Paket Diretur dengan Alasan yang Tidak Logis

Assalamualaikum. Mohon izin, saya mau mengeluhkan terkait pelayanan J&T Cargo. Pada tanggal 18 Desember 2023, saya melakukan order pertama Baygon sebanyak 3 banded (6 pcs) di aplikasi Lazada, dengan nomor resi: 300002079963 dan nama penerima Yuli Kristanto, Anyer, Banten.

Lalu pada tanggal 20 Desember 2023, saya melakukan order ulang kembali dengan jumlah yang sama 3 banded (6 pcs) Baygon semprot isi 600 + 75 ml, dengan nomor resi: 300002110196, di SC Johnson official marketplace Lazada.

Tanggal 22 Desember 2023, ada notifikasi pengiriman orderan pertama gagal dan akan dikirim ulang. Saya masih bisa berpikir positif, mungkin kurir sedang banyak paket.

Tanggal 24 Desember 2023, orderan kedua berhasil dikirimkan sampai di rumah. Malamnya saya chat kurirnya, katanya orderan pertama tidak bisa dikirim karena ada instruksi barang dangerous dan si kurir menunjukkan foto dengan tulisan “tolong jgn dijalankan sampai gw retur, soalny barang DG, isinya baygon aerosol..“. Saya pun dikasih kontak orang gudang J&T Cargo Serang, tetapi mereka keukeuh paket akan diretur.

Saya lanjut chat pihak CS Lazada dan seller, yakni SC Johnson, katanya akan dikonfirmasi ke pihak pusat J&T Cargo. Lalu saya telepon pihak J&T Cargo pusat, katanya paket akan dikirim besok.

Namun apa yang saya dapatkan besoknya??  Paket orderan saya tetap diretur. Yang saya sesalkan, kenapa orderan Baygon kedua bisa dikirim, tapi orderan pertama dinyatakan barang dangerous?? Terlalu ambigu jika dibilang barang terlarang, sementara barang kedua bisa saya terima tanpa drama.

Saya sering belanja di Lazada menggunakan pengiriman JNE Trucking, misal produk Hit. Alhamdulillah tidak pernah diribetkan oleh hal seperti ini saat menggunakan jasa J&T Cargo. Apalagi saya belanja pake voucher Rp50 ribu, yang mana voucher tersebut pasti hangus.

Ditambah barusan saya telepon CS J&T Cargo, mereka menjawab pertanyaan jika saya order Baygon semprot lagi, kemungkinan juga akan diretur lagi (bahkan mungkin tanpa konfirmasi jika saya tidak chat duluan). Saya tidak menyalahkan sepenuhnya kurir yang mengantar, karena beliau hanya menjalankan tugas mengantarkan. Beliau sangat sopan menunjukkan jalan keluarnya, untuk menghubungi pihak gudang J&T Cargo Serang.

Saya menyayangkan orang yang menyuruh meretur. Jika bermasalah dari awal, harusnya saat pengiriman dari PT SC Johnson bakalan ditolak pas drop in awal di gerai J&T Cargo.

Mohon tanggapannya dari pihak J&T Cargo Serang, yang semena-mena terhadap orderan saya. Saya yakin, bukan saya saja yang terzalimi seperti kasus ini, yang paketnya diretur dengan alasan yang tidak logis di aplikasi Lazada.
Sekian dari saya, terima kasih.

Salam hormat,

Tri Wahyuni
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Diretur dengan Alasan yang Tidak Logis”

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di mediakonsumen.com oleh Ibu Tri Wahyuni di Serang, Banten pada tanggal 28 Desember...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Paket Diretur dengan Alasan yang Tidak Logis

  • 28 Desember 2023 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Barang seperti spray atau aerosol memang masuk kategori dangerous good ka di logistik terutama penerbangan

    Jika pengiriman antar pulau lebih baik mencari jasa pengiriman lain yang menggunakan darat dan laut

    • 28 Desember 2023 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Paketny masih Jakarta Anyer kok kak…
      Biasanya saya beli di lazada official merk hit semprot lewat JNE truck tidak pernah bermasalah kak..
      Saya chat dr pihak cs lazada, seharusnya tidak bermasalah,bisa diperjualbelikan..
      Klo misal bermasalah,harusnya di tolak saat drop poin awal jnt cargo pertama kak,bukan saat sampai di agen jnt penerima…
      Barangnya ini dioper dr tangerang-serang-anyer-serang-tangerang-serang-anyer-serang-tangerang…
      Emang gag berbahaya Tah klo dioper oper gtu ya kak selama diperjalanan?
      Mana duit gantung lagi..

  • 28 Desember 2023 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Dari surat tanggapan JNT, mereka sudah menentukan sikap yang jelas untuk menolak produk mengandung aerosol, terlepas dikirim lewat udara, antar pulau, atau pengiriman jarak tertentu. Kemasan berisi aerosol mudah meledak pada suhu tinggi dan/atau terguncang, seperti jika dibawa di boks truk yang pengap dan terguncang-guncang. Apalagi TS memesan dalam jumlah besar. Satu saja yang bocor bikin semua paket lainnya bau obat nyamuk.

    Saran saya sih cari toko online yang masih satu kota dengan TS dan gunakan pengiriman ojol instan. Kalau mau gratis ongkir, minta suami/pacar/keponakan untuk beli di pasar. Kalau mau lebih murah lagi, beli di toko grosir besar yang biasanya dikunjungi pedagang untuk kulakan.

    1
    3
    • 29 Desember 2023 - (14:00 WIB)
      Permalink

      Udah tau di larang lain kali jgn order lagi, kecuali di antar pakai gojek/gosend, lebih bagus beli sendiri, kalo ada yg kelolosan bisa kirim ada kemungkinan itu sistem nya yang kecolongan, Semoga lebih bijak lagi. Kalo drop awal itu belum dalam tahap sortir, dan biasanya ada toko yang tidak menuliskan deskripsi barang yang di kirim jadi tidak di ketahui oleh kurir yang pickup barang.

  • 28 Desember 2023 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Sayangny posisi barang tsb sedang dioper sana sini om…
    Dari tangerang-serang-anyer lanjut di retur lagi k Tangerang… Knp dr Tangerang dikirim lagi k serang lanjut k Anyer,terus direturn lagi menuju serang trs k Tangerang?
    Apa lebih gag aman klo dioper sana sini..hehhe..

  • 29 Desember 2023 - (15:40 WIB)
    Permalink

    Aneh emg tuh jnt kargo. Maren jg ada yg pesan obat dll dari akulaku pake jnt kargo mo dibalikin paketnya alasannya brgnya 10 hrs dibungkus 10 biji. Pdhal orderannya cm 1 resi. Lah itu ongkirnya 25rb kalo 10 paket jd 250rb sapa yang bayarin itu ona? Moyangnya yg bayarin? 😒 ga manuk akal tuh org jnt kargo.

    • 29 Desember 2023 - (16:00 WIB)
      Permalink

      Klo misal bisa pilih penyedia jasa enak y kak…
      Yg sekiranya pernah di ribetkan,pasti pilih opsi lainnya yg pasti terjamin bikin nyaman customerny

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Cargo?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Paket Diretur dengan Alasan yang Tidak Logis

oleh Tri dibaca dalam: 2 menit
9