Aplikasi myXL dan “Virtual Assistant” Maya, Sungguh Sangat Mengecewakan

Saya adalah pelanggan kartu pra bayar XL dan level saya sudah Platinum. Ini pertama kali saya mengalami kendala transaksi di aplikasi MyXl. Walaupun pertama kali terjadi kendala, saya sudah menduga, karena sudah beberapa kali aplikasi ini sering error.

Pada tanggal 7 Desember 2023, saya melakukan transaksi pembelian paket Xtra Combo Plus VIP yang sedang promo, dengan harga Rp202 ribu. Seharusnya mendapatkan kuota bonus sebesar 15 GB (mandatory/wajib dipilih). Jadi kalau tidak dipilih, tidak bisa aktivasi paket tersebut (tombol beli/aktivasi tidak bisa diklik). Transaksi pembelian paketnya pun berhasil. Jadi saya pikir tidak ada kendala.

Lalu saya menghubungi XL Care dan dilayani beberapa kali oleh virtual assistant Maya (entah ini operator atau chat bot). Namun hanya sampai mendapat pesan yang selalu sama, meminta waktu. Padahal saya sudah kirimkan bukti screenshot paket yang saya beli dan yang saya dapatkan. Sampai saya ketiduran dan terbangun lagi. Tidak dianjurkan banget komplain lewat XL Care ini. Masalah tidak selesai, malah kurang tidur karena tunggu respons dari Maya.

Kemudian saya menghubungi call center 817, dan akan dibuatkan laporannya berdasarkan screenshot. Ada yang berubah setelah pelaporan lewat Maya, MyRewards bonus kuota sebesar 20 GB sudah masuk, tapi aplikasi bonus kuota yang 15 GB tidak masuk masuk.

Saya berharap bisa dapat jawaban simpel dan proses tidak bertele-tele. Aplikasi myXL ini sering error dan loading-nya lama, terlalu banyak bug. Saya sebenarnya malas untuk memuat hal ini di Media Konsumen. Namun yang membuat saya ingin melaporkan hal ini adalah karena saya selalu mendapat respons terus melalui email dari CS XL. Seolah-olah kendala saya sedang dalam penanganan, tapi selalu berulang-ulang diminta keterangan yang sama.

Bukti screenshot yang sudah saya kirim berulang-ulang, beserta versi aplikasi myXL yang saya gunakan kala itu. Jadi saya berharap tidak ada konsumen XL lainnya yang terkena masalah seperti saya. Kekecewaan saya sampai membuat saya berpikir untuk pindah ke provider lain.

Yang jelas penanganan masalahnya XL, bukan bintang 1, lebih ke minus 1. Selamat tahun Baru XL, resolusi baru juga yah. Terima kasih, maaf apabila saya ada kritik yang agak pedas, tapi perlu untuk XL berbenah. Aplikasi myXL dan virtual assistant Maya, sungguh sangat mengecewakan.

Lai Yunie Yanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Aplikasi myXL dan Virtual Assistant Maya, Sungguh Sangat Mengecewakan”

Jakarta, 24 Januari 2024 Ref.CM/CU/E/010/0124/SS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Lai Yunie Yanto...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Aplikasi myXL dan “Virtual Assistant” Maya, Sungguh Sangat Mengecewakan

    • 5 Januari 2024 - (16:43 WIB)
      Permalink

      Kalau yg di bonus quota itu saya notice.
      Ini bonus quota applikasi yang harus dipilih di awal / mandatory / wajib dipilih. Kalau tidak dipilih, tidak bisa aktivasi paket. Tombol aktivasinya tidak bisa diklik.
      Kuota facebook, instagram, tiktok atau youtube dll.
      Saya sih sudah ikhlas sih, cuma bagian customer service nya email terus, minta bukti screen shot berulang ulang dan minta waktu tambahan lagi untuk penanganan masalah, kayak ngeledek, diingetin terus.

  • 6 Januari 2024 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Pengen lupakan XL tapi sudah menjadi pengguna sejak awal 2000-an. Padahal internet nya nggak banget, pernah migrasi ke Prioritas tapi ya tetap, malah dapat tagihan aplikasi premium yang nggak jelas dan tidak pernah registrasi.
    Mumpung handphone ada dua slot simcard maka beli Simcard lain untuk Internetan, sisanya XL jadi cadangan doang. Tetap isi pulsa dan data standar untuk tetap eksis.
    Bye bye…

    • 9 Januari 2024 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Pihak Management XL.sudah memberi solusi di tanggal 8 Januari 2024.
      Terimakasih XL, tapi saya sudah terlanjur cari solusi lain.
      Sekarang saya lebih mengandalkan wifi rumahan, kartu XL hanya saya aktivasi paket data seminim mungkin, asal nomor tetap hidup saja.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Aplikasi myXL dan “Virtual Assistant” Maya, Sungguh Sangat…

oleh Lai Yunie Yanto dibaca dalam: 1 menit
4