Tidak Ada Gunanya Menjadi Pelanggan Kartu HALO Telkomsel

Dear all,

Saya pengguna Kartu HALO Telkomsel sejak tahun 2012 dan selalu lancar bayar, tidak pernah terlambat 1 kali pun. Namun, Telkomsel betul-betul membuat saya kecewa. Sangat kecewa!

Pada tanggal 19 Desember 2023, saya mendapat notifikasi dari Telkomsel kalau kartu pascabayar saya diubah ke mode prabayar, karena sudah mencapai limit transaksi yaitu Rp100.000. Ini nominalnya sedikit sekali, mengingat paket utama saya saja sudah sekitaran Rp90-an ribu. Berarti spread saya cuma sekitaran Rp10-an ribu. Ini posisinya saya masih punya kuota internet, kuota telepon (all operator) dan kuota SMS (all operator).

Logikanya, saya harusnya masih bisa pakai internet, telepon, dan SMS. Namun kenyataannya, ketika saya mau menggunakan panggilan telepon, saya mendengar peringatan kalau pulsa saya habis dan tidak bisa melakukan panggilan (berarti ini dibaca mode prabayar). Saya coba mengirim SMS juga tidak bisa, dengan pesan yang sama yaitu pulsa tidak mencukupi. Namun yang anehnya, saya masih bisa menggunakan kuota paket internet. Ini sistemnya Telkomsel kenapa kacau begini?

Kemudian saya menghubungi Telkomsel melalui Twitter dan juga telepon 188, dan mendapat nomor tiket pelaporan. Saya disuruh menunggu hasil investigasi dengan estimasi sampai 22 Desember 2023.

Namun, pada tanggal 20 Desember 2023 (H+1), saya mendapat SMS dari Telkomsel yang menyatakan kalau case saya sudah terselesaikan dan close. Padahal ini modenya masih prabayar dan saya tidak bisa melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS. Jadi saya buka ulang kasusnya dan menelepon kembali ke 188. Namun CS-nya juga tidak bisa memberikan jawaban yang masuk akal dan cuma bisa meneruskan ke bagian terkait. Lagi-lagi saya cuma disuruh menunggu.

Mohon maaf ini bagian terkait yang dimaksud Mbak CS itu kerja atau tidak ya?? Tidak kasih solusi dan perbaikan, main langsung close case. Ini makan gaji buta atau bagaimana?? Jujur, sudah beberapa kali saya dapat perlakuan seperti ini dan akhirnya selalu harus mengirim surat ke mediakonsumen.com baru pihak Telkomsel mau menginvestigasi dengan benar case saya.

Demikianlah, saya mohon dengan sangat agar pihak Telkomsel segera merespons komplain saya dan menyelesaikannya dengan baik tentunya. Saya sudah mengalami kerugian yang cukup berarti, karena tidak bisa melakukan panggilan telepon dan juga mengirim SMS yang seharusnya sudah menjadi hak saya.

Mohon untuk lebih dibina dan ditraining bagian terkaitnya supaya tidak menjadi bagian pincang dari perusahaan Telkomsel yang sangat terpandang dan terkemuka. Terima kasih.

Tjia Elmy Samer
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Ada Gunanya Menjadi Pelanggan Kartu HALO Telkomsel”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 22 Desember 2023 oleh Ibu Elmy Samer mengenai Kartu HALO Telkomsel. Dapat...
Baca Selengkapnya

42 komentar untuk “Tidak Ada Gunanya Menjadi Pelanggan Kartu HALO Telkomsel

    • 25 Desember 2023 - (01:31 WIB)
      Permalink

      *888*767#

      Silakan pencet itu , Kartu anda akan kembali ke pasca bayar, atau tambahkan limit kartu hallo anda.

      Masak hal ini tidak dijelaskan oleh operator telkomsel yang menjawap panggilan anda ?

  • 22 Desember 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Wah ini harapan saya, pindah dari pasca ke pra secara otomatis . !?? Gimana caranya, apakah jangan dibayarkan tagihan . .!??

    16
    1
    • 22 Desember 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      eh malah bagus itu, nomer 0811 bisa jadi prabayar.
      mau juga saya kalo bisa..
      gimana caranya?

      6
      1
      • 22 Desember 2023 - (17:30 WIB)
        Permalink

        Bukan jadi prabayar. Modenya yang jadi prabayar. Jadi nomor tetap Pascabayar. Jadi tagihan tetap jalan, tapi kalo mau pake telepon dan sms harus isi pulsa prabayar.

      • 24 Desember 2023 - (01:44 WIB)
        Permalink

        Kartu Halo saya pun juga gt. Saat ini msh tgl 24 Desember 2023 dan kartu saya ini msh tersisa 5,23Gb dan tdk bisa dipakai internet nya. Pdhl disitu ada keterangannya, paket bisa dipakai sampai 31 Desember. Payah. Aku rasa Telkomsel sdh menjadi provider yg ga butuh customer lg. Merasa dirinya sdh diatas angin.

        • 24 Desember 2023 - (19:57 WIB)
          Permalink

          Kl saya sdh lebih dari 3 Thun berlangganan point’ selalu hangus, dikarenakan Telkomsel daerah Palangka Raya dgn alasan belum tersedia merchandise nya, shg hilang sia”,.

      • 25 Desember 2023 - (13:06 WIB)
        Permalink

        Coba ikhtiar dan berusaha langsung datang ke GraPari, semoga dgn tatap muka segera selesai masalahnya

  • 22 Desember 2023 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Kalau murni prabayar saya juga senang. Ini masalahnya tagihan Pascabayar tetap jalan, tapi fasilitas telepon dan sms tidak bisa dipakai. Jadinya bayar dobel. Tagihan plus isi pulsa.

    6
    2
      • 22 Desember 2023 - (17:45 WIB)
        Permalink

        Iya benar, kata pihak telkomsel ini hybrid. Tapi permasalahannya modenya tidak bisa balik ke Pascabayar, padahal saya masih ada kuota Pascabayar.

        2
        1
        • 23 Desember 2023 - (23:24 WIB)
          Permalink

          Saya pengguna kartu halo yg nggak ada mampaat nya jg cuma tagihannya gede ..mending kartu nya di buang beli kartu baru..

    • 24 Desember 2023 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Punya saya udh di rubah ke prabayar,,tapi ada kuota SMS 50 terus ga bisa di pakai juga kenapa ya,,dan paketnya pun suka cepet habis,pernah saya isi 32 GB.1 bulan tapi tidak sampai 1 bulan sudah habis gimana ini

    • 23 Desember 2023 - (08:04 WIB)
      Permalink

      Iya kak saya sudah pakai halo hybrid 12 tahun dan sudah paham betul cara kerjanya. Tapi ini permasalahannya, tidak bisa balik ke mode Pascabayar, jadinya kuota telepon sama sms jadi mubazir dan tagihan tetap jalan.

      4
      1
    • 23 Desember 2023 - (08:02 WIB)
      Permalink

      Nda bagus, soalnya kupta telepon sama sms Pascabayar tidak bisa dipakai. Percuma bayar tagihan bulanan.

      1
      1
  • 23 Desember 2023 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Kalau masih tetap bayar bulanan berati khusus kuota aja ya, kalau sms dan telpon nya harus isi pulsa lagi

    2
    1
    • 23 Desember 2023 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Iya benar, internet bisa tetap jalan. Yang masalah cuma telepon dan sms.

  • 23 Desember 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    bantu sharing kak, kuota pascabayar itu biasanya ada limitnya, misal limit kredit 100rb, akan dipakai untuk paket data 90rb. maka sisa limit untuk telp dan sms tinggal 10rb, jadi kalo limit yang 10r sudah habis, dan kaka mau pakai telp dan sms caranya dengan mengisi pulsa, atau minta dinaikin batas kredit limitnya, batas kredit limit nya kita bisa mengajukan nominal berapapun bahkan bisa sampai 1 juta..

    tapi kalo kondisinya kaka tidak mau isi pulsa atau menaikan lagi kredit limitnya, tinggal di tunggu aja tanggal billing cycle nya selesai,, nanti di periode baru limit akan kembali ke awal..

    3
    2
    • 23 Desember 2023 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Ini kondisi saya masih punya kuota telepon 77 menit dan sms 380. Tapi pas mau dipakai disuruh isi pulsa.

      Saya tidak masalah jika disuruh isi pulsa pas sudah mencapai limit. Yang saya permasalahkan adalah kuota saya yang masih ada 77 menit dan 380 sms itu kenapa tidak bisa dipakai.

      Berulang kali saya tekankan juga kalau saya masih punya kuota telepon dan sms tapi kenapa tidak bisa dipahami.

      Di screenshot juga kelihatan kalau masih ada kuota telepon dan sms.

    • 23 Desember 2023 - (12:02 WIB)
      Permalink

      bonus kuota telp dan sms ada kemungkinan hanya bisa dipakai pada saat kondisi kartu di pascabayar karena itu adalah benefit dari layanan pascabayar nya,,

      Jadi pada saat di kondisi prabayar kuota yang dipakai adalah pulsa reguler,,

      • 23 Desember 2023 - (15:13 WIB)
        Permalink

        CS di Grapari juga bilang begitu. Tapi yang bikin kecewa, pas saya nelpon ke 188, operator nya bilang saya isi pulsa regular saja, terus bisa dipakai kuota telepon dan sms Pascabayar. Terus dia bilang sim card terindikasi rusak dan saya disuruh ke Grapari langsung.

        Pas di Grapari cuma dibikinkan nomor pelaporan baru. Kan bisa lewat telepon saja kalau gitu, ngapain capek2 ke Grapari.

    • 25 Desember 2023 - (08:35 WIB)
      Permalink

      Iya kak, saya paham kalau sistem kerjanya seperti ini.

      Yang saya permasalahkan itu, kenapa tahu2 limit sudah mencapai terus diubah otomatis, padahal saya cuma pakai internetnya. Saya belum pakai untuk aktivitas lain seperti telepon atau sms. Itu raib jadinya.

  • 23 Desember 2023 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Saya juga pake kartu halo. Setiap paket ada kuota masing masing antara internet, telp dan SMS. Kalo kuota TELP dan SMS habis ya emang harus beli paket lagi supaya bisa telp dan SMS lagi.

  • 23 Desember 2023 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Hai kak, saya juga pengguna kartu halo. Biar ngga kejadian seperti ini, mendingan limitnya dinaikin aja…. Walau tetap paket yg 90 rb… Tp limit dinaikan buat spare jaga jaga. Misal limit jadiin 200 rb… Bisa lewat telp cs atau ke GraPARI.
    Nantinya kuota telp dan SMS bisa dipakai kembali.
    Pembayaran bulanan juga tetap sama 90 rb kok sesuai pilihan paket kakak.

    2
    2
    • 23 Desember 2023 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Iya kak, makasih sharingnya. Si CS juga bilangnya kalau sudah berhasil balik ke mode Pascabayar bisa request kenaikan limit.

      Cuma saya kecewanya kenapa ini nomor sudah pakai 12 tahun lebih, kejadian begini baru pertama kali. Terus dicuekin sampai saya harus datang ke Grapari buat marah2.

  • 23 Desember 2023 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Itu karena limitnya 100rb kak jadi sdh maksimal karena setau saya paket minimal kartu hallo 88rb blm tax..saya pakai kartu hallo sekitar 15 thn..dari awal limit 500rb , pemakaian setiap bulan sekitar 300rb..1 thn terakhir limit 1,5jt, pemakaian juga masih sama 300rban

    Justru klo bisa jadi prabayar saya suka..nomer ini saya masih pakai juga karena history dan 10 digit..coba ke GraPARI aja kak..atau solusi terakhir kartu hallonya dipakai nomernya saja klo masih sayang sama nomernya..SIM 2 pakai operator lain untuk panggilan dll

    • 23 Desember 2023 - (15:16 WIB)
      Permalink

      Iya kak, makasih sharingnya. Saya juga dikasih tahu begitu sama CS, cuma herannya kenapa dari awal cuma dikasih limit 100rb tanpa konfirmasi apa2.

  • 23 Desember 2023 - (15:24 WIB)
    Permalink

    UPDATE TERAKHIR :

    Per tanggal 23 Desember jam 16.22

    Kartu HALO sudah berubah mode kembali ke Pascabayar dan limit dinaikan sehingga kuota telepon dan sms bisa digunakan kembali.

    Mohon ke depannya tidak terulang lagi kejadian seperti ini, butuh 5 hari untuk penyelesaian masalah dan sampai disuruh menghubungi 188 sekaligus mendatangi Grapari. Sampai dibilang SIM card terindikasi rusak segala macam.

  • 23 Desember 2023 - (17:13 WIB)
    Permalink

    Sy pengguna kartu halo sejak tahun 2008, sebenarnya dari dulu sy dibuat tdk nyaman dgn layanannya, limit pulsa serta kuota internet yang sedikit dan lelet . Belakangan ini secara sepihak lansung meniakkan tarif tanpa disetujui oleh konsumen. Mengecewakan dan sangat mengecewakan..

    Jujur diluar sana masih banyak provider yang menyediakan layanan lebih baik dan maksimal, sayangnya kartu yg sy gunakan sdh terlanjur disave kontak dan sebagai kontak pribadi. Jadi mau tdk mau masih diperlukan, tapi suatu saat sy harus relakan untuk tidak lagi menggunakannya. Yg enak pihak Telkomsel kita yg buntung terus. Dgn adanya keluhan ini apakah pihak Telkomsel tdk introspeksi, bila sy tdk ikhlas dgn layanan ini apa mereka masih tetap mau makan uang dari kongkalikongx ini.

    • 25 Desember 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Setuju kak.. Paket dinaikan paksa, dan pelayanan tidak memuaskan. Sepertinya makin lama bisa kalah saing dengan provider lain.

  • 23 Desember 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Lah gw pernah kena gt pas nanya katanya masi kartu halo, sistemnya error, ya sudah bikin laporan 2-3 hari selesai balik lg ke halo. 😒

  • 23 Desember 2023 - (21:26 WIB)
    Permalink

    Lah gw pernah kena gt pas nanya katanya masi kartu halo, sistemnya error, ya sudah bikin laporan 2-3 hari selesai balik lg ke halo. 😒 oh ya pernah lsg ditutup jg trus aq tlp lg. Dibuka lg sampe jd halo lg. Emg jelek servisnya krn teknisinya disuruh selesaikan ga lbh dari 3 jam jd pelaporan digtin semua. Bknnya dikerjain dgn bener. 😒 gaje banget.

    • 25 Desember 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Betul, yang CS 188 kesekian malah tutupin telepon, padahal masih sementara bicara. Pokoknya telkomsel harus training para CS nya biar ngerti SOP. Jangan yang 1 bilanh A, yang 1 bilang B.

  • 26 Desember 2023 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya , antara cs yg di 188 sama cs yg di grapari , itu punya sop yg berbeda.

    Jdi info dari 188 dan grapari itu beda.
    Sampe pernah posisi saya di grapari saya tlp kan cs 188 , akhir nya mereka yang ribut sendiri.

    Aneh bin ajaib. 1 badan tp 2 kebijakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu HALO Telkomsel?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Tidak Ada Gunanya Menjadi Pelanggan Kartu HALO Telkomsel

oleh Elmy Samer dibaca dalam: 1 menit
42