Sudah 27 Hari Tidak Ada Kejelasan Status Paket yang Nyasar

Terima kasih kepada Media Konsumen yang menerbitkan surat pembaca ini. Saya ingin melakukan komplain, surat terbuka kepada pihak SiCepat dan Tokopedia, atas penanganan paket saya yang tidak jelas sekarang keberadaannya. Nomor invoice: INV/20231010/MPL/3501958061 dan nomor resi SiCepat: 005226142959.

Kronologinya sebagai berikut:

  • 10 Oktober 2023: Saya membeli barang di Tokopedia, barang dikirim seller dari Jakarta, tujuan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
  • 14 Oktober 2023: Barang di Jakarta Utara, proses shipping.
  • 17 Oktober 2023: Saya komplain via CS SiCepat karena 7 hari belum sampai. Biasanya pengiriman dari Jakarta hanya 4 hari. Di-update bahwa barang sampai di Pontianak, Kalbar. Di sini saya komplain lagi, bahwa alamat saya Palangkaraya, bukan Pontianak.
  • 17 Oktober 2023: SiCepat meng-update status resi dengan “BAD ADDRESS” dan status: Retur Pusat. Di sini saya agak jengkel karena secara sistem tujuan paket saya harusnya sudah sesuai yakni Pahandut, Palangkaraya. Namun karena sudah begini maka saya berharap agar segera diretur ke seller dan uang saya segera kembali.
  • 21 Oktober 2023: Saya membuka komplain via Tokopedia.
  • 25 Oktober 2023: Paket status “Reject by Airport“, dikembalikan ke Pontianak Sort Station.
  • 28 Oktober 2023: Paket Masih di Pontianak Sort Station, status Retur Pusat.
  • 5 November 2023: Sampai surat ini dibuat tidak ada pergerakan paket, stuck di Pontianak sejak 28 Oktober 2023, tanpa ada kelanjutan.

Artinya sudah 27 hari dari tanggal kirim, tidak ada kejelasan paket.

Saya sudah aktif bertanya via WA SiCepat setiap hari, sejak paket saya dinyatakan retur. Namun jawaban yang keluar hanya template. Pun saat saya saat meminta bantuan Tokopedia Care, saya hanya disambut oleh bot Tanya, yang memberikan info untuk menunggu selama 3 hari dari tanggal komplain (18 Oktober). Yang selanjutnya diubah lagi menjadi 7×24 jam untuk proses investigasi hingga tanggal 28 Oktober 2023, dan dapat melakukan klaim barang hilang.

Tanggal 29 Oktober 2023, alangkah kagetnya saya ternyata jawaban dari Tokopedia Care adalah “Memaksimalkan proses investigasi retur”, tanpa adanya deadline . Lalu 7 hari sebelumnya ngapain aja? 3x meminta bantuan admin Tokopedia Care, jawabannya selalu template “Mohon menunggu proses Investigasi”. Iya, sampai kapan??

Mohon untuk pihak SiCepat untuk serius dalam melakukan penanganan paket nyasar. Paket nyasar, estimasi retur yang tidak jelas, jawaban template:  “Menunggu proses investigasi” adalah bentuk tidak adanya komitmen atas standar pelayanan yang dibuat.

Untuk pihak Tokopedia, agar bisa serius untuk menangani komplain customer, memahami permasalahan dan memberikan solusi yang solutif untuk konsumen sesuai deadline yang dijanjikan.

Terima kasih. Salam.

Nurizal Firdaus
Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sudah 27 Hari Tidak Ada Kejelasan Status Paket yang Nyasar”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Nurizal Firdaus dengan judul “Sudah 27 Hari Tidak Ada Kejelasan Status Paket yang Nyasar”...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Sudah 27 Hari Tidak Ada Kejelasan Status Paket yang Nyasar

  • 7 November 2023 - (17:14 WIB)
    Permalink

    u kan sebagai buyer kok ngejar paket, kalo udah melebihi batas waktu estimasi,ya kau kejar itu duit nya, barang pesanan ga kunjung datang kau kejar duitnya supaya balik, tapi kalo kau butuh barang pesanannya ya sabar, kalo sampai nyasar kemungkinan itu kesalahan seller kurang teliti dalam menulis alamat tujuan..

    • 7 November 2023 - (17:24 WIB)
      Permalink

      Gausah ngegas om & budayakan baca, jangan asal komen!

      Tujuan saya bukan paket terkirim, tapi paket segera ter-retur ke penjual agar uang saya bisa segera kembali, atau paket dinyatakan hilang dan penjual & pembeli bisa mendapatkan haknya (asuransi).

      Poin kedua secara sistem paketnya sudah benar alamatnya (bisa dilihat di web sicepat yakni Palangkaraya) namun entah kenapa malah nyasar ke Pontianak, artinya kesalahan murni dari pihak sicepat.

      • 7 November 2023 - (17:42 WIB)
        Permalink

        nah kan aneh, kau itu sebagai buyer,kok bahas return , mau barang hilang kek direturn kek kalo udh melebihi batas waktu estimasi buyer punya hak untuk claim, kalo barang return itu urusan expedisi seller dan market place nya,.

        • 7 November 2023 - (17:53 WIB)
          Permalink

          Udah gak baca, gak paham alur sistem retur, sok tau dan nyolot..

          Klaim barang hilang di tokopedia itu menunggu status pengiriman terakhir, kalo baru bisa klaim hilang setelah melewati tenggat waktu tertentu… Yg saya komplain adalah kenapa proses klaim barang hilang tidak sesuai dengan deadline dari tokopedia dari 3 hari, jadi 7hari terus jadi tanpa batas waktu.. ini poinnya bang..

          Btw update : per hari ini status komplain di tokopedia sudah bergerak menjadi proses klaim asuransi, bukan proses investigasi lagi

      • 7 November 2023 - (17:59 WIB)
        Permalink

        haduhh bro,
        secara sistem paketnya udh bener alamat nya, kok bahas ke sistem doang,.kenapa bisa kesalahan dari seller karena bisa jadi salah tempel alamat atau salah cetak alamat ketika menyalin alamat dari sistem ,.cek aja di packingannya nanti kalo alamat jelas sesuai dengan sistem ga akan ke sasar..

        saya juga pernah paket berhari ga datang, ,.saya chat toko saya minta bukti foto alamat pengiriman di packingannya,ternyata bener hanya kota tujuan yg jelas yg lain penulisanya jadi ********** sampai lebaran kadal juga ga bakal nyampe,

          • 7 November 2023 - (19:23 WIB)
            Permalink

            aneh sekali kau , tadi ngomong nge gas sekarang ngomongnya kurir,.pantes aja sampai 27 hari lo aja bloon,.27hari itu jauh dari waktu estimasi, ketika waktu estimasi udah habis ga usah bahas” return barang kalo u sebagai buyer, return itu urusan expedisi seller dan market place nya, jadi yg ngejar barang tidak terkirim itu seller, jadi seller yg menanyakan barang tersebut ke expedisi dan market place nya, kau kan sebagai buyer karena waktu estimasi udah abis kejar itu duit supaya cepet dikembalikan,.

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Sudah 27 Hari Tidak Ada Kejelasan Status Paket yang Nyasar

oleh Nurizal dibaca dalam: 2 menit
10