JTR dan Shopee Merugikan Seller, 1 Bulan 5 Paket Hilang!

Salam sejahtera untuk seluruh pembaca Media Konsumen. Perkenalkan, saya adalah pelaku usaha online yang menggunakan Shopee sebagai sarana media penjualan. Selama ini, pengalaman menggunakan Shopee tidak ada keluhan. Namun permasalahan dimulai, ketika ekspedisi JTR menghilangkan paket kargo saya dan pihak Shopee sebagai media penjualan terkesan tak acuh dan bertindak lambat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi akibat kelalaian partner usahanya (JNE Trucking).

Ada 5 paket yang bermasalah dalam bulan Desember dan dicurigai statusnya semua hilang di gudang penyortiran JNE Pulau Jawa:

  1. JT 81884118495, total kerugian Rp1.458.000.
  2. JT 48087016375, total kerugian Rp1.210.825.
  3. JT 89945044590, total kerugian Rp607.500.
  4. JT 41671820901, total kerugian Rp1.093.500.
  5. JT 47799173480, total kerugian Rp1.683.500.

Grand total kerugian Rp6.053.325

Di balik nama besar dan pengalaman puluhan tahun JNE dalam bisnis ekspedisi, tidak menjamin bahwa perusahaan tersebut mempunyai kredibilitas dan profesionalisme yang baik. Customer service JNE dan Shopee hanya berbicara sesuai template tanpa menyelesaikan masalah konsumen.

Pihak Shopee juga terindikasi berupaya lari dari tanggung jawab, dengan mengubah status pengiriman JT81884118495 menjadi “Paket akan dikembalikan ke pengirim”. Padahal sudah jelas paket dinyatakan hilang oleh pihak JNE Trucking. Status “Akan dikembalikan ke pengirim” merupakan upaya Shopee untuk menggantung transaksi dan pengembalian dana pun digantung, tanpa ada kepastian karena status order sudah dinyatakan selesai. Trik yang dilakukan Shopee sangat licik dan kejam.

Saya sebagai pengguna jasa Shopee dan JTR sangat kecewa dan merasa dirugikan, karena paket saya dihilangkan dan tidak dianggap penting oleh pihak Shopee dan JTR. Setiap hari konsumen meneror saya sebagai pemilik toko menanyakan di mana paket mereka. Tentu ini sangat menguras energi dan menambah stres saya.

Sudah belasan kali saya menghubungi CS Shopee dan JTR. Namun hanya harapan palsu dan janji manis kosong, tanpa mempedulikan kekhawatiran pedagang kecil seperti saya, yang mana setiap rupiah sangat berarti. Barang-barang tetap tidak jelas keberadaannya.

Ini terakhir kali saya menggunakan ekspedisi JTR dan tidak akan merekomendasikan JTR ke orang-orang yang saya kenal. Dan untuk customer service Shopee yang suruh saya terus menunggu. Sampai kapan saya harus tunggu?

Terima kasih,

Andrian
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “JTR dan Shopee Merugikan Seller, 1 Bulan 5 Paket Hilang!

  • 28 Desember 2023 - (02:28 WIB)
    Permalink

    Kalo kamu dihilangkan ya paketan nya, kalo paketan saya Statusnya dibuat hilang oleh jne, tapi barangnya diterima customer, sama si shope bangs*t status penjual dibatalkan, jadi saya penjual ga dapet apa2 , customer dapet barang gratis. Shopee sama Jne ini emang dua bajing*n tengik

  • 28 Desember 2023 - (02:29 WIB)
    Permalink

    Kalo kamu dihilangkan ya paketan nya, kalo paketan saya Statusnya dibuat hilang oleh jne, tapi barangnya diterima customer, sama si shope bangs*t status penjualan dibatalkan, jadi saya penjual ga dapet apa2 , customer dapet barang gratis. Shopee sama Jne ini emang dua bajing*n tengik

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

JTR dan Shopee Merugikan Seller, 1 Bulan 5 Paket Hilang!

oleh Andrian dibaca dalam: 1 menit
5