Denda Sepihak, Padahal Saldo Mencukupi untuk Autodebet Pembayaran Cicilan

Perkenalkan saya Leonardo. Saya adalah nasabah BCA Finance. Pada bulan Desember 2022, saya mengambil kredit kepemilikan kendaraan mobil, dengan nomor kontrak 9560016919001. Pembayaran angsuran setiap akhir bulan (tanggal 30 setiap bulannya).

Singkat cerita saya ingin mengajukan komplain atas pendebetan denda pada tanggal 20 November 2023, sebesar Rp117.370. Denda tersebut menurut pihak BCA Finance (dari sistem mereka), adalah keterlambatan bayar pada Bulan Februari, Maret, Mei 2023.

Saya tidak percaya begitu saja, karena saya yakin saldo di rekening BCA saya mencukupi ketika tanggal jatuh tempo. Ketika saya cetak rekening koran, benar firasat saya bahwa saldo saya cukup. Saya lampirkan sebagai bukti rekening koran pada Bulan Februari, Maret, Mei dan Juni 2023 (bukti ada pada redaksi), bahwa saldo saya cukup ketika tanggal jatuh tempo.

Sebelumnya saya juga sudah email ke BCA Finance perihal komplain ini. Namun jawaban dari CS BCA Finance seperti robot, tidak memuaskan, dengan alasan saldo tidak mencukupi dan tidak bisa memberikan bukti yang jelas.

Atas kejadian ini, saya minta kepada BCA Finance untuk mengembalikan uang saya atas pendebetan rekening saya tanpa bukti yang jelas. Saya sebagai orang legal, yang mana ada bunyi aturan yang melarang pelaku usaha jasa keuangan, untuk mengurangi kegunaan produk dan/atau layanan atau mengurangi harta kekayaan konsumen yang menjadi obyek perjanjian produk dan layanan.

Larangan ini menunjukkan pada dasarnya bank sebagai pelaku usaha jasa keuangan tidak berhak untuk mengurangi harta kekayaan konsumen yang menjadi objek perjanjian produk, atau dalam hal ini mengurangi dana nasabah dalam rekeningnya. Oleh karena itu, bahwa perbuatan yang mendebitkan langsung tabungan nasabah tanpa ijin dan dasar yang tidak jelas adalah perbuatan melawan hukum yang merugikan nasabah.

Leonardo Agustinus
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Denda Sepihak, Padahal Saldo Mencukupi untuk Autodebet Pembayaran Cicilan”

Menanggapi keluhan Bapak Leonardo Agustinus melalui Rubrik Surat Pembaca www.mediakonsumen.com pada tanggal 30 November 2023 dengan judul “Denda Sepihak, Padahal...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Denda Sepihak, Padahal Saldo Mencukupi untuk Autodebet Pembayaran Cicilan

  • 30 November 2023 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Tanggal 30/6/23 itu kena libur idul adha, jadi auto debet selalu dimajukan sebelum mulai libur bank. Bukan menunggu pas bank masuk lagi. Berdasarkan info dari mbah google, libur bca tgl 28-30 juni jadi didebet tgl 27/05. karena gagal di tgl 27 kemudian baru di coba lagi di tgl 5/06.

    5
    2
    • 1 Desember 2023 - (05:32 WIB)
      Permalink

      Ngeri ya riba nya.. Pinjam 200jt an balikin jd 300jt an. Itu orng2 bank GA TAKUT TA sm dosa besar

      • 1 Desember 2023 - (06:58 WIB)
        Permalink

        leasing kalo bunga murah ntar makan apa bang, emang ngeRI BAnget lah itu cicilannya

    • 1 Desember 2023 - (10:36 WIB)
      Permalink

      mba devi rekening koran saya selalu mencukupi bahkan berlebih dr jauh2 hari.. rekening koran sdh saya kirimkan di redaksi.

  • 1 Desember 2023 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Anda bukan korban pertama yg diperlakukan begitu sama leasing BCA finance.. udah bunga nya gede, denda tanpa penjelasan.. hadeuh

    • 15 Desember 2023 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Ini pembelajaran buat masyarakat nantinya dalam memilih leasing yg capable.
      Saya posting ini agar tidak ada lagi korban nantinya.
      Leasing mencari keuntungan dengan merugikan nasabahnya dengan denda sepihak.
      Saya bisa berikan bukti rekening koran saya.
      Buat pelajaran juga jangan mau pembayaran cicilan dengan autodebet karena itu umpan/mangsa buat mengenakan denda, leasing dengan sengaja mendebet setelah tanggal jatuh tempo. Lebih baik bayar ke rekening virtual account.

  • 30 Desember 2023 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Saya di ambil denda hampir 1jt di autodebet oleh pihak bca finance parah, dengan alasan sudah ngasih tau via wa, gimana kalau hp nya hilang, saya tanya ke cabang mereka tidak tau menahu

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Denda Sepihak, Padahal Saldo Mencukupi untuk Autodebet Pembayaran Cici…

oleh Leonardo Agustnus dibaca dalam: 1 menit
9