Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Tidak Adil

Saya sebagai seller mengirim surat terbuka ini kepada Shopee. Saya sangat menyesalkan keputusan Shopee pada saat proses pengembalian barang.

Kronologi:

Pembeli membeli barang berupa kursi ukuran XXL sejumlah 4 pcs. Pada saat barang diterima pembeli, ia mengomplain bahwa saya mengirim barang yang salah, yaitu 3 kursi size XXL dan satunya 1 kursi bukan size XXL. Lalu pembeli mengajukan pengembalian barang dan dana untuk 1 kursi yang salah.

Di diskusi chat pengembalian barang, saya meminta bukti unboxing lengkap, tetapi pembeli tidak menunjukkan video unboxing secara lengkap.

Berikut link videonya: Video Unboxing

Padahal saya mengharapkan si pembeli menunjukkan size yang salah ketika unboxing, karena di luarnya terdapat label size. Hanya bermodalkan video tersebut, Shopee menganggap bahwa video tersebut valid. Berikut balasan admin Shopee di chat diskusi:

Pada screenshot di atas sudah jelas arahan Shopee kepada pembeli, bahwa Shopee meminta pengembalian 1 barang. Namun si pembeli malah mengembalikan 4 pcs kursi, dengan biaya ongkir Rp105.000. Saya kemudian komplain juga menyertakan video unboxing lengkap. Namun besoknya Shopee menolak bukti unboxing saya, sehingga proses pengembalian tersebut dianggap selesai.

Yang saya sesalkan adalah saya harus menanggung biaya ongkir seluruhnya. Berdasarkan S&K Shopee yang terbaru, saya juga memahami bahwa penjual yang akan menanggung biaya ongkir pengembalian apabila terjadi kelalaian. Namun dalam hal ini tanggung jawab saya sudah terpenuhi.

Saya mengirim 3 barang yang benar dan tanggung jawab pembeli adalah mengembalikan 1 barang yang salah. Kok si pembeli malah mengembalikan semua barang dan dengan mudahnya pihak Shopee menyetujui hal itu? Jadinya saya yang menanggung ongkir sebesar Rp105.000. Padahal jika dikembalikan 1 pcs saja, biaya ongkir tidak sebesar itu. Terima kasih.

Anita Putiana
Kab. Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Tidak Adil

    • 30 Januari 2024 - (01:37 WIB)
      Permalink

      Inilah yang ditakutkan penjual star/star+ bisa dimanfaatkan buyer kalau yang kelas mall sepertinya aman

      1
      5
  • 30 Januari 2024 - (06:28 WIB)
    Permalink

    Memang sekarang buyer bisa mengembalikan barang sepihak tanpa konfirmasi ke seller. Sudah biaya layanannya besar namun bukannya lebih baik malah lebih menyudutkan seller.

    3
    7
  • 30 Januari 2024 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Sama om kl retur mah bnr2 merugikan seler hrsnya kebijakannya mah di tanggung berdua itu yg bnr sy pernah hampur 150rb nanggung ongkir hadeh SDH dipotong admin SHOPEE hrs nanggung jg semoga bisa di perbaiki lagi kebijakan Shopee kl seperti ini mah seler yg di rugikan

    2
    8
    • 30 Januari 2024 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Yg penting jangan ijo bang lebih parah nanti udah barang ga balik duit ilang wkwkwkwkw udah banyak kasus coba deh cek di media konsumen

      0
      3
      • 30 Januari 2024 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Selain ada seller lalai dan seller nakal, ada juga buyer dodong dan buyer nakal. Itu sebabnya sblm oder, lihat reviev dulu atau di baca dgn teliti…

  • 30 Januari 2024 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Karna pengajuan pengembalian auto di acc, Jika Pembeli salah pilih Variasi karna kesalahan pembeli sendiri.
    Penjual yg harus membayar kesalahan dari para pembelinya.

    1. Jika penjual mengajukan banding dan menang. Penjual akan mengirim kembali pesanan ke pembeli . (Ongkir pengembalian di tanggung penjual )
    2. Jika penjual mengajukan banding dan kalah . Barang akan kembali ke penjual.
    (Penjual menanggung ongkir bolak balik)

    1
    5
  • 31 Januari 2024 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Makanya mba lain kali, klo mau kirim beda ukuran chat dulu pembeli nya.. Jangan langsung asal kirim aja… Kan klo dibalikin anda juga loh yg rugi….

    1
    5
  • 31 Januari 2024 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Untuk TS apakah dihubungi pihak shopee? Rasanya shopee sudah bodoh amat dengan keluhan di media konsumen, yang punya uang itu pembeli, penjual itu tidak dibutuhkan sama shopee, kebijakannya super konyol, mungkin shopee hanya mau ngurusi penjual kelas mall doang makanya yang penjual biasa mau disingkirkan dengan kebijakan-kebijakan konyol…

    JANGAN LUPA PENJUAL ITU MENANGGUNG 5% DARI OMZET UNTUK GRATIS ONGKIR

    1
    4
  • 1 Februari 2024 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Kebijakan baru shopee tidak adil dalam penyelesaian masalah, semakin lama shopee memberatkan penjual, semoga ada peraturan undang2 pemerintah yang mengatur hak penjual agar bisa adil, atau ada MP lain yang bisa saingi shopee agar shopee tidak membuat peraturan yang merugikan Salah satu pihak

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kebijakan pengembalian barang Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Barang dan Dana di Shopee Tidak Adil

oleh Anita Putiana dibaca dalam: 1 menit
18