Firstmedia Tidak Punya Solusi dan Tanggung Jawab, Hanya Bisa Membebankan pada Customer Saja

Saya pelanggan Firstmedia dengan ID 11328239 mengambil paket 1 tahun Joy Value dan berakhir 30 November 2023. Setelah sebelumnya ada komunikasi dengan sales Firstmedia (Bapak Ulil) yang menawarkan perpanjangan paket, akhirnya saya deal pada 27 November 2023 untuk melanjutkan ke paket Stream Value karena saya hanya perlu internetnya saja.

Dikarenakan jaringan di rumah saya belum optik, maka harus dilakukan upgrade dulu ke optik dan dilaksanakan pada Sabtu, 25 November 2023. Setelah selesai upgrade optik, maka bisa dilanjutkan untuk perpanjangan paket, dan di tanggal 27 November 2023 dilaksanakan deal lewat telepon untuk paket Stream Value dan ada dijadwalkan kedatangan petugas tanggal 30 November 2023 dengan janji temu pukul 17.30.

Namun ternyata tidak ada datang, dan saya dapat informasi akan dijadwalkan kembali tanggal 2 Desember. Saya pikir tidak akan masalah karena sudah selesai deal paket 1 tahun, dan dari pihak Firstmedia yang me-reschedule bukan dari saya. Tapi ternyata keluar tagihan, di mana saya harus membayar tagihan 414 ribu yang adalah paket bulanan untuk Joy Value.

Tentunya saya keberatan karena tidak seperti itu deal yang sudah dilakukan. Maka saya pun melakukan komunikasi ke sales tersebut, kenapa begitu tidak sesuai dengan deal-nya, tapi tidak ada respon sehingga saya coba ke 1500595. Di sini pun hanya ada informasi bahwa tagihan sudah tercetak dan mau bagaimanapun harus dibayar, mereka tidak mau tahu bagaimana itu ceritanya dan salah siapa.

paket tagihan Joy value

Setelah komplain ke 1500595, akhirnya Bapak Ulil menjawab chat dengan informasi bahwa pengambilan STB lewat tanggal 30 November jadi ada tagihan. Karena deadlock tidak ada solusi, saya memilih untuk pemutusan saja, karena memang tidak bisa ada solusi atas kejadian ini. Intinya konsumen lah yang harus membayar biarpun itu kesalahan pihak Firstmedia.

Saya coba telepon berkali-kali meminta pemutusan juga sulit sekali, katanya sudah dijadwalkan untuk tanggal 31 Desember 2023, jadi kembali intinya konsumen harus bayar tagihannya. Saya sudah mengecek CCTV pun tidak terlihat adanya petugas Firstmedia yang katanya datang pukul 17.15 pada tanggal 30 November. Cuma ya kembali lagi tidak ada solusi dan tagihan harus dibayar.

Poin-poin yang saya keberatan dan tidak adil:

  1. Saya deal paket tahunan Stream Value
  2. Kunjungan sudah janji temu sore tanggal 30 November tidak ada datang, mereka ganti ke tanggal 2 Desember
  3. Saya harus bayar paket bulanan Joy Value padahal layanan yang saya dapat itu sudah Stream Value bukan Joy Value

Akhirnya saya meminta pengambilan dahulu perangkat modem agar bisa segera berhenti layanannya, tapi tidak tahu apakah benar bisa seperti omongan call center-nya. Sangat disayangkan Firstmedia tidak memiliki personil yang bisa mengatasi masalah seperti ini, hanya SOP sesuai lembar tagihan saja, tidak profesional dan manusiawi ya.

  • Apakah saya tetap harus membayar paket yang tidak saya pesan?
  • Apakah memang begini kualitas Firstmedia?
  • Apakah konsumen memang tidak berdaya?

Semoga kejadian ini bisa jadi pelajaran buat kita semua lebih hati-hati memilih provider.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang telah menjadi suara untuk para konsumen.

Jimmy
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “First Media Tidak Punya Solusi dan Tanggung Jawab, Hanya Bisa Membebankan pada Customer Saja”

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Jimmy pada 7 Desember 2023 berjudul “First...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Firstmedia Tidak Punya Solusi dan Tanggung Jawab, Hanya Bisa Membebankan pada Customer Saja

  • 11 Desember 2023 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Ga usa bayar aja ka.. nanti jg pemutihan otomatis.. sy jg sering koq gtu.. klpo ngerasa yg salah FM nya yaa ga usa byr… Nanti mreka akan hub lg buat jd pelanggan lg… Dan itu otomatis pemutihan.. aku dah sering putus nyambung wkwwkwk

  • 21 Desember 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Sama banget dengan permasalahan yang saya alami. Firstmedia ini perusahaan teknologi tapi ga canggih.

    Alasan billing terlanjur tercetak / tercatat ini adalah alasan yang ga masuk akal banget menurut saya, seharusnya firstmedia memberikan billing prorate ke customer aktif, apalagi sudah berlangganan bertahun-tahun. Daripada kita putus dan ga bayar bukan?

  • 28 Desember 2023 - (08:58 WIB)
    Permalink

    yang terasa jelas firstmedia itu tidak sinkron antar bagiannya, yang bagian 1 bilang A yang bagian B beda lagi. Firstmedia entah bagaimana komunikasi internalnya, ada yang hubungi untuk segera tutup surat pembaca ini dan bilang tagihan akan dihapus, tapi buktinya ada pihak firstmedia lagi yang telepon untuk tagihan segera dibayar, dari sistem mereka pun terus ada sms dan email tagihan, sangat tidak sinkron dengan info bahwa tagihan sudah dihapuskan dan memang ada juga diajak untuk ambil firstmedia lagi.

  • 3 Maret 2024 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Ya memang Firstmedia perusahaan uda lama banget tapi pelayanan amatir kayak baru ada kemaren sore.

    Seperti biasa sales diawal doang aktif, giliran ada kesalahan billing (yang berbeda dan lebih tinggi dari janjinya mereka) cuma dengan enaknya diinfokan “di bayar dulu saja pak nanti bulan depan diadjust”. Dan abis itu menghilang ngga jawab WA

    ?? Perusahaan aneh. Emangnya misal kalo kita belanja di Minimarket harusnya 200ribu terus kasir salah masukin jadinya 400 ribu kita harus bayar 400ribu gitu? sisanya jadi deposit di sana?

  • 20 April 2024 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga mengalami hal yang sama. Katanya dah cetak harus bayar. Saya mengajukan sebelum cetak

 Apa Komentar Anda mengenai Firstmedia?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Firstmedia Tidak Punya Solusi dan Tanggung Jawab, Hanya Bisa Membebank…

oleh jimmy tjendapati dibaca dalam: 2 menit
6