Syarat Endorsement Nama Paspor Selain untuk Umroh Seperti Apa?

Saya ada rencana beli tiket promo ke Turkey via agen travel. Pihak agen travel itu mensyaratkan nama wajib dua kata, sedangkan nama saya di paspor dan KTP hanya satu kata. Akhirnya saya coba urus endorsement ke imigrasi terdekat di daerah Jakarta Utara (bukan tempat paspor terbit).

Sampai di sana diberitahu petugas, syaratnya KTP, KK, akta dan paspor asli. Kemudian di loket pertama ditanya keperluannya apa. Saya bilang mau beli tiket pesawat untuk traveling ke Turkey via maskapai Saudi Airlines, sehingga minta nama minimal 2 kata. Petugas menyuruh antri untuk ambil form dan diminta isi form serta surat pernyataan, kemudian ke loket selanjutnya.

Ketika di loket selanjutnya, ditanya lagi keperluannya apa. Saya jelaskan seperti di atas dan petugasnya minta paling tidak screenshot persyaratan maskapai. Kemudian saya cari dahulu dan ketemu edaran dari maskapainya. Setelah dibaca kemudian petugas loket meminta tiketnya. Saya bilang baru mau beli, lalu dia bilang gak bisa, harus beli tiket dahulu baru ajukan endorse.

Saya bilang lagi, justru mau beli tiket syaratnya harus 2 nama di paspor. “Kan bisa masukin aja dulu nama rencana endorsement, baru diurus endorsement-nya,”, ucap petugas imigrasi. Sedangkan pihak agen travel saya tetap tidak mau, kalau nama tiket yang akan dipesan dan yang ada di paspor berbeda. Petugas imigrasi bilang ini untuk menghindari umroh backpaker, karena pemerintah melarangnya. Padahal kan saya mau ke Turkey!

Kenapa tidak dari awal bilang kalau harus ada tiket? Kalau gitu saya bisa langsung pulang karena belum beli tiket. Petugas imigrasi juga bertanya kenapa endorsement-nya ke sini bukan ke tempat terbitnya paspor? Saya jawab karena saya kerja dekat sini, jadi sekalian dekat ke kantor. Terus dijawab lagi, “Tapi kan masih bisa kejangkau imigrasinya, masih satu provinsi,“.

Apakah mengurus endorsement lebih baik di tempat paspor terbit? Kalau di imigrasi lain dipersulit? Kemudian saya tanya ke petugas imigrasinya untuk endorsement apakah bukan hak saya? Bukan katanya, hak imigrasi mau memberi atau tidak. Jadi bagaimana ya ketentuan sebenarnya untuk endorsement nama? Apa harus benar-benar sudah beli tiket pesawatnya? Terima kasih.

Sahroni
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

7 komentar untuk “Syarat Endorsement Nama Paspor Selain untuk Umroh Seperti Apa?

  • 1 Januari 2024 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Yang jadi pertanyaan apa perlu 2 nama di paspor untuk beli tiket ke Turkiye ? Bukannya bisa ditulis 2X namanya. Ya pantas Imigrasi menolak karena takut digunakan untuk umroh ilegal,endorsement 2 nama memang hanya untuk umroh biasanya.
    Travel agen nya yang salah

      • 2 Januari 2024 - (11:13 WIB)
        Permalink

        Penulis mau terbang ke Turki dengan Saudi Airlines, jadi otomatis terbangnya transit di Saudi lanjut Turki. Persyaratan terbang dgn SA nama penumpang tidak boleh 1 kata, sepertinya sih ini memang ketentuan SA, karena dulu ketika masih kerja di CGK, di tiket bisa di issue dgn pengulangan kata, misal Zulkifri Zulkifri.
        Travel agent sendiri tidak berani issue tiket dgn nama passport yang belum dirubah, takutnya ketika nanti nama passport sudah dirubah berbeda dgn tiket, maka bisa dipastikan penumpang yang akan mengejar travel agent karena kesalahan tsb, karena untuk merubah nama tiket yang sudah di issued keluar duit lagi, dan nominalnya tidak kecil.

  • 1 Januari 2024 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Sebagai orang Travel Agent, saya gagal paham dengan Travel nya.

    Kalau memang program promonya dari maskapai, cari aja travel agent lain, bisa juga OTA.

    Kalau program promonya dari Travel Agentnya, kecuali kerjasama dengan kartu kredit, perlu dipikirkan baik2 buat issue tiket disana.

    Pihak imigrasi telah melakukan SOP dengan benar.

  • 1 Januari 2024 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Beberapa maskapai Timur Tengah sekarang memang mensyaratkan nama minimal 2 kata.
    Kalau tujuannya ke Turki, cari aja maskapai Turkish Airlines, banyak koq promo tiketnya. Dan gak mensyaratkan nama 2 kata.

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Syarat Endorsement Nama Paspor Selain untuk Umroh Seperti Apa?

oleh Tani dibaca dalam: 1 menit
7