Klaim Ditolak, Barang Tidak Kembali dan Tidak Diganti

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat saya ini. Saya adalah penjual di Shopee dengan status Star+. Saya adalah produsen bumbu masak, yang telah terjual ribuan melalui Shopee. Melalui surat ini saya menyoroti kinerja jasa kirim J&T Express. Yang ingin saya ceritakan adalah sebagai berikut:

Saya seperti biasa mendapat order yang masuk dari Shopee (nomor pesanan: 231010GMDWWY8V), yaitu bumbu tomyam 1 Kg. Nomor resi nomor pengiriman J&T: JP1977573007. Saya kemas sesuai standar kemasan, menggunakan bubble wrap kemudian saya masukkan ke dalam kardus. Kardus kami sangat sesuai standar, karena itu adalah kardus yang kami cetak sendiri dengan ketebalan yang memadai. Ini adalah kardus yang kami pakai pengiriman, di dalamnya paket dibungkus bubble wrap rapi:

Singkat cerita, paket sudah sampai ke tangan pembeli. Namun pembeli mengajukan komplain pengembalian kepada Shopee, dengan menyertakan bukti video yang menunjukkan kalau paket yang saya kirim pecah. Saya sebagai penjual juga melakukan banding, karena saya biasa mengirim paket selalu sesuai standar pengiriman dengan dibungkus bubble wrap yang rapi dan dimasukkan kardus yang kuat.

Hasil banding memenangkan pembeli, uang pembeli dikembalikan. Kemudian Shopee mengajukan klaim ke J&T Express untuk saya, dengan nomor pengajuan: 2310130SBD37KS7. Setelah beberapa hari, saya mendapat email dari Shopee bahwa klaim saya ke J&T Express ditolak. Saya penjual merasa dirugikan dalam hal ini, barang tidak kembali ke saya, tapi tidak diganti oleh J&T.

Saya hanya bisa sedih dan kecewa dalam hal ini. Yang hanya bisa saya lakukan adalah jika toko saya mendapat order lagi dengan jasa kirim J&T Express, maka pembeli akan saya suruh mengganti jasa kirim yang lain (karena di toko saya jasa kirim J&T Express tidak bisa dinonaktifkan bersama Shopee Xpress). Sekian keluhan saya, terima kasih.

Marisa Setyowati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Klaim Ditolak, Barang Tidak Kembali dan Tidak Diganti

  • 21 Oktober 2023 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Dengan pengalaman yang tidak mengenakkan ini, semoga ke depan agar lebih berhati-hati dan selektif untuk transaksi dan memilih jasa deliverynya

  • 22 Oktober 2023 - (03:51 WIB)
    Permalink

    Kalo saya kasih saran, sebaiknya lakban jangan pakai yang coklat polosan begitu, tapi lakban fragile yang ada tulisan jangan dibanting.
    Soalnya meski udah di dus yang ada tanda pecah belah begitu kurir tetap aja lemparin paketnya di gudang. Jadi dikasih tanda aja lewat lakbannya. Sama sampaikan ke J&T kalo ini gampang rusak, nanti dikasih juga stiker pecah belahnya sama pihak agen pengirimannya.

  • 22 Oktober 2023 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Ya jgn suruh konsumen rubah kurir lah kan seller kapok jualan pakai jasa kurir jnt jd di pengaturan kurir di akun seller shopeenya matikan atau hilang cek list kurir jnt pakai kurir yg ente percaya saya,

    • 24 Oktober 2023 - (00:55 WIB)
      Permalink

      Sekedar share saja, saya pernah punya pengalaman seperti ini sebagai penjual jg pembeli.
      Kasus pertama, sbg penjual, status paket sdh diterima dan pembeli kasih nilai jelek ke saya krn barangnya rusak. Saya lihat fotonya dan terlihat itu kerusakan dr ekspedisi. Jadi sy hubungi pembeli, minta maaf dan nawarin utk bantu klaim dana ke ekspedisi. Singkat kata, klaimnya disetujui dan dana dikembalikan lewat shopee ke pembeli. (Kebetulan paketnya bkn barang pecah belah dan kelihatan jelas plastik paketnya bolong karena api).
      Kasus kedua, sbg pembeli, paket saya salah satunya pecah, isinya habis, merembes keluar semua. Saya terima barangnya tp saya juga mengajukan pengembalian dana sebagian utk satu yg pecah tsb. Pihak ekspedisi sendiri sdh menghubungi saya ttg klaim barang rusak akan dikoordinasikan antara pihak ekspedisi dgn penjual.
      Singkat cerita pengajuan pengembalian dana saya langsung diterima penjual tanpa banding, sayangnya klaim penjual ditolak seperti kasus TS, alasannya packing tidak memenuhi standar karena bubble wrap nya langsung sekaligus 3 barang, tidak satu-satu, ketebalan bubble wrapnya juga di bawah 3 cm. Penjual sudah pakai kardus dan lakban fragile tapi tetap ga ngaruh dan bisa pecah juga. Saya ikut sedih juga, saya juga jualan jadi tau rasanya sebagai penjual tp dari sini saya jadi belajar bahwa aturan ekspedisi utk barang mudah pecah ternyata harus setebal itu bubble wrapnya. Jadi, klaim barang rusak utk barang mudah pecah memang akan lebih sulit diterima dibanding barang biasa.

    • 24 Oktober 2023 - (09:11 WIB)
      Permalink

      Sebelum komen bisa di baca dulu tulisan di atas ya, *J&T DAN SHOPE EXPRESS TIDAK BISA DI NONAKTIFKAN*

    • 26 Oktober 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Dibaca dulu yg lengkap , jangan nyerocos asal koment aja. Shopee express dan j&t tdk bisa dinonaktifkan.

      • 30 Oktober 2023 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Kata sapa gak bisa di nonaktif kan saya lho juga jual an di shopee, kurir shopee exp dan sicepat, anteraja, saya off kan bisa saya cmn pakai jne dan j&t saja.

        • 30 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
          Permalink

          Berarti toko mu di shopee kelasnya orderan 1 paket sehari kadang tdk ada paket. Kalau kiriman mu sehari diatas 10. Shopee akan otomatis membuat j&t dan shopee expres jadi kurir prioritas dan tdk bisa di nonaktifkan. Sudah gak usah ngeyel lah , dikasih tau kok ngeyel. Toko kami tiap hari pengiriman diatas 10 paket. Saya juga punya akun lain di shopee , sehari kadang ada order masuk , kadang tdk ada. Nah akun ini bisa diatur sesuka hati seller mau dinyalakan yg mana sesuai keinginan seller

  • 30 Oktober 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Andai saja MK bisa kirim bukti screenshot tampilan off kurir expedisi di shopee seler saya kirim lah disini,

      • 1 November 2023 - (16:23 WIB)
        Permalink

        Gak pengen naik kelas
        Krn dishopee rawan brg elektronik ilang ekekek….

        Cukup tokped saja yg naik kelas ke PM pro wkwkwk….

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Klaim Ditolak, Barang Tidak Kembali dan Tidak Diganti

oleh cheese dibaca dalam: 1 menit
13