Kurir Shopee Express Mengirim Pesan WA yang Tidak Sopan

Dear Shopee Express,

Saya ingin komplain dan menginformasikan bahwa, kurir Shopee Express yang mengantar paket COD kepada istri saya ke alamat tujuan, telah menggunakan kata-kata yang kurang etis. Berikut adalah kronologi seperti yang terlampir:

Kurir WA dan langsung mengirim barang paket COD, dan sampai di rumah, tanpa mencari tahu apakah saya atau istri ada di rumah. Seharusnya, kurir bisa menghubungi via WhatsApp (WA) untuk menanyakan atau mengikuti prosedur yang lebih etis.

Ini sudah ke sekian kalinya kurir mengantar barang tanpa etika, hanya dengan mengirim pesan WhatsApp jika tidak ada konsumen.

Mohon perbaikan untuk kurir agar lebih sopan dan beretika dalam berkomunikasi, serta menjadikan hal ini bukan kebiasaan. Sekian informasi dari saya, semoga ditindaklanjuti. Jika ada yang kurang jelas, bisa hubungi nomor saya yang terlampir.

Best regards,

Edwardo Julistio
Pontianak, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kurir Shopee Express Mengirim Pesan WA yang Tidak Sopan

    • 20 November 2023 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Belanja dengan cara COD ya sebenarnya dari awal harus siap dengan resiko waktu yang tidak pas saat barang datang dengan kehadiran kita. Seharusnya dititipkan uang buat bayarnya jika mau pergi dari rumah.
      Jika merasa tidak ada orang yang bisa standby di rumah ya belinya jangan COD, bayar tunai sebelum barang datang seperti biasanya.
      Lagian yang dilakukan kurir dengan cara chat sebelum barang datang ieu juga sudah standar. Kalau masalah isi chat yang kurang etis, iya itu salah. Tapi kalo yang dikomplain itu menurut saya masih hal wajar lah

      12
      1
    • 21 November 2023 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Knp harus COD, padahal banyak bermasalah kalau tidak siap waktu di tempat, atau pas kbetulan org rumah tak pegang uang cash. Lebih baik bayar duluan aja.

      12
      1
    • 20 November 2023 - (14:56 WIB)
      Permalink

      Bahkan dia ngirim screnshoot pun yg sudah diedit pake frame/bingkai/grid,jadi kepotong gambarnya.Kalo gak niat komplain mending gak usah Pak.Dan anehnya editor Media Konsumen meloloskan artikel ginian,padahal artikel lain yg lebih penting dipending terus/belum tayang (Teman saya posting tgl 14 Nov,blm muncul juga).

      • 21 November 2023 - (11:18 WIB)
        Permalink

        “kesekian kali”, nampaknya kurir udah hapal yak gmn ini buyer seperti apa 🤭 cobalah jgn asal menyalahkan kurir, lihat kedalam diri sndr dl. Situ pesen COD lho, tau kan sistem COD itu hrs gmn n gmn nya

    • 20 November 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Kalo menurut saya sih itu kurirnya yg salah
      Estimasi pengantaran paket 3 x pengantaran
      Klo emang konsumennya lagi sibuk atau lagi gak bisa megang hp gimna mau respon
      Khan baru 1 hari.seharusnya klo emang gak respon gak perlu berkata kayak gitu
      Ya tunggu aj respon
      Khan masih bisa diantar besok
      Lagian paket yg diantar enggak cuma dia Khan
      Bisa antar paket lainnya

      1
      14
      • 20 November 2023 - (21:33 WIB)
        Permalink

        Kecuali sudah 3 x pengantaran tapi tidak respon berarti emang gak niat ngambil paket tu orang
        Jadi kurir tu sopan dan pakai adab
        SOP Khan ada
        Buat pemesan paket.klo emang gak mau ribet lebih baik hindari sistem COD
        Ingat sekarang banyak seller nakal.entar gak pesen paket tiba2 datang paket cod

        2
        8
      • 26 November 2023 - (09:31 WIB)
        Permalink

        Sekarang gni deh . Lw pesen cod . Harusnya lw selalu cek paket lw dah sampe mana sdh mau d kirim kurir atau tidak hari ini .. Jelas2 itu cod harusnya lw siap perkiraan paket mau datang kapan . Berdalih kalau lw punya kesibukan lain,? Berarti otak lw yg kaga di pake , udah tau sibuk kenapa pesan lewat cod muka biawak . TOL0L DI PELIHARA

  • 20 November 2023 - (15:17 WIB)
    Permalink

    [Ini sudah ke sekian kalinya kurir mengantar barang tanpa etika, hanya dengan mengirim pesan WhatsApp jika tidak ada konsumen.]

    (Kesekian kali = sering zonk)
    Kurir jg manusia, ya kesel lah… COD ya standby donk, standby yg nerima, standby jg duitnya.

    Sering ngga standby jgn checkout COD lah, selaen nyusahin kurir, seringkali jg jd beban penjual, dmn paket terpaksa diretur balek oleh ekspedisi.

    Jadi org lebih peka dan biasakan bisa posisikan diri di pihak laen. Sy aja paket non COD, kalo mendadak mesti keluar bentar dan status paket sudah seperti ini: “kurir sedang mengantarkan ke tujuan”, pagar luar tidak sy gembok dan gantung informasi di luar yg bisa dibaca kurir, biar dia bisa langsung masuk buka pagar dan taruh paket di dalam garasi. Tujuannya biar kurir ngga buang waktu tereak2/gedor kelamaan nunggu atau habis pulsa hubungi, dan biar paket jg aman ngga dilempar. Pesen makanan jg sama, sebisa mgkn sy refresh trackingnya, kalo dah masuk komplek, sy standby di pagar.

    16
  • 20 November 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Kamu sebagai konsumen juga harus tau diri.
    Kalau memang jarang ada dirumah, suka keluar, ya belanja lah tanpa pake COD biar kurir gak perlu konfirmasi lagi, tinggal kirim paket, abis itu lanjut lagi.
    Kurir itu bukan cuma ngurusin paketmu doang tuan raja, maka jadi lah raja yang bijak, minimal bisa lah saling menghargai.
    Kalau udah begini, baper sendiri.

    12
    1
  • 20 November 2023 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Jam 15:07 kurir sudah tiba lengkap dengan foto. Ditunggu 2 menit pemilik rumah nggak nongol, ditulislah kalimat “tak sopan” itu. Ini memang kesalahan kurir, seharusnya kalimat itu lontarkan saja motor milik TS yang terparkir di teras rumah. Lagipula kurir tidak mengabarkan ada paket beberapa saat sebelum sampai di alamat tujuan.

    TS juga sungguh amejing membalas WA jam 19:01 (jika tidak akurat ya salah sendiri kenapa menyertakan gambar yang sudah di-krop). Jika kejadian “receh” ini tidak ada penyelesaian dalam waktu dekat, saya tak heran kalau TS melontarkan kalimat “SOLUSÉ TAK ADE”.

  • 20 November 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Jujur saya ga paham dengan kalimat anda….

    Anda meminta kurir mengikuti prosedur.., tapi masalahnya prosedur siapa? Prosedur ekspedisi atau prosedur anda sendiri?

    Di dalam ketentuan paket COD, pembeli diwajibkan untuk menyiapkan uang saat kurirnya tiba… Tapi yg anda lakukan kan beda.. Saat kurir datang, anda ataupun keluarga anda tidak ada yg menerima dalam arti anda tidak menyiapkan uang..
    Ini aja anda udah menyalahi prosedur

    paket COD dibuat untuk memudahkan pembeli dengan ketentuan uang hrs ada pada saat kurir datang, tetapi oleh anda dimanfaatkan agar kurir nya bolak-balik ke tempat anda sesuai waktu adanya anda …. Emang menurut anda kurir kesana ga pake bensin ya…?

    Ga ada alasan klo anda tidak tahu kapan. Hari kedatangan kurir krn saat kurir akan datang ke rumah anda maka secara otomatis aplikasi akan memberikan kepada anda klo paket anda sedang dalam pengantaran.

    14
  • 20 November 2023 - (23:35 WIB)
    Permalink

    “….Ini sudah ke sekian kalinya kurir mengantar barang tanpa etika, hanya dengan mengirim pesan WhatsApp jika tidak ada konsumen….”

    Sudah kesekian kali katanya, kenapa setiap pesan pake metode COD? Dan selalu tidak ketemu? Bukannya ada pemberitahuan klo kurir lagi menuju lokasi kita untuk pengantaran? Kirim pesan lewat WA tidak sopan? Yang sopan bagaimana Pak? Telpon pake pulsa biasa? Atau tungguin Bapak sampe pulang?

  • 21 November 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Beginian doang sampe di up ke MK. Baperan amat. Coba introspeksi dulu, selama ini ada standby gak di rumah, standby juga ga duitnya. kurir COD pun kesel kalo udah ngirim tp orgny ga ada lah, ga ada duitnya lah. buang2 bensin, tenaga aja kan. Jangan maunya dihormati tp kamu sendiri ga menghargai waktu kurir

  • 21 November 2023 - (17:50 WIB)
    Permalink

    Kesekian kalinya.. Berarti untuk kesekian kalinya juga, si kurir nganter gk pernah ada orang.. Hadechh GAK USAH COD NGAPA TONG

    4
    1
  • 21 November 2023 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Kurir dateng jam 15:07, kamu baru bales chat jam 19:01, udah keburu telat, pantes aja kurirnya kagak sopan, yg COD juga kurang beretika

  • 22 November 2023 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih pembeli yg langganan pesan paket tapi gak pernah ambil.. dengan santainya bilang retur aja bang… wkwkwwk

  • 22 November 2023 - (07:51 WIB)
    Permalink

    kok kurir nya harus mencari tahu anda ada di rumah atau tidak , kalau yg di antar ribuan orang , lalu semua minta jam tertentu , bagaimana cara buat schedule / map pengantaran nya biar pas waktu nya ? tolong jangan egols

  • 25 Maret 2024 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang serupa nih dari seorang kurir Shopee bukan COD tapi sameday dan pastinya paket sudah dibayar. Kemungkinan saya masih di jalan dan ketika di hubungi via telepon langsung tidak terasa di pukul 9.30 (tulisan hp rang 5 times) berarti dia baru usaha nelpon hanya beberapa menit dan tiba2 dia mengirim wa yang menurut saya tidak sopan dan ngegas.

    Biasanya kan kalau memang ditelpon tidak jawab ya minimal dia wa terlebih dahulu untuk bertanya dan bilang “halo permisi saya dari driver … ingin mengantar paket, lokasi pastinya sebelah mana ya?”… (kalau kurir yang tahu adab kan begini)

    Nah ini setelah nelpon dia tiba-tiba bilang seperti ini

    [09.30 PM, 23/3/2024] M*jahid*n: Maaf saya mau antar paket susah dihubungi, shopee driver.
    [09.31 PM, 23/3/2024] M*jahid*n: Lain waktu jangan pakai layanan sameday ya kalo susah dihubungi, udah po boxnya ga ada yg jagain, emang saya tau login??.

    (Gimana yah, kan kalo orang beradab tanya aja cara login bagaimana, ini kok melarang saya beli pake layanan same day)

    [09.31 PM, 23/3/2024] Saya: Kenapa ngegas pak?
    [09.31 PM, 23/3/2024] Saya: Mau saya laporkan?
    [09.31 PM, 23/3/2024] Saya: Kan tinggal wa
    [09.31 PM, 23/3/2024] Saya: Biasa kurir juga wa
    [09.31 PM, 23/3/2024] Saya: Instruksi sudah jelas taruh di popbox

    [10.02 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*zn: Lah ngegas gimana
    [10.02 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*n: Keterangan gitu doang, mesen mahal bisa pakai jasa sameday gimana??.
    [10.03 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*n: Laporkan dikira saya ga bisa laporin juga, emang kiriman situ doang, minimal bisa dkonfirmasi bos
    [10.04 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*n: Cek aplikasi sudah saya tarok, kurir apa dulu??, kurir daerah apa gimaja??, apa² disamain kebiasaan..
    [10.05 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*n: Lapor² barang gue ambil baru lu lapor udeh salah ga terima lagi.
    [10.05 PM, 23/3/2024] ㅤM*jahid*n: Gue tunggu laporan lu dah, terima kasih.

    Ini contoh kurir yg benar, saya pesan sameday dari shopee juga.
    [8.11 PM, 27/1/2024] Y*pi: Permisi
    [8.11 PM, 27/1/2024] Y*pi: Ini saya dari grab sameday ingin ngantar
    [8.12 PM, 27/1/2024] Saya: Ini yg salad atau ottera ya mas?
    [8.13 PM, 27/1/2024] Saya: Bisa minta foto paket
    [8.19 PM, 27/1/2024] Y*pi: Ini nomor berapa pak ?
    [8.19 PM, 27/1/2024] Saya: Bukan yg itu mas
    [8.19 PM, 27/1/2024] Saya: Tp gpp taro aja deket 3802
    [8.20 PM, 27/1/2024] Saya: Contoh popbox
    (saya kirim foto popbox karena si kurir harusnya taruh di dalam popbox)
    [8.21 PM, 27/1/2024] Saya: Oke paling atasnya aja
    [8.21 PM, 27/1/2024] Y*pi: Saya taro disini engga apa2 ni pak ?
    [8.21 PM, 27/1/2024] Saya: Nnt saya lgsg turun

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kurir Shopee Express Mengirim Pesan WA yang Tidak Sopan

oleh Edwardo Julistio dibaca dalam: 1 menit
29