC memang kita nggak harus keluar duit dulu bahkan bisa dikonversi cicilan, kebalikannya kalau debit ya langsung hilang duit.

 Apa Komentar Anda mengenai keamanan Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Syariah?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bank CIMB Niaga Syariah Digunakan oleh Orang Tidak Dikena…

oleh Dwi Hartanto dibaca dalam: 1 menit
17