Klaim Asuransi Kerusakan Paket Berjalan Lamban

Saya sangat kecewa terhadap layanan Tokopedia, terutama terkait proses klaim asuransi yang sangat lamban prosesnya karena kerusakan paket yang saya alami.  Nomor invoice: INV/20230804/MPL/3384414251, nomor resi pengiriman: 10007607794093.

Berikut adalah kronologinya. Pada tanggal 4 Agustus 2023, saya mendapatkan pesanan produk Snack Anabul yang masuk melalui aplikasi Tokopedia. Esok harinya, tanggal 5 Agustus 2023 pesanan segera saya kemas dan dikirimkan ke pelanggan di Bali dengan nomor invoice INV/20230804/MPL/3384414251 dan resi pengiriman 10007607794093

Namun, masalah muncul ketika paket tidak kunjung tiba, hingga pada tanggal 10 Agustus 2023, si pembeli akhirnya mendatangi ke kantor Anteraja langsung untuk mengecek status pengiriman. Hasilnya sangat mengejutkan karena paket yang seharusnya berisi produk tersebut ditemukan dalam kondisi kemasan rusak/ bolong.

Saat itu, pembeli ingin membawa paket tersebut pulang, namun tidak diizinkan oleh petugas Anteraja. Paket tersebut disarankan petugas Anteraja agar dijadikan status “klaim barang rusak”. Situasi ini tentu saja sangat mengecewakan dan membuat tidak nyaman bagi pelanggan saya.

Selanjutnya, pada tanggal 16 Agustus 2023 saya mencoba menghubungi pihak Tokopedia dan mengirimkan semua dokumen yang diminta untuk proses klaim asuransi, dan kami diberikan estimasi bahwa klaim akan selesai pada tanggal 23 Agustus 2023

Namun, sampai sekarang saya menulis surat ini tanggal 20 Oktober 2023, proses klaim asuransi tersebut tidak ada kemajuan status apapun. Menurut informasi dari admin Tokopedia, proses klaim masih menunggu berkas BAP dari Tim Anteraja. Setelah lebih dari dua bulan, status paket rusak tiba-tiba menjadi paket gagal di-pick up.

Saya merasa bahwa tindakan ini tidak mencerminkan profesionalisme dari pihak Anteraja maupun Tokopedia. Saya hanya ingin menekankan bahwa proses klaim asuransi yang lamban ini telah merugikan kami sebagai penjual dan mengecewakan pelanggan kami dari segi waktu, tenaga, dan uang.

Nominalnya mungkin untuk sebagian orang mungkin tidak terlalu besar, tapi bagi saya sebagai pelaku UKM setiap sen rupiah akan sangat berarti.

Kami berharap bahwa Tokopedia dapat mengambil langkah-langkah yang lebih tegas dalam memastikan masalah–masalah seperti ini bisa segera diatasi dan agar proses klaim asuransi dapat diselesaikan sesuai estimasi yang diberikan.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Stephanie Theodore
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai klaim di Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Klaim Asuransi Kerusakan Paket Berjalan Lamban

oleh Pani dibaca dalam: 1 menit
0