Surat Pembaca

Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Tidak Adil

Saya sebagai seller mengirim surat terbuka ini kepada Shopee. Saya sangat menyesalkan keputusan Shopee pada saat proses pengembalian barang.

Kronologi:

Pembeli membeli barang berupa kursi ukuran XXL sejumlah 4 pcs. Pada saat barang diterima pembeli, ia mengomplain bahwa saya mengirim barang yang salah, yaitu 3 kursi size XXL dan satunya 1 kursi bukan size XXL. Lalu pembeli mengajukan pengembalian barang dan dana untuk 1 kursi yang salah.

Di diskusi chat pengembalian barang, saya meminta bukti unboxing lengkap, tetapi pembeli tidak menunjukkan video unboxing secara lengkap.

Berikut link videonya: Video Unboxing

Padahal saya mengharapkan si pembeli menunjukkan size yang salah ketika unboxing, karena di luarnya terdapat label size. Hanya bermodalkan video tersebut, Shopee menganggap bahwa video tersebut valid. Berikut balasan admin Shopee di chat diskusi:

Pada screenshot di atas sudah jelas arahan Shopee kepada pembeli, bahwa Shopee meminta pengembalian 1 barang. Namun si pembeli malah mengembalikan 4 pcs kursi, dengan biaya ongkir Rp105.000. Saya kemudian komplain juga menyertakan video unboxing lengkap. Namun besoknya Shopee menolak bukti unboxing saya, sehingga proses pengembalian tersebut dianggap selesai.

Yang saya sesalkan adalah saya harus menanggung biaya ongkir seluruhnya. Berdasarkan S&K Shopee yang terbaru, saya juga memahami bahwa penjual yang akan menanggung biaya ongkir pengembalian apabila terjadi kelalaian. Namun dalam hal ini tanggung jawab saya sudah terpenuhi.

Saya mengirim 3 barang yang benar dan tanggung jawab pembeli adalah mengembalikan 1 barang yang salah. Kok si pembeli malah mengembalikan semua barang dan dengan mudahnya pihak Shopee menyetujui hal itu? Jadinya saya yang menanggung ongkir sebesar Rp105.000. Padahal jika dikembalikan 1 pcs saja, biaya ongkir tidak sebesar itu. Terima kasih.

Anita Putiana
Kab. Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Inilah yang ditakutkan penjual star/star+ bisa dimanfaatkan buyer kalau yang kelas mall sepertinya aman

  • Memang sekarang buyer bisa mengembalikan barang sepihak tanpa konfirmasi ke seller. Sudah biaya layanannya besar namun bukannya lebih baik malah lebih menyudutkan seller.

  • Sama om kl retur mah bnr2 merugikan seler hrsnya kebijakannya mah di tanggung berdua itu yg bnr sy pernah hampur 150rb nanggung ongkir hadeh SDH dipotong admin SHOPEE hrs nanggung jg semoga bisa di perbaiki lagi kebijakan Shopee kl seperti ini mah seler yg di rugikan

    • Yg penting jangan ijo bang lebih parah nanti udah barang ga balik duit ilang wkwkwkwkw udah banyak kasus coba deh cek di media konsumen

      • Selain ada seller lalai dan seller nakal, ada juga buyer dodong dan buyer nakal. Itu sebabnya sblm oder, lihat reviev dulu atau di baca dgn teliti...

  • Karna pengajuan pengembalian auto di acc, Jika Pembeli salah pilih Variasi karna kesalahan pembeli sendiri.
    Penjual yg harus membayar kesalahan dari para pembelinya.

    1. Jika penjual mengajukan banding dan menang. Penjual akan mengirim kembali pesanan ke pembeli . (Ongkir pengembalian di tanggung penjual )
    2. Jika penjual mengajukan banding dan kalah . Barang akan kembali ke penjual.
    (Penjual menanggung ongkir bolak balik)

  • Makanya mba lain kali, klo mau kirim beda ukuran chat dulu pembeli nya.. Jangan langsung asal kirim aja... Kan klo dibalikin anda juga loh yg rugi....