Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA yang Bermasalah

Salam sehat kepada seluruh pembaca Media Konsumen. Saya di sini ingin menyampaikan keluhan saya kepada pihak bank BCA mengenai iuran tahunan yang dikenakan kepada kartu kredit saya.

Sebagai nasabah setia Bank BCA, saya berhasil mendapatkan fasilitas kartu kredit BCA Singapore Airlines Infinite pada bulan November 2023. Namun saat pemakaian di bulan kedua atau tepatnya saat menerima tagihan bulanan di bulan Januari 2024, kartu kredit saya ini sudah langsung dikenakan biaya iuran tahunan sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Padahal saya baru menggunakan kartu kredit tersebut selama satu bulan.

Saya sudah berusaha menghubungi Halo BCA untuk pengajuan penghapusan iuran tahunan tersebut, dengan nomer laporan berikut: 2034836147 dan 2034410408.

Pengajuan penghapusan iuran tahunan kartu kredit saya ditolak, karena pemakaian tidak mencapai nominal Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) dalam tiga bulan terakhir. Saya di sini menolak pembayaran iuran tersebut, karena saya baru dikirimkan dan aktif menggunakan kartu kredit BCA Krisflyer tersebut di bulan November 2023. Bagaimana saya bisa memenuhi persyaratan tersebut?

Selama lima tahun belakangan saya juga merupakan pengguna aktif kartu kredit BCA VISA dan BCA Card untuk pemakaian sehari-hari, dan tidak pernah mendapat masalah seperti ini.

Saya membuat surat terbuka ini kepada pihak Bank BCA untuk bisa membantu penghapusan biaya iuran tahunan kartu kredit saya karena saya baru memakai kartu kredit tersebut selama satu bulan. Terima kasih.

Wijaya
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Iuran Tahunan kartu Kredit BCA yang Bermasalah”

Menanggapi keluhan Bapak Wijaya di Suara Pembaca Media Konsumen tanggal 13 Januari 2024 dengan judul “Iuran Tahunan kartu Kredit BCA...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA yang Bermasalah

  • 13 Januari 2024 - (08:29 WIB)
    Permalink

    **Namun saat pemakaian di bulan kedua atau tepatnya saat menerima tagihan bulanan di bulan Januari 2024, kartu kredit saya ini sudah langsung dikenakan biaya iuran tahunan sebesar Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).**
    ==>> Memang begitu. Apakah TS tidak membaca S&K nya?

    • 14 Januari 2024 - (20:29 WIB)
      Permalink

      wkwk gimana ts ini 😄 saya yang dbs world tahunan 700rb adem ayem aja kena AF akwakwkwk , ini kena di awal malah ngomel” padahal mah udah dikasih pinjem uang ya kita harus kasih feedback juga ke bank , pakai aja dulu seandai nya ga ada manfaat ya tutup aja akwka , jangan cuma gengsi belakang 🤣 , sekali lagi saya yang 700rb AF nya aja adem ayem diem anyep 🤣🤣🤣🤣

  • 13 Januari 2024 - (11:19 WIB)
    Permalink

    saya merupakan pengguna BCA KrisFlyer Infinite BCA. untuk AF (Annual Fee) dari kartu ini memang ditarik di awal pemakaian kartu, dan bisa dihapuskan dengan beberapa syarat, seperti 1. anda nasabah prioritas / solitaire bisa dihapuskan sepenuhnya; 2. anda mengajuhkan pembebasan tanpa syarat (sangat kecil kemungkinan lolos); 3. anda bisa menghapuskan AF dengan syarat spending challenge (dalam kasus anda, inilah yang ditawarkan oleh petugas ke anda).

    AF dari BCA KrisFlyer Infinite tergolong murah / kecil, sebaiknya sebelum anda mendaftarkan KK (Kartu Kredit), baca dahulu S&K dari masing2 kartu, karena tiap KK memiliki benefit / manfaat yang berbeda, tentunya ketentuannya juga berbeda, tidak bisa di samaratakan dengan KK tingkat bawah / paling rendah seperti BCA Card dan BCA Visa standard, agar anda tidak merasa kena “prank” yang padahal itu memang ketentuan yang sudah ditetapkan oleh BCA dan sudah disebutkan dari awal.

    10
    1
    • 13 Januari 2024 - (13:18 WIB)
      Permalink

      Kalau apply kartu kredit top tier harus paham S&K dulu, termasuk kapan akan ditagih annual fee pertama. Penghapusan Annual Fee BCA SQ Visa Infinite udah ditiadakan sejak 1 Juli 2023.
      Kalau keberatan annual fee Rp 750.000 per tahun, ajukan downgrade kartu jadi Visa Signature aja, yang bisa diajukan penghapusan annual fee.
      Buat top tier card holder sejati, annual fee Rp 750 ribu setahun itu cuma recehan dan gengsi kalau harus di blow up di media. Yg kena 3-5 juta setahun aja adem ayem.

      • 13 Januari 2024 - (14:23 WIB)
        Permalink

        menurut saya BCA KF Infinite merupakan kartu kredit mid tier yang sudah kurang menarik lagi karena sudah terkena beberapa kali devaluasi, hanya saja memang mudah didapatkan kartunya. dan untuk waive AF, beberapa bulan lalu BCA membuka kesempatan untuk pemegang kartu KF untuk dapat melalukan waive tanpa syarat, saya adalah salah satu yang berhasil mendapatkan waive itu.

        saya setuju sebenarnya ini adalah kelalaian TS yang tidak memahami S&K dari KK ini dan langsung membuat komplain di Media Konsumen, yang padahal memang kartu ini sebenarnya wajib dikenakan AF dan syarat penghapusannya juga bersyarat. menurut saya TS masih beruntung karena ditawarkan spending challenge yang di mana dulu saat saya mengajuhkan waive di bulan agustus / oktober (sebelum saya mengajuhkan waive ke-2 yang diapprove tanpa syarat), langsung ditolak mentah2 oleh pihak customer service, ya karena memang pada saat itu tidak bisa dihapuskan

  • 13 Januari 2024 - (14:38 WIB)
    Permalink

    kalo kartu sebelumnya visa batman sama everyday putih pasti kaget, ngga heran sih, hahaa..

    • 13 Januari 2024 - (17:17 WIB)
      Permalink

      hahaha.. ini mah saya pengguna BCA Everyday & Visa Batman.
      iuran tahunan 125rb per kartu, dan gampang banget minta penghapusan.

      4
      1
    • 16 Januari 2024 - (18:41 WIB)
      Permalink

      walah ente jangan merendahkan visa batman dan everyday putih bosque, banyak juga sultan make itu kartu kredit karena kepaksa

  • 13 Januari 2024 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Orang aneh,.. ga baca snk malah ngomel2 disini,.. cocok nya ente pake BRI Toped, biar ga di tagih AF,.. wk wk

  • 13 Januari 2024 - (17:45 WIB)
    Permalink

    Klo keberatan bayar AF diawal…mending ajukan penutupan aja…kan sdh py KK BCA jenis lainnya…

  • 13 Januari 2024 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Alasan sy gak prnh up ke kartu ini syaratnya karena berat bagi kaum receh seperti sya cukup di blackcard saja…
    Memang kartu tersebut Syaratnya seperti itu, jadi klu keberatan ya gak usah up kartu atau mngkn TS biar keliatan keren kartunya infin BCA tpi dia gk sadar ada SnK nya buat hapus annual fee wkkwkww….

  • 14 Januari 2024 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Kalau punya CC jenis itu artinya orang kaya. Kok 750rb aja keberatan. Kalau bukan orkay kok mau ? Baca dan tanya S&K dl. AF BCA itu paling murah dibanding bank lain

  • 15 Januari 2024 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Kalau sampai level Signature memang masih mudah untuk minta waiver. Cuma kalau Infinite ya bakal susah. Lagipula anda mendapat Infinite pasti atas permintaan sendiri. Setahu saya, BCA cuma memberi penawaran upgrade sampai Signature. Dan di welcome call sudah diinformasikan ketentuan 750kIDR. Dan ini, seperti komentator lain bilang, masih termasuk murah.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA yang Bermasalah

oleh Wijaya dibaca dalam: 1 menit
14