Shopee Bertindak Semena-mena kepada Penjual

Saya adalah penjual di Shopee, dengan user id: mommynmeshop. Saya merasa kecewa dengan perlakuan tim Shopee Indonesia yang semena-mena terhadap toko saya. Apakah karena Shopee sebagai e-commerce terbesar di Indonesia bisa seenaknya?

Kronologinya, pada tanggal 4 Desember 2023 pukul 16.56, muncul notifikasi dari Shopee mengenai penghapusan produk karena terindikasi menjual produk manipulasi. Kemudian pada tanggal 5 Desember 2023, ternyata selain produk dihapus, kami tidak bisa live di Shopee. Pukul 14.57, tim kami langsung komplain melalui chat via aplikasi dengan CS Shopee. Kami komplain keras, karena kami tidak pernah menjual produk palsu ataupun melakukan manipulasi.

Kemudian muncul jawaban berbeda dari tim CS “Diduga melakukan praktik jasa jual beli yang dilarang di Shopee”. Saat admin kami menanyakan lebih detail, seperti biasa jawaban CS tidak jelas dan berkelit kembali. Bersamaan dengan itu kami komplain melalui RM Shopee dan menanyakan lebih detail kesalahan apa yang kami lakukan.

Sampai detik ini mereka tidak ada jawaban kesalahan apa yang sebenarnya dituduhkan, tetapi produk kami tetap dihapus, dan kami tetap tidak bisa live. Di sini saya sebagai penjual merasa difitnah dengan alasan yang mengada-ngada. Pertanyaan buat tim Shopee, apakah kalian tidak ada standar atau investigasi sebelum menuduh??

Imbas dari penghapusan produk dan pelarangan live, toko mengalami penurunan pesanan hampir 50%. Di sini saya meminta pertanggung jawaban Shopee Indonesia untuk menganti semua kerugian dimulai dari over stok kami, dan biaya operasional karyawan yang harus kami bayar ada atau tidak adanya orderan.

Kami menghimbau untuk para penjual juga berhati-hati dengan Shopee, karena Shopee sudah terlalu sering merugikan dengan keputusan ataupun fitnah yang tidak berdasar. Jika para pembaca mengetahui wadah resmi untuk melaporkan marketplace mohon bisa dibagikan ke saya.

Marina
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Shopee Bertindak Semena-mena kepada Penjual

  • 13 Desember 2023 - (10:57 WIB)
    Permalink

    bukan hanya shope, topet juga, menuduh tanpa investigasi ke tempat. bahkan tercantum pake “perusahaan luar negeri” nomor telepon juga luar negeri, lah kenapa sampe luar negeri, jualan baru lokal, pernah protes ya juga gak didengerin, hidup emang keras broo, banyak fitnah dari pesaing kali broo, sama juga dijalan baru lampu ijo udah pada tat tit tut tet, banyak selip sini selip sana, antrilah pada kelakukan binatang wujud manusia, giliran dingotot malah ngotot balik.

    4
    14
    • 13 Desember 2023 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Iya kak, skrg lebih parah lagi, mereka mencabut starplus kita, padahal mereka ga bisa membuktikan apapun. Intinya tim shopee itu arogan kak, merasa apapun yg mereka lakukan benar.

      4
      1
      • 13 Desember 2023 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Ya pak, sptnya begitu, padahal kita cm menyampaikan keluhan kita, kenapa harus pake buzzer ya. Jika kita komplain hanya mentok ke cs, dan makin semena2, mau seloyal atau sebenar apapun menjadi seller, ttp aja ga akan dhargain oleh shopee, sudah 7 tahun jualan di shopee, cm karena perbedaan pendapat masalah kategori produk, langsung didelete, langsung gak bisa live, langsung dicabut star sellernya. Rasanya memang tidak adil shopee ini. Bukan hanya itu di fitnah melakukan manipulasi, melakukan transaksi dilarang shopee. Padahal setelah dtelusuri tidak ada kesalahan dr seller. Dan tidak ada permintaan maaf.

        3
        2
  • 13 Desember 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    itulah resiko jualan dilapak orang, menguntungkan mereka,dan blum tentu menguntungkan anda ,ingat mulailah mandiri tanpa pihak ketiga

    5
    13
    • 13 Desember 2023 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Kbalikan ma ksus ini
      Judulnya “Kurir shopee tidak profesional,paket gagal kirim”

      10
      1
      • 13 Desember 2023 - (14:45 WIB)
        Permalink

        Kalau akun lainnya itu biasanya sertakan link keluhannya di mk, tumben yg ini tidak sertakan. Lupa ingatan atau byarannya yg kurang 😀

        Kasusnya : Samsung A80 batangan 😀

        Nah lihat saja nanti habis ini saya pasti diserbu akun sejenis, biasanya menyebut otak, kta2 kotor dan bawa2 orang tua segala. Sakit jiwa.

        Lihat saja setiap keluhan shopee akun2 sejenis ini, akunnya selalu beda2, muncul dan biasnya menyertakan keluhan link di mk. 😀 ******.

        2
        11
  • 13 Desember 2023 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Dan kelanjutannya adalah
    Star+ seller kami dihapus dengan alasan produk tidak dihapus.
    Alasan yg aneh bgt, padahal produk kan sudah dihapus oleh shopee, notif penghapusannya saja ada sudah kita lampirkan disini. Mengupload produk baru sejenis juga tidak kami lakukan.

    Hanya karena saya beragumen dan merasa di jalan benar, saya membuktikan semua argumen saya melalui kemasan, logo produk menurut bpom, langsung kalian cabut star plus seller saya.

    2
    1
  • 13 Desember 2023 - (15:41 WIB)
    Permalink

    mungkin karna menaruh produk tdk sesuai kategori jd pembeli bisa pake vcr live/video itu knp fitur live dimatikan

    1
    8
    • 13 Desember 2023 - (17:06 WIB)
      Permalink

      sudah di jelaskan kak, kami dari awal memang measukan kategori tsb. tidak pernah merubah kategorinya, dan kami sudah jelaskan dikemasan produk tsb, beserta manfaatnya. tetapi sbenrnarnya ada 3 case yg kita binggung
      1. produk langsung dihapus tanpa himbauan salah kategori, padahal produk yg lain selalu ada himbauan, ini tiba2 langs dhapus.

      2. jika produk sudah dihapus kenapa live langs tidak bisa, padahal saya rasa tidak ada pelanggaran apapun saat live, sampai detik ini alasan shopee adalah internal shopee yg memutuskan saat kita bertanya apa kesalahannya, di cs pun sudah dijawab tidak ada hub antara produk yg dhapus dengan live. tetapi shopee sampai saat ini tidak mau menjelaskan

      3. produk sudah dihapus, tetapi star seller tetap dicabut dengan alasan produk belum dihapus, hanya karena saya sebagai seller, kekeh bahwa saya tidak salah, kategori produk sudah sesuai dan saya berhasil membuktikan

      3
      1
  • 13 Desember 2023 - (21:09 WIB)
    Permalink

    mlihat ksusny aj uda salah. brarti emank g bener tuh Mulyanto
    bnatang itu dikandani msh ngerti, nek si Mul ngga bs. soalny 0takke ud dtaruh d p*****. 🙈

    6
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Shopee Bertindak Semena-mena kepada Penjual

oleh Marina dibaca dalam: 1 menit
15