Klaim Tumor Ditolak oleh Allianz

Pada tanggal 25 Januari 2023, ayah saya, Sangestu Nitihardjo, sebagai tertanggung dari polis nomor 000065021854, dioperasi karena ada benjolan di pipi. Untuk polis ini, kebetulan pemegang polis sekaligus agennya adalah saya sendiri, Candra Wijaya Nitihardjo.

Pada saat bedah mengambil benjolan, klaim dilakukan secara cashless. Namun ditolak oleh Admedika, karena diagnosa sementara dokter adalah kista dermoid (bawaan lahir). Akhirnya saya biarkan saja, karena saya pikir penolakan tersebut sudah final.

Namun, setelah 7 bulan berselang, leader saya melihat kembali dokumen-dokumen dari rumah sakit. Kata leader saya, itu bisa diklaim lagi secara reimburse karena ada hasil Patologi Anatomi yang menyatakan benjolan tersebut bukan kista dermoid, melainkan atheroma (bukan bawaan lahir). Yang mana pada saat klaim cashless ke Admedika setelah operasi, hasil Patologi Anatomi tersebut belum keluar (dokter hanya mengira-ngira saja bahwa benjolan tersebut adalah kista dermoid). Hasil Patologi Anatomi keluar seminggu setelah operasi.

Akhirnya, saya lakukan klaim reimburse dengan disertai surat permohonan keringanan deadline klaim (deadline-nya hanya 30 hari), dengan menjelaskan alasan keterlambatan tersebut. Allianz menolak klaim reimburse saya dengan alasan klaim diajukan lebih dari 30 hari. Hal ini sudah saya jelaskan dua kali ke Allianz melalui surat resmi bahwa keterlambatan ini ada alasan yang kuat, bukan disengaja. Namun Allianz tetap saja menolak dengan alasan klaim diajukan lebih dari 30 hari, tanpa mempertimbangkan alasan saya.

Hal ini sungguh tidak manusiawi karena keterlambatannya bukan disengaja, tetapi karena ketidaktahuan saya. Leader saya juga tidak pernah menjelaskan bahwa klaim yang sudah ditolak Admedika masih bisa diajukan lagi secara reimburse.

Saya pun bukan orang yang paham istilah medis dan seluk-beluknya. Untuk kasus saya ini, tentunya harus orang yang paham istilah medis dan sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun seperti leader saya, baru paham bahwa kasus ini seharusnya bisa diklaim kembali secara reimburse karena ada perbedaan diagnosa awal dan akhir. Bahkan membaca tulisan dokter saja orang yang tidak biasa akan kesulitan.

Mohon Allianz bisa memiliki kebijaksanaan untuk membayar klaim saya dengan pertimbangan kemanusiaan (human error yang bisa dialami siapa saja karena ketidaktahuan).Ā Terima kasih.

Candra Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Klaim Tumor Ditolak oleh Allianz”

Kepada Yth, Redaksi Media Konsumen, Perihal: Tanggapan Resmi Allianz Indonesia Terkait Keluhan Pemegang Polis Atas Nama Candra Wijaya Nitihardjo Dengan...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Klaim Tumor Ditolak oleh Allianz

  • 23 Desember 2023 - (09:53 WIB)
    Permalink

    Agen saja klaim dipersulit apalagi kalau orang biasa. Produk asuransi memang gampang masuknya, kalau klaim selalu dipersulit, hanya BPJS yang gampang klaim

    • 26 Desember 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      šŸ¤£ saya bacany saja lucu, jadi agen dari custemer yg notabene “Bapaknya sendiri”, seharusnya mmg harua hububgi Leader nya dl, bir bisa di prosses secra lgs ke allianz dibawah waktu 30 hari, mmg da sela dimana boleh claim setelah diatas 30 hati, tapi dehgan alasan yg masuk akal dikit lah šŸ¤£ saya nasabah saja tau, SOP klaim itu jgn sampai lewat diatas 30 hari, apalagi ini remburse atau nalangin dl baru claim buat diganti pigak allianz. Lawak lah drama ini. Agen yg kurang aktif, yg jadi gen hanya untuk cari diskon polis bapaknya atau dgn kata lain dapat cash back drai biaya polis bapaknya, setelah jadi agen tdk aktif, makanya jd masalah ketika ada masalah, seharusny ikut acara presentasi di kantor atau secara online kl da acara dari leader, jgn hanya mau duitny saja kl jd agen. Sekolahnya malas, bgt ada kejadian, yg disalahin Leader nya, padahal leader kl ada acara meeting khn ngundang šŸ¤£ kasin jg leadernya, nga ada masalah ikutan disalahkan di tulisan media bgn, malu atuh šŸ¤£ biasanya kalau diatas 30 hati claim itu bisa cair kl suratĀ² dari rumah sakit tdk kunjung keluar (biasanya kl sakit di luar negri) ini butuh sedikit effort, tapi kl mau klaim ya harus kerja dikit ya. Salam buta gen abalĀ² yg kena mental setelah diteebitkn balasan dari pihk allianz lgs. Mantap allianz. Udh ng salah milih kalian, jgn mau diakalin agen abalĀ² jg. Dan sprt nya Agen yg abalĀ² juga haruany dibersihkan dari Allianz, krn sudah mempermalukan institusi sendiri alias mencoreng arang di muka sendiri kata lainnya memecahkan mata pencaharian sendiri.

  • 23 Desember 2023 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Dari sini semakin tidak PERCAYA sama ASURANSI SWASTA. cuma BPJS yang aku percaya walau agak ribet kadang.

    • 26 Desember 2023 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Betul sekali bos, sy dulu juga pakai asuransi.
      Tp banyak sekali keluhan masalah saat mau klaim. Manis di depan saja, akhir nya saya tutup, lbh baik rugi sekarang dari pada makin besar ruginya.

  • 23 Desember 2023 - (15:13 WIB)
    Permalink

    kalau soal klaim paling ribet dan lambet, tapi soal naik premi paling cepet. akhir taun ini tau2 ada notif naik premi. walau bisa ditolak, ujung2nya estimasi tahun yang dicover menurun, dengan alasan nilai investasi juga menurun.

  • 23 Desember 2023 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Lucu memang…Agen sendiri yg klaim aja ditolak..dg alasan melebihi batas waktu klaim…bijak dikit Napa…

    • 28 Desember 2023 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Bagi asuransi, kalau bisa di kasih alasan saja kenapa harus di bayar???
      Rahasia umum uang masuk gampang uang keluar berbelit-belit

  • 25 Desember 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    Sebuah ironi ketika agen sendiri pakai bimbingan leader saja tidak berhasil apa2 dalam proses klaim, bahkan baru baca tanggapan sepertinya juga zonk…

    Apakah mau lanjut jadi nasabah pemegang polis? Jadi agen? Mending pindah deh

  • 26 Desember 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Padahal Allianz HSCPX itu baru saja dinaikan biaya asuransinya sekitar 25% dan nasabah diminta nambah bayar preminya.. padahal asuransi unitlink itu hrsnya tetap preminya dari awal kontrak sampai akhir kontrak asuransi.. tp ini hscpx baru berjalan sekitar 3 thn udh dinaikin aja preminya.. lalu apa bedanya sama asuransi tradisional? Konsumen milih asuransi unitlink krn berharap jml premi yg dibayarkan tetap selamanya bukan naik2 setiap waktu.. dan lucunya allianz beralasan kenaikan premi ini krn inflasi medis namun batasan UP yg ditanggung tdk ikut dinaikan tuh.. klw alasannya inflasi medis biaya berobat naik hrsnya batas UP utk HSCPX juga dinaikan juga ya krn nasabah byr preminya nambah wajarnya yg didapatkan juga nambah..

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Allianz?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Klaim Tumor Ditolak oleh Allianz

oleh Candra dibaca dalam: 1 menit
9