Sangat Mengecewakan Respons Permohonan Penghapusan Denda dan Bunga Kartu Kredit CIMB Niaga

Kepada pimpinan Divisi Penagihan dan pimpinan Divisi Kartu Kredit CIMB Niaga,

Saya merupakan nasabah CIMB Niaga dan juga pengguna kartu kreditnya. Saya memiliki 2 kartu utama dan 2 kartu suplemen. Saya merupakan nasabah yang tidak pernah sekalipun terlambat membayar tagihan apa pun (bisa cek SLIK saya tidak hanya di CIMB Niaga semua pembayaran saya selalu lancar). Namun pada bulan Desember ini saya telat melakukan pengecekan e-statement, yaitu pada tanggal 6 Desember 2023. Alhasil pembayaran saya telat 1 hari dari jatuh tempo, yang seharusnya tanggal 5 Desember 2023.

Saya mengajukan permohonan penghapusan/waive melalui call center 14041 untuk biaya keterlambatan dan bunga, dengan nomor permohonan: CBCWF061223003439 dan CBCWF061223003433. Saya sangat memohon agar CIMB Niaga untuk kali ini bisa memaafkan kelalaian saya, mempertimbangkan saya merupakan nasabah aktif yang cukup lama dengan pembayaran selalu lancar. Sama sekali tidak ada faktor kesengajaan, semuanya pure human lack. Dengan track record pembayaran saya yang lancar, saya optimis permohonan saya disetujui.

Namun alangkah kecewanya saya, ketika diinfo jika permohonan saya ditolak oleh tim analis tanpa alasan. Saya kecewa dan sangat keberatan sekali dengan hasil ini. Poin yang menambah keberatan dan kekecewaan saya adalah: tanggal jatuh tempo kartu kredit CIMB berubah-ubah setiap bulannya (histori e-statement saya sebelum-sebelumnya dari rentang tanggal 5 – 8); untuk jatuh tempo yang berubah-ubah tidak pernah ada reminder jatuh tempo melalui SMS/WA.

Saya juga pemegang kartu kredit bank lain. Namun di bank lain, tanggal tagihan selalu sama. Selain itu biaya yang notabene iuran wajib “annual fee” pun sangat mudah untuk dihapuskan. Seakan tak percaya pengajuan saya kemarin ditolak CIMB Niaga. Sungguh saya sangat kecewa, seakan-akan CIMB Niaga tutup mata dengan keluhan pelanggan dan tidak peduli dengan customer retention.

Saya mohon sekali lagi kepada CIMB Niaga agar menghapuskan denda dan bunga untuk kasus saya mempertimbangkan track record pembayaran saya yang tidak pernah terlambat. Atau mungkin lebih baik saya memindahkan fasilitas saya dari CIMB ke bank lain, entah itu tabungan, KPR, dan menutup semua kartu kredit saya.

Terima kasih kepada Mediakonsumen.com yang sudah memuat keluhan saya. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya dan saya harap ada kabar baik untuk permohonan saya ini.

Yusi Hanitasari
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sangat Mengecewakan Respons Permohonan Penghapusan Denda dan Bunga Kartu Kredit CIMB Niaga”

No. 722/CB/MBCX/CC/XII/2023 27 Desember 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Yusi Hanitasari...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Sangat Mengecewakan Respons Permohonan Penghapusan Denda dan Bunga Kartu Kredit CIMB Niaga

  • 15 Desember 2023 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Kelailai diri sendiri buakny dijadikan peringatan buat diri sendiri malah mencari2 kesalahan bank..ngacam2 pindah bank lain.klo nasabah prioritas mungkin bank masih berpikir..

    15
    4
    • 15 Desember 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Pindah bank lain aja. Gak usah mikir 2x.
      Kalau perlu bikin bank sendiri, bebas sesuka hati.

      5
      2
      • 15 Desember 2023 - (13:43 WIB)
        Permalink

        Wkwk abis dibully,
        Udah salah sendiri, angkuh sekali bahasa nya, pindah bank aja, cimb niaga juga paling biasa aja,, atau mungkin seneng nasabah rese ilang 1 wkwk

        6
        4
  • 15 Desember 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Saya juga pemegang kartu kredit bank lain. Namun di bank lain, tanggal tagihan selalu sama.
    ==>> Apakah ini berarti CIMB Niaga melanggar peraturan BI? Kalau melanggar, laporkan ke pihak yang berwenang. Kalau tidak melanggar, tutup saja karena sepertinya beda tanggal tagihan memberatkan buat TS.

    Selain itu biaya yang notabene iuran wajib “annual fee” pun sangat mudah untuk dihapuskan.
    ==>> Namanya saja wajib. Menurut KBBI “wajib” adalah harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan (ditinggalkan).

    Seakan tak percaya pengajuan saya kemarin ditolak CIMB Niaga. Sungguh saya sangat kecewa, seakan-akan CIMB Niaga tutup mata dengan keluhan pelanggan dan tidak peduli dengan customer retention.
    ==>> Sudah waktunya memikirkan untuk tutup KK dari CIMB Niaga.

    Saya mohon sekali lagi kepada CIMB Niaga agar menghapuskan denda dan bunga untuk kasus saya mempertimbangkan track record pembayaran saya yang tidak pernah terlambat.
    ==>> Jangan mengiba seperti itu, terlihat seperti pengemis.

    Atau mungkin lebih baik saya memindahkan fasilitas saya dari CIMB ke bank lain, entah itu tabungan, KPR, dan menutup semua kartu kredit saya.
    ==>> Pertimbangan bagus, laksanakan secepatnya.

    13
  • 15 Desember 2023 - (12:43 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah lalai bayar tagihan kartu kredit B*A, salah lihat malah bayar minimum payment. Lalu saya ajukan penghapusan denda. Apakah bisa? Tidak. Padahal saya nasabah sudah belasan tahun, pemakaian per bulan puluhan juta. Saya jadikan pelajaran saja supaya lain kali lebih teliti.

  • 15 Desember 2023 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Kenapa tanggal jatuh tempo berubah-rubah, karena jumlah hari pada setiap bulan berbeda-beda, ada yang 30, 31, bahkan 28. Sedangkan jatuh tempo kartu kredit dihitung sekitar 14 hari dari tanggal turun tagihan (tergantung banknya). Jadi, wajar tanggal jatuh temponya berubah-rubah. Kamu harus memperhatikannya dan memastikan pembayarannya sebelum tanggal tersebut, karena itu adalah kewajiban setiap pemilik kartu kredit.

    5
    1
  • 15 Desember 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    yg jadi patokan itu tgl cetak tagihan, bukan tgl jatuh tempo. tgl cetak tagihan tidak pernah berubah. setelah tagihan terbit lsg bayar tanpa perlu tunggu tgl jatuh tempo

  • 16 Desember 2023 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Banyak yg komplain “kartu kredit tidak sampai, kartu kredit salah kirim alamat, kartu kredit limitnya kurang, kartu kredit dll”. Komplain mulu, ribet bener… Giliran telat bayar, di tolak penghapusan denda / bunga / annual fee.. komplain juga… Bank slalu salah, ga ada yg benar… Look in the mirror, are u perfect?

  • 17 Desember 2023 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Tolong ya tolong para pembaca media konsumen… Klo mau bikin keluhan di media konsumen itu KLO KALIAN YANG DIRUGIKAN OLEH SUATU PRODUK,INSTANSI DAN SEJENISNYA… KLO KALIAN YG BIKIN SALAH YA TERIMA RESIKO.
    Sengaja gk sengaja, salah y salah, klo gk dpt maaf y resiko, bukan nyalahin balik

  • 17 Desember 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Kelalaian nasabah, posisi bank hanya sebatas mempertimbangkan berdasarkan rekomendasi dari tim analis.
    Kalo diterima, anda beruntung. Kalo ditolak, ya udah terima aja.

    Jadikan pelajaran, jangan tunggu last minute buat bayar tagihan cc, atau aktifkan auto debit beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo. Bayar di last minute terlalu beresiko, kegagalan sistem karena masalah software ataupun jaringan, kesibukan mendadak, bisa berakibat pembayaran telat masuk.

    Record tidak pernah telat bayar bukanlah prestasi, bayar utang tepat waktu itu memang sudah seharusnya.

  • 17 Desember 2023 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Udah tutup aja mba, mending ga usah punya CC, bank lain juga sama aturanya..
    Bilang aja baru punya duit tgl 6 jadi baru bisa bayar tgl 6,
    Nda usah pakai alasan tidak ada pemberitahuan jadi baru cek billing tgl 6 dan telat bayar,,
    kami pembaca MK yg punya CC udah ngerti klo billing dikirim by email 14 atau 15 hari sebelum jatuh tempo, tergantung jumlah hari di kalender 30 atau 31
    Email itu sama dengan pemberitahuan, nanti klo di ingatkan by WA atau SMS atau Telpon komplain lagi ke MK dengan judul “Belum jatuh tempo sudah ditagih”
    Wkwkwkw…

  • 17 Desember 2023 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Semua org pasti bisa lupa….makanya bayar tagihan 3hari sebelum tgl jatuh tempo utk mengantipasi hal yg tidak diinginkan..saya rasa kalau bank menolak pengajuan anda itu wajar karena SDH tertera dilembar tagihan….denda keterlambatan…walaupun 1hari

  • 17 Desember 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Bentar lagi juge diapus entu late chargenye, yg penting udh masuk MK,.. yg koment2, abein aje ye gak mbak TS.. 🤣

  • 17 Desember 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Gak tau diri, udah lalai masih aja nyalahin bank. Terus tulis di mediakonsumen, cari pembenaran diri

  • 18 Desember 2023 - (04:20 WIB)
    Permalink

    TS Angkuh….Mengemis penghapusan denda 75k dengan ancaman pindahin KPR,Tabungan.
    bank seneng gw rasa kwkwkwkw
    Baru punya duit buat bayar alibi lupa

  • 18 Desember 2023 - (06:44 WIB)
    Permalink

    fyi sudah ada win win solution dari cimb niaga late fees 75k masing2 kartu sudah di waive, interest 1 hari masih ada

    gini dong setidakny g kena double
    makasih media konsumen dan cimb niaga

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Sangat Mengecewakan Respons Permohonan Penghapusan Denda dan Bunga Kar…

oleh yusihanitasari dibaca dalam: 1 menit
24